cover
Contact Name
Aloisius Loka Son
Contact Email
abdimoredu.unimor@gmail.com
Phone
+628123700074
Journal Mail Official
abdimoredu.unimor@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor. Jl. Eltari KM 9, Kelurahan Sasi, Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, 85613
Location
Kab. timor tengah utara,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora
Published by Universitas Timor
ISSN : -     EISSN : 29617901     DOI : https://doi.org/10.32938/jpsh.1.2.2022
Core Subject : Education,
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora menerbitkan hasil pengabdian kepada masyarakat yang original, dalam bidang pendidikan, atau bidang non pendidikan yang dilakukan oleh author dengan basic ilmu pendidikan (pendidikan matematika, pendidikan Biologi, dan lain-lain), atau author dengan basic ilmu non pendidikan namun partisipan atau obyek pengabdiannya dalam bidang pendidikan.
Articles 11 Documents
Karya Tulis Ilmiah: Sosialisai Penulisan dan Publikasi Bagi Guru-Guru Se-Kecamatan Amanuban Tengah Aloisius Loka Son; Oktovianus Mamoh; Selestina Nahak; Justin Eduardo Simarmata
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora Vol 1 No 1 (2022): Edisi Mei
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.497 KB) | DOI: 10.32938/jpkm.1.1.2022.1-8

Abstract

Kenyataan menunjukkan bahwa tidak sedikit jumlah guru yang kandas dalam mengurus kenaikan pangkat/golongan mereka. Penyebabnya adalah keterbatasan keterampilan dan pengalaman guru dalam menulis serta publikasi karya ilmiah. Karena itu, dipandang perlu dilakukannya sosialisasi untuk membekali pemahaman guru-guru di Kecamatan Amanuban Tengah tentang penulisan dan publikasi karya ilmiah. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan selama 1 hari bertempat di Aula SMP St. Aloysius Niki-Niki. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi. Dampak dari kegiatan pengabdian ini adalah peserta dapat memahami konsep dan sistematika PTK, karakteristik masalah-masalah PTK, trik mencari referensi artikel ilmiah yang berkualitas dan cara menggunakan aplikasi mendeley, serta konsep dan sistematika artikel ilmiah dan trik mencari jurnal sasaran publikasi. Direkomendasikan agar kegiatan serupa pada kesempatan lain, tidak sebatas sosialisasi, tetapi dilakukan tindak lanjut berupa pelatihan/workshop atau pendampingan lanjutan tentang pembuatan proposal PTK, pelaksanaan PTK di sekolah, penyusunan laporan PTK, hingga pendampingan menulis dan publikasi artikel ilmiah.
Sosialisasi Pengenalan dan Penanganan Masalah Kecemasan Membaca Teks Bahasa Inggris Siswa-Siswa SMAN 1 Kefamenanu Delti Yulita; Maria Fatima Saijao
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora Vol 1 No 1 (2022): Edisi Mei
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.483 KB) | DOI: 10.32938/jpkm.1.1.2022.9-16

Abstract

Dalam perkembangan kemampuan membaca teks Bahasa Inggris siswa sangat dipengaruhi oleh tingkat kecemasan membaca siswa. Semakin tinggi kecemasan membaca siswa maka akan mengurangi kemampuan membaca siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kecemasan siswa dan memberikan solusi yang efektif untuk mengurangi kecemasan membaca siswa. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam dua hari dengan peserta siswa-siswa Sekolah Menengah Atas 1 Kefamenanu. Kegiatan pengabdian ini menemukan dua penyebab utama timbulnya kecemasan membaca teks Bahasa Inggris yaitu kategori teks bacaan yang meliputi topik, kosakata, struktur linguistik, konten budaya dan format teks. Penyebab kedua yaitu aktivitas kelas yang meliputi buku pelajaran, suasana kelas, tugas membaca, guru dan evaluasi. Dari dua penyebab utama ini maka diberikan solusi yaitu pengenalan strategi membaca, merubah persepsi negative tentang teks Bahasa Inggris dan menciptakan suasana belajar yang kondusif.
Pendampingan Penulisan Naskah Dinas dengan Memperhatikan Ejaan Bahasa Indonesia Sebagai Salah Satu Implementasi Nilai Nasionalisme Maria Rosalinda Talan; Rince Jalla Wabang; Yanuarius Sani Feka; Helidorus F. Anin
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora Vol 1 No 1 (2022): Edisi Mei
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.604 KB) | DOI: 10.32938/jpkm.1.1.2022.17-23

