cover
Contact Name
Sri langgeng Ratnasari
Contact Email
sarisucahyo@yahoo.com
Phone
+6281364397072
Journal Mail Official
sarisucahyo@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Pahlawan No. 99 Batu Aji Kota Batam
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI, DAN BISNIS (JMOB)
ISSN : -     EISSN : 27970566     DOI : https://doi.org/10.33373/jmob.v2i2
Jurnal Manajemen, Organisasi, dan Bisnis (JMOB) mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang belum diterbitkan dimanapun dalam bentuk apapun. JMOB fokus pada bidang keilmuan seperti: Manajemen, Organisasi, Bisnis, dan kajian lainnya yang relevan. Terbit 4 nomor dalam setahun, yaitu bulan Maret, Juni, September dan Desember
Articles 93 Documents
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DEPARTEMEN PENGADAAN PT. VETCO GRAY INDONESIA Henri Zen; T. Munzir
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.93 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i2.3732

Abstract

Gaya kepemimpinan sangat berpengaruh dan menjadi salah satu faktor penunjang bagi kinerja suatu organisasi. Dibutuhkan gaya kepemimpinan yang efektif dimana pengaruh dan peran pimpinan bisa mengolah sumber daya manusia dalam organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada Departemen Pengadaan PT. Vetco Gray Indonesia, Batam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Manajer Pengadaan PT. Vetco Gray Indonesia menggunakan pendekatan kepemimpinan partisipatif, dimana pemimpin berusaha untuk mendorong dan memfasilitasi karyawan untuk berpartisipasi dalam membuat keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
ANALISIS DETERMINAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR Aprilia Herlina Utami; Ciptono Ciptono
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 2, No 1 (2022): JMOB (Maret 2022)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.292 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v2i1.4092

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Kebijakan Dividen terhadap Investment Opportunity Set pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan pada penelitian ini adalah tiga tahun yaitu mulai tahun 2015-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Jumlah populasi perusahaan manufaktur sebanyak 144 perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif kausalitas. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan, diperoleh 22 perusahaan sektor manufaktur yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Investment Opportunity Set dengan nilai koefisien regresi 0,088 dan signifikansi 0,000, sehingga hipotesis pertama diterima. Likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Investment Opportunity Set dengan nilai koefisien regresi -0,136 dan signifikansi 0,047, sehingga hipotesis kedua diterima. Kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap Investment Opportunity Set dengan nilai koefisien regresi 0,004 dan signifikansi 0,540, sehingga hipotesis ketiga ditolak.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN STRUKTUR ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI Awiskarni Awiskarni; Ahmad Arifin
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 3 (2021): JMOB (September 2021
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.68 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i3.3751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan struktur organisasi terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Provinsi Kepulauan Riau. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 PNS dengan menggunakan teknik sampling sensus.  Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan regresi berganda berbantukan software SPSS untuk menguji apakah terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan dan struktur organisasi terhadap kinerja pegawai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan, dan struktur organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Selanjutnya, gaya kepempinan dan struktur organisasi secara bersama berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja pegawai.
PENGARUH REKRUTMEN, PENEMPATAN, DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN David Nasution; Ramon Zamora; Ahmad Arifin
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.129 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rekrutmen, penempatan, pengembangan karir, terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh karyawan departemen produksi PT. Honfoong Plastic Batam yang berjumlah 65 orang. Teknik pengujian data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, uji rgresi berganda, uji T, uji F, dan uji R2. Hasil pengujian data didapatkan hasil penelitian bahwa variabel rekrutmen dengan nilai thitung adalah 3,171 dan signifikansi 0,002, artinya secara parsial rekrutmen berpengaruh positif dan signifikan. Variabel penempatan dengan nilai thitung adalah -0,749 dan signifikansi 0,457, artinya secara parsial variabel penempatan tidak berpengaruh positif dan signifikan. Variabel pengembangan karir dengan nilai thitung adalah 3,357 dan signifikansi 0,001, artinya secara parsial pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan. Variabel rekrutmen, penempatan dan pengembangan karir secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja yang ditunjukkan pada nilai Fhitung sebesar 20,763 dan signifikansi 0,000.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI Sri Langgeng Ratnasari; Gandhi Sutjahjo
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.319 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3783

