cover
Contact Name
Budiyono
Contact Email
budiyonosp75@gmail.com
Phone
+6285246434606
Journal Mail Official
budiyonosp75@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Jl. Pahlawan No. 10 Kajen Kab. Pekalongan, Jawa Tengah
Location
Kab. pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : 25986198     DOI : 10.48144/suryateknika
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin merupakan media publikasi makalah hasil penelitian dalam bidang teknik dan permesinan yang mencakup mesin otomotif, mesin industri, dan Teknologi Tepat guna.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol.2 No.2 Oktober 2018" : 6 Documents clear
IDENTIFIKASI DAN TROUBLE SHOOTING SISTEM PENDINGINAN PADA MESIN DAIHATSU GRANMAX DAN CARA MENGATASINYA Imam Prasetyo; Arfian Putra Pardana
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol.2 No.2 Oktober 2018
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin cepat di bidang otomotif mendorong manusia untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam dunia otomotif, kendaraan merupakan alatt ransportasi yang paling sering digunakan. Dalam kendaraan terdapat beberapa system yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain sebagai pendukung kerja dari kendaraan tersebut. Sistem tersebut diantaranya adalah sistem pendingin. Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui komponen yang terdapat pada sistem pendingin beserta fungsi dan cara kerja sistem pendingin mobil Daihatsu GranMax. Dalam Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukannya identifikasi trouble shooting sistem pendingin dibagi menjadi beberapa proses diantaranya :pembongkaran, danpemeriksaan. Dalam proses pembongakaran sistem pendinginan ini dilakukan terhadap komponen sistem pendinginseperti radiator, water jacket, thermostat, selang radiator, water pump. Kemudian berlanjut ke proses pemeriksaan terhadap komponen tersebut untuk mengetahui kondisinya apakah bisa menjadi penyebab troubleshooting pada sistem pendingin. Hasil dari pemeriksaan tersebut nantinya dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan tentang identifikasi trouble shooting sistem pendingin bagi mahasiswa Politeknik Muhammadiyah Pekalonganyang membuat tugas akhir tersebut maupun mahasiswa lainnya. Dan sangat berguna setelah sudah lulus dari Politeknik Muhammadiyah Pekalongan ini Kata kunci : Sistem pendingin, Daihatshu, GranMax
PERBAIKAN DAN PERAWATAN AKI BASAH Imam Prasetyo; , Iwan Saputro
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol.2 No.2 Oktober 2018
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Aki adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia yang terdiri dari sel atau elemen sekunder dan merupakan sumber arus listrik searah yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Aki termasuk elemen elektro kimia yang dapat mempengaruhi zat pereaksinya, sehingga disebut elemen sekunder. Kutub positif aki menggunakan lempengan oksida dan kutub negatifnya menggunakan lempengan timbal sedangkan larutan elektrolitnya adalah larutan asam sulfat. Tugas akhir ini bertujuan untuk menambah pengetahuan perawatan dan perbaikan aki basah serta menambah pengetahuan tentang penyebab kerusakan aki .Hasil dari keempat aki sebelum diperbaiki hampir semuanya voltasenya lemah, air akinya kurang dan terminalnya berkarat sehingga tidak dapat menstarter mesin dan menghidupkan aksesoris kendaraan . Kemudian setelah diperbaiki tegangan dan voltagenya hampir mendekati spesifikasi aki normal dan dapat digunakan untuk menstarter mesin ,menghidupkan lampu dan dan aksesoris pada kendaran. Kata kunci :Berat jenis, Elektrolit, Aki basah.
KAJIAN PARTIKEL ARANG DAUN BAMBU TUTUL HASIL TUMBUKAN HIGH ENERGY BALL MILLING TIPE SHAKER MILL Yoyo Saputro
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol.2 No.2 Oktober 2018
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Arang daun bambu tutul sebagai kajian produk nanopartikel dan penghasil silica yang memiliki berbagai keunggulan dari segi sifat fisika dan kimia. Pada penelitian ini produksi nanopartikel menggunakan High Energy Milling (HEM) tipe shaker mill untuk memproduksi nanopartikel dari arang daun bambu tutul. Pada penelitian ini dilakukan uji PSA untuk menganalisa ukuran partikel, untuk menganalisa distribusi morfologi partikel dan komposisi kimia yang terkandung dalam material menggunakan uji SEM dan EDX. Siklus yang digunakan pada penelitian adalah 2 juta siklus dengan putaran motor listrik 1000 rpm, dan diameter bola baja 1/4 inchi. Tabung stainless steel berjumlah 4 dengan diameter tabung 2 inchi dan tinggi tabung 120 mm dengan perbandingan volume ruang kosong tabung yaitu 1:1, 1:2, 1:3, dan 1:4 dengan material. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume ruang kosong tabung dan rata – rata diameter partikel, distribusi partikel, dan komposisi yang terkandung dalam partikel hasil tumbukan dengan alat shaker mill. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa volume ruang kosong tabung sangat berpengaruh pada mekanisme tumbukan. Dari uji PSA semakin besar volume ruang kosong tabung, semakin kecil ukuran partikel material yang dihasilkan. Hasil uji SEM dan EDX didapatkan unsur kimia karbon yang paling tinggi 68,47 % pada volume 1:1 ruang kosong tabung. Sehingga arang daun bambu tutul merupakan sumber potensi sebagai penghasil silica. Kata kunci: Arang Daun Bambu Tutul, Nanopartikel, High Energy Milling (HEM), Silika
