cover
Contact Name
Hasrat A Aimang
Contact Email
hasratsaluan@gmail.com
Phone
+6285230707987
Journal Mail Official
damhilejournal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Damhil Education Journal
ISSN : 27768228     EISSN : 27762505     DOI : 10.37905
Core Subject : Education,
Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in publishing scientific articles in the field of educational issues
Articles 40 Documents
UPAYA MENINGKATKAN KOSA KATA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI PADA KELOMPOK B TK NEGERI BAKALINGA Asraty Poku
Damhil Education Journal Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.959 KB) | DOI: 10.37905/dej.v2i1.1353

Abstract

Kosakata memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan bahasa, oleh karena itu salah satu faktor yang mempengaruhi proses komunikasi adalah penguasaan kosa kata yang cukup. Berdasarkan hasil observasi awal di TK Negeri bakalinga mengenai kemampuan kosa kata anak pada kelompok B menjelaskan fenomena yang terjadi yakni ada beberapa anak yang masih kesulitan dalam berbicara bahkan ada anak yang berbicara melalui bahasa tubuhnya seperti menggelengkan kepala dan menunjuk menggunakan jari tangan bahkan tidak mengeluarkan suara melainkan hanya diam saja. Hal ini dapat dilihat saat guru mengajak untuk bernyanyi Bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi untuk meningkatkan kosakata anak kelompok B di TK Negeri Bakalinga. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Adapun hasil penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan aktivitas guru dalam penerapan bernyanyi mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada setiap pertemuan yang mengalami peningkatan, pada siklus I dimana pada awalnya sebelum mengikuti pembelajaran dengan metode bernyanyi anak merasa enggan dan kesulitan saat diminta untuk menyebutkan kata yang berkaitan dengan tema pembelajaran, dan meningkat lagi pada siklus II anak yang awalnya pada siklus I masih terlihat malu dan canggung untuk maju dan mengeluarkan suara dan tutur kata , akhirnya anak sudah menjadi lebih antusias dan semangat untuk maju bernyanyi , kata per kata yang awal nya masih terbata bata dan masih belum sempurna, dengan metode bernyanyi anak sudah bisa mengembangkan dan menyempurnakan kemahiran kosa kata tersebut dengan lirik yang di dengarkan. Berdasarkan analisis data maka dapat dikatakan bahwa melalui penerapan bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosakata anak kelompok B di TK Negeri Bakalinga. Melalui penggunaan metode bernyanyi dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kosakata anak
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SEPRIANSYAH PAPUTUNGAN; TEDY MACHMUD; ALI KAKU
Damhil Education Journal Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.518 KB) | DOI: 10.37905/dej.v1i2.1170

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk  mendapatkan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah matematis dari peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran langsung ditinjau dari Motivasi belajar  siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian treatment by level 2 x 2 dilaksanakan di kelas X SMA  Negeri 2 KOTAMOBAGU semester genap tahun ajaran 2018-2019. Data penelitian diperoleh dari instrumen berbentuk tes, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Analisis Varians Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan model Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung, (4) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan model pembelaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih rendah daripada model pembelajaran langsung.
SEJARAH PERKEMBANGAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI PENDIDIKAN TINGGI KESEHATAN INDONESIA Khalilah Khalilah
Damhil Education Journal Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.791 KB) | DOI: 10.37905/dej.v2i2.1561

Abstract

Sejak akhir 2014, Pemerintah Indonesia melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan otoritas kepada Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) untuk mengakreditasi prodi-prodi bidang keilmuwan dan profesi kesehatan di Indonesia. Artikel ini membahas seperti apa sejarah perkembangan lembaga tersebut sebagai lembaga akreditasi akreditasi mandiri. Dengan berbasis metode studi kasus deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa LAM-PTKes adalah LAM yang tertua di Indonesia. LAM ini didirikan pada bulan Maret 2015 oleh 14 assosiasi organisasi keilmuwan dan profesi di bidang kesehatan, yaitu Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (IAPNI), Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI), Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), Asosiasi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Perhimpunan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). Sebagai LAM tertua, LAM-PTKes saat ini masih menjadi role model bagi LAM-LAM lainnya di Indonesia.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIS PROGRAM FULL DAY SCHOOL (FDS) DI MADRASAH IBTIDAIYAH AMANAH DESA TANGGUNG KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG Hisbullah Huda
Damhil Education Journal Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.798 KB) | DOI: 10.37905/dej.v2i2.1402