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Populasi penelitian adalah 87 pegawai BMG Kota Batam. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode sensus, dimana responden sebanyak 87 pegawai. Analisis yang pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian sebagai berikut, (1). Gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (2). Budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (3) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (4) Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (5) Gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.
PENGARUH DESENTRALISASI DAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL Rahmat M; Oktavianti Oktavianti
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 2, No 1 (2022): JMOB (Maret 2022)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.727 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v2i1.4084

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desentralisasi dan sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial. Penelitian bersifat associatif dan Explanatori (explanatory research) adalah penelitian yang bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel dan menguji hipotesis hubungan antara variabel yang di hipotesiskan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajer dan staf keuangan dan akuntansi pada Industri es balok di Kota Batam yang berjumlah 32 orang dalam 5 perusahaan. Pengelolaan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian membuktikan bahwa desentralisasi berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja manajerial, sistem akuntansi manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.
PENERAPAN MANAJEMEN KINERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN Ares Ares; Mira Yona
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 3 (2021): JMOB (September 2021
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.434 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i3.3746

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: Perencanaan terhadap kinerja, pelaksanaan terhadap kinerja dan evaluasi terhadap Kinerja karyawan PT. Widia Cipta Batam Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Widia Cipta Batam dengan populasi yang berjumlah 68 karyawan. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi sebanyak 68 karyawan dengan menggunakan teknik sampling sensus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan analisis statistik menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini adalah perencanaan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan, pelasanaan  berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan evaluasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
ANALISIS PERILAKU INDIVIDU, KOMUNIKASI KERJA, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI Gandhi Sutjahjo
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 2, No 2 (2022): JMOB (Juni 2022)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.027 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v2i2.4697

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh perilaku individu terhadap motivasi kerja, menganalisis pengaruh komunikasi terhadap motivasi kerja, menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai, dan menganalisis pengaruh perilaku individu terhadap kinerja pegawai, menganalisis pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai, dan menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai, menganalisis pengaruh perilaku individu terhadap kinerja pegawai melalui motivasi kerja, menganalisis pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai melalui motivasi kerja. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan populasi sebanyak 116 dengan menggunakan teknik sensus. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif, menggunakan SPSS untuk pengolahan datanya dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku individu berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja. Komunikasi berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja. Perilaku individu berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Perilaku individu berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja. Komunikasi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja.
PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH INTERPERSONAL Yulia Afrola; Herni Widiyah Nasrul
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.868 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3174

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis seberapa tinggi tingkat komunikasi dan tingkat  kemampuan pemecahan masalah interpersonal mahasiswa, untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah interpersonal mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis regresi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 84 orang dengan sampel penelitian berjumlah 69 orang. Penarikan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Penelitian ini menggunakan dua buah  skala  sebagai alat ukur yaitu, skala komunikasi dan skala pemecahan masalah interpersonal. Hasil analisis data penelitian menunjukan (1) mahasiswa memiliki komunikasi yang tinggi dilihat dari interaksinya di dalam asrama, yaitu sebanyak 46 orang atau 67 % (2) tingkat pemecahan masalah yang tinggi dapat dilihat dengan adanya masalah yang dipecahkan secara bersama, yaitu sebanyak 50 orang atau 72 % (3) adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi dengan pemecahan masalah interpersonal.
PENGARUH PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BRI CABANG BANJARMASIN AHMAD YANI Widiati Widiati
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.173 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3468

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan customer service yang diberikan oleh Bank BRI Cabang Banjarmasin Ahmad Yani sudah optimal. Berdasarkan olah data pelayanan customer service dari 10 indikator mayoritas responden menyatakan baik pada aspek kemampuan dengan rata-rata tertinggi sebesar 5,60, Kepuasan nasabah, berdasarkan olah data variabel kepuasan nasabah dari 3 variabel mayoritas responden menyatakan sangat puas, terutama dalam hal kepuasan pada aspek harapan dan keseluruhan dengan memiliki nilai rata-rata tertinggi sebesar 5,70. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “Ada Pengaruh antara Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Cabang Banjarmasin Ahmad Yani” diterima.

Page 1 of 10 | Total Record : 93