cover
Contact Name
I Komang Widana Putra
Contact Email
kmwidana.putra@gmail.com
Phone
+6281934638665
Journal Mail Official
jipbsiunmas@gmail.com
Editorial Address
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unmas Denpasar Jalan Kamboja No. 11A Denpasar Bali Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 27746259     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
JIPBSI terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September. JIPBSI memuat artikel hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Tujuan diterbitkannya JIPBSI adalah sebagai medium mempublikasikan hasil peneitian yang memberikan dampak dan manfaat dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia
Articles 53 Documents
ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM NOVEL “KENANGA” KARYA OKA RUSMINI Made Dyah Rusmayanthi; IGA. Putu Tuti Indrawati; Ida Ayu Made Wedasuwari
JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.126 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tokoh utama dan tokoh utama tambahan, serta pelukisan penokohan tokoh utama dan tokoh utana tambahan dalam novel “Kenanga” karya Oka Rusmini. Pengumpulan data dilakukan dengan metode baca dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tokoh utama dalam novel yang diteliti adalah Kenanga, sedangkan untuk tokoh utama tambahan adalah Intan dan Bhuana. (2) Terdapat enam teknik pelukisan penokohan pada tokoh utama yang mendominasi dalam novel “Kenanga”, yaitu (a) teknik ekspositori, (b) teknik cakapan, (c) teknik tingkah laku, (d) teknik reaksi tokoh, (e) teknik reaksi tokoh lain, (f) teknik pelukisan latar. Sedangkan pada tokoh utama tambahan terdapat lima teknik pelukisan penokohan yang mendominasi, yaitu (a) teknik ekspositori, (b) teknik cakapan, (c) teknik tingkah laku, (d) teknik reaksi tokoh, (e) teknik reaksi tokoh lain.
PENERAPAN METODE KARYA WISATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL OPINI KELAS XII SMAK THOMAS AQUINO Albertus Yoram Diri; I Nyoman Adi Susrawan; IGA. Putu Tuti Indrawati
JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.251 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ertama, penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XII IPS-3 SMAK Thomas Aquino dalam menulis artikel opini dengan metode karya wisata, untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode karya wisata untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel opini, dan untuk mengetahui respon siswa kelas XII IPS-3 SMAK Thomas Aquino setelah penerapan metode karya wisata dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel opini. Penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan menulis artikel opini siswa kelas XII IPS-3 SMAK Thomas Aquino dan menumbuhkan respon positif terhadap penerapan metode karya wisata di kelas tersebut. Hal ini dapat dicermati dari perolehan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan. Pada hasil tes awal nilai rata-rata siswa hanya mencapai 6,0. Nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan pada tes siklus I menjadi 6,8, meningkat menjadi 7,58 pada siklus II, dan meningkat pula peda siklus III menjadi 8,03. Selain itu, dari data koesioner peneliti memperoleh data respon siswa yang menunjukan 90,53% dari 19 siswa memberikan respon sangat baik terhadap penerapan metode karya wisata.
PENGARUH SIKAP BAHASA SISWA KELAS XI TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAK HARAPAN DENPASAR TAHUN AJARAN 2018/2019 Ana Rohaidatul Aisi; I Nyoman Adi Susrawan; IGA. Putu Tuti Indrawati
JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.628 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Sikap Bahasa Siswa Kelas XI Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAK Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019 yang bertujuan (1) Mendeskripsikan sikap bahasa siswa SMAK Harapan Denpasar (2) dan Pengaruh sikap bahasa siswa terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik angket dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 100 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari angket yang disebar kepada 100 orang siswa berdasarkan indeks akumulasi sebesar 96% berdasarkan aspek (1) kebanggaan menggunakan bahasa Indonesia, 71% berdasarkan aspek (2) adanya Kesetiaan menggunakan bahasa Indonesia, dan 87% berdasarkan aspek (3) adanya sikap kesadaran akan norma bahasa. Berdasarkan hasil angket kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar secara aktif dan penuh antusias mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Siswa terlibat dalam kegiatan diskusi, mengemukakan pendapat, maupun memberi pertanyaan ataupun jawaban dengan menggunakan bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan antara sikap bahasa siswa dengan proses pembelajaran bahasa Indonesia. Sikap yang positif siswa akan berdampak pada proses pembelajaran yang berlangsung. Semakin positif sikap siswa terhadap bahasa Indonesia, maka semakin baik pula proses pembelajaran yang dilakukan hingga tecapainya tujuan dari proses pembelajaran bahasa Indonesia
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA BERBANTUAN FILM PENDEK PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA PGRI 6 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Marten Haba Rita; A.A. Rai Laksmi; Ida Ayu Made Wedasuwari
JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.29 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitan tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini memeliki tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam bermain drama, agar siswa dapat menguasai watak dan karakter dalam masing-masing tokoh, sedangkan tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan siswa bermain drama pada siswa kelas XI IPS 2 SMA PGRI 6 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 dan langkag-langkah pembelajaran yang efektif untuk kemampuan bermain drama siswa kelas XI IPS 2 SMA PGRI 6 Denpasar melalui metode sosiodrama. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini dIkatakan berhasil, itu terbukti dari peningkatan nilai rata-rata setiap siklus. Di mulai dari tes pra siklus dengan rata-rata 3,96. Dalam siklus I masih ada siswa yang belum mampu bermain drama dengan baik. Untuk itu, penelitian dan siswa harus bekerja sama dengan baik dalam proses dan memperhatikan cara penyajian materi. Dalam siklus I, siswa hanya mampu mencapai ini lai rata-rata 7,00. Hal itu karena siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran bermain drama. Penelitian dan siswa harus bekerja sama dengan baik dan perhatikan cara penyajian materi agar siswa lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran bermain drama. Terakhir pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 9,00 dengan kategori baik. Siswa sudah lancar berakting dalam bermain drama atau memerankan suatu karakter sesuai kriteria yang dinilai. Langkahlangkah metode pembelajaran; (a) guru menyusun atau menyiapkans kenario yang akan ditampilkan, (b) guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 6 orang, (c) memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai, (d) memanggil para siswa yang sudah ditunjukuntuk melakonkan skenario yang sudah disiapkan (simulasi), (e) masing-masing siswa duduk dikelompoknya, sambil memperhatikan, mengamati skenario yang sedang diperagakan, (f) setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar untuk membahas, (g) masing-masing menyampaikan hasil kesimpulanya, (h) evaluasi, (i) penutup.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERPEN MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Ferena Sunarti; I Nyoman Diarta; IGA. Putu Tuti Indrawati
JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.88 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerpen melalui metode Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VII SMPN 4 Denpasar, menemukan langkah-langkah yang tepat dalam metode Numbered Head Together (NHT). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi,metode wawancara, kuesioner dan metode tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, PTK ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang menunjukkan bahwa pembelajaran metode Numbered Head Together (NHT) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerpen, hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil kemampuan menyimak cerpen pada tes awal nilai 4,72 dengan kategori kurang, siklus I sebesar 5,83 dengan kategori kurang dan siklus II sebesar 6,72 dengan kategori lebih dari cukup serta pada siklus III sebesar 7,88 dengan kategori baik. Nilai yang diperoleh pada saat penelitian di kelas VII SMPN Denpasar melebihi target yang ditetapkan oleh peneliti yaitu sebesar 75, dengan demikian pelaksanaan penelitian dihentikan sampai pada siklus III dan siswa memberikan respon positif pada objek penelitian, sehingga dapat disimpulkan metode Numbered Head Together (NHT) memberikan pengaruh positif, meningkatkan aktivitas, motivasi, serta hasil belajar siswa sehingga penelitian ini dapat menjadi referensi untuk diterapkan oleh guru pada materi pembelajaran yang sama atau materi lain yang relevan.
PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL MELALUI MEDIA STRIP KOMIK (COMIC STRIP) PADA SISWA KELAS VIIA SMP WISATA SANUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Dewa Ayu Wulan Widyantari; I Nyoman Adi Susrawan; I Komang Widana Putra
JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.686 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan Metode Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis teks fabel melalui media Strip Komik (Comic Strip) pada siswa Kelas VIIA SMP Wisata Sanur Tahun Pelajaran 2019/2020 dan menemukan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan metode Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis teks fabel melalui media Strip Komik (Comic Strip). Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Metode Observasi, dan Metode Tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi dan tes yang berbentuk tugas yaitu menulis teks fabel. Dalam penelitian ini peneliti bertindak aktif dalam mengamati peningkatan tiap siklus dari peserta didik dalam menulis teks fabel, dan mengidentifikasi dengan tujuan penelitian, kemudian menafsirkan dan melaporkan hasil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks fabel mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pra siklus sebesar 5,64 meningkat sebesar 0,84 menjadi 6,48 pada siklus I, selanjutnya meningkat sebesar 1,39 dari nilai rata-rata pada siklus I, menjadi 7,87 pada siklus II. Nilai tersebut sudah melebihi target yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75, maka penelitian diberhentikan sampai pada siklus II.
ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA Ni Putu SIntya Dewi; Ida Ayu Made Wedasuwari; I Komang Widana Putra
JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.939 KB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, bentuk penyampaian nilai pendidikan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata serta pentingnya nilai pendidikan dalam kehidupan sehari-hari yang digambarkan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Data dalam penlitian ini diolah dengan teknik retroaktif yaitu pembacaan secara berulang kali secara satu arah ke arah yang lainnya untuk menangkap makna. Adapun langkah dalam mengumpulkan data yaitu (1) mencatat data berupa kata, (2) mengelompokan data, (3) mendeskripsikan data, (4) menganalisis data, (5) menyimpulkan hasil analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan empat nilai pendidikan yaitu nilai pendidikan moral, nilai pendidikan religius, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya. Bentuk penyampaian nilai pendidikan secara langsung maupun tidak langsung, serta banyak nilai pendidikan yang bisa untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OBSERVASI MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS X AP4 SMK PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mariani Mulyati; IGA. Putu Tuti Indrawati; I Nyoman Suparsa
JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.481 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) mendapatkan data yang pasti bahwa Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada siswa kelas X AP4 SMK PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019, dan (2) menemukan langkahlangkah penerapan metode pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada siswa kelas X AP4 SMK PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Data tersebut dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil tes yang diperoleh dalam penerapan metode pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada Siswa Kelas X AP4 SMK PGRI 4 Tahun Pelajaran 2018/ 2019 mengalami peningkatan. Pada tes awal nilai rata--rata hanya 4,6 dengan kategori kurang, Siklus I nilai rata--rata 5,6 dengan kategori hampir cukup, Siklus II nilai rata--rata 6,4 dengan kategori hampir cukup dan nilai rata-rata siswa pada Siklus III mengalami peningkatan menjadi 7,9 dengan kategori lebih dari cukup. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada siswa kelas X AP4 SMK PGRI 4 Tahun Pelajaran 2018/2019 dinyatakan berhasil karena sudah mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu sebesar 75.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENERAPAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA X MM SMK PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Yovita Saem; A.A. Rai Laksmi; I Komang Widana Putra
JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.619 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) mendapatkan data yang pasti metode Nunber Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui penerapan metode Number Head Together (NHT) pada siswa kelas X MM SMK PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) menemukan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan metode pembelajaran Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. Ada pun metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini sebagai metode utama untuk memperoleh data: (1) Metode Observasi dan (2) Metode Tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah berbentuk tugas yaitu menulis puisi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak aktif dalam mengamati peningkatan tiap siklus dari peserta didiknya dalam menulis puisi, dan mengidentifikasi dengan tujuan penelitian, kemudian menafsirkan dan melaporkan hasil. Hasil yang diperoleh mengenai hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Number Head Together (NHT) mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X MM SMK PGRI 4 Denpasar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi mengalami peningkatan dan nilai rata-rata kelas pra siklus sebesar 4,91 meningkat sebesar 1,2 menjadi 6,11 pada siklus I, selanjutnya meningkat sebesar 0,89 dari nilai rata-rata pada siklus I, menjadi 7 pada siklus II, dan meningkat sebesar 1,05 dari nilai rata-rata pada siklus II menjadi 8,05. Nilai tersebut sudah melebihi target yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75, maka penelitian dihentikan sampai pada siklus III.
ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, PERLOKUSI PADA DIALOG FILM 5CM KARYA RIZAL MANTOVANI (SEBUAH TINJAUAN PRAGMATIK) Mariana Helga Eka Septiana; I Nyoman Adi Susrawan; Ni Luh Sukanadi
JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.048 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif yang bertujuan (1) Memperoleh gambaran objektif mengenai wujud tindak tutur lokusi, ilokusi, dan Perlokusi pada Dialog Film 5CM Karya Rizal Mantovani. (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya tidak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi pada Dialog Film 5CM Karya Rizal Mantovani. Pengumpulan data, menggunakan metode simak dan catat. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Tindak tutur lokusi dalam dialog film 5cm karya Rizal Mantovani sejumlah 12 tuturan Tindak tutur ilokusi dalam dialog film 5cm karya Rizal Mantovani sejumlah 33 tuturan. Tindak tutur perlokusi dalam dialog film 5cm karya Rizal Mantovani sejumlah 6 tuturan. Faktor penyebab munculnya tindak tutur lokusi dalam film 5 CM karya Rizal Mantovani yaitu dalam penutur digunakannya dengan tujuan meyampaikan secara langsung kepada mitra tutur sehingga, menyatakan sesuatu dengan kalimat berita. Faktor penyebab munculnya tindak tutur ilokusi dalam film 5 CM karya Rizal Mantovani yaitu penutur menunjukkan kesatunan, yang berarti penutur lebih cendrung memilih kalimat berita ketika meminta lawan tuturnya untuk melakukan sesuatu. Faktor penyebab munculnya tindak tutur peilokusi dalam film 5 CM karya Rizal Mantovani yaitu supaya mitra tutur segera merespon tuturan yang disampaikan oleh penutur, sebagai penutur memilih tutur perlokusi.