cover
Contact Name
M. Roem Syibly
Contact Email
roemsyibly@uii.ac.id
Phone
+628112505178
Journal Mail Official
editor.mawarid@uii.ac.id
Editorial Address
Gedung K.H.A. Wahid Hasyim - Kampus Terpadu UII Jl. Kaliurang KM 14.5 Sleman Yogyakarta Telp. (0274) 898462
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
al-Mawarid Jurnal Syariah dan Hukum (JSYH)
ISSN : 26561654     EISSN : 2656193X     DOI : 10.20885/mawarid
al-Mawarid: Jurnal Syariah & Hukum is a peer-reviewed journal published two times a year (February and August) by the Department of Ahwal Syakhshiyah, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia. Formerly, first published in 1993, al-Mawarid was initially published as Al-Mawarid: Jurnal Hukum Islam, an Indonesian bi-annual journal on Islamic Law. Since 2019, to enlarge its scope, this journal transforms its name to al-Mawarid: Jurnal Syariah dan Hukum. al-Mawarid warmly welcomes graduate students, academicians, and practitioners to analytically discuss and deeply explore new issues in relation to the improvement of shariah and law challenges and beyond.
Arjuna Subject : Ilmu Sosial - Hukum
Articles 54 Documents
Pemahaman Hadits Yusuf al-Qardhawi dalam Menentukan Hukum Islam Caca Handika
Al-Mawarid: JSYH Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/mawarid.vol1.iss2.art4

Abstract

Pemikiran semacam Yusuf al-Qardhawi sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan hadits-hadits yang tidak sesuai dengan situasi dan kondisi dan hadits-hadits yang bertentangan dalam menentukan suatu hukum. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap pemiiran Yusuf al-Qardhawi dalam menyikapi hadits-hadits yang kelihatannya bermasalah dalam menentukan hukum Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adaah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan (library research). Sedikitnya ada tiga cara yang dilakukan Yusuf al-Qardhawi dalam memahami hadits untuk menentukan hukum Islam, yaitu memahami hadits sesuai dengan petunjuk al-Qur’an, menggabungkan hadits-hadits yang bertentangan dan memahami hadits dengan modal pengetahuan tentang latar belakang, situasi dan kondisi serta tujuan dari suatu hadits. Kata Kunci: Hadits, Hukum Islam, Yusuf al-Qardhawi
Perceraian di Bawah Tangan Perspektif Hukum Islam dan Hukum Indonesia nurhadi nurhadi
Al-Mawarid: JSYH Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/mawarid.vol1.iss2.art5

Abstract

Halal haram perceraian dibawah tangan menurut dual hukum berkedudukan halal secara hukum dan syariah (hukum formal dan hukum Islam). Perceraian dibawah tangan ditinjau dari Hukum Islam dan ketentuan Hukum formal yang berlaku di Indonesia adalah sah apabila memenuhi rukun dan semua syarat sahnya cerai meskipun tidak tercatat. Menurut ketentuan pada Pasal 2 Ayat (1) UU No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan, sebuah perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu, maka demikian sebaliknya perceraian sah apabila dilakukan menurut hukum agama dan kepercayaan masing-masing. Maka melalui Pasal 2 UUP ini mengartikan kehalalan perceraian dibawah tangan, dan kehalan perceraian melalui pengadilan. Artinya halal haram dual hukum perceraian sudah terbantahkan. Namun sahnya perceraian perlu dipastikan oleh negara sesuai Pasal 2 Ayat (2) UU Perkawinan. Maka perlu adanya isbat talak atau cerai sebagaiman isbat nikah. Kata Kunci: Halal, Haram, Perceraian, Persepktif, Dual Hukum Sistem.
The National Spirit of Kiai Pesantren: An Analysis of the Ideas and Spirit of Independence of KH. Bisri Mustofa in the Interpretation of Al-Ibriz Muhadi Zainuddin; Miqdam Makfi
Al-Mawarid: JSYH Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/mawarid.vol1.iss1.art1

