cover
Contact Name
MUHAMMAD FAQIH DZULQARNAIN
Contact Email
mfaqihdz@polita.ac.id
Phone
+6289693391104
Journal Mail Official
prodi.ti@polita.ac.id
Editorial Address
Jalan Ampera, Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota, Kalimantan Barat 78114
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JIKTI : Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi
ISSN : -     EISSN : 29619564     DOI : -
Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi (JIKTI) merupakan Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan tentang Komputer dan Informasi yang dapat diakses secara terbuka. Cakupan JIKTI perkembangan secara aplikatif pengetahuan tentang ilmu komputer dan informasi yang berkembang dimasyarakat saat ini. JIKTI ditujukan untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah diterapkan di masyarakat dalam bidang ilmu komputer dan informasi terapan agar tersedia secara bebas dan menjadi media pertukaran ilmu terapan. Ruang Lingkup Jurnal sebagai berikut: IT Management dan IT Governance, e-Government, e-Healthcare, e-Learning, e-Manufacturing, e-Commerce, Business Process Management, e-Business, Tchnopreneurship, Internet of Things, Smart City, Smart Cloud Technology, Machine Learning, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Pakar, Multimedia, Game and Mobile Technologies, Kecerdasan Buatan, Pengolahan Citra Digital, Natural Language Processing
Articles 14 Documents
Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language) Agung Feby Prasetya; Sintia Sintia; Utin Lestari Dewi Putri
Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, Vol.1, No.1 (Februari 2022)
Publisher : Program Studi D-III Teknologi Informasi Politeknik 'Aisyiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.694 KB)

Abstract

Teknologi Informasi memiliki peranan yang penting dalam dunia bisnis. Hal ini dapat dilihat penggunaannya untuk proses transaksi jual beli, di mana akan memudahkan konsumen dalam mencari produk dan melakukan proses transaksi. Selama ini informasi seputar rental kendaraan hanya diketahui dari orang-orang di sekitar rental saja. Tahapan penelitian dilakukan melalui tahap analisis dan pengumpulan data, perancangan sistem menggunakan UML, implementasi dan pengujian sistem dan penulisan hasil penelitian. Berdasarkan hasil pengujian, sistem informasi yang telah dirancang dapat berjalan sesuai yang diharapkan, di mana setiap fitur dapat digunakan dengan baik. Hasil pengujian manfaat menunjukkan bahwa sistem informasi rental kendaraan ini dapat memberikan informasi seputar rental kendaraan.
Perancangan Aplikasi E-VOTING Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language) Muhammad Nazir; Salsa Fajariani Putri; Deni Malik
Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, Vol.1, No.1 (Februari 2022)
Publisher : Program Studi D-III Teknologi Informasi Politeknik 'Aisyiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.059 KB)

Abstract

Pemilihan adalah salah satu cara dalam demokrasi untuk memilih pemimpin. Salah satunya yaitu voting, yaitu dengan memberikan kepada pemilih hak untuk memilih pemimpin yang diinginkan dan dihitung surara terbanyak adalah pemimpin yang terpilih. Metode voting dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Dapat dilakukan dengan cara terbuka atau tertutup. Salah satunya dengan cara tertutup yaitu dilakukan secara rahasia. Pemilih memberikan pilihan yang mana tidak diketahui oleh pemilih lain yang kemudian dilakukan perhitungan suara diakhir pemilihan jika semua pemilih telah selesai memilih. Namun cara konvensional membutuhkan tenaga, waktu, pikiran dan materi yang tidak sedikit. Disamping itu, kecurangan juga patut dikhawatirkan jika voting dilakukan secara langsung. Maka penelitian ini melakukan Perancangan terhadap aplikasi E-Voting. E-Voting yaitu melakukan voting secara elektronik atau online. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat menghemat tenaga, waktu, pikiran dan materi serta mengurangi peluang kecurangan. Aplikasi ini dirancang menggunakan diagram UML (Unified Modelling Language) dimana menghasilkan empat diagram yaitu usecase, activity, class dan sequence. Dari hasil Perancangan ini diharapkan dapat dilanjutkan dengan membangun aplikasi yang dapat digunakan langsung oleh pengguna.
RANCANG BANGUN WEBSITE HIMPUNAN MAHASISWA TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS PHP Imam Fauzi Abdul Ghofur; Muhammad Albar Sidiq Riyadi; Muhammad Azril Wijaya; Nurwakiah Nurwakiah
Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, Vol.1, No.1 (Februari 2022)
Publisher : Program Studi D-III Teknologi Informasi Politeknik 'Aisyiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.419 KB)

