cover
Contact Name
Samanoi Halowo Fau
Contact Email
elasticity@uniraya.ac.id
Phone
+6282286352622
Journal Mail Official
elasticity@uniraya.ac.id
Editorial Address
Jln. Pramuka Nari-nari, Kelurahan Pasar Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara
Location
Kab. nias selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Published by Universitas Nias Raya
ISSN : 27152006     EISSN : 28286502     DOI : 10.57094
Curve Elasticity (Jurnal Pendidikan Ekonomi) adalah wadah untuk mempublikasikan hasil penelitian dan riset, yang berisikan riset perekonomian dan mencakup semua hal; yang ada didalamnya. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi adalah Jurnal Ilmiah elektronik seputar Ilmu Pendidikan dan Ilmu Ekonomi. Jurnal ini mencakup artikel penelitian asli, artikel ulasan, dan komunikasi singkat seperti Inovasi dalam Pengajaran, Pembelajaran, dan Penilaian Pelatihan dan Pendidikan Guru, Metode Penelitian Pendidikan dalam bidang ekonomi. Curve Elasticity (Jurnal Pendidikan Ekonomi) memiliki E-ISSN 2828-6502 dan P-ISSN 2715-2006 yang dikeluarkan oleh LIPI. Curve Elasticity (Jurnal Pendidikan Ekonomi) terdaftar di BRIN dan Juga GARUDA.Periode terbit Jurnal ini dua klia setahun yaitu bulan Februari dan Agustus.
Articles 39 Documents
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUH PERGERAKAN HARGA SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA Heseziduhu Lase
Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2022): CURVE ELASTICITY: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (781.494 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh EPS, PER, BVS, DER, DPR terhadap Harga Saham. Mengetahui pengaruh simultan dan parsial dari masing-masing variabel terhadap pergerakan harga saham. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi, sample berjumlah 25 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yang termasuk dalam indeks LQ45 dalam 6 (enam) periode secara berturut-turut. Pengumpulan data dihimpun dari data sekunder yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia, tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis regresi. Uji statistic menggunakan uji F dan uji t. Analisis data menggunakan tehnik korelasi dan regresi (sederhana dan ganda) dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh EPS terhadap Harga saham (Riy 0,60, KD=36%, Y= 94.094 + 6,298X1). 2) terdapat pengaruh PER terhadap Harga Saham (Ry2 =0,46, KD=21% Y = 534.223-26.100X2). 3)Tidak terdapat pengaruh BVS terhadap Harga Saham (Ry2=0,005, KD=-5% Y=120.447- 0,005 X3). 4) Terdapat pengaruh DER terhadap Harga Saham (Ry2=0,334, KD=11,1% Y=227955-30.064X4). 5) Terdapat pengaruh DPR terhadap Harga Saham (Ry2 =0,657, KD=43,2% Y=524-11.486X5 ). 6) Terdapat pengaruh antara EPS, PER, DER dan DPR terhadap Harga Saham (Ry12 = 0,993, KD = 98%). Y = 1080.156 – 6.441X1 - 13.558 X2 + 0,059 X3 – 19. 305 x4 + 1.488 X5
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO Eka Periaman Zai; Maria Magdalena Duha; Efrata Gee; Bestari Laia
Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2022): CURVE ELASTICITY: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.493 KB)

