cover
Contact Name
ibnu rusydi
Contact Email
ibnurs@gmail.com
Phone
+62234271875
Journal Mail Official
ibnurs@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Jln. Ir. Juanda Km 3 Indramayu Jawa Barat
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Published by Universitas Wiralodra
Core Subject : Education, Social,
Aim and Scope Counselia, Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam is articles on practice, theory, and research in Islamic educational guidance and counselling.
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam" : 30 Documents clear
PERANAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK-ANAK Evi Aeni Rufaedah
Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.801 KB) | DOI: 10.31943/counselia.v1i1.2

Abstract

Pendidikan agama di lingkungan keluarga sangat besar peranannya dalam pembentukan kepribadian terutama bagi anak-anak, karena di lingkungan keluargalah anak-anak pertama kali menerima pendidikan yang dapat mempengaruhi masa perkembangan anak selanjutnya. Agar anak-anak memiliki kepribadian yang baik dan terhindar dari pelanggaran-pelanggaran moral, maka perlu adanya pembinaan agama sejak dini kepada anak-anak dalam keluarga. Proses pembinaan nilai-nilai agama dalam membentuk kepribadian anak-anak dapat dimulai sejak anak lahir sampai ia dewasa. Ketika lahir anak diperkenalkan dengan kalimah thoyyibah, kemudian setelah mereka tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak, maka yang pertama harus ditanamkan ialah nilai-nilai agama yang berkaitan dengan keimanan, sehingga anak meyakini adanya Allah dan dapat mengenal Allah dengan seyakin-yakinnya (ma’rifatullah). Bersamaan dengan itu, anak-anak juga dibimbing mengenai nilai-nilai moral, seperti cara bertutur kata yang baik, berpakaian yang baik, bergaul dengan baik, dan lain-lainnya. Kepada anak-anak juga ditanamkan sifat-sifat yang baik, seperti nilai-nilai kejujuran, keadilan, hidup serderhana, sabar dan lain-lainnya. Selain itu, agar anak-anak memiliki nilai-nilai moral yang baik, juga di dalam keluarga, khususnya antara ibu dan bapak harus menjaga harmonisasi hubungan antara keduanya dan harus menjadi suri tauladan bagi anak-anaknya.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA HASYIM ASY’ARI KAENURDAHA
Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.326 KB) | DOI: 10.31943/counselia.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari bimbingan kelompok yang diadakan di sekolah untuk membantu siswa menyelesaikan masalah minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan metode ceramah dan diskusi kelompok, yang pada pelaksanaanya menggunakan empat tahap, tahap yang pertama yaitu tahap pembentukan, tahap kedua yaitu peralihan, tahap yang ketiga yaitu inti kelompok atau tahap kerja, tahap yang ke empat yaitu pengakhiran. Hasil layanan bimbingan kelompok tergolong baik dan sesuai dengan teori, hal ini terbukti dengan hasil analisis melalui hasil angket dengan prosentase yang menghasilkan 95,46%, bila nilai tersebut memberikan kisaran antara 70% - 100% berarti baik. Dengan adanya bimbingan kelompok siswa dapat memecahkan masalah minat belajar dengan cara mendiskusikan masalah tersebut dalam kelompok.
KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Studi Komparasi Pemikiran Dr.Pupu Saeful Rahmat,M.Pd dan Prof. Dr. H. Djaali dalam Psikologi Pendidikan) Zaenudin; Siti Maria Ulfah
Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.095 KB) | DOI: 10.31943/counselia.v1i1.5

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah kerap kali dijumpai berbagai permasalahan. Masalah-masalah tersebut merupakan hambatan dalam usaha mencapai suatu tujuan pendidikan. Salah satu permasalahannya adalah kurangnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu motivasi belajar menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Motivasi belajar harus dibangkitkan dalam diri siswa sehingga siswa termotivasi dalam belajar. Adapun jenis penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif noninteraktif, penelitian noninteraktif yaitu penelitian terhadap konsep-konsep melalui sebuah analisis dokumen. Hasil penelitian yaitu Konsep bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar keduanya menggunakan strategi yang terdapat pada layanan bimbingan konseling. Namun, konsep dalam meningkatkan motivasi belajar yang dikemukakan oleh Dr.Pupu Saeful Rahmat,M.Pd melalui layanan pembelajaran sedangkan konsep yang dikemukakan oleh Prof. Dr. H. Djaali dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu melalui metode layanan bimbingan kelompok.
PERANAN GURU KELAS DAN GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF (Studi Kasus di MI Sekolah Alam Indramayu) Nur Lailiyah; farah jihan
Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.98 KB) | DOI: 10.31943/counselia.v1i1.6

