cover
Contact Name
Chrismikha Hardyanto
Contact Email
chrismikha@email.unikom.ac.id
Phone
+6281917262876
Journal Mail Official
jupiter@email.unikom.ac.id
Editorial Address
Lantai 7 Smart Building , Jl. Dipati Ukur No. 112-114-116 Bandung 40132
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer (JUPITER)
ISSN : -     EISSN : 28073525     DOI : https://doi.org/10.34010/jupiter
Core Subject : Science,
Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Jupiter diterbitkan secara berkala (2 kali dalam setahun pada bulan Mei dan November) yang bertujuan untuk menyebarluaskan berbagai jenis hasil riset mahasiswa dibidang Teknik dan Ilmu Komputer kepada publik. Saat ini JUPITER menerima kiriman artikel hasil riset dibidang ilmu komputer yang ditulis dalam Bahasa Indonesia .
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022): JUPITER : Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Dan Ilmu Komputer" : 6 Documents clear
RANCANG BANGUN APLIKASI REKOMENDASI PEMESANAN JASA FOTOGRAFI DAN MODEL FREELANCE BERBASIS ANDROID Lukman Baihaqqi; Chrismikha Hardyanto
Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer (JUPITER) Vol 2 No 1 (2022): JUPITER : Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Dan Ilmu Komputer
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1060.328 KB) | DOI: 10.34010/jupiter.v2i1.7318

Abstract

Perkembangan teknologi Informasi saat ini sangat pesat. Pemenuhan kebutuhan terhadap suatu informasi tidak lepas dari pemakaian dan pemanfaatan smartphone. Dengan adanya smartphone, penyebaran informasi semakin mudah di lakukan. Salah satunya dalam bidang bisnis atau pekerjaan. Salah satu pekerjaan yang saat ini sudah memanfaatkan penyebaran informasi menggunakan smartphone yaitu Fotografer dan Model. Mereka menggunakan smartphone sebagai media untuk menyebarluaskan informasi, baik itu Informasi data pribadi mereka, maupun portofolio dari hasil karya mereka yang pernah mereka buat. Penggunaan mobile smartphone dan media social dinilai efektif dalam jasa pemasaran jasa fotografi. Maka dari itu, akan dibuatkan suatu aplikasi berbasis mobile. Alasan dibuatkan nya aplikasi menggunakan platform mobile ini, agar dapat memanfaatkan teknologi GPS pada smartphone yang bertujuan untuk memberikan informasi lokasi pengguna. Agar pengguna jasa tidak lagi mempermasalahkan jarak dengan fotografer maupun model freelance. Dengan bantuan teknologi GPS yang merupakan sebuah layanan informasi yang dapat diakses dengan perangkat yang bergerak dan mampu menampilkan posisi secara geografis keberadaan perangkat bergerak tersebut. Berdasarkan dari masalah-masalah tersebut, maka penulis membuatkan sebuah aplikasi “Ayo Motret”. Aplikasi ini berguna untuk mempermudah fotografer freelance menyebarkan informasi fotografi.
SISTEM INFORMASI LAYANAN JASA LAUNDRY PADA RUMAH CUCI KIREI BANDUNG Ariel Matitaputty; Leonardi Paris Hasugian
Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer (JUPITER) Vol 2 No 1 (2022): JUPITER : Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Dan Ilmu Komputer
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1271.222 KB) | DOI: 10.34010/jupiter.v2i1.7319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan pelayanan laundry pada pengorderan cucian, pembelian bahan baku dan laporan keuangan pada Laundry Rumah Cuci Kirei. Hal tersebut didasari karena adanya beberapa masalah mulai dari proses pengorderan cucian dimana nota transaksi masih dilakukan dengan cara tulis tangan pada sebuah kertas nota sehingga berdampak pada waktu kinerja yang relatif lama. Kemudian dalam proses pembelian bahan baku tidak memiliki perhitungan perbandingan dengan penggunaan perhari yang mengakibatkan kekurangan atau kelebihan bahan baku. Dalam penyajian laporan, data yang digunakan masih dituliskan pada papan arsip yang mengakibatkan terjadinya kesalahan pencatatan serta memakan waktu yang lama pada saat data disalin dan ditulis ke dalam buku laporan. Masalah tersebut dapat diselesaikan melalui pembangun sistem informasi pelayanan jasa laundry dalam bentuk pembangunan aplikasi berbasis wesbite. Pada penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan metode pendekatan yang digunakan berorientasi objek, dan metode pengembangannya menggunakan prototype. Kegiatannya diawali melalui wawancara dan observasi langsung pada objek penelitian, kemudian membangun prototipe dan melakukan pengujian kepada pengguna. Hasilnya yaitu sistem informasi jasa laundry pada rumah cuci kirei Bandung yang mampu mengefisiensikan aktivitas pada Laundy Rumah Cuci Kirei.
PEMBANGUNAN APLIKASI PENCEGAH SMARTPHONE HILANG MENGGUNAKAN SENSOR ACCELEROMETER DAN GPS MEMANFAATKAN SMARTWATCH Mochamad Fikri Fadila Akbar; Taryana Suryana
Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer (JUPITER) Vol 2 No 1 (2022): JUPITER : Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Dan Ilmu Komputer
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.63 KB) | DOI: 10.34010/jupiter.v2i1.7320

