cover
Contact Name
-
Contact Email
admin@formosapublisher.org
Phone
+6285359562521
Journal Mail Official
admin@formosapublisher.org
Editorial Address
Jl. Ir Juanda No 56B Sumatera Utara
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Asian Journal of Philosophy and Religion
ISSN : -     EISSN : 28299922     DOI : https://doi.org/10.55927/ajpr.v1i2
Core Subject : Religion,
Asian Journal of Philosophy and Religion (AJPR) focus and covers critical, hermeneutical, historical, and constructive inquiry of philosophy and religion. The journal publishes research results, review, and literature study articles in theology, religion history, religious ethics, and philosophy of religion, as well as articles that approach the role of religion in culture and society from a historical, sociological, psychological, linguistic, or artistic perspective. In addition, It also publishes highly specialized research in limited areas of inquiry that has significance for a wider readership. The journal publishes articles on april and october.
Articles 16 Documents
Konsep Pengenalan Terhadap Allah (Ma'rifatullah) dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam Maman; Andewi Suhartini; Ahmad Nurwadjah
Asian Journal of Philosophy and Religion Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/ajpr.v1i1.357

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis konsep pengenalan kepada Allah (Ma'rifatullah) dalam pendidikan Islam dan menjelaskan Implikasi Ma'rofatullah dalam pendidikan agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan (search library) melalui penjelasan-penjelasan tafsir untuk menjelaskan konsep Ma’rifatullah dalam Al-Qur’an dan kemudian mengimplikasikan pendidikan Islam. Adapun hasil penelitian, pertama, konsep pengenalan kepada Allah (Ma'rifatullah) dapat dipelajari melalui refleksi dan pendalaman pemikiran terhadap ayat-ayat Qauniah (wahyu) dan ayat-ayat Aqliyah (alam semesta) sehingga pengenalan tersebut dapat menggetarkan pikiran. kesadaran dan iman kepada Tuhan dan menyebabkan cinta beribadah kepada-Nya. Kedua. Implikasi Ma’rifatullah dalam pendidikan Islam antara lain: a) Ma'rifatullah sebagai pendidikan dasar Islam untuk meningkatkan akhlak dan santri, b) Mengenali Tugas dan Tanggung Jawab Mahasiswa sebagai Abdullah, c) Ma'rifatullah Sebagai kesadaran akan tugas dan peran santri sebagai Khalifah di muka bumi, d) Mencapai Ridho Allah sebagai Tujuan Utama Pendidikan Islam dan e) Ma'rifatullah sebagai Pendidikan Akhlak yang Mulia bagi Siswa.
Analisis Penderitaan Orang yang Beriman kepada Kristus: Kasih Karunia Allah atau Kutuk? Georges Nicolas Djone; Timothy Amien RK; Soneta Sang Surya Siahaan
Asian Journal of Philosophy and Religion Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/ajpr.v1i1.360

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui makna penderitaan mereka yang sudah beriman kepada Kristus dan terus berusaha hidup dalam kebenaran sebagai bagian dari dedikasi hidup kepadaNya. Apakah penderitaan tersebut merupakan kasih karunia atau kutuk. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis pustaka maupun tafsir narasi. Pengumpulan data dilakukan melalui sumber Alkitab dan berbagai literatur seperti buku, jurnal, dan juga wawancara. Hasilnya, penderitaan orang yang sudah beriman kepada merupakan kasih karunia dan bukan kutuk, dikarenakan orang percaya dipanggil bukan saja untuk percaya kepadaNya tetapi juga untuk mengalami penderitaan karena Dia sebagai bagian kesaksian iman Kristen. Kesimpulan, penderitaan karena Kristus bagi mereka yang beriman kepadaNya merupakan suatu kasih karunia dan bukan kutuk, sebab tidak sebanding dengan penderitaan yang telah dialami Kristus karena kasih-Nya bagi orang percaya, sehingga justru penderitaan karena Kristus harus dipandang sebagai suatu kehormatan, sebab melaluinya orang percaya dapat menghayati kasih Kristus. Penderitaan mereka yang beriman kepada Kristus merupakan bagian mengikuti keteladanan yang telah ditinggalkan Kristus untuk diikuti.
Jual Beli Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Mahasiswa FEBI UNZAH Zahida I’tisoma Billah; Wahyu Nuril Khotimah
Asian Journal of Philosophy and Religion Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/ajpr.v1i1.423