Abstract

Dewasa ini masalah peran kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah bukanlah masalah baru lagi yang terjadi di setiap satuan pendidikan. Kepala sekolah adalah penentu maju dan mundurnya sebuah sekolah. Jika Kepala sekolah tidak menjalankan peran dan tugasnya sebagai pemimpin, maka sekolah itu dipastikan akan mengalami kemunduran dan kemerosotan baik dalam bidang kualitas maupun kualitaspendidikannya. Adapun rumusan masalah bagaimana profesionalisme kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 Ulugawo Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan profesionalisme kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif.Analisis data yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil temuan di lapangan, bahwa peran kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah sudah profesional.Kepala sekolah menjadi teladan, motivator bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, dan pengajuan proposal perbaikan rehap gedung serta pengadaan sarana prasarana pendidikan.Sehingga menjadi daya tarik masyarakat (peserta didik) sekitar untuk bersekolah di SMA Negeri 1 Ulugawo. Peneliti simpulkan bahwa kepala sekolah sudah melaksanakan perannya di bidang kepemimpinan, memotivasi guru, dan perbaikan sarana prasarana pendidikan dengan baik dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Peneliti menyarankan hendaknya kepala sekolah terus meningkatkan profesionalismenya dalam menjalankan perannya supaya eksistensi lembaga pendidikan semakin diakui dan dipercaya oleh masyarakat.
PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA PESERTA DIDIK MELALUI WHATSAPP DI SMA NEGERI 1 MANIAMOLO T.P.2021/2022 Tentri Fanny Claudia Giawa; Merri Christina Zalukhu; Anita Zagoto
Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2022): CURVE ELASTICITY: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.664 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahasa yang kurang mematuhi kesantunan dalam berkomunikasi.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelanggaran prinsip kesantuanan berbahasa peserta didik melalui whatsapp di SMA Negeri 1 Maniamolo.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti bergabung kedalam grup whatsapp kelas di SMA Negeri 1 Maniamolo kemudian melakukan dokumentasi atau screenshot pada pesan yang dikirimkan oleh peserta didik. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa percakapan yang dilakukan oleh peserta didik di grup whatsapp terdapat: (1) pelanggaran maksim kedermawanan, (2) pelanggaran maksim kesimpatisan, (3) pelanggaran maksim permufakatan, (4) pelanggaran maksim kesederhanaan dan (5) pelanggaran maksim penghargaan. Pelanggaran maksim yang tidak ditemukan pada penelitian ini adalah pelanggaran pada maksim kebijaksanaan. Saran peneliti yaitu (1) Guru agar tetap memperhatikan kalimat-kalimat yang dituturkan oleh peserta didik dan menjadikan penggunaan bahasa yang santun menjadi kebiasaan bagi peserta didik, (2) Peserta didik agar lebih memperhatikan bahasa yang digunakan ketika berkomunikasi, tidak hanya kepada guru atau orang yang lebih tua bahkan kepada teman yang seumuran juga perlu memperhatikan pilihan-pilihan kata.
PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN NASABAH DI CU. KOPERASI SIMPAN PINJAM PENGEMBANGAN PEDESAAN (KSP3) AMANDRAYA Walsyukurniat Zendrato
Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2022): CURVE ELASTICITY: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.2 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah di CU Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Pedesaan (KSP3) Amandraya. Jenis penelitian kuantitatif melalui metode deskriptif. Populasi penelitian adalah nasabah CU. KPS3 Amandraya yang bertransaksi pada bulan Juni 2020 yaitu berjumlah 152 orang. Sampel penelitian adalah nasabah yang datang lebih dari dua kali bertransaksi pada bulan Juni 2020 di CU. KPS3 Amandraya yaitu sebanyak 38 orang. Hasil penelitian adalah nilai thitung=4,419>ttabel=2,029 atau Ha diterima yang artinya ada pengaruh pelayanan terhadap kepuasaan nasabah di CU. Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Pedesaan (KSP3) Amandraya. Kontribusi pelayanan terhadap kepuasan nasabah sebesar 35,21%. Kesimpulan dalam penelitian ini pelayanan yang dapat memuaskan keinginan nasabah akan memberikan penilaian positif kepuasan nasabah akan meningkatkan kesetiaan nasabah terhadap jasa CU. Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Pedesaan (KSP3) Amandraya. Kepuasan nasabah muncul ketika pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan nasabah. Peneliti mengajukan saran, yaitu: (1) Bagi karyawan CU. Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Pedesaan (KSP3) Amandraya hendaknya memberikan pelayanan yang lebih maksimal dan memuaskan kepada nasabah dengan memperhatikan proses komunikasi dan sikap kepada nasabah, agar informasi yang diberikan tidak terjadi kesalahpahaman pada nasabah sehingga nasabah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. (2) Bagi peneliti, hendaknya menjadi bekal pengetahuan tentang betapa pentingnya mutu pelayanan dalam meningkatkan kepuasan nasabah. (3) Bagi peneliti lain, dapat mengembangkan konsep kualitas layanan dan kepuasan nasabah dengan variabel-variabel yang belum diteliti oleh peneliti.
PERAN BUMDES DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Desa Bawomataluo) Yernilai Dakhi; Walsyukurniat Zendrato; Hendrik K. Sihura
Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2022): CURVE ELASTICITY: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini merupakan usaha desa yang dibentuk atau didirikan oleh pemerintah desa yang kepemilikkan modal dan pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat melalui penyertaan modal langsung yang berasal dari kekayaan desa. Badan Usaha Milik Desa harus lahir atas kehendak seluruh warga desa yang diputuskan melalui musyawarah desa. Musyawarah desa adalah forum tertinggi melahirkan berbagai keputusan utama dalam Badan Usaha Milik Desa mulai dari nama lembaga, pemilihan pengurus hingga jenis usaha yang akan dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengelolaan bumdes di desa Bawomataluo dan dampak bumdes bagi perekonomian masyarakat di desa Bawomataluo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan standar kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Subjek penelitian ini adalah kepala desa, pengurus bumdes, dan anggota bumdes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan BUMDes di desa Bawomataluo yang dimulai sejak didirikan pada tanggal 13 Maret 2021 memiliki tiga tahapan yakni tahapan perencanaan, tahap pengorganisasian, dan tahap pelaksanaan. Dampak BUMDes bagi perekonomian masyarakat desa Bawomataluo, dasar potensi desa Bawomataluo yang sebelumnya sebagai desa yang fokus pada industry pariwisata menjadi alasan utama pembentukan bumdes yang unit usahanya tak jauh-jauh dari kepariwisataan tentu memiliki pengaruh terhadap masyarakat. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan yakni dengan adanya penelitian ini diharapkan menjadi salah satu bahan evaluasi dan koreksi terhadap program bumdes yang telah dilaksanakan. Terutama diadakannya kegiatan pengawasan terhadap dana bumdes yang dianggarkan.
METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH EKONOMI Indah Permata Sari Lase; Hendrik Kuasa Sihura
Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2022): CURVE ELASTICITY: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.308 KB)