Abstract

Membuat desain web site perlu perancangan dan persiapan yang matang , maka dari itu diperlukan prototype. Dalam suatu organisasi dizaman modern ini mungkin sudah harus memiliki website sendiri agar dapat dilihat oleh masyarakat didalam maupun diluar ruang lingkup organisasi tersebut. Dan juga dapat memudahkan seseorang untuk bergabung ke dalam organisasi tersebut dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam organisasi tersebut seperti halnya website HIMTI POLITA. Website himpunan ini dibuat untuk mempublikasikan kegiatan yang dilakukan organisasi HIMTI. Tahapan desain website meliputi Perancangan antarmuka, Perancangan database, implementasi dan pengujian. Pada penelitian ini dihasilkan website profil organisasi yang mampu memenuhi kebutuhan dari organisasi.
PERANCANGAN APLIKASI INVENTARIS LABORATORIUM KOMPUTER MENGGUNAKAN UML (UNIFIED MODELLING LANGUAGE) Hariansyah; Fira Fiani; Putra Aditya
Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, Vol.1, No.1 (Februari 2022)
Publisher : Program Studi D-III Teknologi Informasi Politeknik 'Aisyiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.303 KB)

Abstract

Laboratorium komputer merupakan unit pelaksana teknis yang digunakan oleh mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan praktikum yang bertujuan untuk menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar agar dapat menerapkan teori dan konsep yang didapatkan diperkuliahan. Agar kegiatan praktikum dapat berjalan dengan lancar maka laboratorium komputer harus dikelola dengan baik seperti dalam pencatatan administrasi, pendataan inventaris, perawatan komputer serta pelaporan. Untuk mendukung kegiatan tersebut maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah dalam pengolahan data dan pembuatan laporan. Rancangan sistem dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sistem berorientasi objek dengan pemodelan UML. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pengelolaan laboratorium komputer yang dapat mempermudah dalam melakukan pendataan serta dapat menghasilkan keluaran lebih mudah dan akurat.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN DIAGRAM UML (UNIFIED MODELLING LANGUAGE) Tia Arianti; Amal Fa'izi; Safri Adam; Mira Wulandari
Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, Vol.1, No.1 (Februari 2022)
Publisher : Program Studi D-III Teknologi Informasi Politeknik 'Aisyiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.819 KB)

Abstract

Perpustakaan Politeknik Aisyiyah Pontianak adalah perpustakaan kampus yang difungsikan sebagai tempat untuk mencari refrensi ilmu pengetahuan. Proses administrasi dan penyusunan laporan yang masih menggunakan cara manual menjadi salah satu penyebab terhambatnya proses pembuatan laporan peminjaman, memakan waktu pengerjaan lama, ketepatan dalam melakukan proses peminjaman, serta frekuensi kebutuhan akan informasi atau laporan kurang tepat dan akurat. Berdasarkan masalah tersebut, dibutuhkan suatu sistem yang terkomputerisasi atau sebuah program aplikasi komputer yang bisa mempercepat dan mempermudah proses pengolahan data dari perpustakaan Politeknik Aisyiyah Pontianak untuk mewujudkan perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis. Maka dari itu, dirancang sebuah system informasi perpustakaan menggunakan diagram UML. Diagram yang digunakan yaitu use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram. Actor yang terlibat dalam system ini antara lain: pustakawan, pengunjung, anggota perpustakaan dan admin. Dari perancangan yang telah dilakukan, didapat yaitu daftar actor dan deskripsinya, 1 diagram usecase, 4 diagram activity, 1 diagram class dan 3 diagram sequence. Rancangan yang buat memenuhi syarat untuk dilakukan tahap membangun sistem
PEMBUATAN WEB PROFIL BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA POLITEKNIK ‘AISYIYAH PONTIANAK Ridwansyah; Zulfikar Tri Anggara; Zahra Putri Ariska; Fiolan Rangga Saputa; Aulia Wulandari; Nada Kharisma
Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, Vol.1, No.1 (Februari 2022)
Publisher : Program Studi D-III Teknologi Informasi Politeknik 'Aisyiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.124 KB)

