cover
Contact Name
Firdaus Annas
Contact Email
firdaus@uinbukittinggi.ac.id
Phone
+6285263016464
Journal Mail Official
dedikasia.uinbukittinggi@gmail.com
Editorial Address
Rumah Jurnal UIN Bukittinggi Data Center building, 2rd floor at Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Jln Gurun Aua Kubang Putih Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam - West Sumatera - Indonesia Telp. 0752 33136 | Fax 0752 22871
Location
Kab. agam,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 27980715     EISSN : 27981290     DOI : https://www.doi.org/10.30983/dedikasia
Jurnal Dedikasia: Jurnal Pengabdian Masyarakat (e-ISSN : 2798-0715 | p-ISSN : 2798-1290) is a journal which published by Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, West Sumatera Indonesia. It specializes in research on the Engagement and empowerment of Muslim society from the perspective of social welfar. The interdisciplinary approach to communities study are used as a method to discuss and overcome current reality or social community issues. The topic includes fieldwork studies with different viewpoints and interdisciplinary as : 1. Community Service and Empowerment of Disaster-Prone, Isolated and Marginalized community 2. Community Service and Empowerment of education. 3. Community Service and Empowerment of Islam Society and Institutions. 4. Community Service and Empowerment of Socio-economic. 5. Community Service and Empowerment of Science and Technology The journal is published twice a year in June and December. This journal is a peer-reviewed online journal dedicated to the publication of high-quality research focused on research, implementation, of policy about community engagement and empowerment.
Articles 32 Documents
Pemberdayaan Profesi Hakim pada Kompetensi Lulusan Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi Pasca Perubahan Gelar Akademik Arsal Arsal; Elfiani Elfiani; Maizul Imran
Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/dedikasia.v2i1.5540

Abstract

Peraturan Menteri Agama RI No. 33 tahun 2016 tentang Perubahan Gelar akademik di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, khususnya gelar akademik sarjana Fakultas Syariah yang berubah dari Sarjana Hukum Islam (SHI) menjadi Sarjana Hukum (SH) dianggap dapat menghapus dikotomi dan diskriminasi lulusan hal kesempatan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi pengguna yaitu Pengadilan agama terhadap lulusan Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi, dan respon Pengadilan Negeri terhadap perubahan gelar akdemik lulusan syariah. Penelitian ini juga akan mengungkap tentang strategi yang dilakukan Fakultas Syariah dalam menyikapi perubahan gelar tersebut. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dan observasi pada kedua lembaga peradilan tersebut. Hasil penelitian mengungkap bahwa pihak Pengadilan agama menilai alumni Fakultas Syariah telah kompeten untuk menjadi Hakim dan setuju dengan perubahan gelar akademik lulusan Fakultas Syariah. Selanjutnya pihak Pengadilan Negeri memberikan respon positif terhadap perubahan gelar akademik tersebut, asal diikuti dengan peningkatan kemampuan dan kecakapan dari mahasiswa. Strategi Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi adalah melakukan kembali peninjauan kurikulum secara perodik untuk penyesuaian dengan perubahan yang terjadi sebagai bentuk respon dari pengguna. Kementerian Agama RI dan Perguruan Tinggi Agama Islam perlu proaktif untuk mensosialisasikan regulasi ini sehingga menjadi fungsional dan aplikatif
Menggagas Kampung Inggris Padang menjadi Kampung Inggris Masyarakat Genta Sakti
Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/dedikasia.v1i1.4984

Abstract

The aim of this social service is to initiate an English camp in Padang to become an English Camp Village like other famous English camps. This English camp is still in the form of an English course where many students come here to study English for some purposes like to prepare to continue to under graduate degree; to get a job or to pass TOEFL test. As its name suggest, an English camp is not merely Englishmen who live there, but it is only a collection of English courses located in one area.  Since there are students coming here to study so that the researcher names this course Kampung Inggris Padang. Based on the initiation carried out for this social service, it was found that there is improvement of students’ ability in speaking English like doing corversation or dialogue and reading aloud English textbook. If it is viewed from the participation of society, there are participations of people around the course like sharing ideas, skill, energy, social participation for better future of Padang English Camp. The prominece is that the realizing and caring of people about their children’s education.
Pemberdayaan Semangat Belajar Peserta Didik melalui Semangat Berprestasi di PKBM Kota Bukittinggi Sitto Rahmana; Suci Agustia Putri; Susi Ratna Sari
Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/dedikasia.v2i1.5577