Abstract

Metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran secara optimal adalah metode inquiry. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control gruop design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telukdalam tahun pembelajaran 2021/2022. Sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Data penelitian dianalisa dengan menggunakan program SPSS 16.0 Evaluation. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran ekonomi siswa meningkat dan lebih baik yang ditandai dengan kemampuan menyelesaikan soal materi ekonomi terstruktur dan terurai; (2) pembelajaran lebih bermakna karena siswa secara optimal terlibat aktif dan dapat memahami serta menemukan sendiri proses untuk mendapatkan konsep.
FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN Merdina Ziraluo; Helnanirma S. Fau; Nursari R. Simanullang; Bestari Laia; Disayangi Gaurifa
Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2022): CURVE ELASTICITY: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1174.512 KB)

Abstract

Omo Sebua (Rumah Adat Besar) adalah rumah tradisional/rumah adat suku Nias yang dihuni oleh raja beserta dengan keluarga dan keturunannya. Rumah ini memiliki perbedaan dari rumah adat biasa, atau rumah adat yang dihuni oleh masyarakat biasa (bukan keluarga/ keturunan raja). Jika dilihat dari ukuran, Omo Sebua (Rumah Adat Besar) memiliki ukuran yang lebih luas (-+300 m2), tinggi rumah mencapai 22m, diameter tiang penyangga rumah kurang lebih 1m, menjadikannya berbeda dari rumah adat biasa. Selain itu, di dalam Omo Sebua (Rumah Adat Besar) juga terdapat ornament-ornamen ukiran dinding, serta koleksi tanduk rusa dan gigi babi hutan yang tersusun rapi pada salah satu tiang merupakan hasil buruan, dan melambangkan kehebatan raja, yang tidak akan di temukan di rumah adat biasa. Keunikan budaya yang terkandung di dalam rumah adat suku Nias ini memiliki filosofidan makna-makna yang belum terungkap seutuhnya, serta belum terdokumentasikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengungkap filosofi dan makna-makna yang terkandung dalam Omo Sebua (Rumah Adat Besar) Nias Selatan. Metode yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan pada hasil penelitian, rumah adat dibangun atas keinginan raja sebagai kediaman dan juga sebagai tempat pertemuan setiap tokoh atau bangsawandalam merapatkan suatu hal sebelum dibicarakan di balai desa. Proses pembangunan rumah adat ini dilakukan secara gotong-royong. Bahan yang digunakan semua dari kayu pilihan seperti manawadanӧ, mosiholidanӧ, berua, dan kifini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rumah adat di Desa Bawomataluo memiliki makna tersendiri dan terasa unik dari rumah adat lainnya sehingga para wisatawan tertarik. Adapun saran dalam penelitian ini adalah diharapkan peneliti berikutnya meneliti sistem pemerintahan dan pembangunan rumah adat masyarakat Nias dulu.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI UD. LUKI KECAMATAN UMBUNASI KABUPATEN NIAS SELATAN Arwan Karier Harefa; Walsyukurniat Zendrato
Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2022): CURVE ELASTICITY: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.516 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh UD. Luki dalam meningkatkan volume penjualan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, strategi yang diterapkan di UD. Luki adalah strategi pemasaran melalui media sosial dian selain itu juga menerapkan 4P Marketing mix (Product, Price, Place, Promotion). Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa UD. LUKI memiliki strategi-strategi dalam meningkatkan volume penjualan yaitu: 1) strategi variasi barang dagangan; 2)strategi penetapan harga barang pada setiap unit barang dalam artian laba yang diambil dalam setiap satuan barang tidak tinggi karena UD. Luki memiliki prinsip dalam memperoleh keuntungan kecil namun siklus peputaran uang cepat; 3) Strategi lokasi atau tempat usaha artinya lokasi berdirinya UD. Luky dapat dijangkau oleh konsumen; 4) Strategi Promosi pada media sosial.
Peran Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Manajemen Sekolah di SMP Swasta Kristen BNKP Telukdalam Trisnawati Laia; Arwan Karier Harefa; Martinus Telaumbanua
Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): CURVE ELASTICITY: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.105 KB)