Abstract

Naskah dinas merupakan komunikasi tulis resmi yang dituntut menggunakan bahasa yang baku sebagai salah satu wujud implementasi nilai nasionalime. Namun pada kenyataannya, masih banyak naskah dinas yang belum memperhatikan ejaan bahasa Indonesia. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan kesadaran sikap masyarakat agar dapat menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai ejaan, memberikan pengetahuan tentang ejaan bahasa Indonesia, dan memberikan bekal keterampilan menulis naskah dinas dengan memperhatikan ejaan bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pendampingan penulisan naskah dinas adalah ceramah, tanya jawab, dan pelatihan praktik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah peserta sudah memiliki kesadaran untuk menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai ejaan sebagai wujud nilai nasionalisme, peserta sudah mampu menguasai ejaan bahasa Indonesia dan memiliki keterampilan menulis naskah dinas dengan memperhatikan ejaan bahasa Indonesia.
Pengenalan Aplikasi Screencast O Matic Untuk Pembuatan Media Pembelajaran Di SMP Negeri Neonbat Yuniwati Sele; Maria Paulin Saridewi; Kamaluddin Kamaluddin
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora Vol 1 No 1 (2022): Edisi Mei
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.604 KB) | DOI: 10.32938/jpkm.1.1.2022.25-33

Abstract

Pendidikan dapat dimaknai sebagai proses yang dilakukan untuk mendukung proses belajar siswa sehingga siswa mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Guna meningkatkan pencapaian tujuan pendidikan maka salah satu upaya yang harus dilakukan adalah mengembangkan media pembelajaran yang menarik yang dapat mendukung proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih guru-guru SMP Neonbat Kefamenanu dalam menggunakan aplikasi screencast o matic sehingga dapat dihasilkan media pembelajaran dalam bentuk video. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa para guru SMP Negeri Neonbat sangat antusias untuk mempelajari penggunaan aplikasi screencast o matic dan para guru berharap kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pengenalan berbagai aplikasi pembelajaran dapat dilakukan secara rutin di SMP Negeri Neonbat.
Pelatihan Penggunaan Mendeley Dalam Penulisan Proposal Dan Skripsi Bagi Mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Timor Mikhael Misa; Febronia Lasi
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora Vol 1 No 1 (2022): Edisi Mei
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.464 KB) | DOI: 10.32938/jpkm.1.1.2022.34-41

Abstract

Menulis sitasi merupakan salah satu komponen terpenting dalam rangka meningkatkan kualitas karya tulis ilmiah mahasiswa. Mendeley desktop adalah platform yang menyediakan berbagai jenis kutipan dalam penulisan ilmiah standar. Namun seringkali dalam penulisan kutipan, siswa masih menggunakan cara manual dengan menyortir nama penulis dari sumber yang diambil dan judul baik penomoran maupun abjad. Untuk itu perlu diadakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pelatihan penggunaan Mendeley dalam penulisan proposal dan skripsi bagi mahasiswa Bahasa Inggris FIP-Unimor. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari di Aula FIP-Unimor. Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sebanyak 124 orang, dengan rincian semester 2 sebanyak 57 mahasiswa; semester 4 sebanyak 36, dan semester 6 sebanyak 31 siswa. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, praktik, dan diskusi. Dampak dari pelatihan ini mahasiswa memiliki pemahaman dan keterampilan dalam mengoperasikan aplikasi Mendeley untuk pengelolaan referensi daftar pustaka. Disarankan agar kegiatan ini tidak hanya pelatihan tetapi dapat ditindaklanjuti dengan berbagai workshop lainnya dan diseminasi dapat menggunakan aplikasi Mendeley untuk mengerjakan berbagai bentuk penulisan ilmiah, jurnal, proposal, dan tesis.
Peningkatan Pengetahuan Peserta Didik mengenai Pengelompokkan Sampah di SMPS Gita Surya Eban Made Santiari; Maria Paulin Saridewi; Feliksitas Angel Masing; Lidwina Felisima Tae; Kamaluddin Kamaluddin
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora Vol 1 No 2 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (873.1 KB) | DOI: 10.32938/jpsh.1.2.2022.66-71

