cover
Contact Name
Yuli Andriansyah
Contact Email
yuliandriansyah@uii.ac.id
Phone
+6281325445300
Journal Mail Official
thullab@uii.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM Gedung K.H.A. Wahid Hasyim Kampus Terpadu UII Jl. Kaliurang KM 14.5 Sleman Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam
ISSN : 26858924     EISSN : 26858681     DOI : 10.20885/tullab
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies in the Islamic University of Indonesia in 2019 which is published twice a year as a journal which becomes a forum for students to improve their abilities in the fields of Islamic Law, Islamic Education and Islamic Economics into Indonesian, English and Arabic.
Articles 133 Documents
FIKIH PEREMPUAN PROGRESIF Eva Fadhilah; Yusdani
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/tullab.vol1.iss1.art1

Abstract

Sampai saat ini posisi perempuan dalam panggung sejarah masih minor dan dipandang negatif  oleh  struktur  agama, budaya,  praktek,  dan  peradaban. Banyak kalangan yang menyebutkan bahwa perempuan adalah makhluk yang lemah baik secara fisik maupun psikis. Anggapan itu kemudian diwariskan secara turun-temurun pada anak cucu yang menyebabkan pelabelan dan perlakuan tertentu bagi perempuan. Sehingga citra perempuan, dengan berbagai aspek negatifnya, mendarah daging seiring dengan sejarah manusia dan kemanusiaan itu sendiri. Penelitian ini bermaksud mengkaji pandangan Fikih terhadap eksistensi dan hak-hak perempuan khususnya di era modern dengan terlebih dahulu memahami fikih sebagai produk ilmu yang bersifat relative sehingga terbuka ruang diskusi yang luas terhadap fikih itu sendiri. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kualitatif dengan tujuan mengangkat pentingnya perumusan ulang sejumlah hokum dalam fikih  terkait hak-hak perempuan. Pendekatan progresif yang digunakan meliputi pendekatan normative, sosiologis, dan historis. Hal ini penting dilakukan guna mendapatkan hasil yang seobyektif mungkin terkait hukum fikih kontemporer terhadap hak perempuan. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Islam adalah agama rahmah (QS.Al-Anbiya’:107) yang tidak pernah mendiskriminasi kaum perempuan. Fikih dalam kapasitasnya sebagai produk ilmu bisa terus dikaji dalam rangka memenuhi hajat masyarakat khususnya hak-hak kaum perempuan yang selama ini masih sering dinafikan. Fikih Perempuan progresif hadir sebagai upaya pemenuhan dari hak-hak yang selama ini tidak didapatkan kaum perempuan.
FIQH BI’AH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN Mariatul Istiani; Muhammad Roy Purwanto
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/tullab.vol1.iss1.art2

Abstract

Salah satu masalah global yang dihadapi manusia adalah lingkungan. Kondisi lingkungan global yang kian memburuk tidak lepas dari berbagai masalah mulai dari sampah, penebangan pohon, serta polusi udara akibat aktivitas industri atau transportasi sebagai penyebab utama krisis lingkungan. Adapun prinsip dasar ekologi adalah menjaga, memelihara, memanfaatkan dan melestarikan lingkungan guna kehidupan generasi mendatang. Gagasan ekologi dan kedaulatan lingkungan dalam konteks kekuasaan berhubungan antara Tuhan, manusia dan alam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa al-Qur’an memiliki cakupan luas akan ilmu pengetahuan, termasuk ekologi. Meskipun tidak secara eksplisit di sebutkan dalam al-Qur’an, namun al-Qur’an dengan gamblang menjelaskan nilai-nilai fundamental mengenai lingkungan hidup (ekologi). Namun dengan adanya perubahan serta perkembangan zaman yang semakin maju ternyata berbanding terbalik dengan mutu alam dan lingkungan. Maraknya bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini tidak lain karena ulah manusia yang serakah dan tidak menyadari akan eksistensinya serta tanggung jawabnya di muka bumi, apabila manusia dapat memahami dengan baik apa yang sudah di ejawantahkan oleh al-Qur‟an, maka bukan tidak mungkin relasi Allah, manusia dan alam yang hampir retak ini dapat pulih kembali.
MAHA BENAR NITIZEN DENGAN SEGALA KOMENTARNYA: SEBUAH STUDI TENTANG PERUNDUNGAN SIBER PADA KASUS VANESSA ANGEL DI INSTAGRAM Nita anisatul Azizah; Erni Dewi Riyanti
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/tullab.vol1.iss1.art3