Abstract

Untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu maka dibutuhkan kemampuan pemimpin lembaga pendidikan dalam mengelola dan memanajemen kegiatan pendidikan sehingga dapat tercapainya tujuan pendidikan nasional. Dalam dunia pendidikan, kepala sekolah merupakan pemimpin yang dituntut untuk menjadi pemimpin yang ideal agar lembaga yang dipimpinnya bisa maju, menerapkan manajemen berkualitas, menghasilkan ouput yang berkualitas pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen sekolah dan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, data display, kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Swasta Kristen BNKP Telukdalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen sekolah antara lain; membimbing, mendorong dan memotivasi, melakukan pembinaan, mengarahkan guru dan staf, mengevaluasi, dan memotivasi guru. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen sekolah seperti; melaksanakan kegiatan penelitian, melibatkan guru-guru, menempatkan guru sesuai dengan bidangnya, memberikan informasi kepada guru-guru,memfasilitasi guru-guru, memberikan punishment and rewards. Upaya lain yang dilakukan kepala sekolah yakni manajemen administrasi sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peran kepala sekolah dalam melaksanakan manajemen sekolah adalah membimbing guru dalam memahami konsep dan karakteristik perkembangan proses pembelajaran. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan yakni hendaknya kegiatan pelatihan yang mengikut sertakan guru-guru tidak hanya berasal dari dalam daerah saja namun dari luar daerah juga dengan demikian, kompetensi guru dapat lebih berkembang.
PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 BORONADU Omerina Hulu; Arwan Karier Harefa; Indah Permata Sari Lase
Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): CURVE ELASTICITY: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.226 KB)

Abstract

Situasi covid-19 saat ini, proses pembelajaran dilakukan secara daring, Pembelajaran daring memiliki hambatan dan tantangan tersendiri, hambatan terjadi bagi guru yaitu banyak siswa yang sengaja tidak mengikuti pembelajaran daring disebabkan tidak memiliki kuota internet untuk mengakses pembelajaran sehingga siswa tersebut tertinggal dan tidak mendapatkan nilai selain itu masih ada beberapa siswa yang tidak memiliki fasilitas seperti handphone untuk melakukan kegiatan pembelajaran, hal ini menjadi sebuah hambatan pada proses pembelajaran yang dapat menurunkan aktivitas belajar peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pandemi covid-19 terhadap aktivitas belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian adalah angket.Hasil penelitian diperoleh thitung= 9,073 >ttabel = 2,048 atau hipotesis diterima (Ha). Kesimpulan penelitian adalah hipotesis penelitian diterima (Ha) yang artinya ada pengaruh pandemi covid-19 terhadap aktivitas belajar siswa. Pengaruh positifnya mendapatkan materi dengan mudah dan belajar mengevaluasi pembelajaran sendiri, sedangkan pengaruh negatifnya, saat proses pembelajaran daring pesan yang disampaikan tidak tersampaikan dengan baik, kurang berinteraksi dengan guru, keterbatasan kuota internet, fasilitas yang minim, gangguan sinyal, dan belum menguasai aplikasi secara menyeluruh.Saran peneliti:1) Bagi siswa, yang sudah melakukan aktivitas belajar secara baik, agar kiranya dipertahankan dan bagi siswa yang aktivitas belajar masih belum maksimal kiranya bisa di tingkatkan secara perlahan agar bisa terbiasa. 2) Bagi guruhendaknya mengevaluasi kembali strategi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan aktivitas belajar. 3) Bagi orangtua, selama pandemi covid-19 hendaknya orangtua memberikan perhatian dan pendampingan selama pembelajaran daring agar aktivitas belajar siswa dapat berjalan dengan baik.

Page 1 of 4 | Total Record : 39