ANALISA GANGGUAN SISTEM STARTER PADA MESIN TOYOTA AVANZA 1300 CC DAN CARA MENGATASINYA Khoirul Anam Anam; Yulianto Yulianto
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol.2 No.2 Oktober 2018
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Sistem starter merupakan sistem penggerak awal dalam kendaraan yang pastinya memiliki peran penting dalam sebuah engine. Pengetahuan akan sistem starter yang jarang di ketahui seringkali menjadi problem penting. Oleh karna itu dibuatlah engine stand yang dilengkapi sistem starter yang bisa langsung dilakukanlah analisa gangguan, pembongkaran, pengecekan sistem starter pada mesin toyota avanza 1300 cc. Sistem starter ini dipasang bergabung langsung pada engine stand toyota avanza 1300 cc. Pemasangan ini juga bertujuan agar semua analisa masalah yang mungkin timbul pada sistem starter dapat langsung di amati dan di analisa secara langsung, Sehingga bila terjadi sesuatu langsung dapat dilakukan pembongkaran dan juga pengecekan komponen sistem starter maupun komponen motor starter sesuai kebutuhan pengumpulan data yang di perlukan. Setelah melakukan analisa gangguan diperoleh data bahwa sistem starter ini memiliki komponen yang cukup baik, dan dapat langsung di amati cara kerjanya. Dari segi pengecekan komponen sistem starter pun di peroleh data bahwa komponen dalam kondisi baik. Dalam pengecekan dan pengukuran komponen motor starter juga didapati hasil yang cukup baik dimana komponen komponen masih layak di gunakan, hanya saja panjang sikat yang sudah tidak memenuhi standar dimana Standar 13,5 mm dan Limit 10 mm diperoleh hasil 9,1 mm maka harus di ganti dengan yang baru. Kata kunci : Sistem Starter, Toyota Avanza
MODIFIKASI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL PLATINA MENJADI SISTEM PENGAPIAN CDI PADA MOTOR HONDA CB TAHUN 1977 Akhmad Pujiono; Teguh fitriyanto
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol.2 No.2 Oktober 2018
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Secara umum penelitian ini modifikasi merubah dari satu atau lebih bagian part dari sepeda motor dari keadaan standar. Memodifikasi sepeda motor Honda CB dilakukan dengan berbagai macam tujuan, salah satu tujuan tersebut adalah untuk memperbaiki performa dari sepeda motor Honda CB tersebut. Modifikasi pada Honda CB dilakukan pada part dari sistem pengapian pada motor tersebut. Sebelum dilakukan modifikasi, sistem pengapian yang terdapat pada motor tersebut adalah sistem pengapian konvensional dengan menggunakan platina. Diera tahun 1977 sistem pengapian dengan metode konvensional masih sangat lazim digunakan, sistem ini mempunyai beberapa kekurangan diantaranya masalah kepresisian pada rpm tinggi, selain itu permukaan kontak harus bersih apabila terdapat kotoran ataupun embun maka pengapian menjadi tidak sempurna. Disisi lain permasalahan dari sistem pengapian konvesional adalah ketersedian part terutama platina khusus Honda CB Tahun 1977 mulai langkah dipasaran. Sistem pengapian CDI (Capassitor Discharge Ignition) merupakan sistem pengapian elektronik sebagai penyempurna dari sistem pengapian sebelumnya. Kelebihan dari CDI diantaranya maintenance free artinya tidak diperlukan penyetelan secara berkala selain pengapian yang dihasilkan lebih stabil sehingga lebih efisien tehadap bahan bakar. Kekurangan dari CDI salah satunya biaya penggantian unit CDI relatif lebih mahal. Proses modifikasi ini penambahan pick up coil di kruk-as dengan cara pada kruk-as dilas sepanjang 21 mm mengikuti sistem pengapian pada Honda Mega pro, pick up coil bekerja bersama dengan pulser untuk menghasilkan sinyal pada sistem pengapian. Posisi pick up coil pada akhir langkahnya bertemu dengan part pulser 5 derajat sebelum piston mencapai Titik Mati Atas. Kata Kunci : Motor Honda CB Tahun 1977, Pulser, pick up coil dan CDI
PERBANDINGAN BUSI STANDAR DENGAN BUSI PLATINUM PADA SEPEDA MOTOR HONDA CB 150 TERHADAP POWER DAN KONSUMSI BAHA BAKAR DENGAN VARIASI CELAH BUSI Budiyono Budiyono; Ains Eka Mahfudin
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol.2 No.2 Oktober 2018
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This thesis aims to compare between standard and spark plugs platinum on a motorcycle Honda CB150R to power and fuel consumption. To find out which one is better spark plug to the desired engine performance. The research process including standard and platinum spark plugs installed with a gap of 0.40, 0.70, 0.90 mm dynotest then performed to determine the power produced from each standard and platinum spark plug gap. Then to find out the results of the research of fuel consumption is done by replacing the standard plug and platinum with a gap of 0.40, 0.70, 0.90 mm and tested in a way to fill the fuel into the tank with a volume of 1000 ml and then turn the engine with over 5 min at engine speed of 5000 rpm constant on each of the spark plugs, then record the results of testing of the fuel. The results of the study can be determined by comparing the standard plug and platinum spark plugs and spark plug gap of 0.40, 0.70, 0.90 mm Which better engine performance and fuel consumption more efficient. Keywords: Spark Plug, Test, Honda CB 150 R..

Page 1 of 1 | Total Record : 6