cover
Contact Name
NUNUK SURYANTI
Contact Email
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Phone
+6285230218353
Journal Mail Official
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaharudin Nasution nomor 113, Marpoyan Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2337652x     EISSN : 25983253     DOI : https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka
Core Subject : Education,
Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan tinggi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2023): Juni" : 5 Documents clear
ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB ORDER COSTING PADA CV. RUMAH SABLON PEKANBARU Febdwi Suryani; Christycia Antoinette Putiharjo
PEKA Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2023.vol11(1).12829

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keakuratan penentuan harga pokok produksi pada CV. Rumah Sablon Pekanbaru. Penentuan harga pokok produksi yang akurat dan tepat sangat penting dilakukan karena harga pokok produksi tersebut dapat memberi informasi dalam menentukan harga jual suatu produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi langsung ke objek penelitian. Data yang dihasilkan berupa data terkait dengan penetapan harga pokok produksi berdasarkan metode harga pokok pesanan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Analisis tersebut dilakukan dengan cara menghitung harga pokok produksi pada perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung yang dilakukan oleh perusahaan CV. Rumah Sablon Pekanbaru sudah sesuai dengan metode job order costing. Tetapi terjadi sedikit perbedaan pada perhitungan biaya overhead pabrik karena adanya perbedaan konsep penentuan biaya overhead pabrik pada perusahaan, karena perusahaan hanya memasukkan elemen biaya overhead pabrik dalam bentuk pengeluaran tunai yang sebenarnya terjadi.
VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI TINGKAT SMA Yusuf Avicena; Rita Syofyan
PEKA Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2023.vol11(1).13025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi validitas penggunaan video animasi berbasis Powtoon sebagai media pembelajaran ekonomi di tingkat SMA. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis, desain, dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Powtoon sebagai media pembelajaran ekonomi memiliki validitas yang tinggi dalam meningkatkan efisiensi pembelajaran, motivasi siswa, dan pemahaman konsep ekonomi. Powtoon menyajikan konten dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh siswa, serta menampilkan animasi yang menarik dan informatif. Rekomendasi untuk melanjutkan pengembangan video animasi berbasis Powtoon dalam pembelajaran ekonomi di tingkat SMA didasarkan pada validitas yang terbukti dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan materi dan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik, dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi di tingkat SMA.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA MA DIPONEGORO BANDUNG TULUNGAGUNG Eny Susilowati
PEKA Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2023.vol11(1).13085

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi materi perkoperasian pada siswa kelas X MA Diponegoro Bandung Tulungagung. Hipotesis penelitian ini adalah jika model pembelajaran cooperative script diterapkan dalam proses pembelajaran maka hasil belajar ekonomi materi perkoperasian pada siswa kelas X MA Diponegoro Bandung Tulungagung akan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan tindakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi dan revisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Diponegoro Bandung Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 30 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan tes. Dari hasil tersebut diperoleh nilai ketuntasan tes awal 63,33 %, tes siklus I 76,67 %, dan tes Siklus II 90,00 %. Terjadinya peningkatan nilai dari tes awal, Siklus I dan Siklus II karena penerapan pendekatan model pembelajaran cooperative script dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi materi perkoperasian bagi siswa Kelas X MA Diponegoro Bandung Tulungagung.
THE DEVELOPMENT OF MICROECONOMIC THEORY LEARNING MODULES Syafaatul Hidayati
PEKA Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2023.vol11(1).13088

Abstract

The purpose of this study is to develop a learning module for microeconomic theory courses. This research uses the stages of 4-D model development which is carried out through 4 stages, namely defining, planning, development, and deployment. The stage of defining researchers conducts early-end analysis, student analysis, material analysis, task analysis, learning outcomes analysis. The next stage is planning. At this stage, the preparation of the Semester Learning Plan (RPS) is carried out as a reference in writing material and designing learning modules for microeconomic theory. In addition, at this stage, an initial draft of the development product is also prepared. The next stage is development. At the stage of the development process, it aims to create a product for the development of microeconomic theory learning modules that have been revised by expert validators. The validation of the microeconomic theory module was carried out by two experts, including material experts and media experts twice. The learning modules developed were declared feasible after going through two expert tests, both material experts and media experts. Material experts state the final assessment percentage at 90% and media experts at 93%. The final stage is deployment. The learning module of the microeconomic theory course learning module development product has an ISBN, with an ISBN number: 978-602-50986-4-2 and IPR with the application number and date EC00202001295, so that with this the product development of the microeconomic theory learning module is ready to be disseminated.
Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Siak Hulu Rani; Zakir Has
PEKA Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2023.vol11(1).13573

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Siak Hulu dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Siak Hulu. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini 209 orang siswa dengan jumlah sampel 137 orang siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Siak Hulu. Terknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang diolah dengan menggunakan IBM SPSS for Windows. Teknik menentukan sampel menggunakan teknik Sampel Random. Uji isntrumen yang dilakukan yaitu: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Deskriptif, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi.Hasil penelitian pada uji korelasi menujukkan bahwa nilai f hitung sebesar 11, 567 dengan nilai f tabel adalah 3,06. Sehingga nilai f hitung besar dari f tabel atau 11,567 > 3,06. Dengan tingkat signifikan 0,00 kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H3 diterima, dapat disimpulkam bahwa variabel lingkungan keluarga (X1) dan motivasi belajar (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada SMA Negeri 2 Siak Hulu. Koefisien determinasi terdapat pada nilai adjusted r square sebesar 0,134. Hal ini berarti kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat sebesar 13,4 % sisanya 86,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 5