Abstract

The idea and spirit of kiai pesantren (Islamic boarding school teachers) in the struggle for independence was not much heard in the academic landscape in this country. The important role of kiai pesantren to fight for independence, as well as to spread the idea of nationalism, has not been published comprehensively. Research publications on pesantren, so far, only appear in communal, political, and dynamic aspects in the country. The narrative is built by some researchers, that traditional-faced pesantren has a unique subculture with rich cultural treasures. Meanwhile, the role of pesantren in the struggle for independence, only faintly heard. The values of the nationality and heroism of the kiai pesantren still need to be explored in depth. Kiai Bisri Mustofa is an important figure in the narrative of the struggle for Indonesian independence. This figure often reviewed as a lecturer, writer, and pesantren’s caretaker. His work in the struggle for independence, as well as his ideas in the framework of nationality need to be explored as a spirit of struggle. This article focuses on the following questions: What is the principle of Kiai Bisri Mustofa’s national struggle? What are Kiai Bisri Mustofa’s ideas about nationalism and patriotism in his books? What can we learn from the national struggle shown by Kiai Bisri Mustafa? By reviewing the biography of the struggle and interpreting the series of ideas in Al-Ibriz series, we can perceive the configuration of Kiai Bisri Mustofa’s ideas about the struggle for independence. Keywords: Kiai Bisri Mustofa, pesantren, the struggle for independence, nationality, nationalism
Kompleksitas Masyarakat Indonesia Kontemporer Rizal Maulana
Al-Mawarid: JSYH Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/mawarid.vol1.iss1.art2

Abstract

The picture of the Indonesian in “The New Order” with a variety of needs and conflicts was a problem that later led to the Reformation Era marked by the “fall” of Suharto from his position as President of the Indonesian Republic after ruling for 32 years. The communities appear to have diverse roles. The various forms of behaviour reflected the conditions and circumstances of each, either as an individual or group. Pillage, rape, accusation, blasphemy, on one hand and the establishment of new parties, demonstrations and congregational prayers on the other colour Indonesian society today. A land of a thousand islands with a song of “Nyiur Melambai” (Waving Palm) which symbolizes comfort and peace as it is now has weakened in sorrow, lamenting the fate of the nation that looks ‘messy’ by the variety of concerns and needs of some people. A condition in the nation’s life perceived as a slump becomes difficult to evolve for a better future of a country. The condition appearing in society no longer characterizes the role model of the laws and concern of lives that gave peace and happiness to humanity.Keywords:Conflict, Reformation, Discrepancy, Role Model, Peace, Happiness
The Basic Rights of Disability in Sharia Fatemah Ahmad Mohamad Abdulah Al-Ali; Arif Ali Arif
Al-Mawarid: JSYH Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/mawarid.vol1.iss1.art5

Abstract

This research highlights the basic rights of disabled, owing to the great importance of these rights to human life and his health, and the close relationship of those rights with the effectiveness of disabled and his ability to function and participate in society. Especially, with the widespread ignorance in some sectors about the rights of the disabled, or derogating him, his personality, and wasting his dignity by mocking him and exploiting his weakness and silliness. The study in this research revolves around the basic rights of disabled as well as the preventive aspect to reduce and avoid disability. So, the research firstly clarifies the basic rights and their contents, such as the right to life, dignity, equality, justice, education, work and privacy. Secondly, it discusses the health rights from the aspect of prevention and the care of Islam about the therapeutic medicine. The inductive and analytical methods are used in the research to search for the evidence in the jurisprudential references on the concern of Islam about the therapeutic medicine.The most important outcome of this research is that: Islam preserves the humanity and dignity for the disabled and prohibits any kind of aggression or encroachment on them, in order for them to live in a way that makes them integrate with others in the society without feeling humiliation or disgraced. Islamic Shariah also guides us to prevent diseases and disabilities, and to preserve the soul and body. The research axes include four topics
Penyelesaian Tuntutan Ganti Rugi Dalam Sengketa Akad Mudharabah Pada Pengadilan Agama(Studi Putusan Pengadilan Agama Bantul No. 463/Pdt.G/2011/PA.Btl Jo. 63/Pdt.G/2011/PTA.Yk Jo. 2/Pdt.Eks/2012/PA.Btl) Ahmad Fatkhurohman
Al-Mawarid: JSYH Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/mawarid.vol1.iss1.art3

