cover
Contact Name
-
Contact Email
stitalabuhanbatu2645@gmail.com
Phone
+6282275115353
Journal Mail Official
stitalabuhanbatu2645@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sempurna/ Al-Bukhary No: 21 Rantauprapat Kab. Labuhanbatu Prov. Sumatera Utara
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
TARBIYAH bil QALAM
ISSN : 25992945     EISSN : 27150151     DOI : -
Core Subject : Education,
Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains adalah Jurnal yang di kelolah oleh Sekolah TInggi Ilmu Tarbiah Al Bukhary Labuhanbatu menawarkan forum interdisipliner untuk publikasi artikel penelitian asli yang ditinjau oleh rekan sejawat, berkontribusi, dan diundang dengan kualitas terbaik yang membahas berbagai topik pendidikan sains dengan implikasi untuk meningkatkan dan meningkatkan praktik pendidikan sains dan teori. Topiknya melibatkan biologi, kimia, fisika, serta beberapa aplikasi pedagogi dan pengembangan guru. Jurnal ini menyediakan beragam makalah penelitian yang menyegarkan dan informatif yang memperluas dan memperdalam pemahaman teoretis kita. Ini juga memberikan implikasi berbasis praktik dan kebijakan dalam konteks pendidikan sains yang releva
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 76 Documents
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MODUL BERORIENTASI KKNI UNTUK PENGUATAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA KULIAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN Fitri Endang Srimulat
Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains Vol. 3 No. 1: Vol III. Edisi I
Publisher : Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.61 KB)

Abstract

Abstract—AbstakPerbaikan Tujuan penelitian ini adalah mengetahuipersepsi mahasiswa terhadap penggunaan modul berorientasiKKNI untuk penguatan Scientific Approach pada mata kuliahpengetahuan lingkungan. Survey dilakukan terhadap 25Mahasiswa semester 2 program studi pendidikan biologiUniversitas Al Washliyah Labuhanbatu. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penggunaan modul berorientasi KKNIuntuk penguatan Scientific Approach pada mata kuliahpengetahuan lingkungan menurut persepsi mahasiswa beradapada kategori baik (81%) dengan nilai rata-rata 3.3. Namun,tampilan dan gambar yang disajikan perlu ditingkatkan lagiagar lebih menarik.
PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH LABUHANBATU Suryatik
Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains Vol. 3 No. 1: Vol III. Edisi I
Publisher : Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.847 KB)

Abstract

Abstract—AbstakPenelitian ini membahas tentang upaya meningkatkankemampuan berbahasa anak agar dapat mengembangkannyadengan maksimal. Untuk mengembangkan kemampuanberbahasa anak banyak factor yang berperan diantaranyaadalah orang tua, oleh karena itu orang tua harus dapatmembagi waktu untuk kelancaran pendidikan anak.Permasalahan yang dihadapi banyak orangtua tidakmempunyai waktu untuk memberi perhatian terhadap anaknyakhususnya ditingkat dasar akibatnya tujuan pendidikan secaratidak tercapai. Hal ini harus mendapat perhatian untukmencari solusi permasahana tersebut. Orang tua adalah sosokpemimpin dalam keluarga yang lahir melalui hubunganbiologis maupun sosial yang bertanggungjawab terhadapanggota keluarga untuk kemaslahatan fisik maupun mentalnya.Peran orang tua terhadap anak adalah menjaga danmengembangkan fisik maupun mentalnya sehingga dapatmeningkatkan keterampilan anak baik akademik maupun nonakademik.Penelitian ini menggunakan metode survey dalam bentukdeskriptif, wawancara dan studi kepustakaan (library research).Subyek penelitian adalah orang tua siswa Madrasah IbtidaiyahRantauprapat kelas I s/d III yang berjumlah 30 orang. Teknikpengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposifsampling. Dimana sampel ditetapkan sebanyak 30 orang. Jenispenelitian ini adalah penelitian yang
PENGARUH LINIERITAS KEILMUAN TERHADAP KEMAMPUAN MANAJERIAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI RANTAUPRAPAT Bukhari Is
Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains Vol. 3 No. 1: Vol III. Edisi I
Publisher : Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.931 KB)

