cover
Contact Name
Khairul Amin
Contact Email
alqonz90@gmail.com
Phone
+6282165108654
Journal Mail Official
jigmjurnal@gmail.com
Editorial Address
OFFICE: MAN 1 PIDIE, Komplek Pelajara Tijue, Jl. A Madjid Ibrahim KM 114, Sigli-Pidie, Indonesia. Email: jigmjurnal@gmail.com
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Guru Madrasah (JIGM)
ISSN : -     EISSN : 28297792     DOI : -
Jurnal Ilmiah Guru Madrasah (JIGM) is a scientific journal published by Madrasah Aliyah Negeri 1 Pidie in collaboration with the Office of the Ministry of Religion of Pidie Regency. This journal is a medium publication for Teachers in general, especially for Madrasah Teachers at the Ibtidaiyah, Tsanawiyah, and Aliyah levels. Jurnal Ilmiah Guru Madrasah (JIGM) received a research article, classroom action research, and literature studies related to madrasah education activities. JIGM is published twice a year, i.e. January-June and July-December each year. All articles published in Jurnal Ilmiah Guru Madrasah (JIGM) are reviewed by expert reviewers and have passed a plagiarism check using Turnitin with a Similarity Index below 30%.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2022): Oktober-Maret" : 5 Documents clear
Psikoterapi dalam Perspektif Al Qur'an dan Hadits Abdullah; Salami; Fahruddin Nasution; Moenawar
Jurnal Ilmiah Guru Madrasah Vol 1 No 2 (2022): Oktober-Maret
Publisher : Madrasah Aliyah Negeri 1 Pidie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.683 KB)

Abstract

Islam telah menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan jiwa yang dialami manusia dalam berbagai konteksnya. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji psikoterapi berdasarkan Qur'an dan Hadits. Dalam artikel ini, pengumpulan data dilakukan dengan kajian kepustakaan yang bersumber dari Al Qur’an, Hadis, buku, jurnal dan melalui dokumen-dokumen baik dokumen tertulis, maupun dokumen elektronik, dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Psikoterapi Perspektif Alquran, dapat dilakukan diantaranya: (a) Psikoterapi melalui Zakat Menghilangkan Iri Dengki (b) Psikoterapi Melalui Shalat (c) Psikoterapi  Melalui Saling Memaafkan. (d) Psikoterapi  Melalui Puasa. Sedangkan psikoterapi dalam Perspektif Hadist, diantaranya: (a) Psikoterapi Sedekah Bagi Kesehatan Jiwa, (b) Psikoterapi Melalui Dzikir. (c)Psikoterapi melalui Doa. Abstract Islam has offered solutions to overcome mental problems experienced by humans in various contexts. This article aims to examine psychotherapy based on the Qur'an and Hadith. In this article, data collection is carried out by reviewing literature from the Qur'an, Hadith, books, journals, and other relevant document,  and data analysis in this study uses descriptive methods. This study showed that psychotherapy from the Quranic perspective, including (a) Psychotherapy through Zakat Eliminating Envy, (b) Psychotherapy through Prayer (c) Psychotherapy through Forgiveness. (d) Psychotherapy Through Fasting. While psychotherapy in the perspective of Hadith includes (a) Alms Psychotherapy for Mental Health and (b) Psychotherapy Through Dhikr (c) Psychotherapy through Prayer.