Abstract

Penggunaan smartphone di Indonesia diketahui begitu banyak dan akan terus bertumbuh seiring berjalannya waktu, begitupun dengan kasus kehilangan perangkat pada pengguna smartphone di Indonesia. Penyebab kehilangan perangkat dikarenakan pengguna tidak menyadari disaat perangkatnya hilang karena terjatuh, dicuri, atau tertinggal. Selain itu kebanyakan pengguna smartphone jarang melakukan backup terhadap data sehingga rentan terjadi kehilangan akses terhadap data tersebut saat perangkatnya hilang. Dengan keadaan tersebut maka saat kehilangan perangkat pengguna tidak hanya kehilangan perangkat, tetapi pengguna juga akan kehilangan data yang ada di dalam perangkat smartphone mereka. Oleh karena itu pembangunan aplikasi pencegah smartphone hilang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi yang dibangun menggunakan sensor accelerometer dan GPS pada perangkat smartphone Android serta memanfaatkan smartwatch. Aplikasi pencegah smartphone hilang bertujuan untuk membantu mencegah dan mengantisipasi kehilangan perangkat smartphone dengann memberikan alarm ketika perangkat terdeteksi hilang dan mencatat lokasi perangkat apabila terlanjur hilang serta mencegah hilangnya akses terhadap data pengguna disaat perangkat hilang dengan melakukan backup otomatis.Hasil akhir dari penelitian ini berupa Aplikasi berbasis Android yang berfungsi untuk mendeteksi kehilangan smartphone dan mencatat lokasinya serta Website yang dapat melihat lokasi terakhir dari hilangnya perangkat smartphone. Respon pengguna terhadap aplikasi dan website dikategorikan baik, tetapi belum mampu mengamankan data pengguna disaat perangkat terlanjur hilang.
Sistem Informasi Manajemen Inventori Obat dan Bahan Medis Habis Pakai di UPT Puskesmas Ibrahin Adjie Kota Bandung Elsa Meilani; Riani Lubis
Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer (JUPITER) Vol 2 No 1 (2022): JUPITER : Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Dan Ilmu Komputer
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2232.299 KB) | DOI: 10.34010/jupiter.v2i1.7322

Abstract

UPT Puskesmas Ibrahim Adjie merupakan salah satu instansi pemerintah begerak dibidang pelayanan kesehatan di Kota Bandung. Jenis pelayanan yang tersedia salah satunya yaitu pelayanan kefarmasiaan. Koordinator Farmasi yang bertanggung jawab dalam mengelola obat dan bahan medis habis pakai (BMHP) mulai dari merencanakan jumlah kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, dan pengeluaran obat dan BMHP. Terdapat permasalahan dalam merencanakan jumlah kebutuhan obat dan BMHP yang sesuai, karena pernah terjadi penumpukan dan kekurangan obat dan BMHP yang ada di gudang farmasi. Juga dibutuhkan monitoring penerimaan obat dan BMHP dari Dinas Kesehatan ke Gudang Farmasi, karena Koordinator Farmasi harus menghitung ulang dari ketersediaan obat dan BMHP yang harus dilakukan pengadaan kembali. Dalam pengendalian stok obat dan bmhp di ruangan gudang farmasi dilakukan dengan metode First Expired First Out (FEFO). Namun, dibutuhkan monitoring stok obat dan BMHP agar farmasi dapat mengetahui obat dan BMHP yang harus dilakukan pengadaan. Untuk menyelesaikan permasalahan dalam merencanakan jumlah kebutuhan obat dan bmhp menggunakan metode peramalan Single Exponential Smoothing. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian “Sistem Informasi Manajemen Inventori Obat dan BMHP di UPT Puskesmas Ibrahim Adjie” ini sudah dapat menyelesaikan permasalah yang telah diurakan.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PRODUKSI PAKAIAN PADA CV KUMAHA KONVEKSI Syahrifal Dani S; Fakhrian Fadlia
Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer (JUPITER) Vol 2 No 1 (2022): JUPITER : Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Dan Ilmu Komputer
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1156.009 KB) | DOI: 10.34010/jupiter.v2i1.7323