Abstract

Abstract—AbstakUntuk meningkatkan kualitas pendidikan, pemerintahberusaha memperbaikinya melalui berbagai factor dinataranyafactor sarana dan prasarana, factor guru dan factor finansiallainnya. Maka dalam penelitian ini penulis membahas masalahpengaruh linieritas terhadap kemampuan manajerial gurumadrasah Ibtidaiyah.Perbaikan secara terus menerus yang berkaitan dengankualifikasi pendidikan guru di madrasah, khususnya diMadrasah Ibtidaiyah Rantauprapat mulai dari tingkatkualifikasi pendidikan setara dengan SLTA yaitu PendidikanGuru Agama/sederjat, penyetaraan diploma II dan saatsekarang ini tuntutan untuk kualifikasi pendidikan gurudengan pendidikan strata 1 (S-1).Upaya pemerintah melakukan peningkatan keprofesionalanguru melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaannomor 46 tahun 2016 dan Peraturan Menteri Pendidikan dankebudayaan RI Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan AtasPeraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 46Tahun 2016 Tentang Penataan Linieritas Guru BersertifikatPendidik.Melihat kondisi yang terus menerus perbaikan tentangkualifikasi pendidikan ini penulis membahas pengaruhlinieritas terhadap kemampuan manajerial guru madsarah.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitiankualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan datamelalui wawancara.Hasil penelitian diperoleh bahwa linieritas seorang gurumeliputi linieritas kualifakasi akademik, linieritas sertifikatkewenangan mengajar dalam bidang tertentu, serta linieritastugas yang diembannya mempunyai pengaruh yang kuatterhadap kemampuan manajerial seorang guru.
STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN IBADAH POKOK BAHASAN PENGURUSAN JANAZAH DI MTs. Al- MA’SHUM RANTAUPRAPAT LABUHANBATU Muhammad Abri Harahap
Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains Vol. 3 No. 1: Vol III. Edisi I
Publisher : Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.239 KB)

Abstract

Abstract—AbstakPenelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan gunamemperbaiki pembelajaran dalam pengurusan Jenazahkelas IXB- Pi di MTs Al-Ma’shum RantauprapatLabuhanbatu telah dilakukan dengan tujuan: (1)mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasanpengurusan Jenazah sebelum menggunakan metodeDrill. (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran padapokok bahasan pengurusan Jenazah setelahmenggunakan metode Drill. (3) mengetahui hasil belajarsiswa pada pokok bahasan pengurusan Jenazah setelahmenggunakan metode Drill. (4) mengetahui peningkatanketerampilan pelaksanaan aktivitas siswa pada pokokbahasan pengurusan Jenazah dengan mengunakanmetode Drill. (5) mengetahui respon belajar siswa selamaproses pembelajaran dengan mengunakan metode Drillpada pokok bahasan Jenazah.Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09Februari hingga 15 Mei 2015. Lokasi penelitian adalahMTs Al-Ma’shum Rantauprapat Labuhanbatu ProvinsiSumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalahpeserta didik kelas IXB- Pi yang berjumlah 29 orang.Tindakan dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Setiap siklusterdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Pembelajaran didesain denganstrategi pembelajaran langsung dengan metode Drill.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsungterhadap aktivitas peserta didik dalam pembelajarankelompok dengan bimbingan guru. teknik tertulis danpraktik dilakukan untuk mendapatkan datapeningkatan hasil belajar peserta didik pada ranahkognitif dan psikomotorik. Angket dan wawancaradigunakan untuk mengumpulkan data respon pesertadidik terhadap strategi pembelajaran langsung yangditerapkan.Pada akhir penelitian diperoleh hasil (1) aktivitaspeserta didik dalam kegiatan proses pembelajarandengan mengunakan metode Drill menunjukkan bahwapeserta didik telah mampu melaksanakan pembelajarandengan baik. Indikatornya adalah kecenderunganpeningkatan persantase aktivitas positif dari siklus Isampei siklus III. (2) ketuntasan hasil belajar pesertadidik semakin meningkat, yakni: pada siklus I praktik45,83% dan tertulis 54,2%, pada siklus II pratik 66,7%dan tertulis 66,7% dan pada siklus III praktik 83,3% dantertulis 91,7%. (3) peserta didik memberikan responpositif (sangat setuju dan setuju) dalam mengikutipembelajaran dengan metode Drill.
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI GENIUS LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 050603 KUALA Haris Suwondo
Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains Vol. 3 No. 1: Vol III. Edisi I
Publisher : Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.971 KB)