Abstract

Salah satu permasalahan lingkungan yang memerlukan perhatian serius adalah sampah. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan berbagai macam dampak. Pengelolaan sampah dengan pendekatan 3R memerlukan pengetahuan pengelompokkan sampah terlebih dahulu. Sosialiasi pengelolaan sampah di SMPS Gita Surya kepada 54 peserta didik kelas IX lebih menekankan pada pengetahuan pengelompokkan sampah ini. Tujuan diselenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peserta didik dapat memahami pengelompokkan sampah menjadi sampah organik dan anorganik. Pengabdian ini dilaksanakan pada 17-18 November 2020. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari peningkatan pengetahuan siswa dengan membandingkan nilai pretest dan post-test. Lembar pretest dan post-test diberikan secara acak kepada 26 orang peserta. Berdasarkan hasil post-test yang mengalami peningkatan, maka kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan pengetahuan peserta mengenai pengelompokkan sampah organik dan anorganik
Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Berbasis Aplikasi Game bagi Guru Bahasa Jawa di Magetan pradnya paramita hapsari; Agus Efendi; R Adi Deswijaya; Harsono Harsono; Tri Widiatmi
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora Vol 1 No 2 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.73 KB) | DOI: 10.32938/jpsh.1.2.2022.50-57

Abstract

Guru diharapkan dapat menggunakan alat yang murah dan efisien meski hanya berupa sesuatu yang sederhana guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Selain guru dituntut dapat menggunakan alat yang tersedia di sekolahan, guru juga mendapat tuntutan untuk mengembangkan media pembelajaran. Bahkan jika media pembelajarannya belum tersedia, guru dituntut untuk dapat membuat terlebih dahulu. Berlatarbelakang permasalahan tersebut, maka tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu para guru bahasa Jawa di Magetan Jawa Timur dapat memiliki bahan media pembelajaran wayang berbasis aplikasi game untuk disosialisasikan kepada siswa. Sasaran dalam pengabdian ini adalah para guru bahasa Jawa di Magetan Jawa Timur. Atas dasar berbagai kendala yang dialami para guru bahasa Jawa, tim pengabdian menggunakan metode atau cara dalam memecahkan permasalah dalam bentuk pelatihan pengembangan media wayang berbasis aplikasi game yang mana para guru tersebut sangat antusias sekali dalam pengabdian ini. Pelatihan pengembangan media wayang berbasis game menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab juga praktik bersama guna memudahkan para guru dalam memahami apa yang disampaikan oleh para pengabdi. Kegiatan pelatihan ini diapresiasi sekali oleh para guru yang mayoritas memang kurang memahami media pembelajaran berbasis aplikasi game. Melalui pelatihan ini, para peserta menjadi mudah memahami mengenai media pembelajaran berbasis aplikasi game yang dapat digunakan untuk pembelajaran baik didalam maupun diluar kelas.
Pelatihan Pembuatan Insektarium Bagi Siswa SMA/SMK Kecamatan Insana Utara Kamaluddin kamaluddin; Emanuel M. Y. Hano’e
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora Vol 1 No 2 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.446 KB) | DOI: 10.32938/jpsh.1.2.2022.58-65

