cover
Contact Name
Apriani Puti Purfini
Contact Email
abdikamsia@email.unikom.ac.id
Phone
+6285926243634
Journal Mail Official
abdikamsia@email.unikom.ac.id
Editorial Address
Jalan Dipatiukur No.112-114 Kota Bandung Jawa Barat
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Pengabdian Pada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi
ISSN : -     EISSN : 2797961X     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
FOCUS AND SCOPES Accounting Information System Management Information System Business Information Technology Financial Information Systems Auditing Information Systems Tax Information System IT Business Enterprise Information Communication Technology for various related disciplines with Computerized Accounting
Articles 19 Documents
Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Kredit pada PT Athaya Mutiara Gemilang Berbasis Web dan PostgreSQL Yola Septiani; Rio Yunanto
ABDI KAMSIA Vol 1 No 2 (2021): Pengabdian Pada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi (ABDIKAMSIA)
Publisher : Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This practical work aims to determine the procedures and internal controls for purchasing goods on credit at PT Athaya Mutiara Gemilang. The practical work will be carried out on October 10, 2021 until November 12, 2021. The basic methods used in this practical work are observation, field practice, interviews, and literature study. Meanwhile, the location of practical work is taken intentionally. PT Athaya Mutiara Gemilang was chosen because the company is a company engaged in the procurement of goods and services, especially when the purchase of goods is made on credit. After doing practical work, it is known that the company always makes credit purchases for the goods needed. The process of recording credit purchase transactions and repayment of credit purchases is still carried out through paid websites and requires substantial funds. Therefore, tools are needed to make reporting easier, automatic, effective, and efficient. This web-based application can make it easier to record transactions and make reports, especially those related to purchasing credit for goods and make it easier to make supplier and vendor selection decisions before making credit purchases of goods.
PENDAMPINGAN PENGELOLAAN DATA PENGGAJIAN MENGGUNAKAN MS. EXCEL PADA BAGIAN KEUANGAN DINAS PERKEBUNAN PROVINSI JAWA BARAT Nanda Rizqya
ABDI KAMSIA Vol 1 No 1 (2021): ABDIKAMSIA : Pengabdian Pada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.466 KB)

Abstract

Penggajian merupakan balas jasa yang diberikan kepada pegawai di instansi maupun perusahaan sebagai bentuk apresiasi telah mendukung instansi atau perusahaan dalam mencapai tujuan. Kegiatan ini ditunjukan untuk mengetahui tinjauan prosedur penggajian yang berlaku di Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Menurut kepala bagian keuangan dan bendahara pengelola gaji penggajian merupakan pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh pegawai yang dibayarkan tiap bulan. Dimana gaji tersebut adalah satu komponen pendukung jalannya aktivitas kerja. Sebagai imbalan kepada sumber daya tersebut, instansi telah menjanjikan suatu kontra prestasi yang berupa gaji ini penulis lakukan dengan metode pendampingan. Dimana penulis menyelenggarakan pendampingan yang dilakukan setiap hari selama satu bulan. Dengan menggunakan data Bagian Keuangan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Dari pendampingan ini penulis dapat mengetahui bahwa Prosedur penggajian yang berlaku di Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat dapat meningkatkan pengendalian internal pada Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat cukup efektif dan dapat mengihindari adanya kecurangan atau hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya. Dokumen penggajian yang digunakan di Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat sudah disesuaikan dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
PEMANFAATAN TAUTAN OBROLANWHATSAPP PADAE-COMMERCE DAN PELATIHAN APLIKASI PENCATATAN KEUANGAN PADA KELOMPOK USAHA JASA BOGA AGHNIA Rio Yunanto; Tiara Rahmasari
ABDI KAMSIA Vol 1 No 1 (2021): ABDIKAMSIA : Pengabdian Pada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.187 KB)

