cover
Contact Name
Edi Sutoyo
Contact Email
redaksi@jurnalitp.web.id
Phone
+6281381694837
Journal Mail Official
redaksi@jurnalitp.web.id
Editorial Address
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia) Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27770680     DOI : https://doi.org/10.25008/jitp
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan (E-ISSN: 2777-0680) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is innovative works on the development of educational multimedia and e-learning which are effective in giving positive contributions to schools and educational institutions. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on information and communication technology (ICT) and 5 areas of educational technology as well as related topics. All articles are double blind peer-reviewed by at least two peer-reviewers. The journal invites scientists and educators throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented the whole spectrum of educational technology. The author who will submit the manuscript after the deadline for submission as long as meet the requirement for publication in this journal will process for the next issue. The paper submission and reviewing procedures in Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan will be processed with the web-based system via the Open Journal System (OJS) by Public Knowledge Project (PKP). We strongly prefer to receive manuscripts via our online submission system. With using our OJS system, authors can upload manuscript files (text, figures, and supplementary information) directly to our office and check on the status of Reviews their manuscripts during the review process.
Articles 29 Documents
Pengembangan Sistem Homeschooling Dalam Inovasi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0 Fathan Mubina Dewadi
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1060.458 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini terkait tentang inovasi-inovasi pendukung dengan tujuan yaitu metode belajar yang baru, tempat yang lebih leluasa, suasana yang menyenangkan, keleluasaan berpikir, fokus tujuan individu dan monitoring dan evaluasi (monev) agar tercipta inovasi baru dalam peningkatan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif grounded theory dimana peneliti bisa menarik generalisasi apa yang diamati/dianalisa secara induktif, teori abstrak tentang proses, tindakan atau interaksi berdasarkan pandangan partisipan yang diteliti. Pada dasarnya sistem ini merupakan gabungan dari les privat, bimbel dan sekolah kemudian ditambahkan inovasi dengan konsep fun learning yaitu belajar asal nyaman baru mengejar nilai kompetensi. Pengembangan pendidikan untuk Indonesia maju sangatlah dibutuhkan di era 5.0 ini. Sistem homeschooling di era 5.0 terbukti baik karena sangat efisien dari sisi waktu, tenaga, pikiran dan lain sebagainya. Yang menarik dari sistem homeschooling dibanding sistem pendidikan biasa adalah sistem homeschooling melatih siswa untuk berpikir inovatif dan eksploratif karena apa yang menjadi potensinya akan tercurahkan kepada satu guru saja.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Roselina Marpaung
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.862 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v1i1.6

Abstract

Hasil pengamatan selama pembelajaran jarak jauh baik keaktifan siswa dalam belajar dan hasil belajar mulai menurun. Terlihat pada saat uji coba pra siklus sebelum dilakukan dengan pemberian tindakan berupa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar banyak yang tidak tuntas sesuai capaian pembelajaran. Peneliti akhirnya mencoba untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kompetensi dasar dalam meningkatkan mutu pembelajaran jarak jauh dengan daring (dalam jaringan) yaitu menggunakan whatssapp group dan aplikasi SIGUM (Sistem Informasi Guru Mengajar). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif, keterampilan peserta didik serta keaktifan peserta didik dengan menerapkan model PBL lebih baik daripada pembelajaran secara konvensional khususnya pada kompetensi dasar strategi dalam meningkatkan mutu pembelajaran berjarak atau menggunakan WA-Group dan aplikasi SIGUM. Diperoleh hasil yang meningkat dari siklus pertama dan siklus kedua. Persentase ketuntasan peserta didik kelas VIII SMP N 3 Binjai pada siklus I dan II menggunakan model pembelajaran PBL masing-masing siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pengetahuan peserta didik dan sesuai dengan indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu sebesar 59,82% pada siklus I dan 82,35% pada siklus II. Keaktifan peserta didik dalam menyimpulkan materi. Pada siklus I peserta didik yang dapat menyimpulkan materi dengan lengkap hanya mencapai 61,74%, pada siklus II meningkat menjadi 69,91%.
Pengaruh Penggunaan Digital Storytelling Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Dyan Yuliana; Okta Ayu Wulandari Putri
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (816.066 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v1i1.7

