cover
Contact Name
Robiyatul Adawiyah
Contact Email
jurnal@iaitfdumai.ac.id
Phone
+62822935290
Journal Mail Official
Jurnal@iaitfdumai.ac.id
Editorial Address
Jl. Utama Karya II No.3, Bukit Batrem, Kec. Dumai Tim., Kota Dumai, Riau 28826
Location
Kota dumai,
Riau
INDONESIA
Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan
Core Subject : Religion, Education,
Wibawa: ISSN: 2798-3005 (p); 2622-9722 (e); 2798-3005, Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam merupakan terbitan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai. Jurnal Wibawa akan meningkatkan frekuensi penerbitan sebanyak 2 edisi dalam satu volume, Tim editor menyambut baik setiap mahakarya tulisan dan kontribusi dari peneliti dan cendikiawan dari banyak disiplin ilmu. Ruang Lingkup Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat praktisi pendidikan, dan peneliti. jurnal ini mencakup artikel penelitian, laporan penelitian asli, review pendidikan Islam di bidang apapun termasuk: 1) Kepemimpinan, 2) Manajemen Humas, 3) Perilaku organisasi, 4) Budaya organisasi, 5) Manajemen Sumber Daya Manusia, 6) Manajemen Keuangan, 7) Pengambilan Keputusan, dll. Semua manuskrip bisa dikirimkan dimana awalnya akan ditinjau oleh editor, lalu dievaluasi oleh minimal dua reviewers melalui proses tinjauan double-blind. Hal ini untuk memastikan kualitas manuskrip yang diterbitkan dalam jurnal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Dumai Yolanda Aditama; Dr. Rasyidi. M.Pd.I; Windayani, M.Pd
Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.375 KB) | DOI: 10.57113/wib.v1i2.60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh aktivitas pembelajaran pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 7 Dumai (2) Pengaruh keteladanan guru terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 7 Dumai (3) Pengaruh Aktivitas pembelajaran pendidikan agama islam dan keteladanan guru secara serentak terhadap akhlaq siswa di SMP Negeri 7 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrumen penelitian bertempat di SMP Nergeri 7 Dumai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 285 Siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Isaac Maechael sehinga jumlah sampel adalah 88 siswa. Darta yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 88 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan Sofware SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas pembelajaran pendidikan agama islam, keteladanan guru secara bersama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap akhlaq siswa. Secara persial, Aktivitas pembelajaran pendidikan agama islam memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap akhlak siswa. Begitu juga dengan keteladanan guru yang memberikan kontribusi yang positif dan signifikan.
Pengaruh Manajemen Kurikulum dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Daring di SMKN 2 Dumai Tahun Ajaran 2020/2021 Amalia Cintya Nurkomala; Imam Wahyudi, M.Pd.I; Faizal Nurmatias, ME
Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.921 KB) | DOI: 10.57113/wib.v1i2.62

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh manajemen kurikulum terhadap profesional guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai; (2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap terhadap profesional guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai: (3) pengaruh manajemen kurikulum dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama- sama erhadap profesional guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SMKN 2 Dumai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 96 siswa. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Teknik analisa data adalah teknik analisis regresi dan korelasi product moment (person). hasil penelitian adalah : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen kurikulum terhadap profesional guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai; (2 ) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan manajemen kurikulum dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama- sama erhadap profesionalisme guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai sebesar 46,5% dan sisanya 54,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai Dwi Meilani; Imam Wahyudi, M.Pd.I; Faizal Nurmatias, ME
Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.65 KB) | DOI: 10.57113/wib.v1i2.63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai, (2) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai, (3) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Pergaulan Teman Sebaya Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di MTs Nurul Wahid Dumai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas VII, VIII, dan XI yang berjumlah 218 orang dan sampel dalam penelitian ini kelas VIII yang berjumlah 90 siswa. Pengumpulan data dilakukan dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai.
Pengaruh Pendidikan Karakter dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah Dumai Tahun Ajaran 2020/2021 Intan Larasati; Imam Wahyudi, M.Pd.I; Eka Sukmawati, M.Ag
Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.256 KB) | DOI: 10.57113/wib.v1i2.64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh pendidikan karakter terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai, (2) pengaruh pola asuh orang tua terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai, (3) pengaruh pendidikan karakter dan pola asuh orang tua secara serentak terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrumen penelitian bertempat di SMA Muhammadiyah Dumai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 siswa. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisa data adalah teknik analisis regresi dan korelasi product moment (pearson). hasil penelitian adalah : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penerapan pendidikan karakter terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai.(2) Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan pada pola asuh orang tua terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penerapan pendidikan karakter dan pola asuh orang tua secara serentak terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai.
Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru di SDN 014 Simpang Tetap Darul Ihsan Desfira Amelia; Windayani, M.Pd; Tuti Syafrianti, M.Pd
Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.976 KB) | DOI: 10.57113/wib.v1i2.65