Abstract

This study aims to determine the Implementation of Strategic Management Full Day School Program at MI Amanah Responsibilities, Malang Regency. This study uses a descriptive qualitative approach. Data was collected using observation, interview and documentation techniques. Data analysis was carried out in a qualitative descriptive way with an interactive model. The analysis process is carried out from the time the data is obtained until the completion of the report writing. The results obtained from the implementation of strategic management of the full day school program at MI Amanah Tanggung, Malang Regency contain two things, namely academic and non-academic achievements and their details. In addition, it details the various academic and non-academic achievements that have been achieved by madrasas over the past three years, USBN's achievements have increased sharply, and many graduate students who continue to favorite junior high schools. The supporting factors for the full day school program at MI Amanah Tanggung, Malang Regency can be detected as 23 points, including special treatment from the management for full day school classes, and good and well-maintained facilities, the presence of accompanying teachers who are always ready to help and others. The inhibiting factors for the Full Day School Program can be found to be 22 points, among others, there are still some students whose academic achievements are below the curriculum target, there are still doubts that are heard from some people about the full day school program.Keywords: Management, Strategy, Program, Full Day School
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN SAINS SEDERHANA MELALUI METODE BERMAIN PENGUKURAN KELAS B TAMAN KANAK-KANAK Sri Ayu Laali
Damhil Education Journal Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.75 KB) | DOI: 10.37905/dej.v1i1.519

Abstract

Learning science for children in an effort to grow thinking skills really requires the participation of educators for parents, teachers and other adults.  The research objective was to determine the ability of simple science recognition skill through playing measurement method of class B at TK Negeri Pembina Banggai Regency. This research used Classroom Action Research (CAR). The subject of this research were 15 children in group B. The results obtained that children developed and showed better results, especially the children in group B. Science is an activity of tracing, observing and doing an experiments. It is necessary for young children to participate in the scientific process, because the skills that they will acquire can be carried over to further developments and will be useful throughout their life.
PENERAPAN KEGIATAN IMTAQ DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA Jumahir Jumahir
Damhil Education Journal Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.16 KB) | DOI: 10.37905/dej.v2i1.1396

Abstract

Pengembangan karakter pada lingkungan sekolah pada siswa merupakan tanggungjawab sekolah itu sendiri, melalui kegiatan imtaq secara rutin. Kegiatan Imtaq dalam menanamkan karakter religius siswa di SMA Muhammadiyah Luwuk melalui kegiatan program sekolah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan imtaq dalam menanamkan karakter religius siswa di SMA Muhammadiyah Luwuk. Untuk menjawab masalah tersebut digunakanlah penelitian metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Hasil penelitian Penerapan kegiatan imtaq dalam menanamkan karakter religius siswa, sebagai berikut: Penerapan kegiatan Imtaq di SMA Muhammadiyah Luwuk berjalan dengan baik, dilakukan setiap Jum’at pagi sebelum pembelajaran dimulai. Dengan adanya program Imtaq ini siswa dapat mencerminkan karakter yang religius. Namun dibalik telah berjalannya kegiatan imtaq masih terdapat kendala yang dihadapi dalam kegiatan imtaq, yakni: Terdapat beberapa siswa dan guru yang kurang aktif tidak ikut serta dalam proses kegiatan imtaq. Dengan adanya kendala tersebut maka kepala sekolah mencari solusi yang tepat agar kegiatan imtaq berjalan dengan baik, yakni: Kepala sekolah memberikan arahan kepada semua guru-guru terutama guru pendidikan agama Islam supaya terlibat langsung dalam kegiatan imtaq, karena guru harus memberikan contoh teladan yang baik terhadap siswa dengan ikut terlibat dalam kegiatan imtaq sehingga dapat memotivasi siswa untuk tetap melaksanakan kegiatan imtaq.
EFISIENSI KULIAH DIERA COVID-19 DITINJAU DARI KETERSEDIAAN JARINGAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS ANDROID MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO YULIANTI ROSI; HAMZAH B UNO; FACHRUDIN ZAIN OLILINGO
Damhil Education Journal Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.118 KB) | DOI: 10.37905/dej.v1i2.1171