Abstract

Setiap warga negara dijamin mendapatkan pendidikan yang layak, tidak terkecuali terhadap anak-anak keluarga marjinal di perkotaan. Di Bukittinggi Sumatera Barat salah satu lembaga pendidikan yang melayani pendidikan anak-anak keluarga marjinal ini salah, PKBM Kasih Bundo. Pada tahun 2016 ini tercatat ada 314 orang warga belajar mendapatkan pendidikan di lembaga ini, namun dalam proses pembelajaran warga belajar sering mendapatkan pendidikan yang tidak ideal, sehingga proses pembelajaran bagi warga belajar tidak mencerahkan, serta sekolah bagi mereka tidak menjadi bahagian penting dirasakan untuk membangun mentalitas dan orientasi masa depan. Kondisi seperti itu terjadi sebagai akibat dari rendahnya motivasi Prestasi belajar yang diperoleh oleh warga belajar, disamping guru lebih dominan melakukan pendekatan-pendekatan praktis dalam pendidikan, yaitu melakukan pendekatan pencapaian hasil belajar daripada memperhatikan pendekatan emosional mentalitas. Di samping tanpa mempertimbangkan kondisi sosial dan masalah yang dihadapi warga belajarnya yang terdiri dari anak-anak yang bermasalah secara ekonomi, sosial dan budaya. Sehubungan dengan permasalahan ini, guru harus dilakukan pendampingan supaya dapat melakukan pendekatan-pendekatan emosional, dengan memberikan motivasi need achievement pada siswa. Dari hasil dampingan diperoleh, ternyata memang warga belajar sangat membutuhkan pendekatan emosional motivasi Prestasi belajar tersebut. Setelah mendapatkan materi dan dampingan ternyata ada perubahan yang mendasar, diantaranya terlihat dari kesungguhan dalam belajar, mampu menjalankan disiplin dan telah memulai membangun orientasi masa depan.
Pendampingan dan Penguatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran secara Daring Ari Hasan Anshori; Nandang Kosim
Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/dedikasia.v1i2.5044

Abstract

Dampak Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi segala aspek tatanan kehidupan manusia, tidak hanya sebatas aspek kesehatan saja tanpa kecuali termasuk berdampak pada aspek pendidikan. Pemerintah melakukan pembatasan kegiatan pembelajaran untuk menghindari penyebaran covid-19 melalui pembelajaran secara daring. Terdapat banyak media pembelajaran daring yang dapat digunakan seperti Zoom Meeting, WhatsApp, Google Classroom, Google Meeting, Edmodo dan lainnya. Akan tetapi, pendidik guru harus cerdas dan kreatif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai. Maka pendampingan dan penguatan kemampuan guru dalam penggunaan media sangat penting dan mendesak untuk dilakukan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pengabdian berbasis Service learning.  Pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan melakukan bimbingan, pelatihan dan pendampingan bagi guru dalam penggunaan media pembelajaran dengan bijak dan cermat. Setelah kegiatan pengabdian dilakukan, dilakukan juga evaluasi terhadap kegiatan bimbingan dan pendampingan penggunaan media dalam pembelajaran bagi guru untuk mengetahui dampak dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan.  Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bahwa hampir semua (97%) guru madrasah dalam penggunaan media pembelajaran secara daring secara signifikan terjadi peningkatan baik dari aspek pemahaman, pengetahuan dan keterampilan. Dapat dimpulkan kegiatan masayarakat yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran secara daring
Pendampingan Keluarga untuk Mengatasi Perceraian pada Masa Pandemi Covid-19 di Talu-Pasaman Barat Mi'rajun Nashihin
Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/dedikasia.v1i1.4974