Abstract

Abstract—AbstakHaris Suwondo. Meningkatkan motivasi belajar siswadengan menggunakan strategi genius learning pada siswa kelasV SD Negeri 050603 Kuala T.A. 2010/2011. Skripsi. FakultasIlmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, 2011.Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalahtentang rendahnya motivasi belajar matematika siswa padapokok bahasan pecahan dengan menggunakan strategi GeniusLearning.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatanmotivasi belajar siswa dengan menggunakan Strategi GeniusLearning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa padapokok bahasan pecahan di kelas V SD Negeri. 050603 Kualatahun ajaran 2010/2011. Adapun peningatan motivasi belajartersebut dilihat berdasarkan aspek-aspek motivasi dalamlembar observasi dan angket serta tingkat penguasaan siswaterhadap pokok bahasan pecahan tersebut.Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklusempat kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan yaituperencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi/evaluasi.Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasisiswa,lembar observasi guru, dan angket.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 050603kuala yang berjumlah 25 orang, yang terdiri dari 14 orangputra dan 11 orang putri. Penentuan subjek dalam penelitianini adalah hasil observasi peneliti selama ini tentang materipecahan di kelas ini, dan hasil persetujuan Kepala SD.Adapun hasil angket belajar siswa saat diberikan padakundisi awal dalam penelitian ini adalah 20% yang merupakankemampuan awal yang harus diberi tindakan. Setelahdiberikan tindakan penerapan Strategi Genius Learning siklus Idiperoleh peningkatan menjadi 52% dan pada siklus IImeningkat menjadi 92% peningkatan motivasi belajar siswadalam angket siklus II yang menjadi bukti keberhasilan siswadalam menguasai materi pecahan.Dari 25 siswa terdapat 23 orang yang memperoleh angkamotivasi di atas 80% (motivasi belajar sangat tinggi) dan 2orang hanya memperoleh nilai di bawah 80%. Dengandemikian persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 92%maka ketuntasan belajar secara klasikal dinyatakan tercapaisecara optimal.Dari hasil pengolahan data tersebut di atas maka dapatdisimpulkan bahwa penerapan Strategi Genius Learning dalampembelajaran matematika pada pokok bahasan pecahan adalahdapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri No.050603 Kuala tahun ajaran 2010/2011.
HUBUNGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH ALBUKHARY RANTAUPRAPAT Dahman Hasibuan
Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains Vol. 3 No. 1: Vol III. Edisi I
Publisher : Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.648 KB)

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu aspek yang perludiperhatikan dalam proses pembelajaran, banyak penelitianyang membahas upaya peningkatan minat belajar, namunmasalah ini masih terus menjadi dilema dalam duniapendidikan, oleh karena itu dalam penelitian ini diungkapkembali sejauhmana hubungan minat belajar denganlingkungan belajar. Disadari bahwa pendidikan memegangperan yang penting dalam meningkatkan kualitas sumber dayamanusia, dan salah satu faktor peningkatan kualitas tersebutadalah melalui pendidikan. Membicarakan pendidikan tidakterlepas dari peran pendidik sebagai guru dan peranlingkungan belajar siswa.Guru mempunyai peran yang penting untuk menentukankeberhasilan pendidikan, karena guru harus bisamembangkitkan minat dan motivasi siswa untuk belajarsehingga mudah mencapai keberhasilan belajarnya.Lingkungan belajar meliputi sekolah, keluarga danmasyarakat. Lingkungan selalu mengitari manusia dari waktuke waktu, sehingga antara manusia dan lingkungan terdapathubungan timbal balik dimana lingkungan mempengaruhimanusia dan sebaliknya manusia juga mempengaruhilingkungan. Minat belajar peserta didik perlu ditingkatkanterlebih-lebih minat belajar pada matapelajaran PendidikanAgama Islam, kerena Pendidikan Agama Islam adalahmerupakan bagian yang penting dalam peningkatan karakterpeserta didik. Dan tidak berlebihan juka matapelajaranPendidikan Agama Islam adalah bagian dari CharacterBuilding bangsa. dalam proses belajar mengajar, lingkunganmerupakan sumber belajar yang berpengaruh dalam prosesbelajar dan perkembangan anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yangtermasuk lingkungan belajar dan factor-faktor lingkunganbelajar apa saja yang dapat mempengaruhi minat belajarPendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah sertasejauhmana hubungan antara minat belajar dengan lingkunganbelaj. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian korelasidimana penelitian yang dilakukan mengenai apa yang sedangdiamati tanpa mengubah system pelaksanaannya (OperationResearch).
PERANAN IBU SEBAGAI SEKOLAH PERTAMA BAGI ANAK M Syukri Azwar Lubis
Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains Vol. 3 No. 2: Vol III. Edisi II
Publisher : Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.641 KB)

Abstract

Ibu merupakan sosok yang paling berperan dalam sebuahtatanan rumah tangga, ibu merupakan sosok yang palingutama dalam membentuk psikologi, kepribadian dan akhlakanak. Dari tangan ibu lah anak mulai belajar, tumbuh danberkembang. Semua aspek perkembangan anak melaluiperkembangan anak yang meliputi nilai agama dan moral,aspek perkembangan motorik dan lainnya, selain hal tersebutperanan ibu sangat berperan aktif sebagai figur central yangdicontoh bagi seorang anak untuk dicontoh dan diteladanidengan perilaku dan moralitas melalui arahan danbimbingannya. Ibu juga berperan aktif untuk menstimulasi danmengarahkan anak. Pengalaman kebersamaan anak denganorang tua, merupakan dasar untuk kegiatan bermain anakdikemudian hari. Ibu lah yang memiliki peran penentu bagiperkembangan pendidikan anak.
HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MIN PADANG BULAN LABUHANBATU Leli Hasanah Lubis
Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains Vol. 3 No. 2: Vol III. Edisi II
Publisher : Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.999 KB)