Abstract

The purpose of this study is to find out how the practice of buying and selling online conducted by students of the Faculty of Islamic economics and business at UNZAH and to find out the practice of buying and selling online in an Islamic perspective. The research method used in this study is descriptive qualitative method with Case Study approach. The data sources used are primary data and secondary data with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. Data analysis method in this study by reducing the data, after that present the data and draw conclusions of the data. The results showed that the practice of online buying and selling carried out by unzah students occurred in the first two ways the transaction mechanism which means the first step of the buyer to order goods and after that there is an online payment transaction also with several payment systems, among others by using bank transfer, credit card, paypal, e-wallet and can also be with the COD system. Online buying and selling carried out by online sellers Islamic Economic Perspective is in accordance with the transaction according to Islamic law, among others, the product/item sold must also be halal and quality, clarity of the status of the item is personal property or person, second hand and quality as well. Price compliance with the quality of the goods must also be guaranteed so that buyers do not feel disappointed. Honesty in buying and selling online should also be applied especially issues related to the level of trust between both parties.
Kepemimpinan Harun Pada Zaman Bangsa Israel Juita Lusiana Sinambela; Janes Sinaga; Stepanus Pelawi; Max Lucky Tinenti
Asian Journal of Philosophy and Religion Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/ajpr.v1i1.431

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Agar kita dapat memahami bagaimana cara memimpin yang baik, apa yang harus dilakukan seorang pemimpin sehingga kepemimpinannya dapat membawa suatu manfaat besar bagi setiap orang yang di pimpin. Pemimpin yang mempunyai keyakian teguh dalam mempertanahkan keyakinannya, menantang orang lain yang salah dan mengakui kesalahan bahkan memperbaiki kelakuan jika di perlukan. Dan terlebih dari pada itu Agar kita mengetahui di dalam kepemimpinan kita harus miliki keberanian dalam mengambil keputusan, Bertanggung Jawab dan tidak mementingkan keselamatan diri namun mengutamakan TUHAN. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisa data-data dari daftar Pustaka seperti Alkitab, buku-buku dan media online. Melalui penelitian ini setiap pembaca dapat memperoleh inspirasi menjadi pemimpin yang takut akan Tuhan.
Analisis Peran Roh Kudus Dalam Eksistensi, Pelayanan Dan Pertumbuhan Gereja Tirza Manaroinsong; Aditya Setiawan; Yossy Christian Raranta; Hutana Pasaribu; Djone Georges Nicolas
Asian Journal of Philosophy and Religion Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/ajpr.v1i1.432

Abstract

Pada masa kini, diduga terdapat gereja yang dipimpin dan dikelola selayaknya perusahaan berdasarkan prinsip-prinsip duniawi, hingga diduga mengabaikan pentingnya peran Roh Kudus di dalamnya. Padahal gereja merupakan persekutuan mereka yang telah menerima anugerah Allah di dalam iman kepada Kristus.dalam rangka menyatakan terang Kerajaan Allah di tengah dunia, melayani sesama, dan bertumbuh dengan tujuan memperluas Kerajaan Allah di muka bumi. Penulisan ini bertujuan marginalities peran Roh Kudus dalam eksistensi, pelayanan dan pertumbuhan Gereja dengan memakai metode kualitatif deskriptif yang dihubungkan dengan pengalaman gereja mula-mula. Pengumpulan data dilaksanakan melalui Alkitab dan berbagai literatur jurnal, buku, maupun wawancara. Hasilnya, Roh Kudus berperan sebagai perintis gereja, memberdayakan pelayan untuk pelaksanaan tugas pelayanan gereja, dan menggerakkan pertumbuhan gereja dalam segala hal. Kesimpulannya adalah bahwa eksistensi, pelayanan dan pertumbuhan gereja merupakan karya Roh Kudus dengan cara memperdayakan orang-orang percaya demi penggenapan karya dan rencana Allah bagi dunia. sehingga eksistensi, pelayanan dan pertumbuhan gereja tidak dapat dipisahkan dari peran Roh Kudus yang berkarya mewujudkan rencana Ilahi.
Memetakan Mazhab Teologi di Dalam Kekristenan : Sebuah Catatan Sejarah Abdon Arnolus Amtiran
Asian Journal of Philosophy and Religion Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/ajpr.v1i1.440

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah memetakan mazhab teologi di dalam kekristenan sebagai sebuah catatan sejahtera. Indonesia, pendebat-pendebat Kristen yang mengklaim diri sebagai apologet ikut meramaikan semua media sosial termasuk kanal Youtube dan media sosial dengan cara yang tidak cerdas dengan celaan dan cacian. Ini merupakan fenomena yang ikut menghiasi keberadaan kekristenan di Indonesia masa kini. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan analisis literatur, dan pengumpulan data melalui buku-buku, jurnal-jurnal dan dokumen yang memiliki keterkaitan dengan topik yang dibahas. Hasilnya, dalam perbedaan teologi maupun ajaran dalam kekristenan acapkali terjadi perdebatan-perdebatan dan ketegangan-ketegangan yang mencederai kesaksian kekristenan itu sendiri: yakni ajaran mengenai Trinitas, kedudukan Yesus dan Roh Kudus sebagai Allah itu sendiri yang bagi sebagai orang masih belum final. Kesimpulan, bermetamorfosisnya ajaran-ajaran yang dikutuk atau ditolak pada konsili oikumenis merupakan sebuah fenomena yang menarik untuk disikapi seiring dengan perkembangan kekristenan itu sendiri. Tentu perlu dilakukan kajian lebih mendalam faktor penyebabnya, namun ketika debat kusir dengan diksi dan narasi yang cenderung mengancam, menjelekkan dan umpatan serta makian, ia merupakan sebuah tontonan yang bukan saja memberi citra buruk para debator tetapi menciderai kesaksian kekristenan itu sendiri.
The Challenges Faced by Christian Missionaries and Maranao Muslims in Lanao del Sur, Marawi City: A Scientific Study Mohammad Nashief S. Disomimba
Asian Journal of Philosophy and Religion Vol. 1 No. 2 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/ajpr.v1i2.1439