Abstract

Dalam teknologi yang berkembang pesat saat ini, guru diharapkan bisa memanfaatkan teknologi dalam membantu proses pembelajaran. Pemanfaatan teknologi yang efektif dapat meningkatkan kinerja. Dan juga sangat dirasakan perlunya pembinaan yang kontinu dan berkesinambungan dengan program yang terarah dan sistematis terhadap para guru dan personel sekolah yang lazim disebut supervisi pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, uji coba instrument penelitian bertempat di SDN 014 Simpang Tetap Darul Ihsan. Populasi pada penelitian ini seluruh guru di SDN 014 Simpang Tetap Darul Ihsan yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui angket. Hasil penelitian adalah: terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan tenologi informasi terhadap kinerja guru dengan presentase sebesar 88,7% dan sisanya 11,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain pemanfaatan teknologi informasi. Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi pendidikan terhadap kinerja guru dengan presentase sebesar 90,3% dan sisanya 9,7% dipengaruhi oleh faktor lain selain supervisi pendidikan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan teknologi informasi dan supervisi pendidikan secara bersama- sama terhadap kinerja guru dengan presentase sebesar 92,4% dan sisanya 7,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi Intern Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Guru di SMAN 2 Dumai Ima Ulfa; Dr. Rasyidi. M.Pd.I; Maisuhetni, M.Pd
Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.529 KB) | DOI: 10.57113/wib.v1i2.67

Abstract

Pengaruh kepemimpinan dan komunikasi intern kepala sekolah terhadap disiplin guru di SMAN 2 Dumai. Dibimbing oleh Dr. Rasyidi, M.Pd.I dan Maisuhetni, M.Pd. Kepemimpinan dan Komunikasi Kepala Sekolah merupakan kemampuan seseorang untuk memperngaruhi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan visi dan misi suatu sekolah. Adapun Kepemimpinan dan Komunikasi adalah perpaduan untuk mencapai tujuan dalam keberhasilan sekolah SMA N 2 Dumai. Yang menjadi sampel angket adalah 74 guru , akan tetapi ketika dalam penelitan penulis hanya 30 guru yang mengisi angket kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sementara Kepemimpinan Kepala sekolah ( X.1 ) -,518 dengan nilai t -,980 yang terbukti lebi kecil dari t tabel 1,67. Sehingga signifikan. Koefisien Komunikasi Intern Kepala Sekolah ( X.2 ) bernilai ,124 nilai t hitung ad lah ,223. dapat dituliskan persamaan regresi linearnya sebagai berikuy Y = 112,970-0,518 KK + 0,124 X2. Dapat dinyatakan bahwa Kepemimpinan dan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Disiplin guru sebesar 50,9% dipengarahui oleh Komunikasi Intern Kepala Sekolah.
Pengaruh Pemahaman Agama dan Keteladanan Orang Tua Terhadap Pengamalan Ibadah Shalat Siswa di SMK Erna Dumai Siti Fatimah Hasibuan
Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.002 KB) | DOI: 10.57113/wib.v1i1.68

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman agama dan keteladanan orang tua terhadap pengamalan ibadah shalat siswa di smk erna dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan Data dilakukan melalui angket dan tes kepada 84 siswa muslim sebagai sampel. Pengujian pra syarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi berganda. Hasil penelititan menunjukkan bahwa secara serentak pemahaman agama dan keteladanan orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengamalan ibadah shalat siswa di smk erna dumai dengan model regresi Y = 10,238 + 0,409 X1 + 0,479 X2. dari hasil perhitungan SPSS menunjukkan jika Fhitung (102,104) > Ftabel (3,11) dengan pengaruh sebesar 71,6% dan sisanya 28,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka penulis simpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman agama dan keteladanan orang tua terhadap pengamalan ibadah shalat siswa di SMK Erna Dumai.
Pengaruh Kemandirian Belajar dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Siswa Di MAN 1 Dumai Tuti Syafrianti; Wan Reda Yani
Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.473 KB) | DOI: 10.57113/wib.v1i1.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai; (2) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai; (3) pengaruh kemandirian belajar siswa dan pola asuh orang tua secara serentak terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrumen penelitian bertempat di MAN 1 Dumai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 11 ips yang terdiri dari jurusan ips 1, ips 2, dan ips 3 yang berjumlah 99 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar siswa terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar siswa dan pola asuh orang tua secara serentak terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai.
Pengaruh Kreativitas Guru Mengajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTsN 1 Kota Dumai Sakinah Tun Nisa Harahap
Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.228 KB) | DOI: 10.57113/wib.v1i1.70

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kreativitas guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai (2) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai (3) Pengaruh kreativitas guru mengajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah secara serentak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument bertempat di MTsN 1 Kota Dumai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan (VIII) yang terdiri dari kelas (VIII.1-VIII.8) yang berjumlah 160 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian adalah : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas guru mengajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah secara serentak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Dumai Lidia Utari
Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.53 KB) | DOI: 10.57113/wib.v1i1.71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Motivasi Belajar Dalam Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak, dan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dan Motivasi Belajar Dalam Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di MAN 1 Dumai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi berganda. Setelah data dianalisa maka ditemukan bahwa tingkat Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual di MAN 1 Dumai dikategorikan sedang dengan skor rata-rata sebesar 80,57 sedangkan Motivasi Belajar di MAN 1 Dumai dikategorikan sedang dengan skor rata-rata sebesar 80,55 dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Dumai dengan nilai minimumnya yaitu 50 dan nilai maximumnya yaitu 85. (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Dumai. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Dumai.

Page 1 of 3 | Total Record : 30