Abstract

Permasalahan ganti rugi bukanlah permasalahan yang ringan atau mudah untuk diselesaikan, karena pada umumnya manusia tidak mau rugi, sehingga akan berusaha untuk menghindar / mengelak dari tanggung jawab ganti rugi dengan berbagai dalih / alasan. Sebagaimana kasus sengketa akad mudharabah yang terjadi Pengadilan Agama Bantul dimana Penggugat selaku shohibul maal menggugat Direktur KSU Syariah Baitul Maal watamwil (BMT) ISRA selaku mudharib sebagai Tergugat dan juga mantan immateriil pada Tergugat. Permasalahan dalam tesis ini adalah Bagaimanakah konsep ganti rugi menurut hukum perdata dan menurut hukum Islam khususnya dalam akad mudharabah dan Direktur tersebut sebagai Turut Tergugat karena pada saat jatuh tempo Tergugat tidak dapat memberikan simpanan dan sisa nisbah bagi hasil yang belum diberikan kepada Penggugat dengan alasan kondisi keuangan maka Penggugat menuntut ganti kerugian baik materiil maupun BagaimanakahHakim Pengadilan Agama menentukan ukuran ganti rugi dalam akad mudharabah. penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan menggunakan dilakukan dengan pendekatan  yuridis normatif atau doktrinal. Untuk mendapatkan data yang akurat penulis melakukan studi pustaka terhadap bahan-bahan hukum baik hukum primer, skunder maupun tersier serta Adapun nara sumber dalam penelitian ini adalah  Hakim yang memutus perkara.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis terhadap kasus Nomor 463/Pdt.G/2011/PA.Btl Jo. 63/Pdt.G/2011/PTA.Yk Jo. 2/Pdt.Eks/2012/PA.Btl.maka, Konsep ganti rugi menurut Hukum Islam dan Hukum Perdata khususnya dalam akad mudharabah keduanya sama-sama adanya kelalaian/pelanggaran terhadap akad  (ingkar janji / wanprestasi), bentuk kerugiannya materi (berupa harta), sedangkan sanksi yang harus ditanggung dalam hukum perdata adalah biaya rugi dan bunga sedangkan dalam hukum Islam adalah kerugian riil (real loos) yang pasti dialami, biaya-biaya yang dikeluarkan dalam rangka penagihan hak termasuk biaya proses penyelesaian perkara.Kata Kunci:Ganti Rugi, Mudharabah, dan Kewenangan Hakim Pengadilan Agama
Fiqh Moderat Muhammad Mushtafa Al-Zuhaily Ahmadi Fathurrohman Dardiri
Al-Mawarid: JSYH Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/mawarid.vol1.iss1.art6

Abstract

Naskah ulasan buku (book review) ini mengupas pemikiran Muhammad Mushtafa al-Zuhaily dalam bidang fiqh. Melalui telaah atas 4 bukunya, terutama magnum opus-nya Mawsuu’ah Qadhaayaa Islaamiyyah Mu’aashirah, ditarik kesimpulan bahwa pemikir asal Suriah ini memiliki gagasan fiqh moderat. Beberapa contoh topik fiqh dalam karya-karyanya membuktikan betapa moderat pemikiran fiqh saudara-muda sekaligus murid Wahbah ibn Mushtafa al-Zuhaily tersebut. Selain itu, telaah atas karya lain yang relevan makin menunjukkan benang merah nilai-nilai moderasi dimaksud, misalnya komparasi kaidah fiqh pada al-Qawaa’id al-Fiqhiyyah wa Tathbiiquhaa fii al-Madzaahib al-Arba’ah. Fiqh moderat al-Zuhaily, dalam telaah kami, terjadi pada beberapa bidang, antara lain keagamaan, muamalah, maqaashid al-syarii’ah, dan metodologi fiqh. Naskah ini juga mencoba melihat sejauh mana keselarasan fiqh moderat dengan ‘teologi moderat’ yang banyak dipopulerkan pemikir Muslim. Dengan begitu, kita menjadi tahu seberapa berkaitan dan bahkan seberapa otoritatif pemikiran al-Zuhaily di tengah pasaraya pemikiran dan teologi moderat. Sejujurnya, seberapa dinamis fiqh moderat gagasan al-Zuhaily kelak jika dihadapkan dengan dilema persoalan fiqh di era globalisasi dan digital, tidak ada yang bisa menjawab pasti. Namun begitu, al-Zuhaily melalui karya-karyanya di bidang fiqh membuktikan betapa fiqh harus dikembalikan pada nalurinya, pemahaman atas teks dan konteks yang dinamis. Boleh jadi, fiqh moderat adalah masa depan fiqh umat Muslim seluruh dunia, untuk puluhan tahun mendatang.Kata Kunci:  fiqh, fiqh moderat, dinamis, masa depan fiqh
Islamic Law Studies on the Use of Infak Fund for Land Waqf Farly Adwi; Roem Syibly
Al-Mawarid: JSYH Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/mawarid.vol1.iss1.art4

