cover
Contact Name
Arifa Pratami
Contact Email
pratamiarifa@gmail.com
Phone
+628116332323
Journal Mail Official
mutlaqah@fai.uisu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara Jalan Sisingamangaraja, Teladan Barat, Medan Kota, Medan, Sumatera Utara, 20217
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Mutlaqah: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah
ISSN : -     EISSN : 27752712     DOI : https://doi.org/10.30743/mutlaqah
Core Subject : Religion,
Mutlaqah: Jurnal Ekonomi Syariah, menerbitkan karya tulis ilmiah hasil kajian atau penelitian dan kajian pustaka dalam ruang lingkup dan fokus Kajian Ekonomi Syariah. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Redaksi menerima jurnal tersebut belum pernah dipublikasikan di media lain dengan format penulisan seperti yang tertera pada halaman pedoman penulisan naskah. Jurnal ini berdiri pada tahun 2020, terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan Juli Merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi ekonomi syariah Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), jurnal ini membahas ilmu bidang Ekonomi Islam, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu ekonomi syariah. Ekonomi Islam Perbankan Syariah Ekonomi ZISWA Akuntansi Syariah Manajemen Syariah Bisnis Syariah Dan lain-lain (topik lainnya yang berhubungan dengan ekonomi syariah)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): Edisi Januari" : 5 Documents clear
BISNIS DAN PASAR DALAM SEJARAH ISLAM Abdul Rahman
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 1, No 2 (2021): Edisi Januari
Publisher : MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.815 KB)

Abstract

 Sejarah panjang dalam hidup Muhammad sebagai seorang pebisnis dalam sektor perdagangan memberikan suri teladan bagi umat manusia secara umum. Julukan al-amin yang disandang beliau merupakan bukti bahwa Muhammad orang yang sudah diakui kredibelitasnya di masyarakat Arab sebagai sosok yang luar biasa. Muhammad memang pribadi yang kompleks, selain predikatnya sebagai orang jujur beliau peroleh, ia juga sebagai seorang nabi dan rasul. Predikat Muhammad sebagai al-amin, menjadi modal utama dan rahasia sukses beliau menjalankan aktifitas dagangnya. Tercatat dalam berbagai literatur bahwa sejak kecil Muhammad sudah terkondisikan oleh alam dan keadaan keluarga maupun masyarakat sebagai seorang pejuang. Berangkat dari kepribadian beliau maka lahirlah tuntunan atau teladan yang bisa dijadikan masyarakat di zaman sekarang untuk sebagai pelajaran. Jujur dalam menjelaskan produk merupakan etika bisnis yang selalu dilakukannya. Kejujuran Muhammad sudah diakui, beliau adalah manusia yang paling jujur di dunia. Beliau selalu mengatakan dengan jujur produk/barang yang didagangkannya, jika barang itu rusak atau jelek, beliau akan mengatakan kerusakan atau kejelekan barang tersebut. Sangat jarang pedagang yang berani berkata jujur perihal kualitas barang dagangannya.
Pengaruh Labelisasi Halal Produk Indomie Dan Harga Terhadap Minat Beli Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang) Laila Efrida Dalimunthe
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 1, No 2 (2021): Edisi Januari
Publisher : MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.698 KB)

Abstract

Label halal yang terdapat pada kemasan produk indomie mempunyai hubungan dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk indomie, ditunjukkan dengan tingkat signifikan 0.001 0.05, hal tersebut membuktikan bahwa keberadaan labelisasi halal pada produk indomie memberikan nilai positif yang memiliki peluang besar dalam mempengaruhi keputusan membeli konsumen. Harga dari produk indomie yang terjangkau dan beragam sesuai dengan jenis produk mempunyai hubungan dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk, ditunjukkan dengan tingkat signifikan 0.004 0.05, hal tersebut membuktikan bahwa harga dari produk indomie yang terjangkau dan beragam sesuai jenis produk memberikan nilai positif yang memiliki peluang besar dalam mempengaruhi minat membeli konsumen. Labelisasi halal dan harga menpunyai hubungan dan secara serentak (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk indomie. Tingkat kesadaran akan kehalalan produk indomie dan harga yang terjangkau ditunjukkan dengan adanya pengaruh label halal dan harga dengan keputusan membeli produk indomie melalui uji regresi dengan nilai sebesar 0.318 atau 31.8%. Hal ini dapat dimaknai bahwa label halal dan harga yang terjangkau secara langsung dapat memberikan informasi akan kualitas dan mutu produk sehingga mempengaruhi  konsumen dalam proses keputusan membeli.
PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PTPN II MEDAN Edi Sofian dan Julkarnain
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 1, No 2 (2021): Edisi Januari
Publisher : MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.049 KB)