Abstract

Dalam rangka memberikan peluang bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus, pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk pendidikan dan distribusi pendidikan melalui sekolah inklusif. Bentuk bimbingan pembelajaran yang dilakukan di sekolah inklusif berbeda dengan sekolah pada umumnya, sekolah inklusif harus memberikan bimbingan layanan pembelajaran kepada siswa secara optimal dan harus menyediakan tenaga profesional yang mampu melayani siswa dengan kebutuhan khusus yang intens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru kelas dan guru pendamping khusus dalam memberikan bimbingan belajar pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif yaitu di MI Sekolah Alam Indramayu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan desain studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa di MI Sekolah Alam Indramayu, guru kelas dan guru pendamping khusus memiliki peran penting atas kesuksesan belajar siswa berkebutuhan khusus, kolaborasi keduanya dalam menyiapkan materi maupun melaksanakan pembelajaran dalam kelas sangat baik sehingga mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, walaupun masih terdapat banyak kekurangan di dalam batas kewajaran.
HAKEKAT BELAJAR DALAM PANDANGAN PIAGET kurnaengsih; latifatul Masruroh
Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.231 KB) | DOI: 10.31943/counselia.v1i1.7

Abstract

belajar merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari manusia. Piaget menjelaskan bahwa apabila suatu informasi (pengetahuan) baru dikenalkan kepada seseorang dan pengetahuan itu cocok dengan skema/skemata (sruktur kognitif) yang telah dimilikinya maka pengetahuan itu akan diadaptasi melalui proses asimilasi dan terbentuklah pengetahuan baru. Sedangkan, apabila pengetahuan baru yang dikenalkan itu tidak cocok dengan struktur kognitif yang sudah ada maka akan terjadi disequilibrium, kemudian struktur kognitif tersebut direstrukturisasi kembali agar dapat disesuaikan dengan pengetahuan baru atau terjadi equilibrium, sehingga pengetahuan baru tersebut dapat diakomodasi dan selanjutnya diasimilasikan menjadi pengetahuan skemata baru.
LAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENANGANAN KASUS BULLYING di SMP NEGERI 4 SINDANG (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Sindang Indramayu) kurnaengsih; Della Oviany
Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (837.354 KB) | DOI: 10.31943/counselia.v1i2.17

Abstract

Layanan guru bimbingan dan konseling merupakan upaya preventif agar siswa tidak berada di jalan yang salah, siswa-siswi yang mempunyai masalah tidak bisa mengentaskan masalahnya sendiri, mereka membutuhkan sosok yang dapat membantu dalam pengentasan masalahnya, terutama kasus bullying. Maraknya kasus bullying yang terjadi dikalangan siswa termasuk di SMP Negeri 4 Sindang. Salah satu identifikasi faktor kasus tersebut adalah keberagaman latarbelakang siswa yang satu dengan lainnya, idealnya semua siswa harus menghargai perbedaan tersebut supaya terciptanya proses belajar yang kondusif dan nyaman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan study kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, layanan guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 4 Sindang yaitu menggunakan layanan responsif. Layanan yang diberikan segera dan bersifat kuratif, layanan responsif yang diterapkan seperti layanan konseling kelompok, konsultasi, home visit, alih tangan kasus. Adapun layanan guru bimbingan dan konseling dalam penanganan kasus bullying menggunakan konseling individu atau konseling kelompok yang dilakukan dengan lima tahap yaitu wawancara terhadap korban bullying pelaku bullying maupun saksi mata, analisis kasus, pemberian layanan, tindak lanjut, pemantauan.
PERANAN GURU BK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN E-KONSELING DI SMP NEGERI 2 JATIBARANG Ibnudin Fauzan; Cahaya Purnama
Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.183 KB) | DOI: 10.31943/counselia.v1i2.21

Abstract

Pada masa pandemi virus Covid-19 siswa SMP negeri 2 Jatibarang banyak mengalami kesulitan belajar, dintaranya karena tidak memahami aplikasi digital pembelajaran maupun penerapannya, hal ini berujung siswa malas mengikuti pembelajaran sehingga berdampak buruk kepada keaktifan siswa dalam menempuh pendidikan. Guru BK memiliki peran dalam mengatasi kesulitan belajar Siswa, dan selama pandemi ini layanan menggunakan E-Konseling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK BK) yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan Bk/pembelajaran di Satuan Pendidikan dalam rangka upaya meningkatkan mutu lulusan/luaran. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan wawancara, Observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini guru BK memberikan layanan melalui E-Konseling melalui aplikasi google meet. Faktor Pendukung adalah lebih efisien mengingat sedang pandemi, fleksibel dan hemat biaya serta waktu dan Faktor Penghambat adalah jaringan terkadang eror,quota terbatas, kurangnya pengawasan oaring tua dan menggangu kesehatan tubuh bila terlalu lama.
KONSEP KEBAHAGIAAN MENURUT ISLAM DAN PSIKOLOGI (Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Erich Fromm) latifah masruroh; Izatul Millah
Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (812.319 KB) | DOI: 10.31943/counselia.v1i2.23