Abstract

Keterlibatan perempuan khususnya ibu rumah tangga dalam usaha produktif, dapat meningkatkan potensi program pengentasan kemiskinan di wilayah Kota Bandung khususnya Kecamatan Astanaanyar. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kelompok usaha mikro kecil informal di bidang kuliner dalam memanfaatkan teknologi informasi. Kolaborasi blog yang memiliki sistem manajemen konten yang digunakan sebagai toko daring dapat memudahkan penjual dalam membuat toko daringnya sendiri. Solusi bagi penjual yang masih kesulitan menggunakan toko daring salah satunya dengan menggunakan aplikasi pengirim pesan WhatsApp. Teknologi link chat WhatsApp dapat memudahkan calon konsumen untuk melakukan pemesanan pembelian hanya dengan satu klik sesuai tampilan produk yang dipilih dan langsung terhubung kepada akun WhatsApp penjual. Aplikasi pengelolaan kas berbasis web dapat membantu mitra dalam melakukan pencatatan keuangan kas masuk dan kas keluar secara harian.
IMPLEMENTASI APLIKASI BUKU KAS UMUM BERBASIS WEBSITE DI DESA CIWARUGA KECAMATAN PARONGPONG KABUPATEN BANDUNG BARAT Sri Cahyati Ulfah
ABDI KAMSIA Vol 1 No 1 (2021): ABDIKAMSIA : Pengabdian Pada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.041 KB)

Abstract

ABSTRACT Kantor Pemerintahan Desa Ciwaruga addressed at Jalan Warugajaya No.05, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, 40559. At Kantor Pemerintahan Desa Ciwaruga, in recording daily public cash books, still using Microsoft Excel, until problems occur in recording and reporting. The implementation a General Cash Book Application Desa Ciwaruga can help the activities of recording cash income and disburments in Desa Ciwaruga. This allows avoiding some of the problems in recording the general cash book Desa Ciwaruga. The community service was carried on Desa Ciwaruga attended by ten Desa Ciwaruga officials. The material provided is regarding the procedures for using the General Cash Book Application as well government regulations regarding the Village general treasury. The result of the implementation of General Cash Book Application are that it can facilitate Desa Ciwaruga officials. In recording and reporting the General Cash Book Desa Ciwaruga and make General Cash Book report in accordance with applicable government regulatory standar. ABSTRAK Kantor Pemerintahan Desa Ciwaruga beralamatkan di Jalan Warugajaya No.05 Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, 40559. Di Kantor Pemerintahan Desa Ciwaruga dalam melakukan pencatatan buku kas umum sehari hari, masih menggunakan Microsoft Excel, sehingga sering terjadi permasalahan dalam pencatatan maupun pelaporannya. Adanya implementasi Aplikasi Buku Kas Umum Desa Ciwaruga dapat membantu kegiatan pencatatan pemasukan maupun pengeluaran kas di Desa Ciwaruga. Hal ini dapat memungkinkan menghindari beberapa masalah dalam pencatatan buku kas umum Desa Ciwaruga. Pengabdian masyarakat dilakukan pada Kantor Pemerintahan Desa Ciwaruga dengan diikuti oleh sepuluh orang aparatur Desa Ciwaruga. Materi yang diberikan adalah mengenai tata cara penggunaan Aplikasi Buku Kas Umum serta peraturan pemerintahan mengenai kas umum Desa. Hasil dari implementasi Aplikasi Buku Kas Umum ini yaitu dapat memudahkan Aparatur Desa dalam pencatatan dan pelaporan Buku Kas Umum Desa Ciwaruga serta dapat membuat laporan buku kas umum sesuai dengan standar peraturan pemerintahan yang berlaku.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN WEB PROFIL DI PANTI ASUHAN SENYUM YATIM Khairunnisa Fauzia
ABDI KAMSIA Vol 1 No 1 (2021): ABDIKAMSIA : Pengabdian Pada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.115 KB)