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Biologi sangat bergantung pada ketersediaan specimen awetan hewan sebagai objek pembelajaran di laboratorium. Pembuatan specimen awetan hewan atau insektarium sanagat memerlukan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatannya. Dengan demikian sangat penting untuk dilakukan pengabdian yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan membuat spesimen awetan makhluk hidup pada siswa SMA/SMK di Kecamatan Insana. Metode kegiatannya adalah mendemonstrasikan dan melatih Siswa membuat spesimen awetan hewan. Pelatihan dipandu oleh tim dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FIP Unimor. Serta pedoman pembuatan insektarium. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan maret 2022 di SMK Perikanan Wini yang dihadiri oleh 20 peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah Spesimen awetan biologi berupa Insektarium kering dan basah. Serta pedoman pembuatan insektarium. Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, mereka berharap kegiatan serupa lebih sering dilakukan di sekolah terkait peningkatan keterampilan yang inovatif dalam pembelajaran.
Inovasi Olahan Tulang Ikan Menjadi Kerupuk Di Kelompok Nelayan Wini Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi NTT Ludgardis Ledheng; Emanuel Maria Yosep Hano’e; Yosefina Marice Fallo; Remigius Binsasi
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora Vol 1 No 2 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.058 KB) | DOI: 10.32938/jpsh.1.2.2022.42-49

Abstract

Kerupuk tulang ikan merupakan produk diversifikasi dari pemanfaatan limbah ikan sebagai bahan pembuatan kerupuk untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat serta menunjukkan variasi hasil olahan produk perikanan agar dapat meningkatkan nilai tambah pada komoditas ikan tersebut. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah untuk menerapkan IPTEK bagi nelayan perikanan tangkap dalam mengolah limbah tulang ikan menjadi kerupuk. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini yakni penyuluhan dan pelatihan. Proses pembuatan kerupuk tulang ikan meliputi persiapan bahan baku, persiapan bahan tambahan, pembuatan bubur tulang ikan, pencampuran adonan, pencetakan, pemotongan, penjemuran, pengemasan dan pelabelan. Demi menghasilkan produk yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi, tim pengabdian menerapkan sanitasi dan hygiene pada bahan baku, air dan peralatan yang digunakan. Hasil yang di capai pada kegiatan ini adalah kelompok tani nelayan telah memahami tahapan pengolahan tulang ikan menjadi kerupuk dengan tingkat pemahaman kategori cukup baik
Sosialisasi Pemanfaatan Alat dan Bahan Laboratorium Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Biologi Bagi Siswa SMA Negeri 2 Kefamenanu Erlin Fatima Halek; Lusia Naimnule
Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora Vol 1 No 2 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.92 KB) | DOI: 10.32938/jpsh.1.2.2022.72-77

Abstract

Laboratorium menjadi sarana yang sangat penting untuk menunjang pembelajaran sains, khususnya pembelajaran biologi. Penggunaan laboratorium sebagai saran prasarana yang menunjang pembelajaran untuk membuktikan antara teori yang dipelajari dengan realita sebenarnya terjadi. Dengan kata lain, sarana prasarana ini merupakan faktor penunjang yang wajib ada karena sangat penting dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya sosialisasi mengenai pemanfaatan alat dan bahan laboratorium menunjukkan reaksi yang positif dari pihak sekolah sasaran pengabdian, yaitu SMA Negeri 2 Kefamenanu. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penjelasan secara langsung kepada Siswa kelas X SMA Negeri 2 Kefamenanu tentang pengenalan alat dan bahan laboratorium dengan tahapan analisis dan identifikasi permasalahan mitra, Persiapan alat dan bahan laboratorium dan Pelaksanaan kegiatan pengabdian. Peserta didik sangat senang dengan adanya kegiatan sosialisasi ini karena mereka jadi tahu manfaat yang besar dari penggunaan laboratorium dalam kegiatan belajar mengajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 11