Abstract

Tanpa adanya kinerja yang tinggi, mengakibatkan tugas-tugas pekerjaan yang diselesaikan kurang baik. Kurang baiknya pelaksanakan tugas yang dikerjakan oleh karyawan menunjukan rendahnya kinerja karyawan yang akan mengganggu proses pencapaian tujuan organisasi. Untuk memberikan kesamaan kinerja, maka perusahaan harus menetapkan pengukuran atau standar kerja agar dapat dijadikan pedoman oleh setiap karyawan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yang berupa hasil jawaban kuesioner responden. Selain itu dikumpulkan juga data kualitatif (data yang yang tidak dinyatakan dalam angka) yaitu berupa data tentang sejarah perusahaan, gambaran umum perusahaan yang diberlakukan dalam perusahaan serta informasi yang dibutuhkan untuk mendukung penelitian ini. Metode pengumpulan data untuk penulisan skripsi adalah sebagai berikut : studi dokumentasi, kuesioner, observasi partisipan, dan perangkat – perangkat fisik. Dari hasil penelitian ini diperoleh variabel karakteristik individu (0,000) lebih kecil dibandingkan dengan dari alpha 5% (0,05) atau thitung = 13,758 ttabel  (n-k=60-3=57) 2,0047. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka H­1 diterima untuk variabel karakteristik individu. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel karakteristik individu berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada PTPN II Medan. Variabel budaya organisasi (0,001) lebih kecil dibandingkan dengan dari alpha 5% (0,05) atau thitung = 3,381 ttabel  (n-k=60-3=57) 2,0047. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka H­2 diterima untuk variabel budaya organisasi. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada PTPN II Medan. Pada hasil uji F dalam penelitian ini diketahui nilai signifikansinya 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan nilai alpha 5% (0,05) atau nilai Fhitung ( 103,347) Ftabel 3,16 (df1=k-1=3-1=2) sedangkan (df2=n-k=60-3=57). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan karakteristik individu dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai PTPN II Medan. 
PENETAPAN HARGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Syamsul Effendi
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 1, No 2 (2021): Edisi Januari
Publisher : MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.023 KB)

Abstract

Ekonomi islam memiliki konsep bahwa suatu pasar dapat berperan efektif dalam kehidupan ekonomi bila prinsip persaingan bebas dapat berlaku secara normal. Pasar tidak membutuhkan suatu intervensi dari pihak manapun, tidak terkecuali Negara dengan otoritas penentuan harga dengan kegiatan monopolistik atau yang lainnya. Persaingan bebas dalam hal ini adalah bahwa umat islam menentukan sendiri tentang apa yang harus di konsumsi dan di produksi serta dibebaskan untuk memilih sendiri apa-apa yang dibutuhkan dan bagaimana cara memenuhinya Teori ekonomi Islam mengenai harga pertama-tama dapat dilihat dari sebuah hadis yang menceritakan bahwa ada sahabat yang mengusulkan kepada nabi untuk menetapkan harga di pasar. Rasulullah menolak tawaran itu dan mengatakan bahwa harga di pasar tidak boleh ditetapkan karena Allah yang menentukannya.Sungguh menakjubkan teori Nabi tentang harga dan pasar. Kekaguman ini dikarenakan ucapan Nabi Saw itu mengandung pengertian bahwa harga pasar itu sesuai dengan kehendak Allah yang sunnatullah atau hukum supply and demand.Menurut pakar ekonomi Islam kontemporer, teori inilah yang diadopsi oleh Bapak Ekonomi barat Adam Smith dengan nama teori invisible hand. Menurut teori ini pasar akan diatur oleh tangan-tangan tidak kelihatan (invisible hand). Bukankah teori  invisible hands itu lebih tepat dikatakan God hands (tangan- tangan Allah). Oleh karena harga sesuai dengan kekuatan penawaran dan permintaan di pasar, maka harga barang tidak boleh ditetapkan pemerintah, karena ketentuan harga tergantung pada hukum supply and demand.Namun demikian ekonomi Islam masih memberikan peluang pada kondisi tertentu untuk melakukan intervensi harga (price intervention) bila para pedagang melakukan monopoli dan kecurangan yang menekan dan merugikan konsumen. Islam memandang bahwa pasar, negara, dan individu berada dalam keseimbangan (iqtishad), tidak boleh ada sub-ordinat, sehingga salah satunya menjadi dominan dari yang lain. Pasar dijamin kebebasannya dalam Islam. Pasar bebas menentukan cara-cara produksi dan harga, tidak boleh ada gangguan yang mengakibatkan rusaknya keseimbangan pasar. Namun dalam kenyataannya sulit ditemukan pasar yang berjalan sendiri secara adil (fair). Distorasi pasar tetap sering terjadi, sehingga dapat merugikan para pihak.
ASURANSI UMUM SYARIAH: PROTEKSI KEKAYAAN Irine Ika Wardhani Arifa Pratami
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 1, No 2 (2021): Edisi Januari
Publisher : MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.424 KB)

Abstract

Asuransi pada dasarnya merupakan persiapan yang dibuat oleh sekelompok orang yang masing-masing menghadapi kerugian kecil sebagai sesuatu yang tidak dapat diduga. Apabila kerugian itu menimpa salah seorang anggota dari perkumpulan tersebut, maka kerugian itu akan ditanggung bersama. Wealth protection adalah proses bagaimana melindungi harta keluarga dengan mekanisme tertentu. Masyarakat muslim sekarang sangat memerlukan asuransi untuk melindungi harta dan keluarga mereka dari akibat musibah. Asuransi memang tidak bisa mencegah musibah, tapi setidaknya bisa menanggulangi akibat keuangan yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kepustakaan dengan fokus kajian pada asuransi umum syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa asuransi syariah, asuransi umum syariah berbeda dengan asuransi konvensional dalam hal mengelola dan menangani klaim.

Page 1 of 1 | Total Record : 5