cover
Contact Name
Imam Faizin
Contact Email
imamfaizin@stitpemalang.ac.id
Phone
+6285642806661
Journal Mail Official
imamfaizin@stitpemalang.ac.id
Editorial Address
Jl. D.I. Panjaitan KM. 3, Paduraksa, Pemalang Jawa Tengah 52319
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Al-Miskawaih: Jurnal Prodi PAI STIT Pemalang
Published by STIT Pemalang
ISSN : 27762211     EISSN : 28071794     DOI : https://doi.org/10.58410/al-miskawaih
Al-Miskawaih adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan dan pengembangan keilmuan pada bidang ilmu Pendidikan Agama Islam pada jenjang pendidikan. Setiap edisi yang diterbitkan, mengangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi PAI dan publikasi karya ilmiah dosen dan guru serta pemerhati PAI, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. Al-Miskawaih terbit pada Edisi Mei dan Nopember setiap tahun, di mana masing-masing terbitan dimuat 5 (lima) artikel ilmiah.
Articles 30 Documents
Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Bantarbolang Isma Rizqi Nurrohmah; Srifariyati
Al-Miskawaih Vol 1 No 1 (2020): Edisi Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (713.249 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Agama Islam tema meyakini Kitab-Kitab Allah SWT di Kelas VIII SMP Islam Bantarbolang. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Sample penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu variabel X dengan analisis deskriptif pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 dan variabel Y dengan analisis deskriptif hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Agama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket yang diberikan setelah siswa memahami isi dari media pembelajaran macromedia flash 8. Setelah itu penulis memberikan point-point pertanyaan untuk melihat sejauh mana siswa memperoleh hasil belajar dengan efektif, penulis menggunakan proses penilaian formatif di akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai angket siswa dan nilai hasil belajar didapat bahwa tidak ada pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa dari hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,00003 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel dengan N = 31 taraf signifikasi 5% maka rhitung< rtabel atau (0,00003) < (0,367) karena rhitung lebih kecil dari rtabel. Yang dapat ditunjukan oleh prosentase nilai rata-rata memperoleh rentang nilai hasil belajar siswa berdasarkan data tertinggi memperoleh nilai 80 yaitu terletak pada interval 79-80. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Jadi hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tema meyakini kitab-kitab Allah SWT di Kelas VIII SMP Islam Bantarbolang.
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Akhlak Siswa SDN 03 Bojongnangka Pemalang Sanny Patricia Prita Tralila; Imam Faizin; Puji Khamdani
Al-Miskawaih Vol 1 No 1 (2020): Edisi Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.129 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas dan peran guru dalam pembinaan akhlak siswa di SD N 03 Bojongnangka Pemalang tahun 2019/2020 dengan melakukan wawancara serta yang mendukung Guru Pendidikan Agama Islam dalam keadaan akhlak dan faktor yang menghambat Guru Pendidikan Agama Islam di SD N 03 Bojongnangka Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrumen dan sebagai hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam sangat dominan dalam membentuk akhlak siswa secara menyeluruh dan berkesinambungan, dengan cara keteladanan, pembiasaan, ajakan, teguran dan hukuman yang diterapkan di dalam lingkungan sekolah maupun di luar Sekolah dalam mengontrol siswa dan kebijakan kepala Sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam dapat membentuk akhlak siswa.
Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Wudhu di MTs Nurul Ulum Warureja Tegal Windi Maryanti; Nisrokha; Wahyudin
Al-Miskawaih Vol 1 No 1 (2020): Edisi Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.742 KB)