Abstract

Saat ini, media sosial memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari karena media sosial merupakan salah satu bentuk alat komunikasi yang bahkan dapat digunakan dari jarak jauh. Instagram adalah salah satu media sosial yang digunakan oleh berbagai generasi di seluruh dunia. Setiap individu dapat mengakses Instagram dengan mudah. Ini memungkinkan pengguna untuk mengkomunikasikan aktivitas mereka dengan orang lain dan melihat aktivitas orang lain. Dengan menggunakan bentuk berbagi, platform ini sering mendapat tanggapan negatif dari pengguna, terutama didalam komentar. Studi ini berupaya mengidentifikasi komentar negatif yang dapat diklasifikasikan ke dalam pelecehan seksual, terutama pada tindakan pelecehan yang ditujukan kepada perempuan dan dampaknya setelah itu. Pelecehan seksual verbal ini dapat terjadi pada banyak orang, tetapi dalam penelitian ini kami mengambil kasus pelacuran Vanessa Angel. Bahkan, kami mengambil salah satu postingan dari akun @lambenyinyir di mana komentar tersebut mengandung unsur pelecehan, menyalahkan, dan beberapa komentar dengan komentar yang mendukung. Hasil penelitian ini akan menampilkan tentang komentar para nitizen dengan menunjukkan perundangan siber dalam bentuk tindakan profokasi, pelecehan online, dan pencemaran nama baik. Hasil penelitian juga menunjukkan doxing( penyebaran data identitas pribadi di tempat publik) dari kecenderungan menyalahkan korban yaitu VA sebagai satu – satunya pemeran dalam kasus ini.
IMPLEMENTASI MAQASHID SYARIAH INDEKS (MSI) TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN FIAI UII Sukma Hadidtya; Mohammad Yafitz; Ahmad Nurozi
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/tullab.vol1.iss1.art4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian bentuk dari nilai-nilai maqashid syariah terhadap sistem kinerja tenaga kependidikan yang berada di Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Dengan upaya menganalisis nilai-nilai maqashid syariah tersebut agar bagaimana dapat terimplementasi dalam dunia kerja, terlebih khususnya dalam lingkup tenaga kerja pendidikan di FIAI UII terhadap para mahasiswa/i, pegawai dosen dan para pegawai-pegawai lainnya. Selain itu, dalam penelitian ini juga melihat faktor pendukung dan penghambat dalam mencapai maqashid syariah. Jenis Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan normatif yuridis yang menggunakan paradigma kritis berdasarkan pandangan Islam dan paradigma spiritualis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan cara wawancara dan observasi. Analisis data kami lakukan dengan cara deskriptif kualitatif dan mengumpulkan Sumber data dari sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian yang kerap kami lakukan, dengan munculnya istilah maqashid syariah indeks (msi) memang merupakan bagian dari suatu kajian ekonomi islam. Akan tetapi bukan berarti pembahasan hanya dalam perspektif perbankan saja, maqashid syariah indeks ini juga  dapat menjadikan acuan sebagai ikhtiar menjadi muslim yang profetik dalam menjalankan kewajiban kita dan mempunyai rasa tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Karena dalam islam sendiri telah mengajarkan untuk bertanggung jawab atas yang dikerjakan, sebab islam adalah agama solusi yang tepat untuk memutuskan suatu perkara.
IDENTIFIKASI DEMOGRAFI DAN FAKTOR PEMILIHAN PRODI MAHASISWA ANGKATAN 2017 DAN 2018 DI LINGKUNGAN FIAI Ulfa Windi Humaira; Nailia Nurul Hikmah; Rizki Anfani Fahmi
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/tullab.vol1.iss1.art5

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian terhadap identitas demografi dan faktor pemilihan program studi di Fakultas Ilmu Agam Islam Universitas Islam Indonesia bagi mahasiswa angkatan 2017 dan 2018. Sekitar 610 dari 990 mahasiswa telah mengisi kuisioner ini. Hasil dari penelitian ini faktor dalam pemilihan program studi tidak hanya temuat dalam faktor internal dan eksternal. Melainkan dari demografi mahasiswa dimana faktor letak geografis juga berpengaruh. Data ini menunjukkan ada kesamaan dalam asal mahsiswa, sekolah dan letak FIAI. Data ini menghasilkan bahwa ada suatu emosi terkait lingkungan dalam pemilihan. Selain itu dalam faktor pemilihan program studi dibagi menjadi 4 yaitu alasan pemilihan lanjut kuliah, Fakultas, dan program studi. Faktor lanjut kuliah didominasi dengan dorongan orang tua. Pemilihan fakultas rata-rata karena sesuai dengan minat. Sedangkan pemilihan prodi karena akreditas. Serta pendukung lain seperti waktu memilih yang kebanyakan setelah pengumuman PTN dan sumber informasi dari keluarga dan website.
STRATEGI PROMOSI TOKOPEDIA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Fitri Noer Janah; Ghina Wahyuningsih; Martini Dwi Pusparini
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/tullab.vol1.iss1.art6

