cover
Contact Name
NUNUK SURYANTI
Contact Email
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Phone
+6285230218353
Journal Mail Official
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaharudin Nasution nomor 113, Marpoyan Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2337652x     EISSN : 25983253     DOI : https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka
Core Subject : Education,
Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan tinggi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2020): Juni" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA MATERI PERUSAHAAN DAGANG DI KELAS XII MIPA 2 SMA NEGERI 8 PEKANBARU Noviani; Purba Andy Wijaya
PEKA Vol. 8 No. 1 (2020): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.893 KB) | DOI: 10.25299/peka.2020.vol8(1).6686

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui proses pengembangan E-modul berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada materi perusahaan dagang. (2) Untuk mengetahui kelayakan E-modul berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada materi perusahaan dagang. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model yang diadaptasi dari Sugiyono, yakni (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk. (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) pembuatan produk masal. Hasil penelitian ini adalah tersedianya bahan ajar berupa e-modul berbasis HOTS untuk menumbuhkan/meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang telah valid melalui tahapan validitas dan teruji kelayakan melalui tahap uji coba.
PENGARUH TINGKAT PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA YLPI PEKANBARU Lasmaida Yanti; Zakir Has
PEKA Vol. 8 No. 1 (2020): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.005 KB) | DOI: 10.25299/peka.2020.vol8(1).6687

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat percaya diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA YLPI Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksplanatori dengan sampel adalah siswa kelas X IPS SMA YLPI yang berjumlah 67 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa tingkat percaya diri siswa SMA YLPI Pekanbaru berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini diketahui dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel atau 10,651 > 2,970 dengan tingkat signifikansi 0,000 > α = 0,05. Besarnya pengaruh tingkat percaya diri terhadap prestasi belajar adalah sebesar 59,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS PERANAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA Sriningsih; Fitriani
PEKA Vol. 8 No. 1 (2020): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.07 KB) | DOI: 10.25299/peka.2020.vol8(1).6688

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa keala XI IPS di SMA Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019. Populasi penelitian ini berjumlah 283 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tambang yang berjumlah 160 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kusioner dengan mengacu pada indikator peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Indikator tersebut terdiri dari mencari tahu permasalahan dan faktor penyebabnya, melaksanakan tes, melakukan pertemuan dengan orang tua, menyediakan pembelajaran yang efektif, dan memberikan saran tentang kemungkinan cara mengatasinya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa dari 5 indikator, indikator peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yang rendah skornya adalah melaksanakan tes sebesar 65,7%, sedangkan Indikator peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yang paling tinggi skornya adalah memberikan saran tentang cara mengatasinya sebesar 70,1%.
PERSEPSI SISWA KELAS X MIPA TERHADAP PEMBELAJARAN LINTAS MINAT EKONOMI PADA JURUSAN MIPA DI SMA NEGERI 2 PEKANBARU Tesa Lonika; Nurhuda
PEKA Vol. 8 No. 1 (2020): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2020.vol8(1).12301

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas X MIPA terhadap pembelajaran lintas minat ekonomi pada jurusan MIPA di SMA Negeri 2 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang disebarkan kepada siswa kelas X MIPA. Populasi penelitian ini yaitu 180 siswa dan sampel dalam penelitian yaitu 25 siswa per kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari penyebaran angket yang dilakukan dengan perolehan hasil angket dari setiap indikator yang ada. Pada indikator pandangan siswa tentang pembelajaran lintas minat ekonomi sebesar 76,6%, indikator kesan siswa terhadap pembelajaran lintas minat ekonomi sebesar 65,32%, indikator perhatian saat mengikuti pembelajaran lintas minat sebesar ekonomi 39,84%, indikator rasa ingin tahu siswa saat mengikuti pembelajaran lintas minat ekonomi sebesar 75,32%, indikator kebijakan dalam pembelajaran lintas minat ekonomi sebesar 70,88%, dan indikator sistem penerapan pembelajaran lintas minat ekonomi sebesar 72,09%. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari tiap indikatornya rata-rata yang didapat dari keseluruhan indikator yaitu sebesar 66,67% (baik), hal ini menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Pekanbaru baik terhadap pembelajaran lintas minat ekonomi yang telah ditetapkan tersebut.
KESULITAN GURU SMA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR Mulgaidah; Sukarni
PEKA Vol. 8 No. 1 (2020): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2020.vol8(1).12306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesulitan guru dalam perencanaan pembelajaran ekonomi sesuai dengan Kurikulum 2013 di Kabupaten Indragiri Hilir. (2) mendeskripsikan kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi sesuai dengan Kurikulum 2013 di Kabupaten Indragiri Hilir. (3) mendeskripsikan kesulitan guru dalam penilaian pembelajaran ekonomi sesuai dengan Kurikulum 2013 di Kabupaten Indragiri Hilir. (4) mendeskripsikan hal yang paling menyulitkan guru dalam pembelajaran ekonomi sesuai dengan Kurikulum 2013 di Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi di Kabupaten Indragiri Hilir sejumlah 47 guru. Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik-deskriptif kemudian diinterprestasikan kedalam presentase sesuai kriteria indikator yang diukur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pada tahapan perencanaan pembelajaran, tingkat kesulitan guru masuk kategori tidak sulit dengan nilai tingkat kesulitan secara umum termasuk kategori sedikit. (2) Pada tahapan pelaksanaan pembelajaran, tingkat kesulitan guru masuk kategori cukup sulit dengan nilai tingkat kesulitan secara umum termasuk kategori sedikit. (3) Pada tahapan penilaian pembelajaran, tingkat kesulitan guru masuk kategori cukup sulit dengan nilai tingkat kesulitan secara umum masuk kategori sedikit. (4) Tahapan yang paling menyulitkan guru ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Indragiri Hilir adalah pada tahap pelaksanaan pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5