Abstract

Kumaha konveksi adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konveksi, model bisnis pada perusahaan tersebut adalah mengubah bahan mentah menjadi produk jadi berdasarkan permintaan. Proses produksi di perusahaan dilakukan dengan cara mengumpulkan terlebih dahulu data kebutuhan berdasarkan permintaan yang diterima oleh manager produksi, kemudian menyiapkan bahan baku serta pekerja yang dibutuhkan. Penentuan jadwal produksi di perusahaan juga berdasarkan permintaan produksi yang masuk terlebih dahulu atau berdasarkan kerumitan pengerjaan berdasarkan asumsi pribadi. Metode yang digunakan untuk menganalisa sistem informasi manajemen menggunakan medote PDCA (Plan, Do, Check, Action) yang mana perlu verifikasi pada setiap prosesnya. Untuk proses penentuan jadwal produksi menggunakan metode Shortest Processing Time (SPT) berdasarkan proses produksi yang tercepat. Berdasarkan hasil pengujian, penggunaan metode SPT pada proses produksi di perusahaan dapat mengurangi keterlambatan dari 30 hari keterlambatan menjadi hanya 6 hari keterlambatan.
SISTEM INFORMASI RANTAI PASOK CV. HILMI JAYA Indra Piguna; Rani Susanto; Tati Harihayati M
Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer (JUPITER) Vol 2 No 1 (2022): JUPITER : Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Dan Ilmu Komputer
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1365.595 KB) | DOI: 10.34010/jupiter.v2i1.7521

Abstract

CV Hilmi Jaya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang konveksi produk rajutan dan memiliki cabang yang berada di Cicalengka, Solo, Jakarta dan Surabaya. Proses rantai pasok yang berjalan yaitu dengan strategi produksi make to stock yang terdiri dari kegiatan di bagian hulu meliputi pengadaan dan penerimaan bahan baku, pengolahan produksi dan kegiatan di hilir yang meliputi penerimaan pesanan produk dan pendistribusian ke cabang. Saat ini sering terjadi kekurangan stok bahan baku produksi karena kegiatan pengadaan yang hanya mengandalkan intuisi atau perkiraan berdasarkan data penjualan sebelumnya. Hal ini berdampak pada proses produksi yang menjadi terhambat. Proses Monitoring persediaan produk dengan cara menghubungi setiap cabang melalui telepon mengakibatkan kesulitan dalam mementukan stok produk di setiap cabang. Proses Distribusi Produk ke cabang menggunakan dua kendaraan dengan kapasitas yang tidak mencukupi dan mengakibatkan terjadi keterlambatan serta tidak semua produk dapat terangkut. Sistem Informasi Rantai Pasok yang terintegrasi pada setiap bagian dapat mempercepat proses pengadaan bahan baku sampai distribusi produk ke konsumen berjalan dengan lancar. Single Moving Average dan Safety Stock adalah metode yang digunakan untuk menentukan jumlah pengadaan bahan baku dan monitoring persediaan bahan baku digudang. Aktifitas Monitoring Produk di setiap Cabang serta Pendistribusian dilakukan untuk memastikan produk dalam kondisi aman dan semua produk bisa terangkut dengan baik. Hasil dari penelitian ini dapat mempermudah Kepala Pengadaan dalam menentukan jumlah kebutuhan bahan baku dan dapat memonitoring persediaan produk di setiap cabang, serta dapat mempermudah Kepala Pendistribusian dalam memonitoring proses pendistribusian ke setiap cabang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6