cover
Contact Name
NUNUK SURYANTI
Contact Email
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Phone
+6285230218353
Journal Mail Official
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaharudin Nasution nomor 113, Marpoyan Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2337652x     EISSN : 25983253     DOI : https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka
Core Subject : Education,
Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan tinggi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2019): Desember" : 5 Documents clear
PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK PGRI PEKANBARU TA 2016/2017 Sukarni Sukarni; Sulastri Sulastri
PEKA Vol. 7 No. 2 (2019): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.177 KB)

Abstract

Abstrak Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bermaksud untuk melihat pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntansi di SMK PGRI Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Subjek di penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas X Ak dan kelas XI Ak yang berjumlah 103 orang peserta didik, pengambilan sampel menggunakan stratified sampling (sampel berstrata). Teknik pengambilan data yang dipakai di penelitian ini ialah dengan memakai teknik kuesioner dilihat nilai signifikan untuk variabel konsep diri 0,050 sehingga dapat di determinasi bahwa terdapat divergensi antara konsep diri akan prestasi belajar peserta didik di SMK PGRI Pekanbaru. Untuk variabel kebiasaan belajar diketahui nilai signifikan sebesar 0,039 sehingga dapat di determinasi bahwa terdapat divergensi kebiasaan atau kelaziman belajar akan prestasi belajar peserta didik di SMK PGRI Pekanbaru. Hasil pengujian simultan dapat dilihat nilai signifikan sebesar 0,003 sehingga dideterminasi terdapat divergensi antara konsep diri dan kebiasaan atau kelaziman belajar akan prestasi belajar peserta didik di SMK PGRI Pekanbaru. Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya divergensi antara X1 dan X2 akan Y sebesar 0,242 atau 24,2 %. Sedangkan sisanya sebesar 75,8 % disebabkan faktor lain yang tidak di ungkap di penyelidikan ini. Kata kunci: Konsep diri, kebiasaan belajar, prestasi belajar
PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS XI IPS 1 SMAN 2 PEKANBARU Afnidaleni Afnidaleni
PEKA Vol. 7 No. 2 (2019): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.307 KB)

Abstract

Abstrak Model Group investigation dikenal juga dengan metode pembelajaran kooperatif yang paling kompleks. Hal ini disebabkan karena penggunaan metode ini mengkombinasikan dari beberapa landasan pemikiran, yaitu berdasarkan pandangan konstruktivistik, democratic teaching, dan kelompok belajar kooperatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran group investigation dengan memanfaatkan media audio visual pada kelas XI IPS 1 SMAN 2 Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas adalah cara yang dilakukan guru untuk dapat mengorganisasi kondisi pembelajaran di kelasnya menuju ke arah yang diharapkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Pekanbaru yang berlokasi di Jl. Nusa Indah No. 4, Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 2 Pekanbaru yang berjumlah 35 orang. Pada siklus I siswa yang memiliki minat terhadap pembelajaran geografi berjumlah 73.6% meningkat menjadi 90.7% pada siklus II. Ketuntasan belajar pada siklus I adalah 68.6% meningkat menjadi 91.4% pada siklus II. Sehingga dari hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dengan memanfaatkan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Group Investigation.
PROFIL KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN INSTRUMEN TES MENGACU STANDAR HOTS PADA MATA KULIAH EVALUASI DAN TEKNIK PENCAPAIAN HASIL BELAJAR Purba Andy Wijaya; Akhmad Suyono
PEKA Vol. 7 No. 2 (2019): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.317 KB)

Abstract

Abstrak Keberadaan soal dengan acuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebenarnya membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan rasionalnya, sehingga siswa dalam mengerjakan tes atau soal tidak hanya dibekali kemampuan hafalan semata. Sebagai calon guru Akuntansi, mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FKIP UIR dibekali keterampilan dalam menyusun instrument penilaian terutama dengan acuan HOTS yang dipelajari pada mata kuliah evaluasi dan teknik pencapaian hasil belajar. Hal ini sangat penting mengingat soal-soal pada USBN juga mengandung soal-soal dengan acuan HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi dalam mengembangkan soal-soal HOTS yang diberikan melalui tugas proyek pada mata kuliah Evaluasi dan Teknik Pencapaian Hasil Belajar, sehingga dapat dilakukan pemetaan terhadap kemampuan mahasiswa tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey. Survey dilakukan pada soal-soal yang telah dibuat dan diuji cobakan mahasiswa di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dari laporan akhir dari tugas proyek yang sudah dilakukan oleh mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan dari 780 butir soal yang disusun oleh kelompok-kelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi, soal-soal dengan unsur HOTS sebesar 17,69% (138 butir soal) lebih rendah dibandingkan dengan soal dengan unsur LOTS sebanyak 642 butir soal (82,31%). Kata Kunci: HOTS
PENGARUH KETERAMPILAN VARIASI STIMULUS GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI EKONOMI DI SMA YLPI PEKANBARU Tias Dwi Utami; Nurhuda Nurhuda
PEKA Vol. 7 No. 2 (2019): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.602 KB)

Abstract

Abstrak Pengamatan di SMA YLPI Pekanbaru pada pelajaran ekonomi terlihat bahwasanya guru dalam melaksanakan kegiatan belajar belum banyak menggunakan variasi gerak, variasi media dan variasi berinteraksi. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang maksimal dan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan variasi stimulus guru terhadap aktivitas belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA YLPI Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Dalam penelitian ini dilakukan dua kali observasi, yaitu sebelum perlakuan (Y1) dan setelah diberi perlakuan (Y2). Perbedaan antara Y1 dengan Y2 yakni Y2-Y1 diasumsikan merupakan efek treatmen atau eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan keterampilan variasi stimulus guru dengan siswa kelas eksperimen yang diterapkan keterampilan variasi stimulus guru kelas XI SMA YLPI Pekanbaru. Hal ini diketahui dari hasil analisis thitung>ttabel yaitu 4,676>2.045. Kata Kunci: Keterampilan Variasi Stimulus Guru, Aktivitas Belajar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LERNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA Fitriani Fitriani
PEKA Vol. 7 No. 2 (2019): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.592 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tapung dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA SMA Negeri 3 Tapung yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: peningkatan analisis peserta didik mencapai 75%, penerapan pembelajaran sesuai RPP oleh guru mencapai 75%, dan ketuntasan belajar peserta didik sesuai KKM 78 mencapai 75% dan rata-rata kelas minimal 78. Dari hasil penelitian siklus I persentase penerapan pembelajaran sesuai RPP siklus I 67,5% dan siklus II 80,75%, ketuntasan belajar siklus I 64,55% dengan rata-rata kelas 76 dan ketuntasan belajar siklus II 90,91% dengan rata-rata kelas 85. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL), Kemampuan Analisis

Page 1 of 1 | Total Record : 5