Abstract

ABSTRACT The web is one of the problems that occur at the Yatim Yatim Foundation. Therefore, the authors took the topic "Web Profile Training and Assistance at the Orphanage Senyum Yatim". The purpose of the training and web profile mentoring is to increase information related to the foundation so that the public will know about it. The training did not make it difficult for the foundation to learn and understand the system used. The method used is direct data collection at the Yatim Yatim Foundation. This web profile training and mentoring uses a Content Management System or commonly abbreviated as CMS with Wordpress. From the practical work done by the author, it can be seen that the web profile is an effective alternative to find out various existing information and help improve technology at the Yatim Senyum Foundation. ABSTRAK Web adalah salah satu permasalahan yang terjadi di Yayasan Senyum Yatim. Oleh karena itu, penulis mengambil topik “Pelatihan dan Pendampingan Web Profil di Panti Asuhan Senyum Yatim”. Tujuan dari pelatihan dan pendampingan web profil tersebut untuk meningkatkan informasi terkait yayasan agar masyarakat luas mengetahuinya. Dalam pelatihannya pun tidak membuat sulit pihak yayasan untuk mempelajari dan memahami sistem yang digunakan. Metode yang digunakan yaitu pengumpulan data secara langsung pada Yayasan Senyum Yatim. Pelatihan dan Pendampingan web profil ini menggunakan Content Management System atau biasa disingkat CMS dengan Wordpress. Dari kerja praktek yang dilakukan penulis dapat diketahui bahwa web profil merupakan alternatif yang efektif untuk mengetahui berbagai informasi yang ada dan membantu meningkatkan teknologi di Yayasan Senyum Yatim.
OPTIMALISASI PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN ANGGRAN DENGAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MANUAL BOOK PADA DIREKTORAT SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI Dyan Fachri Maulana; Dony Waluya Firdaus
ABDI KAMSIA Vol 1 No 1 (2021): ABDIKAMSIA : Pengabdian Pada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1490.335 KB)

Abstract

Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI) dalah salah satu unit kerja yang berada di Institut Teknologi Bandung (ITB) dimana ada suatu system yang digunakan untuk membuat perencanaan anggarannya yaitu Sistem Informasi Perencanaan Anggaran, pelatiahan ini digunakan guna untuk mendapatkan manual book penggunaan sistem agar lebih mudah digunakan. Metode yang digunakan adalah metode pendampingan dengan beberapa orang yang mengikuti dengan menghasilkan manual book diakhir kegiatan.
IMPLEMENTASI APLIKASI MICROSOFT EXCEL DALAM MEMBANTU PROSES VERIFIKASI DAN REKAPITULASI DOKUMEN PENJUALAN PT. ADHIMIX RMC INDONESIA PLANT BANDUNG TIMUR Aji Setra Gumilar
ABDI KAMSIA Vol 1 No 1 (2021): ABDIKAMSIA : Pengabdian Pada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.161 KB)