Abstract

This paper utilized a content study to clarify the several challenges faced by Maranao Muslims in the Province of Lanao del Sur, Marawi city. The study focuses on the following activities conducted by Prelature Sisters in Marawi city, Parish in Balabagan, and in Malabang mentioning their challenges both Maranao Muslims and Christian missionaries. The tendency of giving priority of this study is to discuss the challenges faced by Christian Missionaries and Maranao Muslims in Lanao del Sur, Marawi city, to clarify the hidden reality of their challenges. To address this limitation, an analytical study is conceived to foreground the challenges of Christianization in the Province of Lanao del Sur.Descriptive Analysis used in this paper in  order to describe the challenges faced by Christian Missionaries and Maranao Muslims, contextualizing and examining the factors that shaped challenges, synthesizing and understanding/confirming/clarifying the reality of challenges. One of the most important result of the study; the Filipino Muslims knew that the main purpose of existing of the Christian missionaries and Christian settlers in their areas through the Philippine Government is to Christianize them. The challenges faced by Maranao Muslims taught them to wake-up each other, and taught them to unite in order to stop the Christianization in the province of Lanao del Sur, and the Christianization program never success in Marawi City until now.   
God's Vision and Faith as the Basis of the Effectiveness of a Church Leader's Ministry Djone Georges Nicolas; Catur Saputra; Nuh Gosianes; Makhtar N’diaye; Renita Septiani
Asian Journal of Philosophy and Religion Vol. 1 No. 2 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/ajpr.v1i2.1460

Abstract

The purpose of this study was to analyze God's vision and faith as the basis for the effectiveness of a church leader's ministry, using a qualitative method approach by collecting data from books, journals and interviews. First, the point of the ministry of church leaders is the fruit of God's vision and firm faith that the leader has received. A leader is essentially a visionary because the concept is the foundation of every plan to achieve goals or targets. However, it has been suspect that some Christian leaders, especially in the Church, do not have a clear vision, causing the implementation of services in the Church to be less effective. In conclusion, the effectiveness of ministry for a leader in the Church is greatly influenced by the collective vision and faith because they are one unity and the grace of God to support the Church.
Komparasi Deskriptif Thomas Aquinas tentang Filsafat dan Teologi Erfandi Setiawan; Esterika Wulandari; Olivia; Karli Riyanti; Rindi Juniari. S
Asian Journal of Philosophy and Religion Vol. 1 No. 2 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/ajpr.v1i2.1635

Abstract

Penelitian ini berusaha meng-komparasi filsafat dengan teologi dalam terang pemikiran Thomas Aquinas dalam hal konteks kehidupan bermasyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan penelusuran yang dekat dengan pemikiran yang bersifat komparatif Thomas Aquinas: filsafat dan teologi. Hasil penelitian menunjukkan hubungan kelindan komparatif filsafat dan teologi saat berhadapan dengan modernisasi. Penggerak yang tak dapat digerakkan kerap menjadi landasan berpikir Thomas Aquinas dalam kerangka logika saat saling menyilang percakapan antara teologi dan filsafat.
Ambivalensi Filsafat dan Teologi melalui Lensa Gianni Vattimo Cristina Dela; Kristina; Gustina Rahayu; Jestina Putri; Afriliandi
Asian Journal of Philosophy and Religion Vol. 1 No. 2 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55927/ajpr.v1i2.1658

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat mbivalensi pemikiran lemah dan hermeneutika melalui lensa Gianni Vattimo berada dalam konteks menafsirkan, terkhususnya dalam memahami Alkitab dari zaman ke zaman berbicara tentang teori retorika atau kebenaran yang di sampaikan oleh filsuf Gianni Vattimo. Proses menemukan atau meneliti sumber tentang Gianni Vattimo, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi pustaka. Studi pustaka tersebut menggunakan sumber data sekunder (jurnal) untuk mencari tahu informasi tentang Gianni Vattimo mengenai pemikiran lemah dan hermeneutika/tafsir. Maka dalam penulisan ini, penulis melihat, menanggapi, membandingkan, bahkan penulis juga berpendapat mengenai pentingnya berpikir mengenai Allah dengan tidak terburu mencari kesimpulan dan kesimpulan akhir.

Page 1 of 2 | Total Record : 16