Abstract

Perkembangan sistem teknologi dari generasi ke generasi semakin meningkat mengingat kebutuhan dan keinginan manusia yang tidak ada batasnya. Salah satu yang sangat terasa perkembangannya adalah Teknologi Komunikasi & Informasi. Oleh karena itu kita sebagi calon penerus masa depan dituntut agar mampu mengembangkan teknologi komunikasi dan informasi. Salah satu caranya adalah kita mampu membuat suatu interface dalam jaringan internet yang biasa kita sebut WEB. Pemanfaatan web dapat digunakan sebagai media informasi suatu organisasi seperti BEM suatu kampus, pemanfaatan web BEM sendiri berupa memperkenalkan BEM kampus, memperkenalkan anggota dan struktur BEM ,sejarah BEM itu terbentuk, dan dapat juga mendaftar menjadi anggota BEM saat waktunya pergantian struktur BEM.oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas pembuatan website profil organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. diharapkan website ini akan menjadi media menyampai informasi kepada mahasiswa dibawah naungan BEM
PERANCANGAN DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT Kartika Sari; Hirzen Hasfani; Kasliono Kasliono
Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi Vol. 1 No. 2 (2022): JIKTI: Vol. 1 No. 2 - November 2022
Publisher : Program Studi D-III Teknologi Informasi Politeknik 'Aisyiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.142 KB)

Abstract

Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu instansi pelaksana Otonomi Daerah di Bidang Pekerjaan Umum yang dipimpin oleh Kepala Dinas yang dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur Kalimantan Barat. Tugas Pokok dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat adalah melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang pekerjaan umum Provinsi Kalimantan Barat berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan. Secara umum fungsi dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat antara lain adalah untuk melaksanakan perumusan kebijaksanaan teknis di bidang pekerjaan umum sesuai dengan rencana strategis pemerintah daerah. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat, diperoleh informasi bahwa Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat memerlukan adanya penanganan layanan secara akurat dan cepat untuk memperoleh masukan dan kritikan dari masyarakat dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Dengan demikian perlu adanya sebuah sistem informasi pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat yang dapat diakses secara umum oleh masyarakat atau pengguna lembaga pemerintahan ini. Website ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara bagi Dinas Pekerjaan Umum untuk mempermudah dan memperlancar arus informasi kepada pihak instansi dan masyarakat luas sehingga informasi yang jelas tentang Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan agar menjadi lembaga yang memiliki kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. Pembuatan desain interface pada Sistem Informasi Dinas Pekerjaan Umum ini menggunakan CMS Drupal, CSS dan HTML.
RANCANG BANGUN BACKEND SISTEM MANAJEMEN GYMSHIP BERBASIS WEBSITE PADA ALTERRA ACADEMY Muhammad Azril Wijaya; Muhammad Faqih Dzulqarnain; Safri Adam
Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi Vol. 1 No. 2 (2022): JIKTI: Vol. 1 No. 2 - November 2022
Publisher : Program Studi D-III Teknologi Informasi Politeknik 'Aisyiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (831.904 KB)

Abstract

Gym adalah kebutuhan dalam kehidupan manusia saat ini. Dengan perkembangan dunia kebugaran fisik, salah satunya dalam olahraga, membuka penyewaan gym dapat memberikan prospek bisnis yang cukup bagus. Dengan sistem informasi terkomputerisasi akan mengurangi risiko yang akan dilakukan oleh manusia atau biasanya disebut kesalahan manusia. Sistem informasi dapat digunakan sebagai bahasa semi -format yang akan membantu manusia untuk mengambil kesimpulan atau langkah sistem informasi itu sendiri, sehingga sistem diperlukan yang mendukung dengan cepat dan efisien untuk membuat “Rancang Bangun Backend Sistem Manajemen Gymship Berbasis Website Pada Alterra Academy” sebagai media untuk mendapatkan data dan informasi keanggotaan Gymship bagi member dan admin. Maka penelitian ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang ingin berolahraga mendapatkan jadwal Latihan dengan mudah dengan mendaftar member khususnya di website Gymship. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode Entity Relationship Diagram yang dimana untuk merancang data yang dibutuhkan. Kemudian juga menggunakan metode Swagger API Documentation sebagai dokumentasi data yang sudah dirancang untuk bisa dibaca oleh programmer yang ada di tim pembuatan website, Test case rancangan pengujian terhadap data yang sudah di realisasikan dengan Entity Relationship Diagram. Hasil dari penelitian ini yaitu website dengan nama Gymship untuk mempermudah perusahaan mempromosikan produk jasa untuk mendapatkan pelanggan baru dan membantu masyarakat melakukan pendaftaran, serta pemilihan instruktur dan jadwal Latihan dengan mudah.
RANCANG BANGUN DESIGN UI/UX SISTEM VACCINEHUB BERBASIS ANDROID PADA PT. ALTERRA ACADEMY Zahra Putri Ariska; Muhammad Faqih Dzulqarnain; Mira Wulandari
Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi Vol. 1 No. 2 (2022): JIKTI: Vol. 1 No. 2 - November 2022
Publisher : Program Studi D-III Teknologi Informasi Politeknik 'Aisyiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.028 KB)

