cover
Contact Name
NUNUK SURYANTI
Contact Email
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Phone
+6285230218353
Journal Mail Official
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaharudin Nasution nomor 113, Marpoyan Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2337652x     EISSN : 25983253     DOI : https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka
Core Subject : Education,
Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan tinggi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2022): Desember" : 5 Documents clear
The DEVELOPMENT OF HYPERMEDIA LEARNING MEDIA IN AN EFFORT TO IMPROVE HIGH ER ORDER THINKING SKILLSS STUDENTS IN HIGH SCHOOL ECONOMICS CLASS X SUBJECTS: learning media, hypermedia, higher order thinking skills Robi Maulana; Syafaatul Hidayati
PEKA Vol. 10 No. 2 (2022): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2022.vol10(2).10992

Abstract

This study aims to develop Hypermedia Learning Media in an Effort to Improve students' higher order thinking skills in class X high school economics subjects. In this research, it uses the step of model development studies. The stage stage of the development studies research model according to akker such as preliminary research, prototyping stage, summative evaluation, systematic reflection and documentation. The hypermedia learning media developed was declared feasible This feasibility was assessed by two experts consisting of media experts and material experts. Media experts stated that hypermedia learning media is excellent and feasible to use (91.1%). Material experts stated that hypermedia learning media is good and feasible to use (92.2%). The hypermedia learning media developed is very effective in improving higher-order thinking skills. The student posttest results also stated that hypermedia learning media is very effective (75%) in improving students' high-level thinking skills. The N-gain score obtained by students in this study was 0.5 (medium category). Hypermedia learning media is stated based on the results of teacher interviews to improve higher-order thinking skills. Meanwhile, students stated that hypermedia learning media is practically used (82%). Learning media requires an android 6.0 version smartphone which not all students have this version, and if using the ios version or website, it requires a stable connection to run hypermedia learning media online.
THE INFLUENCE OF PROJECT-BASED LEARNING MODEL ON THE CREATIVENESS AND ECONOMIC LEARNING OUTCOMES OF STUDENTS OF CLASS X IPS SMA YLPI PEKANBARU IN ACADEMIC YEAR NOVITA ANDRIANI
PEKA Vol. 10 No. 2 (2022): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2022.vol10(2).11237