Abstract

Kehidupan manusia dipenuhi dengan berbagai macam harapan dan tujuan, salah satu harapan dan tujuan tersebut yaitu pencapaian kebahagiaan. Dengan segala kelebihannya manusia dituntut untuk menciptakan kehidupan yang seimbang dan serasi di dunia ini, dengan bahagia yang menjadi tujuan utamanya, karena semua manusia mendambakan kebahagiaan dalam kehidupan dunia ini. Kebahagiaan seolah-olah menjadi harapan atau tujuan yang didambakan dalam kehidupan manusia pada umumnya. Artikel ini merupakan kajian komparasi tentang kebahagiaan antara pemikiran Al-Ghazali dari sudut pandang Islam dengan Pemikiran Eric Fromm dari sudut pandang Psikologi. Kajian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research). Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa konsep kebahagiaan dalam pandangan Islam menurut Al-Ghazali ialah bahwa kebahagiaan akan didapatkan ketika mengenal diri sendiri serta mengenal Allah dan dalam pandangan psikologi menurut Erich Fromm adalah bahwa kebahagiaan akan didapatkan ketika kita tidak menggantungkan hidup pada orang lain maupun benda-benda, akan tetapi pada diri sendiri, dengan menjadi manusia yang aktif dan produktif.
PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN PRANIKAH DI KUA KECAMATAN KRANGKENG INDRAMAYU Didik Himmawan; Nur Hayati
Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.908 KB) | DOI: 10.31943/counselia.v1i2.24

Abstract

Ikatan pernikahan merupakan ikatan suci yang berdasarkan nilai-nilai ketuhanan untuk membentuk keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. Ikatan pernikahan merupakan ikatan lahir batin antara seorang suami dengan seorang istri. Pernikahan tidak lagi hanya sebagai hubungan jasmani tetapi juga hubungan batin, Ketentuan-ketentuan mengenai pernikahan menurut syariat Islam mengikat kepada setiap muslim, dan di dalam pernikahan terkandung nilai-nilai ubudiyah. Artikel ini mengulas tentang peran penyuluh agama islam fungsional dalam memberikan Bimbingan pra nikah kepada calon pengantin dan untuk mengetahui proses pemberian bimbingan pranikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Krangkeng. metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Peran penyuluh agama berupaya untuk mewujudkan harapan calon pengantin untuk menjadi keluarga sakinah, mawwadah, warahmah dengan cara memberikan bimbingan perkawinan dengan materi-materi yang sesuai dengan ajaran islam. Adapun proses Bimbingan Pranikah yang dilakukan oleh Pihak Kantor UrusanAgama (KUA) Kecamatan Krangkeng yaitu setelah masyarakat yang akan menikah telah mendaftarkan diri ke Kantor Urusan Agama (KUA) dengan melengkapi surat-surat yang telah ditentukan oleh pemerintah.
PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN SELF-ACCEPTANCE PADA PESERTA DIDIK Syifa Nur Fadila
Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.162 KB) | DOI: 10.31943/counselia.v1i2.25

Abstract

Isi artikel ini mencakup upaya pendampingan pada peserta didik sebagai upaya untuk meningkatkan self-acceptence, Self-Acceptence merupakan keadaan dimana seorang individu memiliki penilaian positif terhadap dirinya, serta mengakui segala kelebihan maupun segala keterbatasan yang ada di dalam dirinya tanpa malu atau memilki perasaan bersalah terhadap kodrat dirinya. Upaya pendampingan ini menggunakan intervensi yang memanfaatkan teknik realitas WDEPC. Teknik ini berfokus pada kondisi klien saat ini serta menekankan kekuatan klien dan mendorong klien untuk mampu mengembangkan tingkah lakunya yang lebih realistic. Metode yang dilakukan merujuk pada jenis penelitian deskriptif-kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi dengan melakukan pendampingan langsung terhadap peserta didik yang kurang memiliki self-acceptence.

Page 1 of 3 | Total Record : 30