Abstract

Vaksinasi adalah pemberian imunisasi untuk secara efektif menghasilkan atau meningkatkan kekebalan seseorang terhadap infeksi sehingga dengan asumsi suatu hari mereka terkena infeksi, mereka tidak akan menjadi sakit atau hanya mengalami penyakit ringan dan tidak akan berubah menjadi sumber penyakit. penularan. Pengembangan mekanik untuk mengelola penyebaran Covid sangat dibutuhkan. Android adalah kerangka kerja yang umumnya digunakan untuk mengembangkan aplikasi portabel. Android memiliki pasar yang sangat besar yang mencakup 88% dunia dan seharusnya terus berkembang. Hampir setiap orang memiliki ponsel android, sehingga penting untuk mengembangkan aplikasi android untuk membantu mencegah dan beradaptasi dengan COVID-19. Maka penelitian ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan Booking Vaccine dengan mudah dan dapat memahami jalannya sistem aplikasi VaccineHub Khususnya di Android. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode User Centered Design yang dimana suatu perancangan desain yang berfokus pada kebutuhan user. Kemudian juga menggunakan metode Heuristic untuk menjalakan tahap Usability Testing. Hasil dari penelitian ini yaitu Design Aplikasi dengan nama VaccineHub untuk mempermudah seseorang untuk melakukan vaksinasi dengan cara mem-booking terlebih dahulu dengan mudah, cepat dan efisien.
ANALISIS PERANCANGAN BISNIS “BUNDA LAUNDRY” MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS Amanda Dea Novianti; Safri Adam; Muhammad Faqih Dzulqarnain
Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi Vol. 1 No. 2 (2022): JIKTI: Vol. 1 No. 2 - November 2022
Publisher : Program Studi D-III Teknologi Informasi Politeknik 'Aisyiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.508 KB)

Abstract

Kinerjai bisnisi merupakani ketentuani utamai yangi dimilikii perani utamai dalami mempengaruhii kinerjai bisnisi dalami meningkatkani dayai saingi dani mencapaii tujuannya.i Salahi satui alati yangi efektifi digunakani dalami menilaii modeli bisnisi adalahi kanvasi modeli bisnisi karenai itui dapati berkontribusii padai penggunaani modeli bisnis.i Kanvasi modeli bisnisi berfokusi padai idei bisnisi untuki menciptakani nilaii dalami bisnis.i Pelajarani inii menganalisisi modeli bisnisi padai Bundai Laundry.Tujuani darii penelitiani inii adalahi untuki membuati strategii untuki bisnisi modeli yangi digunakani olehi Bundai Laundry.Metodei yangi digunakani dalami hali inii Metodei Evaluasii dengani menggunakani wawancarai mendalami dalami mengumpulkani datai yangi dibutuhkani selamai prosesi penelitian.i Hasili darii penelitiani inii adalahi evaluasii dani rekomendasii modeli bisnisi darii Bundai Laundryi diperolehi berdasarkani Analisisi SWOTi padai setiapi elemeni modeli bisnisi canvasi untuki meningkatkani kualitasi layanan,i aktivitasi pemasaran,i infrastruktur,i kemampuani finansiali Bundai Laundry.i Diharapkani inii penelitiani dapati bermanfaati untuki meningkatkani alirani pendapatani dani dapati berkembangi bisnisi dani mampui bersaingi dii masai depan.Kesimpulannyai adalahi i telahi dibuati 9i elemeni bisnisi modeli canvasi padai Bundai Laundryi dani i menerapkani bisnisi modeli i canvasi yaitui Customeri Segments,i Valuei Proposition,i Channels,i Customeri Relationships,i Revenuei Streams,i Keyi Resources,i Keyi Activities,i Keyi Partnerships,i dani Costi Structure.Bundai Laundryi menerapkani semuai bloki yangi adai padai bisnisi modeli canvasi karenai dianggapi relevani untuki diterapkan,i Didukungi menggunakani perhitungani analisii SWOTi dimanai Bundai Laundryi memilikii kekuatani darii dalami perusahaan.i

Page 1 of 2 | Total Record : 14