cover
Contact Name
M. Miftach Fakhri
Contact Email
fakhri@unm.ac.id
Phone
+6282191045293
Journal Mail Official
intec@unm.ac.id
Editorial Address
JL. Daeng Tata Raya, kel. Parangtambung, Kec. tamalate, Kota Makassar , Kode Pos 90244 - Ruang Prodi Teknik Komputer FT-UNM
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
INTEC: Information Technology Education Journal
ISSN : 28097971     EISSN : 2809798X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
INTEC Journal adalah jurnal di bidang pendidikan teknologi informasi yang memuat artikel-artikel hasil penelitian dan atau kajian kritis di bidang Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer khususnya pada media pembelajaran, metode pembelajaran, sistem informasi, rekayasa perangkat lunak dan pengembangannya, serta berbagai tema terkait, dari para mahasiswa, dosen, dan praktisi dari perguruan tinggi atau lembaga penelitian. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. INTEC Journal terbit berkala tiga kali setahun pada bulan Januari, Mei, dan September. INTEC Journal telah memiliki ISSN versi cetak dengan nomor 2809-798X dan versi online dengan nomor 2809-7971.
Articles 43 Documents
Analisis Minat Siswa Dalam Penggunaan E-Commerce Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Veronika Asri Tandirerung; Abd. Rahman Patta
INTEC: Information Technology Education Journal Vol 1, No 2 (2022): MEI
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam penggunaan e-commerce melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan minat siswa dalam menggunakan e-commerce sangat tinggi.Selain itu, minat siswa dalam menggunakan social media dalam mengembangkan usaha berada pada kategori tinggi, dan minat siswa dalam memasarkan usaha melalui personal selling dan door to door berada pada kategori cukup.  Hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis proyek menunjukkan hasil belajar dengan indikator penilaian hasil proyek, penilaian persentasi, penilaian psikomotorik dan penilaian afektif. Melalui pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat merancang sebuah usaha yang dapat dikembangkan berbantuan e-commerce yang saat ini berkembang di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam merancang dan melakukan refleksi terhadap kelancaran sebuah usaha sudah sangat baik.
Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Kinerja Guru pada Keterlaksanaan Pembelajaran Berbasis Dashboard di SMKN 3 Takalar Nurafni Nurafni; Yunus Tjandi; Muh. Yusuf Mappeasse; Iwan Suhardi; Muhammad Riska
INTEC: Information Technology Education Journal Vol 1, No 2 (2022): MEI
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan sistem, hasil pelaporan kinerja, dan hasil pengujian kualitas sistem menggunakan ISO 9126. Proses pengembangan sistem menggunakan metode Scrum Agile Deveploment yang terdiri dari empat langkah aktifitas kerja yaitu product backlog, sprint backlog, aktifitas sprint dan increment. Sistem yang dikembangkan divalidasi oleh empat orang ahli yaitu dua orang ahli sistem dan dua orang ahli konten atau materi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan dari sistem memberikan kemudahan bagi pihak sekolah dalam melakukan serangkaian aktifitas pengolahan data berupa proses penilaian kinerja, pembuatan pelaporan, pengecekan dokumen, dan menghasilkan penyajian informasi pelaporan yang dapat diakses dengan cepat. Kemudian hasil pelaporan periode tahun 2020/2021 untuk kinerja guru diperoleh penilaian dengan konversi yang menunjukkan pada kategori “Amat Baik”. Sedangkan untuk hasil penilaian administrasi guru dalam setahun ajaran pada semester ganjil diperoleh persentase jumlah guru 78% dengan pencapaian kategori “Sangat Baik” dan 22% dengan pencapaian kategori “Baik”. Pada semester genap diperoleh persentase jumlah guru 65% dengan pencapaian kategori “Sangat Baik” dan 35% dengan pencapaian kategori “Baik”. Hasil pengujian kualitas perangkat lunak membuktikan bahwa sistem informasi pelaporan kinerja guru pada keterlaksanaan pembelajaran telah memenuhi standar pengujian ISO 9126 dengan hasil pengujian kelayakan untuk karakteristik functionality dengan kategori pencapaian “Layak”. Pengujian kepuasan untuk karakteristik usability dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”. Pengujian kualitas untuk karakteristik reliability dengan kategori pencapaian telah memenuhi standar pengujian Telcordia. Pengujian kualitas untuk karakteristik efficiency dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”. Pengujian kualitas untuk karakteristik maintainability dengan kategori pencapaian telah memenuhi tiga standar pengujian Land. Pengujian kualitas untuk karakteristik portability dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”.
Pengaruh Kemampuan Numerik dan Logika Terhadap Nilai Mata Kuliah Algoritma Pemrograman Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar Huriyyah As; Syarifuddin Kasim; Iwan Suhardi
INTEC: Information Technology Education Journal Vol 1, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerik dan logika terhadap nilai mata kuliah algoritma pemrograman pada mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statistika. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Angkatan 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran instrumen tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi berganda. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kemampuan numerik tidak mempengaruhi nilai algoritma pemrograman, kemampuan logika juga tidak mempengaruhi nilai algoritma pemrograman, dan kemampuan numerik dan logika secara bersama-sama pun tidak berpengaruh terhadap nilai mata kuliah algoritma pemrograman.
Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Menggunakan Autocad Melalui Penerapan Model STAD Berbasis Portopolio Siswa Kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Supratman Supratman
INTEC: Information Technology Education Journal Vol 1, No 2 (2022): MEI
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar konstruksi dan utilitas gedung melalui penerapan model pembelajaran  STAD  berbasis  portopolio  pada  siswa kelas XI Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri Paku. Subjek penelitian ini adalah satu kelas  yaitu siswa kelas XI SMK Negeri Paku sebanyak 22 siswa dan yang dijadikan sampel sebanyak 16 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari lima tahap, yaitu tahap permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif  dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD berbasis fortofolio dapat meningkatkan hasil belajar konstruksi dan utilitas gedung khususnya pokok bahasan Menggambar denah, tampak, potongan gedung dan detail pondasi dan sloof.. Hal ini terbukti dari hasil analisis deskriptif pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori sedang, dan pada siklus II menunjukkan hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, hal ini menunjukkan  bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Menggambar denah, tampak, potongan gedung dan detail pondasi dan sloof.  dari siklus I ke siklus II sebesar 20,00 persen. Hasil observasi juga menunjukkan adanya perubahan positip baik dari perilaku, sikap maupun keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Pengembangan Instrumen Evaluasi Program Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan Mandiri Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNM untuk Mitra Sekolah dengan Model CIPP Nurul Mukhlisah Abdal; Irwansyah Suwahyu; Dwi Rezky Anandari Sulaiman
INTEC: Information Technology Education Journal Vol 1, No 2 (2022): MEI
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam rangka memenuhi tuntutan dan kebutuhan akan link and match dengan dunia usaha dan industri, serta pengembangan keilmuan, Perguruan Tinggi dituntut agar dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Pelaksanaan MBKM tentu saja berhubungan dengan pengembangan kurikulum adaptif dan mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan dan kebutuhan zaman. Untuk mengevaluasi kegiatan Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan (AMSP) Mandiri yang diprakarsai oleh Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, peneliti merasa perlu mengevaluasi program tersebut guna mengukur efektivitas program. Instrumen ini digunakan untuk. mengetahui tingkat efektivitas capaian sasaran program AMSP Mandiri Prodi PTIK. Salah satu program evaluasi yang dapat digunakan dalam pembuatan model instrumen evalusi program adalah CIPP (Contex, Input, Process, Product). Uji coba dilakukan melalui tiga jenis pengujian, yaitu (1) Uji ahli; (2) Uji terbatas dilakukan terhadap kelompok kecil sebagai pengguna produk; dan (3) Uji-lapangan (field Testing). Setelah melalui ketiga jenis pengujian tersebut, hasil bahwa instrumen program AMSP Mandiri Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar untuk mitra menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel.
Pengembangan Aplikasi Voice For Blind sebagai Media Pembelajaran bagi Penderita Tuna Netra di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Aidah Fajria Adha; Muh. Yusuf Mappeasse; Hasrul Bakri
INTEC: Information Technology Education Journal Vol 1, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran berbasis Android pada SLB Negeri. Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan serta mengetahui tanggapan guru dan peserta didik tuna netra terhadap aplikasi media pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berasal dari faktor dan sub faktor ISO 25010. Metode analisis data penelitian menggunakan metode deskriptif. Hasil pengujian kualitas perangkat lunak menunjukkan hasil yang baik berdasarkan 4 aspek karakteristik dalam ISO 25010 yakni: functional suitability, usability, reliability, dan portability. Berdasarkan hasil penelitian pada SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, tanggapan guru dan peserta didik tuna netra terhadap aplikasi media pembelajaran ini yaitu sangat baik karena dapat mempermudah proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik tuna netra dengan fitur pada aplikasi yang mudah dipahami.