Abstract

Penyebaran Covid-19 yang begitu hebat hingga beberapa negara, termasuk Indonesia, telah menyatakan masalah global  saat ini. Dampak dari pandemi ini dapat mempengaruhi banyak sektor kehidupan seperti kesehatan, ekonomi, politik dan pendidikan karena penyebaran Covid-19 yang begitu cepat, dan pemerintah harus mengeluarkan keputusan untuk mengurangi lonjakan  kematian akibat virus tersebut. Di sisi lain, kebijakan ini juga berdampak pada sektor lain, mempengaruhi keutuhan keluarga dan apa yang terjadi di Kabupaten Pasaman Barat pada masa pandemi ini, yang dapat meningkatkan angka perceraian. Untuk menyoroti dampak negatif Covid-19 terhadap tingginya angka perceraian di Pasaman Barat, penulis melakukan pendampingan bagi  keluarga yang diambamh perceraian berdasarkan data perceraian yang terdaftar di Pengadilan Agama Talu pada Pengadilan Agama di Pasaman Barat dalam menanggulangi angka perceraian masa pandemi. Dengan demikian, pendampingan dan penyuluhan bagi keluarga diambang perceraian dapat menurunkan tingkat gugatan perceraian selama masa pandemi Covid-19
Pelatihan Intensif Keagamaan dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Anak Binaan pada Panti Asuhan Anak Bina Remaja (PSAABR) Budi Utama Zulvia Trinova; Hallen A; Rivdya Eliza
Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/dedikasia.v2i1.5120

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan agama, pengamalan agama anak binaan, terutama dalam ibadah shalat dan membaca Al Quran, dan meningkatkan kesadaran beragama anak binaan PSAABR Budi Utama Lubuk Alung. Pelaksanaan kegiatan dilakukan kepada 75 orang peserta PSAABR dengan mengajarkan anak yang masih belajar Iqra’ hingga mampu membaca Al Qur’an untuk anak tingkatan SMP dan SMA/SMK. Pendekatan kelompok dilakukan pada saat pemberian materi ajar tentang thaharah, whudu, shalat, doa, zikir, membaca Al Quran. Pendekatan individual dilakukan pada saat pengoreksian bacaan shalat dan membantu memecahkan masalah pribadi anak dengan pendekatan individu untuk mendisiplinkan anak dalam praktek ibadah, bimbingan praktek ibadah, metode demonstrasi, modelling, dan role playing, koreksi bacaan shalat, brainstorming masalah keagamaan dan pemberian motivasi. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah terdapat peningkatan pemahaman, pengetahuan, dan pengamalan agama anak binaan, dan terdapat kesadaran beragama bagi anak binaan
Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru MGMP Bahasa Indonesia SMP se-Kota Pekanbaru Alber Alber; Erni Erni; Rika Ningsih; Hermaliza Hermaliza
Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/dedikasia.v1i2.5146

Abstract

The implementation of this community service departs from the many complaints of teachers who have difficulty in writing scientific articles. In fact, research activities and writing scientific articles are required to be carried out by teachers in order to improve the pedagogic quality of educators. Based on this, this service needs to be carried out seriously to the stage of writing scientific articles and publishing them. Law Number 14 of 2005 concerning teachers and lecturers states firmly that teachers are required to have academic qualifications, competencies, educator certificates, and so on. With the productiveness of teachers carrying out scientific article writing activities, they can increase teacher professionalism, increase teacher competence, increase teacher confidence, and enable teachers to actively develop their knowledge and skills. The results of PkM, community service participants, in this case Indonesian junior high school MGMP teachers throughout Pekanbaru City, can understand, write scientific articles, and are able to publish their articles in reputable journals.
Pendampingan dalam Menghadapi Pengaruh Negatif SMARTPHONE pada Anak (Usia TK) Jama’ah Masjid Raudhatul Jannah Pekanbaru Joni Joni; Melvi Lesmana Alim; Zulhendri Zulhendri
Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/dedikasia.v2i1.5445