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini telah berkembang sangat pesat, hal ini dibuktikan dengan bermunculan peralatan teknologi canggih yang telah mengubah gaya hidup manusia pada saat ini. Sebagai seorang guru tentunya kita harus dapat menyesuaikan cara mendidik mereka sesuai dengan cara hidup mereka diera digital. Guru dituntut untuk melakukan sebuah inovasi dalam proses pembelajaran di dalam kelas, untuk mendukung kebutuhan yang diperlukan dalam menerapkan pembelajaran aktif di kelas perlu adanya media yang dapat menunjang dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut secara maksimal untuk memacu kemampuan komunikasi efektif melalui pembelajaran aktif yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi yaitu Digital Storytelling (bercerita digital) yang merupakan suatu strategi penggunaan program aplikasi komputer yang menggabungkan antara media audio dan visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest design. Pengambilan keputusan uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh melalui uji paired sampel t-test di SPSS versi 25 yaitu diketahui nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,001. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji paired sampel T-test bahwa nilai sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Untuk mengetahui berapa persen pengaruh tersebut, maka perlu dicari koefisien determinasi (R Square) dengan uji regresi linier sederhana di SPSS versi 25 dan ditemukan bahwa pengaruh Digital Storytelling terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,142 atau 14,2% yang dapat disimpulkan bahwa Digital Storytelling memberikan pengaruh yang sangat rendah terhadap hasil belajar siswa di SMKN 1 Kendit.
Implementasi Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa PGSD UNDARIS Nimas Puspitasari
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.617 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v1i1.8

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan Bagaimana Implementasi penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran daring pada mahasiswa PGSD UNDARIS. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang menceritakan fenomena – fenomena yang lebih bersifat alamiah. Teknik analisis data ini menggunakan triangulasi teknik yaitu menggabungkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi penggunaan Google Classroom pada mahasiswa PGSD sudah dapat dikatakan berjalan baik dan lancar. hal ini dilihat dengan dosen melakukan perencanaan sebelum melangsungkan kegiatan pembelajaran daring ini yaitu menyiapkan silabus, RPKPS, hingga tugas sesuai dengan materi. Untuk membantu pembelajaran daring ini dosen menyiapkan media pembelajaran, video pembelajaran. video, gambar dan PPT. Pada pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan dengan Strategi dan media yang sesuai dengan materi yang dibahas, sehingga dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan. Mahasiswa sudah bisa memanfaatkan Google Classroom sebagai media dalam pembelajaran daring dan juga dari nilai-nilai seharian yang dikerjakannya mahasiswa telah tercapai. Pada evaluasi penggunaan Google Classrooom, dosen melakukan evaluasi penilaian yang diamati secara online baik pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Kendala yang didapatkan selama pembelajaran daring dengan menggunakan Google Classroom bahwa sering sekali terkendala masalah jaringan baik itu dari dosen maupun dari mahasiswanya.
Sistem Informasi Payroll Pegawai dengan Absensi QR Code Rr. Balqis Nuerita Maharani; Muhammad Irwan Padli Nasution; Triase Triase
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3457.539 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v1i1.9