Pengembangan Media Pembelajaran Inovasi Permainan Edukasi Pemrograman Dasar Kelas X Teknik Komputer Jaringan Berbasis Scramsis Game Sasmita Sasmita; Mustari Lamada; Muh. Yusuf Mappeasse
INTEC: Information Technology Education Journal Vol 1, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pemrograman Dasar yang berbasis Scramsis Game dan menguji kualitas Game Scramsis (Scramble Sintak) berdasarkan pada standar kualitas ISO 25010. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach and Development dengan menggunakan model pengembangan waterfall yang meliputi komunikasi, perenanaan, pemodelan, konstruksi dan distribusi. uji kualitas functional Suitability dilakukan oleh 2 orang ahli media, sedangkan uji usability  dilakukan oleh siswa kelas X TKJ SMK 10 Makassar. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Game Scramsis (Scramble Sintak) memiliki enam menu utama yaitu ayo main, cara main, profil, pegaturan, petunjuk, materi dan menu komunikasi dengan defeloper. Scramsis (Scramble Sintak) memiliki tiga level yang berbeda tingkat kesulitannya. Game Scramsis (Scramble Sintak) mendapatkan skor 86% pada uji kualitas functional suitability yang berarti sangat baik, X=1 pada pengujian kualitas compatibilty sehingga disimpulkan bahwa aplikasi game berada pada kategori baik. Sedangkan analisis usability  yang dilakukan pengujian dengan 2 tahap yaitu pengujian kelompok kecil diperoleh 85% berdasarkan penilaian user berada pada kualifikasi sangat baik dan pengujian kelompok besar diperoleh 94% berdasarkan penilaian user berada pada kualifikasi sangat baik. Pengujian usability secara keseluruhan terdapat 30 responden.
Penerapan Literasi Digital Melalui Desain Blog Sebagai Updatetan Informasi Tema Keolahragaan Oleh Mahasiswa di Prodi Ilmu Keolahragaan Ninik Rahayu Ashadi; Shabrina Synta Dewi
INTEC: Information Technology Education Journal Vol 1, No 2 (2022): MEI
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui  penerapan literasi digital dengan desain blog sebagai updatetan informasi keolahragaan. Literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendapatkan informasi dan memilahnya. penerapan literasi. metode kegiatan ini adalah dengan melaksanakan pelatihan selama 2 minggu yang di ikuti oleh 62 mahasiswa sebagai peserta. hasil yang diperoleh menunjukkan antusias mahasiswa dalam desain blog sebagai updatean informasi memperoleh hasil maksimal, hal ini diperoleh dari hasil desain blog yang telah dibuat. serta Hasil angket dari penilaian peserta pelatihan menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan mendapat respon positif dari peserta. dalam mengikuti pelatihan ini diperoleh hasil perhitungan yaitu motivasi kelas Ikor A 2019 sebesar 96,5 %  sedangkan motivasi kelas Ikor B 2019 sebesar 91,8 %. kriteria interpretasi hasil persentase kuesioner tersebut berada pada interval sangat tinggi. Mereka menyatakan bahwa pelatihan desain blog yang dilakukan dapat meningkatkan updatetan informasi dengan cepat.
Pengembangan Media Pebelajaran Berbasis Audio Visual Pada Mata Kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Menggunakan Adobe Flash CS6 Nurul Pratiwi Indah Nurdin; Muhammad Yahya; Muh. Nasir Malik
INTEC: Information Technology Education Journal Vol 1, No 2 (2022): MEI
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada mata kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menggunakan Adobe Flash CS6 dan (2) mengetahui media pembelajaran berbasis audio visual pada mata kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menggunakan Adobe Flash CS6 valid, praktis dan efektif digunakanHasil penelitian dan pengembangan yaitu sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis audio visual yang di dalamnya terdapat materi-materi inti dari Mata Kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan (1974) yaitu model 4D yang terdiri dari empat langkah yakni pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dissemination). Hasil penelitian dari penelitian pengembangan ini adalah berupa produk media pembelajaran berbasis audio visual yang dikembangkan menggunakan Adobe Flash CS6 untuk Mata Kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan persentase 97,3% dengan kategori sangat valid dan hasil penilian dari ahli media mendapatkan persentase 90,62% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba skala kecil untuk aspek kepraktisan mendapatkan persentase 85,6% dengan kategori sangat praktis dan untuk aspek keefektifan mendapatkan persentase 87,11% dengan persentase sangat efektif. Hasil uji coba skala besar untuk aspek kepraktisan mendapatkan persentase 85,46% dengan kategori sangat praktis dan untuk aspek keefektifan mendapatkan persentase 85,36% dengan persentase sangat efektif.
Pengembangan Sistem Informasi Koperasi Pegawai Negeri Fisca Sari Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Parepare Berbasis Web Ayu Lestari; Hasrul Bakri; Syamsurijal Syamsurijal
INTEC: Information Technology Education Journal Vol 1, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan Sistem Informasi Koperasi Pegawai Negeri Fisca Sari pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Parepare dan untuk mengetahui hasil pengujian Sistem Informasi Koperasi Pegawai Negeri Fisca Sari pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Parepare berdasarkan standar kualitas perangkat lunak ISO/IEC 25010. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prototype. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan software pengukuran untuk mengukur kualitas perangkat lunak yang telah dikembangkan. Pengujian sistem dalam penelitian ini menggunakan standar kualitas perangkat lunak ISO/IEC 25010 pada aspek functional suitability, reliability, usability, portability dan security. Berdasarkan hasil penelitian, dihasilkan sebuah Sistem Informasi Koperasi Pegawai Negeri Fisca Sari yang dapat digunakan untuk mengelola administrasi koperasi secara valid, efektif dan praktis