Abstract

A mosque is a device of worship and a means of gathering the first community founded by the Prophet. At the time of the Prophet Muhammad the mosque had become the center of activity and information. In this activity, it certainly requires funds to run well. One of the sources of the mosque's funding is Infak. Infak is related to the alms of sunnah given for religious activities or for the public interest. One of the mosques that uses Infak funds to purchase land that will later be used as waqf land, namely Adz-Dhikra Mosque. The research intends to conduct research on mosque infak for the purchase of land which will later be used as waqf land, and one of the mosques that uses Infak funds to purchase land is Adz-Dhikra mosque whose formulation is how the contract, the waqif, and the endowments The type of research used is field research and literature study. This research is located at Adz-Dzikra Mosque, Jirak Hamlet, Bokoharjo Village, Prambanan Sub-District, Sleman Regency. Data collection technique was by interview and literature study. The results of this study indicate that in purchasing waqf land at the Adz-Dhikra Mosque is using Infak fund, which is collected from the surrounding community. In the Islamic Islamic law, it is illegal, but it is legally administered by the Law.Key words: Infak, Waqf.
Pancasila sebagai Manajemen Konflik antar Umat Beragama di Indonesia Hamdan Arief Hanif
Al-Mawarid: JSYH Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/mawarid.vol1.iss2.art1

Abstract

Indonesia adalah negara yang terdiri dari beragam suku, ras, budaya dan agama, dalam kehidupan bermasyarakat tentunya banyak kita temui berbagai macam perbedaan. Oleh karena itu di negara Indonesia harus senantiasa menumbuhkan dan menjaga sikap toleran antar sesama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi menjaga kerukunan dalam bermasyarakat. Dewasa ini kita sering dihadapkan dengan konflik yang terjadi khususnya antar umat beragama, tidak lain hal ini disebabkan oleh intoleran yang dilakukan dari suatu golongan tertentu sebagai contoh kasus kerusuhan di Poso kasus pembakaran masjid di Tolikara Papua dan dalam dekat ini kasus penistaan agama yang dilakukan oleh gubernur Jakarta. Hal ini tidak lain adalah rendahnya sikap toleran antar sesama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat Indonesia kaitannya antar umat beragama dan bagaimana Indonesia bisa maju dan berkembang jika pada masyarakatnya masih sering terjadi konflik didalamnya. Pancasila sebagai landasan dan dasar ideologi bangsa sebenarnya telah mengajarkan sikap berbangsa dan bernegara yang baik. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Pancasila mengajarkan sikap saling menghormati, menghargai, toleransi, serta terjalinnya kerjasama antara pemeluk-pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda, sehingga dapat tercipta dan selalu terbinanya kerukunan hidup di antara sesama umat beragama. Perlu pemahaman yang utuh demi terhidarnya konflik antar umat beragama dan tumbuhnya sikap toleran antar sesama.Keywords: Pancasila, Manajemen Konflik, Toleransi, Indonesia
Ahli Waris Muslim dalam Keluarga Non-Muslim di Indonesia dalam Perspektif Hukum Islam Aldinto Irsyad
Al-Mawarid: JSYH Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/mawarid.vol1.iss2.art3

Abstract

Hukum waris Islam memegang peranan sangat penting dalam agama Islam, karena pada dasarnya setiap manusia di dunia ini pasti akan meninggal dunia. Dan dengan meninggalnya setiap orang pasti seluruh hal yang ada di dunia ini akan ditinggalkan dan hanya berbekal tentang segala hal yang berhubungan dengan akhirat. Hal yang ditinggalkan di dunia termasuk salah satunya yaitu harta yang dimiliki selama di dunia ini. Dalam agama Islam tercantum tentang harta yang ditinggalkan dan orang yang berhak menerimanya.Dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif komparatif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis dan jenis data penelitian adalah primer dengan bahan hukum dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya berupa studi kepustakaan (Library Research).Dapat disimpulkan bahwa dalam hukum perdata (BW) tidak ada mengenal perbedaan agama sebagai penghalang mewarisi, dengan kata lain adalah sah-sah saja orang yang berbeda agama menjadi waris-mewarisi, disinilah salah satu perbedaan dengan hukum Islam. Namun ada juga persamaan antara konsep hukum Islam dengan hukum perdata mengenai penghalang mewarisi yaitu terletak pada perbuatan membunuh pewaris, baik dalam hukum Islam maupun hukum perdata Barat menyatakan bahwa orang yang membunuh ahli waris sama-sama tidak berhak menjadi ahli waris. Kata kunci :  Hukum Keluarga Islam, Hukum Kewarisan Islam, Hukum Kewarisan Indonesia.