Uji Aktivitas Antimicrobial dan Kandungan Senyawa Kimia Bunga Cempaka Putih (Michelia Alba DC) Safrina Safrina
Jurnal Ilmiah Guru Madrasah Vol 1 No 2 (2022): Oktober-Maret
Publisher : Madrasah Aliyah Negeri 1 Pidie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang uji aktivitas antimicrobial dan kandungan senyawa kimia bunga cempaka putih (Michelia Alba DC). Proses pengujian dilakukan menggunakan Kromatografi Gas-Spektroskopi massa terhadap Escherichia coli dan Staphilacocus aureus. Hasil Pengujian menunjukkan bahwa karakterisasi dari ekstrak n-heksana  menghasilkan 46 komponen kimia dengan 5 komponen utama. Ekstrak ini memperlihatkan adanya aktivitas antimicrobial/anti infeksi. Pada konsentrasi 50%, zona hambat untuk masing-masing mikroba uji Escherichia coli dan Staphilacocus aureus adalah 13 dan 30 mm, pada konsentrasi 20% adalah 12 dan 21 mm, pada konsentrasi10% adalah 9 dan 10 mm dan 5% adalah 8 dan 10 mm. Kajian ini menyimpulkan bahwa cempaka putih terbukti dapat menghambat aktivitas dan bakteri penyebab infeksi, sehingga cocok untuk digunakan sebagai obat antiinfeksi. Abstract This article describes the antimicrobial activity test and the content of chemical compounds in White Cempaka Flowers (Michelia Alba DC). The testing process was carried out using Gas Chromatography-Mass Spectroscopy on Escherichia coli and Staphylococcus aureus. The test results showed that the characterization of the n-hexane extract resulted in 46 chemical components with five main parts. This extract showed antimicrobial/anti-infective activity, with each test concentration being: 1) at a concentration of 50%, the inhibition zone for each test microbe Escherichia Coli and Staphylococcus Aureus was 13 and 30 mm, 20% was 12 and 21 mm, 10% is 9 and 10 mm and 5% is 8 and 10 mm. This study concluded that the Michelia Alba DC was proven to inhibit the activity of bacteria in causing infection.
Penerapan Model Explicit instruction untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X IPA 2 MAN 1 Pidie dalam Materi Stoikiometri Nursiah Nursiah
Jurnal Ilmiah Guru Madrasah Vol 1 No 2 (2022): Oktober-Maret
Publisher : Madrasah Aliyah Negeri 1 Pidie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Explicit instruction is a teaching approach that involves explaining material face-to-face, directly, gradually, and systematically, so that it helps students more easily learn and understand the material being taught. This is a classroom action research (CAR) study that aims to improve learning outcomes and student learning activities in the stoichiometry material chemistry learning process by implementing the explicit instruction model. This research was conducted in class X IPA 2 in semester 1 of the 2020–2021 academic year with a total of 24 students. This study consisted of two cycles, and each cycle consisted of two meetings with a duration of 90 minutes. The data in this study were obtained from the results of written tests at the end of the first and second cycles as well as the results of observations at each meeting by one teacher acting as an observer. The results of this study indicate that there was an increase in student learning outcomes in cycle I, with a complete percentage of 62.5% and an incomplete percentage of 37.5%. In the second cycle, there was an increase in student learning outcomes, with a complete percentage of 91.66% and an incomplete percentage of 8.34%. Student activity also increased from active to very active, with an average activeness percentage of 90.63%. This proves that learning activities using the explicit instruction model can improve student learning outcomes and are able to encourage student activity in the learning process. Thus, this study concluded that the application of the explicit instruction learning model to students using stoichiometric material was proven to be able to improve student learning outcomes and activities. Abstrak Explicit instruction merupakan sebuah pendekatan mengajar dengan menjelaskan materi secara tatap muka, langsung, bertahap dan sistematis sehingga membantu siswa agar lebih mudah mempelajari dan memahami materi yang sedang di ajarkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berupaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model  explicit instruction dalam proses pembelajaran kimia materi Stoikiometri. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA 2 pada semester 1 tahun pembelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan durasi 90 menit. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis pada akhir siklus pertama dan kedua serta hasil observasi pada setiap pertemuan oleh satu orang guru sebagai observer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 62,5% dan tidak tuntas sebesar 37,5%. Pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 91,66% dan persentase tidak tuntas sebesar 8,34%.  Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari kategori aktif menjadi sangat aktif dengan rata-rata persentase keaktifan adalah 90,63%.  Hal ini membuktikan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan model explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mampu mendorong keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bawah penerapan model pembelajaran explicit instruction pada siswa X IPA 2 materi stoikiometri terbukti dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa.
Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Daya Tahan Otot Perut terhadap Kemampuan Lari Sprint 100 Meter pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Banda Aceh Safrizal Safrizal
Jurnal Ilmiah Guru Madrasah Vol 1 No 2 (2022): Oktober-Maret
Publisher : Madrasah Aliyah Negeri 1 Pidie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to determine the contribution of explosive leg muscle power and abdominal muscle endurance to the ability to sprint 100 meters in students participating in extracurricular activities at Madrasah Aliyah Negeri 2 Banda Aceh. Leg muscle explosive power, measured by the standing broad jump test; abdominal muscle endurance, measured by the bent-knee sit-up test; and 100-meter sprint ability, measured by the 100-meter sprint test. Data is processed using statistical techniques in the form of calculating the mean value, standard deviation, and correlation test. The results of this study indicate that there is a positive and significant relationship between limb muscle explosive power and the ability to sprint 100 meters (r = 0.87). There is a positive and significant relationship between abdominal muscle endurance and the ability to sprint 100 meters (r = 0.81). The ability to sprint 100 meters is positively and significantly related to explosive leg muscle power and abdominal muscle endurance (R_(Y.X_1 X_2) = 0.89). The hypothesis testing results show that Fcount = 41.68 and Ftable = 3.44. So the explosive power of the leg muscles and abdominal muscle endurance have a significant contribution to the ability to run the 100-meter sprint. Abstrak Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Daya Tahan Otot Perut Terhadap Kemampuan Lari Sprint 100 meter pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Banda Aceh pada kegiatan Ekstrakurikuler. Daya ledak otot tungkai, diukur dengan standing broad jump test, daya tahan otot perut, diukur dengan menggunakan tes bent knee sit up, dan kemampuan lari sprint 100 meter diukur dengan tes lari sprint 100 meter. Data diolah dengan menggunakan teknik statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata, standar deviasi dan uji korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Daya Ledak Otot Tungkai dengan Kemampuan Lari Sprint 100 meter sebesar (r = 0,87). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Daya Tahan Otot Perut terhadap Kemampuan Lari Sprint 100 meter sebesar (r = 0,81). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Daya Ledak Otot Tungkai dan Daya Tahan Otot Perut terhadap Kemampuan Lari Sprint 100 meter sebesar ( = 0,89). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung = 41,68 ≥ Ftabel = 3,44. Maka Daya Ledak Otot Tungkai dan daya tahan otot perut mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan lari Sprint 100 meter.
Peningkatan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Role Playing di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Sungailiat Rusli
Jurnal Ilmiah Guru Madrasah Vol 1 No 2 (2022): Oktober-Maret
Publisher : Madrasah Aliyah Negeri 1 Pidie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teaching and learning activities in the classroom often take place in a monotonous manner, so that students get bored and lose concentration. The impact is in low learning outcomes and low student activity in the learning process. This study aims to determine whether the implementation of the role-playing method can improve learning outcomes and learning activities for Class VIII students in the subject of Islamic Religious Education at Muhammadiyah Sungailiat Middle School in 2022. This research is classroom action research consisting of two cycles, and each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The data for this study came from students in the form of test results and observation sheets completed by a single observer. The results of this study indicate that the implementation of the role-playing method in the learning process can improve the learning outcomes and learning activities of class VIII students in the odd semester of 2022 in Islamic Religious Education (PAI) lessons on the subject of being humble, thrifty, and simple to make life nobler. There 90% of students who succeeded in achieving learning mastery with an average score of 86 points, and student learning activities increased from less active to very active. Abstrak Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas seringkali berlangsung secara monoton sehingga membuat siswa bosan dan kehilangan konsentrasi. Hal ini kemudian berakibat pada rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa Kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Sungailiat tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini bersumber dari siswa yang berupa hasil tes dan bersumber dari lembar observasi yang dilakukan oleh satu orang observer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing dapat proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII pada semester ganjil tahun 2022 pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam materi rendah hati, hemat, dan sederhana membuat hidup lebih mulia. Terdapat 90% siswa yang berhasil mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata adalah 86 poin, dan aktivitas belajar siswa meningkat dari kurang aktif menjadi sangat aktif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5