cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardihamzah88@gmail.com
Phone
+6285242480990
Journal Mail Official
jurnal.hest@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jend. Gatot Subroto No23 Manding-Madate-Polewali Sulawesi Barat Indonesia
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST)
ISSN : -     EISSN : 26851792     DOI : https://doi.org/10.36339/jhest
J-HEST Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia DPD Sulawesi Barat satu kali dalam enam bulan (Desember dan Juni). Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sains, dan teknologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 114 Documents
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Herni Herni; Sainab Sainab; Sari Rahayu Rahman
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 2 (2022): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.724 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i2.1

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan LKPD hingga menghasilkan LKPD yang berkualitas menurut para ahli, dan untuk menganalisis tingkat kevalidan, kepraktisan serta tingkat keefektifan LKPD. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D atau model Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA II SMA Negeri 2 Majene. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah instrumen validitas berupa lembar validasi, instrumen kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan LKPD, dan instrumen keefektifan berupa angket respon peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan uji coba validitas LKPD yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 3,57, sedangkan berdasarkan uji coba kepraktisan LKPD yang dikembangkan berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata 3,52. Peserta didik juga memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan dengan rata-rata 3,15. Hal ini menandakan bahwa LKPD yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.
Analisis Biaya Produksi Dengan Menggunakan Pendekatan Theory of Constraint (TOC) untuk Meningkatkan Laba Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Sumber Graha Sejahtera Luwu Kabupaten Luwu) Miftahul Jannah; Nuraeni M
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 2 (2022): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.164 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i2.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala pada proses produksi dan menggunakan pendekatan theory of constraint untuk mengetahui bagaimana mengatasi kendala dari biaya produksi untuk memaksimumkan keuntungan pada bulan November dan Desember 2019 di PT. Sumber Graha Sejahtera (SGS) Luwu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kendala yang terjadi pada perusahaan PT. Sumber Graha Sejahtera Luwu untuk bulan November dan Desember 2019 yaitu terletak pada sumber daya manusia, masalah kualitas bahan baku dan masalah hasil produksi. Penyelesaian masalah yang terjadi pada proses produksi di perusahaan PT. Sumber Graha Sejahtera Luwu bulan November dan Desember tahun 2019 sudah sesuai dengan kajian teori yaitu dengan identifikasi kendala proses manufaktur, eksploitasi masalah proses manufaktur, sub ordinasi pada semua hal yang berkaitan dengan kendala, evaluasi kendala dan mengulangi proses keseluruhan. Hal ini menunjukkan perusahaan mampu menekan atau meminimalkan jumlah biaya produksi bulan November dan Desember tahun 2019, terbukti dengan jumlah biaya yang terealisasi masih dibawah dari jumlah yang dianggarkan oleh perusahaan. Untuk meningkatkan laba, ada dua hal penting yang diperhatikan perusahaan yaitu, meningkatkan jumlah penjualan dan menekan biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan, dalam hal ini adalah biaya produksi.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare Zaid Zainal; Nurul Mukhlisa; Nur Azizah
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 2 (2022): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.175 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i2.3

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan proses dan hasil belajar matematika pada materi volume bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give siswa kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare. Subjek Penelitian ini adalah guru dan siswa yang terdiri dari 14 orang. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru yaitu 70,83% dengan kategori cukup, dan observasi aktivitas siswa 63,98% dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas guru menjadi 87,5% dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa 82,44 dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar, pada siklus I hanya 57,14% siswa yang tuntas dengan rata-rata 60,71. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,71% siswa yang tuntas dengan rata-rata 78,55. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare.
Pengaruh Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Abdul Halik; Muhammad Asrul Sultan; Nasriani Nasriani
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 2 (2022): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.071 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i2.4

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa muatan bahasa Indonesia di kelas IV UPT UPT SD Negeri 121 Pinrang. Rumusan Masalah yang dikaji yaitu apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa muatan bahasa Indonesia di kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa muatan bahasa Indonesia di kelas IV. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dalam bentuk tes dan dokumentasi. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan metode pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) meningkat atau terdapat pengaruh antara metode pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST dengan hasil belajar siswa dimana rata-rata nilai Pretest yaitu 41,76 kemudian nilai Posttest menjadi 60,14.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Interaksi Manusia Kelas V UPTD SD Negeri 36 Parepare Nurjannah Nurjannah; Fajar Fajar; Fadlan Mahfudz
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 2 (2022): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.949 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i2.5