Abstract

Tokopedia adalah salah satu marketplaceyang memiliki jumlah pengunjung tertinggi menurut data triwulan III di Indonesia pada tahun 2018. Adapun strategi promosi yang dilakukan oleh Tokopedia yaitu selalu menghadirkan iklan yang sangat menarik bagi costumer dengan berbagai promosi yang disediakan seperti gratis ongkos kirim, diskon besar-besaran dan lainnya. Sebagai costumer tentunya sangat memperhatikan promosi agar dapat menghemat anggaran pengeluaran, namun tetap mendapatkan barang yang berkualitas.Tujuan strategi promosi Tokopedia yaitu agar dapat menjalin kepercayaan (transloyalty) dengan costumer dan mitra sehingga mereka mengetahui bahwa Tokopedia merupakan e-commerce yang dapat dipercaya. Di sisi lain, tujuan hadirnya Tokopedia ialah ingin menciptakan pemerataan ekonomi yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, Tokopedia selalu menyesuaikan bisnis yang dapat diterima di seluruh kalangan  masyarakat. Mengingat Indonesia adalah negara yang memiliki masyarakat dari berbagai macam suku, budaya, dan agama. Di mana, agama yang mendominasi masyarakat Indonesia adalah agama Islam. Sebagai agama yang penuh toleransi dalam mengikuti arus perkembangan zaman, Islam tidak akan pernah lekang dalam mengatur akidah, syariat dan akhlak. Begitu pula toleransi agama Islam terhadap perkembangan teknologi dan informasi dalam dunia muamalah seperti e-commerce. Sehingga, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi promosi Tokopedia serta mengetahui kesesuaiannya dengan syariat Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didukung oleh data primer dan data sekunder sebagai pengambilan sumber datanya.
PANDANGAN KEISLAMAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DALAM KAJIAN RUTIN DI MASJID ULIL ALBAB Ahmad Muzaki; Yesi Wening Sari; Edi Safitri
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/tullab.vol1.iss1.art7

Abstract

Keberagaman masyarakat Indonesia adalah hal yang sudah terjadi sejak awal kemerdekaan, baik ras, suku bahkan agama. Islam adalah agama mayoritas yang dianut oleh bangsa Indonesia, Islam tersebar di Indonesia di Indonesia dengan cara santun dan damai dengan mangkolaborasikan budaya dan kesenian yang sudah ada dengan agama sebagai landasannya. pada era ini penyebaran agama Islam dan pemahamannya banyak ragam dan corak pemikiran, ada yang Eksklusif, Inklusif dan Liberal. Pola pemikiran keIslaman ini tidak hanya dimiliki oleh para pendakwah, akan tetapi mahasiswa sebagai agen perubahan pun memiliki beragam corak pemikiran, bahkan corak pemikiran tersebut ada yang mereka bentuk ketika berada di dunia kampus, terutama mahasiswa universitas Islam Indonesia sebagai kampus yang menjunjung tinggi konsep Islam Rahmatan Lil Alamin. Dengan meneliti pandangan keIslaman mahasiswa Universitas Islam Indonesia dalam kajian rutin di Masjid Ulil Albab dapat memberikan gambaran terhadap pengurus takmis masjid ulil albab, tenaga pendidik dan kependidikan UII agar mengetahui pendangan keIslaman mahasiswa yang diperoleh dari kajian di masjid ulil albab. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif dengan proses pengambilan data menggunakan wawancara terstruktur yang telah dipersiapkan seluruh pertanyaan tertulis sebanyak 15 butir pertanyaan dan dibagikan kepada 40 narasumber. Dalam penelitian ini setelah memetakan corak pemikiran keagamaan maka menghasilkan data hasil yang memiliki tingkat pemahaman Eksklusivisme tinggi 27%, eksklusivisme rendah 30,83%, Inklusivisme rendah 26,33%, Inklusivisme tinggi 15%. Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa mayoritas memiliki corak pemikiran eksklusivisme rendah dengan kadar toleransi kepada perbedaan masih sedikit.
PENDAMPINGAN KEAGAMAAN BAGI ANAK-ANAK KELUARGA BROKEN HOME DI PONDOK PESANTREN DAN PANTI ASUHAN SABILUL HUDA YOGYAKARTA Supriadi; Pepy Marwinata; Muhammad Roy Purwanto
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 1 No. 2 (2019): Ahwal syakhshiyah, Pendidikan Agam Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/tullab.vol1.iss2.art1

