cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardihamzah88@gmail.com
Phone
+6285242480990
Journal Mail Official
jurnal.hest@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jend. Gatot Subroto No23 Manding-Madate-Polewali Sulawesi Barat Indonesia
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST)
ISSN : -     EISSN : 26851792     DOI : https://doi.org/10.36339/jhest
J-HEST Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia DPD Sulawesi Barat satu kali dalam enam bulan (Desember dan Juni). Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sains, dan teknologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 85 Documents
Manajemen Kelas Pengajaran Bahasa Inggris Berbantuan Teknologi Informasi pada Sekolah Menengah Pertama Fajriani Fajriani; Muhammad Danial
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 1 No. 1 (2018): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.47 KB)

Abstract

Integrasi Teknologi Informasi (TI) dalam pembelajaran Bahasa Inggris menjadi salah satu inovasi yang dihadirkan sebagai cara untuk mengikuti perkembangan zaman dan arus media serta informasi. Hal ini memberikan tuntutan besar kepada para pengajar Bahasa Inggris untuk bisa menangkap peluang besar ini, yang sekaligus bisa menjadi tantangan di sisi lain. Salah satu aspek pentingnya adalah manajemen kelas Bahasa Inggris berbantuan TI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen manajemen kelas yang diaplikasikan oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris berbantuan TI. Penelitian akan dilakukan di beberapa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Majene. Penelitian ini akan menggunakan model penelitian deskriptif yaitu mencari gambaran tentang bagaimana manajemen kelas yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran bahasa inggris berbantuan Teknologi Informasi (TI) dengan sumber data yang diperoleh melalui observasi, interview, studi dokumen. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi untuk hasil observasi dan interview. Target penelitian ini adalah untuk menemukan pola manajemen kelas yang digunakan oleh guru beserta persepsi siswa untuk bisa dilakukakan analisis lebih jauh. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas yang diaplikasikan oleh guru Bahasa Inggris pada kelas berbantuan komputer di Kabupaten Majene meliputi; a) Manajemen kondisi fisik kelas, b) Manajemen tingkah laku siswa dan c) manajemen komunikasi dan interaksi guru-siswa/siswa-siswa, dan (d) Manajemen Waktu
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Nurmiati Nurmiati
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 1 No. 1 (2018): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.871 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar kognitif IPA Terpadu (Biologi) peserta didik kelas VIII SMP Negeri Luyo. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental atau kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Posttest Only Non-Equivalent Control Group. Hasil analisis statistik deskriptif nilai posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen adalah 63,6, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik kelas kontrol adalah 60,3. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki hasil posttest yang lebih baik daripada kelas kontrol. Tetapi tidak ada perbedaan signifikan hasil posttest kedua kelas. Hasil pengujian hipotesis nilai posttest diperoleh nilai thitung sebesar 1,01 sedangkan ilai ttabel untuk taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 55 adalah 1,674 sehingga diperoleh thitung < ttabel. Ini menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar kognitif biologi peserta didik.
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Mesra Damayanti; Muhammad Mifta Fausan
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 1 No. 1 (2018): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.301 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis problem solving terhadap hasil belajar mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control group desaign, terdiri dari dua variabel yaitu model pembelajaran berbasis problem solving dengan pembelajaran langsung sebagai variabel bebas dan hasil belajar mahasiswa sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 112, pengambilan sampel secara random terpilih kelas biologi A dan C. Setelah pemberian tes hasil belajar, data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan tingkat kesalahan 5% (α = 0,05). Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hasil analisis statistik inferensial menujukkan bahwa model pembelajaran berbasis problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat.
Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Teacheng terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Ruth Megawati; Cornelius Tanta
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 1 No. 1 (2018): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.343 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode pembelajaran “peer teacheng/teman sebaya” terhadap hasil belajar mahasiswa semester IV program studi pendidikan biologi tahun akademik 2017/2018 dengan desain penelitian yaitu kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel penelitian yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan unntuk menjaring data yang diperlukan adalah tes disetiap akhir topik pembelajaran dalam bentuk uraian, lembar observasi dan dokumentasi, yang sebelumnya telah divalidasi. Uji statistiknya menggunakan uji T (melihat pengaruh X secara simultan terhadap Y) dengan bantuan spss v.17.00. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai signifikasi sbesar 0,172 dan lebih besar dari 0,05 sehinngga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran peer teaching/teman sebaya ini memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini akan menjadi acuan bagi pengajar/dosen untuk memilih metode pembelajaran peer teaching ini sebagai salah satu metode yang dapat diterapkan, serta mampu berinovasi dalam proses pengajaran ke depannya.
Pengaruh Umur terhadap Penghasilan Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Andi Quraisy; Ikramuddin Ikramuddin
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 1 No. 1 (2018): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.237 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendidikan Kabupaten Bone dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh umur terhadap penghasilan Pegawai Negeri Sipil Dinas Pendidikan Kabupaten bone. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui hubungan linear antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi pada penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil Dinas Pendidikan Kabupaten Bone sedangkan sampelnya adalah seluruh Pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Bone yang terdiri atas 37 orang. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data melalui analisis regresi diperoleh terdapat pengaruh umur terhadap penghasilan pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bone. Besar pengaruh umur terhadap penghasilan yaitu hanya 29,8% dan berada pada kategori lemah.
Analisis Subjective Well-being Pasien Penyakit Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis Masyita Haerianti; Sri Warsini; Heny Suseani Pangastuti
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 1 No. 1 (2018): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.977 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v1i1.19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan subjective well-being pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisis di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Jumlah sampel 110 orang. Penelitian dilakukan di Unit Hemodialisis RSUP Dr.Sarjito Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan consecutive sampling. Pengambilan data menggunakan lima kuesioner yakni kuesioner data demografi, kuesioner Personal Wellbeing Index-Adult (PWI-A), kuesioner Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES), kuesioner Sarason’s Social Support Questioner (SSQ) dan kuesioner nilai-nilai agama dengan analisa data chi-square dan uji regresi logistic berganda dengan metode backward. Mayoritas pasien memiliki subjective well-being yang tinggi. Faktor yang berhubungan dan paling dominan memengaruhi subjective well-being hanya harga diri (p=0,010). Faktor yang berhubungan dengan subjective well-being yakni jenis penyakit dan harga diri. Faktor yang paling berhubungan adalah harga diri. Berbagai tindakan yang dapat meningkatkan harga diri pasien hemodialisa penting untuk dilakukan untuk meningkatkan subjective well-being pasien
Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 Milawaty Waris
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 1 No. 1 (2018): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.094 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v1i1.20