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan ketersediaan jaringan wifi terhadap  efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. (2) untuk mengetahui hubungan  media pembelajaran online berbasis android terhadap efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. (3) untuk mengetahui hubungan secara bersama-sama ketersediaan jaringan wifi dan media pembelajaran online berbasis android terhadap efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 155 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2019, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga sampel yang diambil berjumlah 38 orang mahasiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ketersediaan jaringan terhadap  efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo sebesar 0,045 atau 4,5%, sedangkan sisanya 95,5%. 2) media pembelajaran online terhadap  efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo 0,587 atau sebesar 58,7%, sedangkan sisanya 41,3%. 3) ketersediaan jaringan dan media pembelajaran online terhadap  efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo sebesar 0,597 atau 59,7%, sisanya 40,3%.
URGENSI PERAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK DI ERA SOCIETY 5.0 Anna Karma Yuhana
Damhil Education Journal Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.007 KB) | DOI: 10.37905/dej.v2i2.1423

Abstract

The background of this research is that many parents are negligent and do not know how to carry out the task of educating and shaping children's character. Most mothers or fathers think that if the children have been handed over to the teacher at school, then their task of educating children is finished. Their job now is to earn money to pay for their children's schooling. Whereas the initial formation of character in a child when the child is in parental education.This study aims to determine the roles, strategies, challenges and expectations in shaping religious character in children in the era of society 5.0. This study uses a descriptive qualitative approach. Data collection techniques were carried out by interview, observation, and documentation. The data were analyzed using the Miles and Huberman model, which consisted of condensation data, display data, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the role of the family in shaping children's character is as a foundation for religious and socio-cultural education, a place to grow affection and a place to learn. Family strategies in shaping children's religious character include: teaching, motivating, imitating, habituation. , rule enforcement. In shaping a child's religious character, it takes exemplary and habituation at home, for example, among others: getting used to being obedient in carrying out worship at home with the example of parents, getting used to setting aside some property to be given to others, getting used to saying kind and polite, getting used to covering aurat for girls and get used to reading the Qur'an at home. Challenges in shaping the character of children in the era of society 5.0 include: from the parents because of the busyness and lack of role models for children at home, limited time to study at school, the environment, and social media. While the hope is that children must be ready to face the challenges of the times, so that the expected generation is capable of critical thinking, has great curiosity, is open-minded (has broad insight), is creative and is able to become a problem solver.
POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Hasna Koba'a
Damhil Education Journal Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.094 KB) | DOI: 10.37905/dej.v1i1.520

Abstract

The role of parent in the moral development of children is determined by the parenting pettern performed by single parentThe purpose of this study was to determine the parenting pattern  of single parent in Islamic education. This research used descriptive analysis, described the facts in the field, then it was analyzed based on educational theories combined with data collection techniques through observation, interviews and questionnaires. The results of the study, there were three types of parenting styles used by single parent in Bantayan Village, 10 people used democratic parenting, 12 people used liberal/permissive parenting, and 4 people used authoritarian parenting. The single parent in Bantayan Village tended to use liberal/permissive parenting in educating their children, due to low educational and economic factors. The liberal/permissive parenting given by single parent to children had several influences on children’s behavior. Children though that the relationship with parents was only limited to material fulfillment, children act appropriate to their own will and the child become difficult to be guided.
INTERAKSI PEMBELAJARAN SENI TARI vs PEMBELAJARAN SENI MUSIK DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK Mawaddah Mawaddah; Khairul Akbar
Damhil Education Journal Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.255 KB) | DOI: 10.37905/dej.v2i1.1397

Abstract

Dalam perkembangan motorik anak juga dipengaruhi oleh lingkungan, hal lain adalah sulitnya anak dalam mengikuti pembelajaran, ada juga yang masih ditemani dan dibantu oleh orang tuanya, ada yang tidak percaya diri, tidak mau bergabung dengan temannya, sulit menyesuaikan diri dengan lingkungannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni musik dan kreativitas terhadap kemampuan motorik kasar. Hal ini dilakukan berdasarkan observasi awal bahwa kemampuan motoric kasar anak masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain quasi eksperimen pretest-posttest non equivalent control group design dengan versi factorial 2x2. Bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar melalui pembelajaran seni tari dan pembelajaran seni music, 2) mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar dengan kreativitas tinggi dan kreativitas rendah, 3) mengetahui apakah ada interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni music dan kreativitas tinggi vs kreativitas rendah terhadap kemampuan motorik kasar anak. Populasi penelitian ini adalah siswa di TK DDI Midaarul Ulum Kilongan . teknik pengambilan sampel menggunakan clauster random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistic two way ANAVA (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni music dan kreativitas tinggi vs kreativitas rendah terhadap kemampuan motorik kasar anak

Page 1 of 4 | Total Record : 40