cover
Contact Name
NUNUK SURYANTI
Contact Email
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Phone
+6285230218353
Journal Mail Official
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaharudin Nasution nomor 113, Marpoyan Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2337652x     EISSN : 25983253     DOI : https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka
Core Subject : Education,
Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan tinggi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2021): Juni" : 5 Documents clear
KESIAPAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 1 PERANAP Yolla Putri; Zakir Has
PEKA Vol. 9 No. 1 (2021): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.133 KB) | DOI: 10.25299/peka.2021.vol9(1).7496

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan peserta didik dalam pembelajaran berbasis daring selama pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Peranap. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 118 peserta didik dengan sampel sebanyak 91 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang diolah menggunakan SPSS V 22.00 for windows. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan teknik pengkategorian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Peranap siap menghadapi pembelajaran daring tetapi masih membutuhkan sedikit peningkatan. Peningkatan dilakukan pada indikator kesiapan yang mempunyai skor rendah. Indikator kesiapan yang masih lemah adalah indikator kesiapan emosional, lemahnya indikator ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran daring yang di gunakan guru terlalu monoton, tidak adanya variasi dalam proses pembelajaran daring membuat peserta didik secara emosional kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran daring tersebut. Dari hasil kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini, maka penulis memberikan saran kepada pihak sekolah khususnya pada guru yang melakukan pembelajaran daring diharapkan memberikan sedikit variasi dalam pembelajaran. Apakah itu berupa tugas yang penyelesaiannya dengan metode praktik, maupun melakukan pembelajaran daring dengan berbagai aplikasi agar peserta didik merasa senang dan antusias saat pembelajaran tersebut berlangsung. Kata Kunci: Kesiapan, Pembelajaran Daring
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI BERBENTUK MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL Akhmad Suyono; Purba Andy Wijaya
PEKA Vol. 9 No. 1 (2021): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.774 KB) | DOI: 10.25299/peka.2021.vol9(1).7506

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui proses pengembangan media bahan ajar akuntansi berupa CD interaktif dengan mata kuliah komputer akuntansi. (2) Untuk mengetahui kelayakan media bahan ajar modul berbasis digital dengan mata kuliah komputer akuntansi. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model Borg & Gall yang di mulai dari tahap potensi dan masalah untuk menguatkan potensi dan masalah yang akan diteliti, tahap kedua yaitu mengumpulkan informasi dengan cara melakukan observasi terhadah objek yang akan di teliti, tahap ketiga yaitu desain produk yang dilakukan dalam menentukan SK & KD, indikator, menentukan materi ajar dan akan menghasilkan modul pembelajaran digital tahap keempat yaitu validasi desain dari ahli materi dan praktisi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media program MYOB yang telah dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efisien untuk digunakan. Kata kunci: Modul Komputer Akuntansi, Pembelajaran Digital
PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 TANAH PUTIH Nureni Ramadiana; Nurhuda
PEKA Vol. 9 No. 1 (2021): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.234 KB) | DOI: 10.25299/peka.2021.vol9(1).7867

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran remedial pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Tanah Putih tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanah putih pada bulan Maret 2019, subjek penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas X jurusan MIPA di SMA Negeri 1 Tanah Putih sebanyak 42 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Angket terdiri dari 36 pernyataan dan siswa menjawab bentuk tes ulang yang terdiri dari 7 butir pertanyaan. Berdasarkan analisis deskriptif tes ulang mengenai persepsi siswa terhadap pembelajaran remedial pada mata pelajaran ekonomi yang menjawab sangat setuju 138 responden, setuju 84 responden, kurang setuju 37 responden, tidak setuju 34 responden. Berdasarkan analisis data, maka disimpulkan bahwa skor rata-rata tentang tes ulang yaitu 1,37 dengan kategori sangat rendah.
PENGARUH KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS DAN KEAKTIFAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BATANG CENAKU Nur Istinggofaroh; Fitriani
PEKA Vol. 9 No. 1 (2021): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.67 KB) | DOI: 10.25299/peka.2021.vol9(1).7875

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas dan keaktifan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Cenaku. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah propotional random sampling. Analisis data kuantitatif meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t, uji F, serta analisis koefesien determiasi (R2). Hasil pengujian hipotesis, diketahui nilai t hitung 0,981 dengan t tabel 1,667 untuk variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas. Sedangkan pada variabel keaktifan nilai t hitung 1,123 dan t tabel 1,667. Sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas dan kekatifan terhadap hasil belajar siswa secara partial. Namun, dari hasil uji F diketahui Fhitung 5,131Ftabel 3,11, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian mengerjakan tugas dan keaktifan belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Batang Cenaku.
PENERAPAN MODEL PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA Mia Audina
PEKA Vol. 9 No. 1 (2021): Juni
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2021.vol9(1).12316

Abstract

Penelitian ini berfokus pada dua variabel yaitu meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan untuk proses pembelajaran dan pada pertemuan ketiga dilaksanakan penilaian harian (PH) untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Pada siklus I, aktivitas siswa yaitu 80,71% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 90.47%. Hal ini dikarenakan siswa mampu aktiv baik pada saat proses pembelajaran dengan bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru, bekerja sama dalam kelompok diskusi, memberikan pendapat dalam suasana diskusi di kelas. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yaitu 61,90% kategori cukup. Kemudian pada saat kelas telah diberi tindakan pada siklus I hasil belajar siswa yaitu 66,25% kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 77,5% dengan kategori baik. Ketuntasan belajar siswa terlihat sebelum tindakan kelas dinyatakan belum tuntas secara klasikal dengan persentase 33,33% dan pada siklus I juga masih dinyatakan belum tuntas dengan persentase 61,78%. Namun pada siklus II, ketuntasan klasikal yaitu 81,25% ≥ 80% sehingga kelas dapat dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan, maka dapat dikatakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tembilahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5