Abstract

Penelitian ini mendiskusikan bagaimana anak-anak dari keluarga broken home dalam aktivitas-aktivitas sosial dan pendidikan keagamaannya. Dengan mengambil kasus disebuah pondok pesantren dan panti asuhan di daerah Pakem Yogyakarta, di mana terdapat sebuah pesantren dan panti asuhan yang menampung berbagai latar belakang anak, mulai dari anak-anak terlantar, yatim, kaum duafa dan fakir miskin yakni Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda. Penelitian ini bertujuan untuk membimbing santri-santri Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda ini khususnya bagi anak-anak dari keluarga broken home, karena terdapat 80% di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda ini berasal dari keluarga broken home, dan 20% nya lagi dari keluarga yatim, fakir miskin dan duafa. Penelitian ini penting karena akan memberikan dampingan penuh bagi anak-anak keluarga broken home yang ada di pesantren dan panti asuhan ini, mulai dari dampingan konsultasi keagamaan, dampingan mengaji al-Qur’an dan dampingan fiqih anak. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan literatur keagamaan yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak keluarga broken home yang ada di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda ini sebenarnya masih mau didik menjadi karakter yang berkepribadian baik, hanya saja karena masih kurangan tenaga pengajar yang menyebabkan keterlambatan proses pembentukan karakter bagi anak-anak keluarga broken home tersebut. Akhirnya, penelitian ini berkesimpulan bahwa perlunya penulis untuk menerapkan dampingan keagamaan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda tersebut. Dengan adanya tim pendampingan keagamaan yang telah dilaksanakan oleh penulis, siqnifikan telah mampu membantu tenaga pengajar pesantren dan panti asuhan dalam mengembangkan budi pekerti yang baik bagi anak-anak keluarga broken home khususnya dan seluruh santri pesantren dan panti asuhan umumnya.
KAJIAN HUKUM ISLAM DALAM KITAB BULUGH AL-MARAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRAKTEK KEAGAMAAN MASYARAKAT MASJID AL-HIDAYAH KIMPULAN Muhammad Arafat; Dzulkifli Hadi Himawan
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 1 No. 2 (2019): Ahwal syakhshiyah, Pendidikan Agam Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/tullab.vol1.iss2.art2

Abstract

Tulisan ini hendak membahas tentang kajian hukum Islam dalam kitab Bulugh al-Maram dan pengaruhya terhadap praktek keagamaan masyarakat masjid al-Hidayah Kimpulan. Kitab Bulugh al-Maram merupakan kitab yang sangat popular dan referensi utama dalam mengaji hukum Islam karena berisi hadis-hadis pilihan terkait hukum Islam. Kitab ini dikaji di Masjid Al-Hidayah Kimpulan sebagai referensi dan pembelajaran masyarakat tentang hukum Islam. Oleh karena itulah, kajian ini berusaha untuk menelaah pengaruh kajian hukum Islam kitab bulugh al-maram terhadap praktek keagamaan masyarakat Kimpulan.
PRAKTIK FIQIH WUDHU UNTUK ANAK DENGAN LAMBAN BELAJAR DI SD IT HIDAYATULLAH, YOGYAKARTA Winona Nur Annisaa; Zulfa Rahmaniati; Erni Dewi Riyanti
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 1 No. 2 (2019): Ahwal syakhshiyah, Pendidikan Agam Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/tullab.vol1.iss2.art3

Abstract

Studi mengenai anak-anak berkebutuhan khusus merupakan studi tentang yang berkaitan dengan  keanekaragaman. seorang anak berkebutuhan khusus dapat tebagi menjadi berbagai macam aspek yakni berkebutuhan khusus dalam aspek mendengar, berpikir, melihat, bergerak, berbicara  atau bersosialisasi. Pada pengabdian Masyarakat kali ini kami berfokus pada anak-anak yang berkebutuhan khusus dalam aspek berfikir, yakni anak-anak yang mengalami terlambat belajar atau slow learner. Pendekatan ini di adopsi dalam  kelas Amanah yang dirancang khusus untuk anak-anak dengan keterlambatan belajar di SDIT Hidayatullah, Yogyakarta. Penjelasan materi tentang wudhu adalah dengan menggunakan metode bernyanyi dan bermain game, penelitian ini terdiri dari murid-murid kelas Amanah kelas 1-5 yang berda dalam satu ruangan. Dalam satu waktu murid mendapatan materi mengenai wudhu dengan cara bernyanyi dan memainkan game. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa para murid dapat lebih antusias dalam menerima materi dengan 2 metode tersebut, dengan begitu mereka dapat lebih mudah mengingat materi tersebut, diketahui hasilnya adalah dari papan sterofoam yang ditempelkan gambar.

Page 1 of 14 | Total Record : 133