Abstract

Abstrak Pendidikan mempunyai Peranan yang sangat menentukan bagi Perkembangan dan Perwujudan diri Individu, terutama bagi Pembangunan bangsa dan negara. Suatu model dalam pembelajaran merupakan cara yang teratur dan terstruktur yang bertujuan pengajaran dalam memperoleh kemampuan dan pengembangan aktivitas belajar yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Masalah pokok dari penelitian ini adalah 1) Guru Masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional,seperti metode ceramah dan mencatat. 2) Guru kurang mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata dan lingkungan siswa itu sendiri. 3) Kurangnya peran guru dalam mengembangkan potensi siswa melalui model pembelajaran yang inovatif 4) Perancangan pembelajaran yang kurang efektif sehingga membuat siswa kurang Kreatif dalam belajar 5) Masih ada Siswa yang diam,seperti tidak suka bertanya, dan kurang suka berdiskusi 6) kurangnya kesiapan guru untuk menerapkan kurikulum 2013 7) penerapan kurikulum 2013 yang tidak sesuai dengan kondisi sekolah 8) pengembangan kurikulum hanya didasarkan pada orientasi pragmatis 9) Rendahnya hasil Nilai ulangan siswa Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental yaitu menambahkan penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Ada 2 variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent) Hasil penelitian yang dilakukan ini adalah bahwa hipotesis yang ada didalam penelitian tidak berpengaruh.Dapat dijelaskan pada saat melakukan postest dengan soal 20 butir pada kelas X IPS1 sebagai kelas Eksperimen , X IPS2 sebagai kelas Kontrol didapatkan nilai rata-rata dimana kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai Kontrol.Pada hasil Postest Kelas Eksperimen yaitu kelas X IPS1 dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi mendapat nilai rata-rata 84,4.Nilai yang paling tinggi yaitu 100 dan yang paling rendah yaitu 75.Pada Kelas Kontrol dengan menggunakan Model Discovery Learning mendapatkan nilai rata-rata 82,6.Dimana nilai yang paling tinggi yaitu 95 dan nilai yang paling rendah adalah 65.
(META-ANALISIS) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DAN AKUNTANSI FITRIA JAYANTI
PEKA Vol. 10 No. 2 (2022): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2022.vol10(2).11324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengapa Multimedia Interaktif penting untuk dikembangkan pada mata pelajaran ekonomi dan akuntansi. Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 5 artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2015-2020 pada jenjang SMA dan SMK. Berdasarkan kajian 5 jurnal tersebut dapat juga dilihat kelima jurnal tersebut semuanya menggunakan jenis penelitian R & D, namun dengan model penelitian yang bervariasi seperti model 4D yaang dimodifikasi menjadi 3D, model ADDIE (2 jurnal), Teori Borg dan Gall, Model menurut Bintoro. Selain itu diperoleh dari kajian 5 jurnal jenis materi yang digunakan sangat bervariasi dan diperoleh hasil uji validasi kelayakan materi tertinggi yaitu sebesar 93,34% dan yang terendah yaitu sebesar 84%. Selanjutnya jenis media yang digunakan sangat bervariasi dan diperoleh hasil uji validasi kelayakan media tertinggi yaitu sebesar 100% dan yang terendah yaitu 85,8%. Terahir hasil uji coba kelayakan Produk tertinggi yaitu sebesar 90,15% dan yang terendah yaitu 80%. Hasil uji coba kelayakan produk kelima jurnal tersebut masuk dalam kategori sangat layak.
PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS LAYANAN (Studi pada Guru SMAN 1 Blitar) Sulistyowati -
PEKA Vol. 10 No. 2 (2022): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang bertugas untuk menghasilkan manusia yang memiliki kesanggupan dalam memecahkan masalah nasional dan memenangkan persaingan internasional. Kepala sekolah merupakan pemimpin sekolah senagai koordinator seluruh kemampuan tenaga kependidikan dalam menghasilkan layanan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi guru tentang keterampilan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kualitas layanan di SMAN 1 Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (explanatory research) untuk menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Variabel dalam penelitian ini meliputi: persepsi guru tentang keterampilan kepemimpinan kepala sekolah (X) sebagai variabel bebas dan kualitas layanan (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMAN 1 Blitar, berdasarkan kriteria status guru sebagai pegawai negeri sipil sebanyak 77 guru. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Proses pengujian menggunakan software SPSS 14 dengan model statistik korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar guru SMAN 1 Blitar mempunyai persepsi cukup baik tentang keterampilan kepemimpinan kepala sekolah yang ditunjukkan dengan skor rerata (mean) sebesar 116,91. Kualitas layanan di SMAN 1 Blitar mempunyai kualifikasi cukup baik yang ditunjukkan dengan skor rerata (mean) sebesar 99,71. Ada pengaruh positif antara persepsi guru tentang keterampilan kepemimpinan kepala sekolah (X) terhadap kualitas layanan (Y) yang ditunjukkan dari nilai Unstardardized Coefficient Beta sebesar 0,174 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari R2 sebesar 0,209. Dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang keterampilan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kualitas layanan di SMAN 1 Blitar.
PENERAPAN APLIKASI “ VIRTUAL TRADING ” STOCKBIT PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM PASAR MODAL Agus Baskara; Purba Andy Wijaya
PEKA Vol. 10 No. 2 (2022): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2022.vol10(2).11334

Abstract

This research examined the use of the Stockbit virtual trading application as a teaching tool in a practical capital market course for Accounting Education students of Universtas Islam Riau. The purpose of this research is to find out and analyze the ease of investing in stocks on the capital market through the implementation of a virtual trading application (simulation) for students as novice investors. The study used a descriptive qualitative analysis method. The research creates a stock investment model using virtual trading (simulation) through the stockbit application so that students can learn about the application model in increasing their investment interest as a novice investor. The results found that the virtual trading application was a convenient and zero-risk way for students to learn about investing and stock trading as novice investors, also indicated that the application could increase students' interest in investment and provide a better understanding of the investment process. Future research could expand the scope of the study to include a real capital market investment analysis method and investigate how students can maximize profits and minimize risks when investing

Page 1 of 1 | Total Record : 5