Abstract

ABSTRACT Adhimix RMC Indonesia Plant East Bandung is a company engaged in the concrete industry, construction services and investment which is headquartered at Jl.Pasar Minggu No.17 A and has several branches, and the author does practical work in the east bandung branch, precisely on Jl. Raya Soekarno Hatta Km.14, No.758, Panyileukan, Bandung City, West Java. Every day PT. Adhimix RMC Indonesia Plant Bandung Timur always performs leveraging activities and recapitulation of sales recording documents which are still done manually. Therefore, the implementation of a Microsoft Excel application is very useful and helps in the process of recording and monitoring sales documents to minimize errors and also make the recapitulation and verification process more accurate and effective. Keywords: Verification, Recapitulation, Microsoft Excel Key words: abstract, italic, mathematical equation ABSTRAK Adhimix RMC Indonesia Plant Bandung Timur adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri beton, jasa konstruksi dan investasi yang beralamat pusat di Jl.Pasar Minggu No.17 A dan memiliki beberapa cabang, dan penulis melakukan Kerja Praktik di cabang bandung timur tepatnya di Jl.Raya Soekarno Hatta Km.14, No.758, Panyileukan, Kota Bandung Jawa Barat. Setiap hari nya PT. Adhimix RMC Indonesia Plant bandung Timur selalu melakukan kegiatan verifikasi dan rekapitulasi dokumen pencatatan penjualan yang masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu adanya implementasi dari sebuah aplikasi Microsoft Excel sangat berguna dan membantu dalam proses perekapan dan verifikasi dokumen penjualan untuk meminimalisir kesalahan dan juga membuat proses merekap dan memverifikasi menjadi lebih akurat dan efektif. Kata kunci: Verifikasi, Rekapitulasi, Microsoft Excel
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Buku Kas Untuk UMKM Angky Febriansyah; Febry Adiansyah; Sanniyah Berliana; Kezia Nata Grace
ABDI KAMSIA Vol 1 No 2 (2021): Pengabdian Pada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi (ABDIKAMSIA)
Publisher : Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2294.039 KB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang paling sering dikenal dengan sebutan UMKM mempunyai peranan penting dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sudah banyak sekali UMKM di Indonesia, namun mayoritas UMKM di Indonesia masih kurang mempunyai ilmu terkait pembukuan yang baik dan benar. Rata-rata UMKM diindonesia masih mencatat secara manual terkait transaksi usahanya. Dan masih belum sesuai dengan standar pembukuan. Solusi bagi pelaku UMKM adalah dengan menggunakan aplikasi akuntansi agar dapat mempermudah proses pencatatan transaksi di setiap harinya. Hasil yang ingin dicapai dalam pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM mengenai penggunaan Aplikasi Buku Kas untuk mempermudah pencatatan transaksi harian. Dan para Pelaku UMKM dapat menerapkannya dikemudian hari.. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan survey, analisis kebutuhan dan kendala, persiapan teknologi informasi, proses pelatihan, dan evaluasi pelatihan.. Setelah dilaksanakan pelatihan ini para pelaku UMKM menyatakan bahwa akan menggunakan aplikasi buku kas untuk menunjang pelaporan keuangan usaha mereka dikarenakan mereka menganggap bahwa aplikasi buku kas sangat mudah untuk digunakan dan akan sangat membantu mereka dalam mencatat transaksi-transaksi saat mereka menjalankan usaha. Kata kunci: UMKM, Aplikasi, Buku Kas, Pencatatan Transaksi
Implementasi Aplikasi Smart Asset dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Sarana Peningkatan Tata Kelola BUMDes dan Industri Rumah Tangga Untuk Memajukan Perekonomian Desa Pagerwangi kec. Lembang kab. Bandung Barat di Era Adaptasi Kebias Deden Abdul Wahab Sya’roni; Lilis Puspitawati; Supriyati Supriyati; Hery Dwi Yulianto; apriani puti purfini; Ramadhan Syaeful Bahri
ABDI KAMSIA Vol 1 No 2 (2021): Pengabdian Pada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi (ABDIKAMSIA)
Publisher : Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1048.158 KB)

Abstract

a follow-up to the superior community empowerment program of Indonesian computer universities (PPMUPT) which consists of a collaboration of 3 study programs, namely the Postgraduate Program, Accounting and Computerized Accounting, in the 2nd year PPMUPT Program funded by the Ministry of Research, Technology and Higher Education, as part of the tridarma has begun implemented after the adaptation of new habits / new normal with mentoring meetings on a limited scale, starting again in accordance with the programs that have been launched by the Village-owned enterprises in Desa Pagerwangi, West Bandung Regency. Assistance includes the need to improve BUMDES by utilizing existing facilities and those that are being prepared. Assistance for BUMDes optimization in terms of ICT utilization, BUMDes governance in terms of strengthening HR competencies, financial management and marketing of IRT products that are integrated and facilitated in BUMDes. is in the process of making the BUMDes e-ticket, e-commerce and postal (point of sale) application which is integrated with the BUMDES SMART ASSET that has been built and improved according to the BUMDes Desa Pagerwangi work program in 2020. In addition to this, an online training system is implemented and direct assistance in BUMDes between lecturers, village officials, IRT and other communities while still following health and social distancing procedures. The results of the activities obtained by the PPMUPT UNIKOM implementation team in 2020 found other potentials that could be developed in the Village such as the establishment of the Village Multipurpose Building which can be used for various activities / meetings with the Village community (giving BLT, Village Deliberations, receptions, seminars etc.) , Village sports field facilities (Sorga Desa) which can be used as an integrated tourist site (camping ground, jogging track, café, and minimarket) and the construction of BUMDES Building which has been facilitated with adequate facilities has been completed. Having sufficient village potential and balanced with good management is expected to help the village from an economic downturn after the covid-19 outbreak.
Pendampingan Analisa Proses Bisnis Sistem Pembelian Kredit Pada UMKM Kuliner Tradisional Lembang Sayyidah Nabila Azahra; Apriani Puti Purfini
ABDI KAMSIA Vol 1 No 2 (2021): Pengabdian Pada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi (ABDIKAMSIA)
Publisher : Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2063.024 KB)

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 19