cover
Contact Name
NUNUK SURYANTI
Contact Email
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Phone
+6285230218353
Journal Mail Official
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaharudin Nasution nomor 113, Marpoyan Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2337652x     EISSN : 25983253     DOI : https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka
Core Subject : Education,
Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan tinggi.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2015): Juni" : 2 Documents clear
STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA MOVING CLASS DENGAN KELAS MENETAP (STUDI DESKRIPTIF PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MAN 1 PEKANBARU DAN MAN PASIR PENGARAIAN Yoan Maharanti Prisandra; Tity Hastuti
PEKA Vol. 3 No. 1 (2015): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa yang menggunakan moving class dengan kelas menetap. jenis penelitian ini adalah penelitian komparasional yaitu jenis penelitian yang ingin mengetahui perbedaan masing-masing variabel (X1 dan X2). Dimana dalam penelitian ini berusaha mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa yang menggunakan moving class dengan siswa yang menggunakan kelas menetap. Penelitian ini dilakukan pada bulan januari 2014 di MAN 1 Pekanbaru dan MAN Pasir Pengaraian. dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Pekanbaru dan siswa kelas XI IPS MAN Pasir Pengaraian tahun ajaran 2014/2015. populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS MAN 1 Pekanbaru berjumlah 137 siswa, sedangkan siswa-siswi kelas XI IPS MAN Pasir Pengaraian berjumlah 50 siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis uji signifikan. 't'. berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa untuk mata pelajaran ekonomi, prestasi belajar yang diperoleh siswa baik itu siswa yang menggunakan moving class maupun siswa yang menggunakan kelas menetap memiliki kecenderungan nilai yang berbeda, artinya terdapat suatu perbedaan. dimana hasil perhitungan skor rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan moving class lebih tinggi sebesar 89,77, sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan kelas menetap adalah 85,08. hal ini berarti bahwa pengelolaan kelas sesuai karakteristik mata pelajaran dapat mendorong prestasi belajar siswa.
PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII.3 SMP NEGERI 25 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014 Vivi Ardina; Agus Baskara
PEKA Vol. 3 No. 1 (2015): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.64 KB)

Abstract

PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII.3 SMP NEGERI 25 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014 VIVI ARDINA AGUS BASKARA ABSTRACT From the observations and interviews with teachers of SMP 25 IPS Pekanbaru, there are some problems that occur in social studies classes at SMP 25 Pekanbaru VIII.3 namely; (1) the motivation of students to follow the learning is still not visible, (2) there are many students who forget the previous lesson, the teacher continued after subsequent material, (3) active in work on the problems-exercises in the learning process is still lacking, (4) students rarely ask questions, even if teachers request that students often ask if there are things that have not or do not understand, (5) lack of interest to participate in all social studies, (6) is still a lack of education Applying IPS values ​​in everyday life. Given the above problems, the researcher perform actions through the application of learning strategies MURDER to improve student learning outcomes in social studies learning in the classroom VIII.3. The instrument used in this research work lenbar tests and teacher activity sheets and sheets of student learning activities in a descriptive analysis of the data. The results of this study showed increased student learning outcomes. Absorption of students in the first cycle with an average 79.25 % and 86.37 % second cycle. In the learning activities of students during the learning process of the first cycle with an average 55.6 % increase in the second cycle is 73%. Based on the results of this study concluded that the application of learning strategies MURDER can improve student learning outcomes in social studies VIII 3 in SMP 25 Pekanbaru. Keywords: MURDER learning strategy, learning outcomes.

Page 1 of 1 | Total Record : 2