Abstract

Salah satu jenis simpang adalah jenis simpang tak bersinyal, simpang tak bersinyal yang berada di pasar majene merupakan simpang empat lengan yang terletak dijalan lanto dg. Pasewang dengan jalan melati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai skr/jam dan kinerja simpang tak bersinyal pada simpang tiga pasar Majene. Metode penelitian ini adalah survei lapangan yaitu dilakukan dengan meneliti secara langsung dilapangan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan. perhitungan data kinerja simpang tak bersinyal menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014. Hasil analisa yang diperoleh, nilai kapasitas dari tujuh hari pengamatan didapat nilai 2.203,03 skr/jam, nilai derajat kejenuhan DJ=1,4 > 0,60, terlalu tinggi terjadi pada hari Minggu pukul 10.00-14.00 WIB dan nilai tundaan diperoleh sebesar 24,9 det/skr. Nilai peluang antrian berkisar antara 49%-97%. Dari hasil penelitian ini masih dikategorikan layak untuk menampung arus lalu lintas kendaraan yang masuk simpang sebesar 7.874 skr/jam. Untuk menurunkan nilai ini, ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengadakan pemasangan rambu larangan berhenti untuk menurunkan hambatan samping sehingga hambatan samping dianggap menjadi rendah, maka kapasitas Simpang meningkat.
Penerapan Model Problem Based Learning Teknik Probing Prompting terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ummu Kalsum; Nur Aisyah Humairah; Misbah Sabaruddin
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 1 No. 1 (2018): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.024 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v1i1.21

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep fisika siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan teknik Probing Prompting serta untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep fisika siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran PBL menggunakan teknik Probing Prompting. Jenis penelitian adalah Pra – Eksperimen menggunakan One Group Pretest – Posttest Desaign. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 2 Majene dengan sampel penelitian adalah XII MIA yang berjumlah 25 orang. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk penilaian model pembelajaran dan tes pilihan ganda beralasan untuk pemahaman konsep fisika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk penilaian model pembelajaran, hasil penialain pemahaman konsep siswa dan analisis inferensial untuk hasil penilaian pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep fisika siswa sebelum diterapkan model PBL menggunakan teknik Probing Prompting tergolong masih sangat rendah, kemampuan pemahaman konsep fisika siswa setelah diterapkan model pembelajaran PBL menggunakan teknik Probing Prompting tergolong tinggi dan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep fisika siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran PBL menggunakan teknik Probing Prompting.
Pengaruh Penyuluhan terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Pernikahan Dini Irfan Irfan; Harmawati Harmawati
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 1 No. 1 (2018): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.656 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v1i1.22

Abstract

Remaja yang berada di SMP Negeri 6 Majene rata-rata pengetahuan tentang pernikahan dini sangat rendah. Penyuluhan tentang pernikahn dini di SMP Negeri 6 Majene menjadi hal yang penting diberikan kepada para remaja agar dapat meningkatkan pengetahuan tentang pernikahan dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja tentang pernikahan dini di SMP Negeri 6 Majene Tahun 2018. Rancangan penelitian ini dengan metode Pre-Eksperimental dengan One group pre-test and post-test design. Tekhnik pengambilan sampel Cluster random sampling alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Majene sebanyak 90 sampel. Analisa data menggunakan program SPSS 20. Uji statistic yang digunakan adalah Wilcoxon Tests dengan tingkat signifikansi ɑ < 0,05. Terdapat pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja tentang pernikahan dini dengan nilai signifikan P = 0,000 < ɑ = 0,05. Diharapkan petugas kesehatan melakukan penyuluhan tentang pernikahan dini agar pengetahuan remaja meningkat tentang pernikahan dini
The Relationship between Mother's Knowledge and Repeated Fever Seizures in Seruni Nursing Room at Majene in Regional Hospital Raehan Raehan
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 1 No. 1 (2018): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.757 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v1i1.23

Abstract

Kejang demam merupakan kejang yang paling sering terjadi pada anak sebanyak 2% sampai 5% anak yang berumur kurang dari 5 tahun pernah mengalami kejang disertai demam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dengan kejadian kejang demam berulang di ruang perawatan seruni RSUD Majene tahun 2017. Desain penelitian yang digunakan yaitu analitik observational dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu yang anaknya mengalami kejang demam sebanyak 39 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 22 anak. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis person chi-square dengan α = 0.05. Pengetahuan ibu tentang kejadian kejang demam berulang, sama besar antara pengetahuan cukup dan pengetahuan kurang, kejadian kejang demam berulang lebih banyak pada kategori kejang demam berulang. Kesimpulan: hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan kejadian kejang demam berulang di ruang perawatan seruni RSUD Majene tahun 2017. Saran: merencanakan kebutuhan pendidikan kesehatan bagi ibu khususnya dengan anak penderita kejang demam, sehingga dapat mengontrol kejadian kejang demam berulang