Abstract

Pengaruh media audio dan visual seperti smartphone yang lebih intens dan lebih menarik bagi anak dikhawatirkan akan meniru mentah-mentah apa yang ditonton atau dimainkan dari smartphone sehingga memberian dampak negatif bagi perkembangan anak, adapun metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah metode  ceramah yang dilanjutkan dengantanya jawab untuk memperdalam pengetahuan dan meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pengaruh negatif smartphone. Kesimpulan dari rentetan kegiatan pengabdian masyarakat adalah masih banyak orang tua yang tidak paham bahaya dari paparan smartphone meskipun juga ada sisi positifnya, masih ada anggapan dari orang tua bahwa pemberian samrtphone adalah bentuk konpensasi ketidak hadiran orang tua pada anak, dari kesimpulan di atas maka saran tim pengabdian masyarakat memberikan saran sebagai berikut: Sebagai orang tua perlu kiranya untuk membekali diri dengan keilmuan tentang smartphone kegunaan dan bahayanya sehingga mampu memprotek anak dari bahaya paparan smartphone itu sendiri kehadiran orang tua tidak dapat tergantikan dengan pemberian smartphone, jadi perlu kiranya orang tua memperbanyak kesempatan bersama anaknya (family time), sekaligus menilai atau mengamati perkembangan anaknya
Pendampingan Bimbingan Belajar sebagai upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Belajar dimasa Pandemi Covid-19 Ismi Indar Akmaliah; Syarifah Setiana Ardiati; Nana Suryana
Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/dedikasia.v1i2.4877

Abstract

Virus corona yang melanda dunia, salah satunya adalah Indonesia memberikan dampak yang terihat nyata diberbagai bidang diantaranya ekonomi, sosial, pariwisata dan yang paling penting di bidang pendidikan. Pelaksanaan pendidikan di Indonesia dalam masa pandemi Covid-19 mengalami beberapa perubahan yang terlihat nyata. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pengabdian masyarakat berbasis Partisipatory Action Research (PAR) yang dilaksanakan di MDA Al-Huda Dusun Cikoranji Desa Tanjungkerta Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya dengan program kegiatan bimbingan belajar. Pelaksanan bimbingan luring kepada siswa tingkat sekolah dasar dengan tujuan untuk membantu kesulitan peserta didik. Bimbingan dilakukan dengan cara memberikan bimbingan dalam bentuk pemantapan atau pengulangan kembali materi yang sudah diajarkan dalam pembelajaran daring, pemberian tugas, serta membatu kesulitan peserta didik dalam mengerjakan tugas sekolah (PR). Kegiatan pengabdian masyarakat ini dipandang dapat untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kegaiatan pendampingan bimbingan belajar ini memberikan dampak bagi motivasi peserta didik dalam belajar dan juga berdampak bagi mengurangi beban orang tua dalam membantu anak-anaknya dalam mengatasi kesulitan belajar khususnya bagi orang tua yang memiliki keterbatasan ilmu, pengetahuan dan pengalaman dalam membelajarkan anak-anaknya.
Masyarakat dan Solidaritas dalam Pembangunan yang Berpotensi Konfllik (Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset di Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok) Arief Irvan
Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/dedikasia.v1i1.5023

Abstract

Pengabdian masyarakat berbasis riset ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pembangunan disatu sisi dan pentingnya pelestarian lingkungan disisi lain. Pengabdian masyarakat ini didasarkan pada riset awal yang dilakukan di nagari Bukit Sileh dan nagari Batu Bajanjang di kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. dengan adanya kasus munculnya solidaritas dan perlawanan masyarakat terhadap pembangunan PLTP Geothermal. Pengabdian masyarakat ini dengan jenis penelitian berbasis riset dengan metode Participatory Action Research (PAR), dengan melibatkan partisipsi dalam diskusi maupun menggali akar masalah. Riset awal sebagai dasar pengabdian dapat dipahami bahwa timbulnya solidaritas masyarakat dalam penolakan sebagian masyarakat terhadap pembangunan PLTP Geothermal. Berdasarkan kajian riset awal di atas maka pengabdian yang dilakukan dalam dua tema khusus berupa penyuluhan pentingnya pemahaman akan pembangunan dan dampak positif dan negatifnya bagi kesejahteraan masyaraka serta pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan dampaknya bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat memahami dan menilai akan pembangunan dari dua sisi berupa dampak negatif dan positifnya bagi masyarakat sebagai efek yang ditimbulkan dari pembangunan 

Page 1 of 4 | Total Record : 32