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match tentang interaksi manusia siswa kelas V dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tentang interaksi manusia siswa kelas V dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 8 siswa Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan nilai rata-rata hasil tes evaluasi siswa adalah 60 dengan ketuntasan belajar belum mencapai ≥76%. Sedangkan Pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan nilai rata-rata hasil tes evaluasi siswa adalah 72 dengan ketuntasan belajar sudah mencapai ≥76%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran tipe make a match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang interaksi manusia di kelas V UPTD SD Negeri 36 Parepare.
Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Nurjannah Nurjannah; Ila Israwaty; Naila Azzahra
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 2 (2022): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.79 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i2.6

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru belum mencapai SKBM. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan proses belajar tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru dan apakah penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V yang berjumlah 12 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, pada siklus I hasil observasi guru pada kategori (B), hasil observasi siswa pada kategori (C) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 67%. Pada siklus II hasil observasi guru pada kategori baik (B), hasil observasi siswa pada kategori baik (B) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 83%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru.
Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru Abdul Halik; Nur Ilmi; Risna Erawaty
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 2 (2022): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.145 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i2.7

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar membaca pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru melalui penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui tingkat persentase proses dan hasil belajar membaca pemahaman siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data hasil observasi guru pada siklus I mencapai 72,22% dengan kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 88,88% dengan kategori baik (B). Data hasil observasi siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mencapai 70,27% dengan kategori cukup (C) dan siklus II mencapai 86,38% dengan kategori baik (B). Begitupun dengan data hasil belajar membaca pemahaman siswa pada siklus I mencapai 70% dengan kategori cukup (C) dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 85% dengan kategori baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru.
Penerapan Pendekatan Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tonronge Kabupaten Sidrap Zaid Zainal; St. Maryam M; Titi Pratiwi Herman
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 2 (2022): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.355 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i2.8

Abstract

Studi ini menalaah penerapan pendekatan Accelerated learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas V SD Negeri 1 Tonronge Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan,kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan,pelaksanaan,observasi,refleksi.Untuk mengetahui tingkat persentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Tonronge Kabupaten Sidrap pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 orang siswa 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah proses pembelajaran.Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus hasil observasi aktivitas guru yaitu 66,66% dengan kategori cukup,dan observasi aktivitas siswa 62,84% dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatakan hasil observasi aktivitas guru menjadi 100% dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa 78,97% dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar,pada siklus I hanya 47,61% siswa yang tuntas dengan rata-rata 62,00. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,47% siswa yang tuntas dengan rata-rata 86,47. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan Accelerated learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas V SD Negeri 1 Tonronge.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pengaruh Kalor TerhadapKehidupan Siswa Kelas V UPTD SDN 72 Pakalu II Kabupaten Maros Nurjannah Nurjannah; Muhammad Asrul Sultan; Yani Triolita
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 2 (2022): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.246 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i2.9

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan proses belajar dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pengaruh kalor terhadap kehidupan, siswa kelas V UPTD SDN 72 Pakalu Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Deskripsi fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru (peneliti) dan siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I hasil observasi guru berada pada kategori baik (B), hasil observasi siswa berada pada kategori cukup (C) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 63% dengan nilai rata-rata 68. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik (B), hasil observasi siswa berada pada kategori baik (B) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 88% dengan nilai rata-rata 85.Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V UPTD SDN 72 Pakalu II Kabupaten Maros setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing mengalami peningkatan yang signifikan.
Managing ICT-Assisted English Classroom; Teachers’ Perspectives And Best Practices Randi Setiadi; Muhammad Danial
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 2 (2022): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.131 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i2.10

Abstract

This study aims to describe the classroom management implementation by the teacher ICT-assisted in teaching English and To find out the problems faced by the Teacher in Implementation Classroom Management in ICT – Assisted English Learning in SMKN 1 Tinambung. The researcher used descriptive-qualitative research. The research subjects were two English teachers. The two teachers used online class and offline class. Observations and interviews as instruments to collected data. The results showed that classroom management was divided into six aspects. Which Includes Rules and Procedures, Discipline and Consequences, Teacher-Student Relationships, Mental Set, Student Responsibilities and Layout of Seating and Desk.

Page 1 of 12 | Total Record : 114