Abstract

Gaya belajar adalah salah satu cara bagaimana menyerap,mengatur dan mengolah informasi. Sehingga denganmengetahui adanya gaya belajar pada diri siswa, maka dapatmembantu dirinya sendiri dalam belajar lebih cepat dan lebihmudah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adakahhubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa. MINPadang Bulan Rantauprapat, Labuhanbatu. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajardengan hasil belajar siswa di madrasah. Hipotesis dalampenelitian ini adalah terdapat hubungan antara gaya belajardengan hasil belajar siswa di MIN Padang BulanRantauprapat, Labuhanbatu terhadap linieritas keilmuan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denganjenis penelitian korelasi product moment. Dalam penelitian iniyang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas V MINPadang Bulan Rantauprapat, Labuhanbatu. Sampelmenggunakan random sampling sebanyak 51 siswa. Teknikpengumpulan data dengan menggunakan angket. Angket yangdipersiapkan dibagikan kepada repondan. Angket berkaitantentang gaya belajar dan dokumentasi hasil belajar siswa. Datadiolah dan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasiproduct moment, regresi linear berganda dan koefisien korelasiberganda, pada taraf signifikan 5% dan n=51. Berdasarkanhasil penelitian analisis data diperoleh r hitung = (0,455) > darir tabel dengan n=51 (0,279) atau nilai sig 0,012 <α (0,05) dengandemikian H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian iniadalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antaragaya belajar dengan hasil belajar siswa Madrasah IbtidaiyahNegeri Padang Bulan Labuhanbatu.
MANAJEMEN KELAS DALAM HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH Syanty Ericka
Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains Vol. 3 No. 2: Vol III. Edisi II
Publisher : Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.47 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh Shanti Ericha, DosenPada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA)Labuhanbatu Sumatera Utara.Penelitian ini bertujuan untuk membangkitkan semangatbelajar siswa madrasah ibtidaiyah melalui manajemen kelas.Masih ada guru yang mengabaikan manajemen kelas, makamelalui penelitian ini diharapkan para guru dan pengelolapendidikan menyadari pentingnya manajemen kelas.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaituManajemen kelas sebagai variabel X dan Motivasi belajar siswasebagai variabel Y. Pengujian hipotesis menggunakan korelasidengan tingkat signifikan 5%. Teknik analisa data padapenelitian ini adalah statistik deskriptif. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 44 orang.Berdasarkan hasil analisis di peroleh bahwa manajemenkelas mempunyai hubungan yang erat dengan motivasi belajarsiswa, semakin tinggi perhatian guru terhadap manajemenkelas maka semakin tinggi motivasi belajar siswa.
PEMBUDAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA JANJI DALAM RANGKA MENUMBUH KEMBANGKAN KARAKTER BANGSA Syafaruddin; Maysyaroh; Wahyu Azhar Ritonga
Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains Vol. 3 No. 2: Vol III. Edisi II
Publisher : Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.008 KB)

Abstract

Dewasa ini, Penyalahgunaan narkoba yang semakinmeningkat dan merajalela ditengah-tengah masyarakatkhususnya desa Janji yang merupakan salah satu tempat wisatauntuk masyarakat sekitar Labuhanbatu. Peneliti berkeyakinanmelalui pembudayaan Pendidikan Agama Islam dengan metodepenerapan melalui penyuluhan cenderung pada pencapaiannilai-nilai karakter sebagai pedoman bagi masyarakat dalammelaksanakan kegiatan aktivitas yang berdampak berkenaandengan penyalahgunaan narkoba. Krisis moral di kalanganmasyarakat banyak dipengaruhi oleh penyalahgunaan narkobasehingga mengakibatkan maraknya perilaku yang anti sosial,seperti; pemakaian narkoba, tawuran antar masyarakat,pencurian, pembunuhan dan penganiayaan. Menghadapipersoalan tersebut, maka dengan adanya Penelitian ini,diharapkan sangat membantu dalam mengatasi penguranganpenyalahgunaan bahaya narkoba, serta membentuk karaktermasyarakat yang lebih baik dengan mengedepankan normanorma agama yang memiliki posisi penting dalam membentukkarakter sehingga mereka menjadi manusia yang memilikikarakter yang baik dan berkualitasKeywords—Pembudayaan, Pendidikan Agama, MenumbuhKembangkan Karakter.