Abstract

Penggajian adalah salah satu pembayaran hasil kerja pegawai. Pada PT. Anugrah Azzahra Utama sering kali terjadi kesalahan validasi data hitungan gaji sehingga mengakibatkan gaji harus dihitung ulang untuk mencari hasil pasti yang akan di keluarkan perusahaan untuk pembayaran gaji. Pembuatan sistem informasi payroll pegawai dapat membantu perusahaan mengatasi perhitungan gaji menjadi lebih baik. Sistem ini dirancang dengan metode waterfall yang meliputi analisa kebutuhan, perancangan sistem, pengkodean sistem, pengujian sistem dan pemeliharaan sistem. Dengan menggunakan QR Code untuk mengabsen pegawai menggunakan kamera eksternal sebagai pemindai yang terintegrasi ke database sehingga memudahkan user dan menjadi lebih efektif dan efisien. Perancangan sistem menggunakan bahasa pemogramam PHP dan database MySQL. Pengujian sistem dilakukan menggunakan black box testing pada sistem. Hasil yang diberikan sistem ini ialah kemudahan absensi pegawai dengan menggunakan QR Code dengan kamera eksternal sebagai pemindai, perhitungan gaji yang valid tanpa perhitungan ulang dan penyimpanan data yang baik untuk admin, pegawai maupun direktur.
Implementasi Inovasi Pendidikan SDM dalam Karang Taruna Lintas Generasi Era Milenial Fathan Mubina Dewadi
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.531 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini terkait tentang lintas generasi Karang Taruna dengan tujuan mencari alternatif dalam jalinan silaturahmi dan kegiatan sosial. Penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini yang pertama yaitu studi kepustakaan, penting sekali sebelum melakukan penelitian atau kajian dengan mencari terlebih dahulu sumber pustaka lain sehingga saat penelitian dipublikasikan dan akan dikoreksi oleh beberapa pengamat, penelitian menjadi kuat karena beberapa referensi yang mendukung. Kedua yaitu metode pengamatan untuk mengamati kegiatan Karang Taruna yang terjadi. Ketiga yaitu metode wawancara, Setelah mengamati kejadian yang ada, maka dilakukan sesi dialog dengan orang-orang yang memiliki informasi tentang Karang Taruna. Keempat yaitu studi dokumentasi. Setelah semua metode pengumpulan data sudah dilakukan, langkah terakhir yaitu mendokumentasikan data agar data yang terkumpul bisa dikemas. Menurut hasil penelitian, gerakan lintas generasi sangat diperlukan demi mempersatukan era dan memperkokoh pondasi nasionalisme. Keterlambatan gerak dan inovasi yang cukup monoton dapat mengakibatkan kejenuhan dan menimbulkan penurunan semangat pada setiap anggota Karang Taruna.
Pemanfaatan WhatsApp Voice Note pada Pembelajaran Daring Sidiq Subagiyo
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3546.479 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Voice Note aplikasi WhatsApp pada pembelajaran daring di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara, survey dan fenomenologi. Sampel penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMA Negeri 1 Lasem. Analisis data penelitian menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, display data dan penarikan dan verifikasi kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan fitur Voice Note pada aplikasi WhasApp membantu proses pembelajaran secara daring. Fitur Voice Note memberikan kemudahan peserta didik dalam memahami materi dari guru. Selain itu aplikasi WhatApp memberikan fleksibilitas penggunaan dan penghematan kuota data internet.
Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelvin Pradana; Resi Utami; Muhammad Taqiyuddin
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.222 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran di sekolah dasar pada masa pandemic COVID-19. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Pandemi COVID-19 sangat berdampak pada pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran yang awalnya dilakukan di sekolah kini menjadi pembelajaran daring yang dilakukan dari rumah. Pemanfaatan teknologi informasi sangat membantu dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah sangat maju saat ini, internet bisa, menghubungkan siswadengan guru melalui whatsapp group, google class, dan zoom. Kemendikbud juga menyediakan platfrom belajar daring gratis Bernama “Rumah Belajar”. Untuk daerah di mana koneksi internetnya tidak terlalu baik, pemerintah bekerja sama dengan TVRI, stasiun televisi negara, untuk menyampaikan materi belajar yang ada di dalam program belajar di rumah. Pada tingkat sekolah dasar kelas atas aplikasi google classroom dan aplikasi zoom, sedangkan untuk kelas bawah aplikasi yang sangat efektif digunakan adalah aplikasi whatsapp group. Dalam proses pembelajaran daring yang dilakukan siswa tidak lepas dari pengawasan orang tua dan guru. Kata kunci: COVID-19, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran Jarah Jauh/Daring.
Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Amrina; Adam Mudinillah; Defitri Nur Isnain Isnain
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2907.831 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v1i2.14

Abstract

Media pembelajaran sangat dibutuhkan guna menunjang serta mendukung proses belajar mengajar dalam suatu pendidikan. Media merupakan alat bantu yang dapat dimanfaatkan pendidik pada saat pembelajaran di kelas. Kreativitas guru dalam menciptakan media belajar yang menarik dan menyenangkan senantiasa harus ditingkatkan. Penyajian materi bahasa Arab untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah harus diberikan dalam berbagai bentuk penyajian yang tidak harus terikat hanya pada buku pelajaran khususnya materi mufradat. Seorang pendidik hendaknya mempunyai media pembelajaran yang baru serta menarik dalam penyampaian materi kepada peserta didiknya, bukan hanya melalui buku ataupun sekedar metode ceramah. Media pembelajaran yang digunakan pendidik harus disesuaikan dengan materi serta kondisi peserta didik. Di zaman sekarang teknologi berkembang pesat, setiap individu diharapkan mampu memanfaatkan teknologi yang ada guna menunjang aktivitas sehari-hari, termasuk dalam pendidikan. Diantara media teknologi yang dapat dimanfaatkan pendidik dan peserta didik untuk belajar dalam peningkatan penguasaan mifradat pada siswa kelas III tingkat MI adalah Canva. Canva yaitu aplikasi desain berbasis online yang bisa digunakan guru untuk merancang materi pembelajaran melalui template-template, poster, video, infografis, bahkan media presentasi. Banyaknya desain yang menarik pada aplikasi canva dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, siswa pun tidak mudah bosan dan menjadikan pembelajaran menyenangkan dan lebih efektif.
Penerapan Keamanan Owasp Terhadap Aplikasi GTFW Pada Website Universitas Battuta Baginda Harahap
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4676.399 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v1i2.15

Abstract

In this study, we will test the penetration of GTFW-based applications that have been carried out, then obtain the results as a session management category vulnerability test, namely 3 that did not pass, namely cookie attributes, CSRF, and session timeout, then the vulnerability of the input validation category there was 1 that did not pass, namely stored XSS. The xplorin application has a cookie attribute vulnerability with a Medium vulnerability risk level. The xplorin application has a CSRF vulnerability with a Medium vulnerability risk level. The xplorin application has a session timeout vulnerability with a Low vulnerability risk level. The xplorin application has a stored XSS vulnerability with a Low risk level of vulnerability.

Page 1 of 3 | Total Record : 29