Abstract

Penelitian Implementasi media pembelajaran berbasis video di MTs Nurul Ulum Warureja dilatarbelakangi oleh adanya beberapa problematika yang ditemui di lapangan yaitu sistem pembelajaran yang konvensional, yang hanya menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa merasa bosan ketika menerima pelajaran dan suasana kelas menjadi tidak aktif khususnya pada mata pelajarn Fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman siswa tentang urutan tata cara wudhu pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Kecamatan Warureja? 2) Bagaimana pemanfaatan media vidio dalam pemahaman tentang tata cara wudhu pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Kecamatan Warureja? 3) Bagaimana kelebihan dan kekurangan penggunaan media vidio dalam pembelajaran Fiqih pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Kecamatan Warureja?. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Sumber data diperoleh meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B MTs Nurul Ulum Warureja. Hasil penelitian ini adalah 1) pemahaman siswa mengenai urutan tata cara wudhu pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Warureja setelah menerapkan media video sudah cukup baik. Hal ini terbukti dari hasil nilai praktik wudhu khususnya di kelas VII B. 2) Pemanfaatan media video dalam pembelajaran Fiqih adalah salah satunya memberikan pengalaman baru dalam penyampaian materi. Siswa menunjukkan semangat dalam pembelajaran Fiqih diantaranya siswa menjadi antusias dalam proses pembelajaran, dan aktif ketika guru memberikan pertanyaan. 3) Kelebihan penggunaan media video pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas VII B MTs Nurul Ulum Warureja diantaranya beberapa siswa menyatakan bahwa penggunaan media video dapat membuatnya paham ketika menerima materi pelajaran, dapat membuat siswa lebih semangat belajar, dan pembelajaran lebih menarik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video dalam proses pembelajaran tidak memiliki kesulitan baik bagi guru maupun bagi siswa.
Pengaruh Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Islam Terpadu Attawaazun Pemalang Findi Herlangga; Ridwan
Al-Miskawaih Vol 1 No 1 (2020): Edisi Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.66 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peranan penting mempersiapkan anak didiknya memiliki pengetahuan dan berakhlak mulia sesuai ajaran Al-Qur’an dan As-Sunah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Attawaazun Pemalang Tahun Ajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data diperoleh meliputi wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknis analisisnya yaitu dengan uji korelasi Product Moment. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi dengan menggunakan Purposive Sampling di kelas VIII yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh; pertama, pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Attawaazun Pemalang menunjukkan hasil rata-rata 65 yaitu terletak pada interval 41-70 dengan kategori “Cukup/Sedang”. Prestasi siswa berdasarkan nilai raport mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan hasil rata-rata 88 yaitu terletak pada interval 71-90 dengan kategori “Baik”. Kedua, data uji terkait hubungan antara dua variabel menggunakan perbandingan rtabel dengan rhitung pada data variabel pengaruh guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa diperoleh rhitung 0,0002 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel dengan N=18 taraf signifikasi 5% maka rhitung< rtabel atau (0,0002) < (0,468). Karena rhitung lebih kecil dari nilai rtabel maka hipotesis nilai (HO) terbukti “tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh guru pendidikan agama islam dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Attawaazun Pemalang Tahun Ajaran 2018-2019”.
Pengaruh Kecerdasan Emosional Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Darul Ulum Pemalang. Ni’am Ulil Ahlam; Puji Dwi Darmoko; Ahmad Hamid
Al-Miskawaih Vol 1 No 1 (2020): Edisi Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.879 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional pesera didik Kelas VIII SMP Darul Ulum Pemalang, mengetahui hasil belajar PAI kelas VIII SMP Darul Ulum Pemalang serta mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII di SMP Darul Ulum Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi kecerdasan emosional (variable bebas) dan hasil belajar (variabel terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kela VIII di SMP Darul Ulum Pemalang sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 peserta dididk yang diambil secara acak Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket untuk mengetahui kecerdasan emosional dan instrumen untuk mengetahui hasil belajar adalah dengan dokumentasi. Terknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisa regresi sederhana.Dari hasil penelitian, diperoleh nilai R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,095. Ini berarti bahwa sumbangan efektif yang diberikan oleh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sangat kecil, yaitu sebesar 9,5%, sedangkan sisanya yaitu 94,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Persamaan regresi pada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar adalah Y= 89,424 + (-0,239x). Dari hasil uji hipotesis dengan uji parsial diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,104 dimana nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,104 > 0,05).dan nilai Thitung sebesar (-1,648), sedangkan nilai Ttabel untuk n (jumlah responden) = 29 sebesar (2,051). Maka diperoleh Thitung (-1,648) < Ttabel (2,051) yang artinya bahwa Ho diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI kelas VIII di SMP Darul Ulum Pemalang.
Konsep Manajemen Pendidikan Islam di SMK Islam Randudongkal Najib Faqihuddin; Wahyudin
Al-Miskawaih Vol 1 No 2 (2020): Edisi Nopember 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.879 KB) | DOI: 10.58410/al-miskawaih.v1i2.337

Abstract

Pendidikan diperspektifkan bermacam versi oleh masyarakat. Ada yang memperspektifkan sebagai sebuah upaya pendewasaan rohani dan jasmani individu ataupun kelompok masyarakat. upaya pemindahan tradisi dan pelestarian dari satu generasi ke generasi lainnya, upaya pembekalan pengetahuan dan ketrampilan yang di butuhkan oleh masyarakat, upaya rekayasa sosial untuk merubah peradaban, pendidikan sebagai ukuran strata sosial, dan ada pula yang mengidentikkan pendidikan dengan sekolah dan atau belajar. Mengkaji tentang pendidikan Islam pasti tidak terlepas dari manajemen untuk menunjang proses berjalannya pendidikan. Menurut Tilaar mengartikan manajemen pendidikan sebagai suatu kegiatan yang mengimplikasikan adanya perencanaan atau rencana pendidikan serta kegiatan implementasinya. SMK Islam Randudongkal merupakan salah satu sekolah yang di observasi oleh peneliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep manajemen pendidikan Islam dan mendeskripsikan konsep manajemen pendidikan Islam di SMK Islam Randudongkal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik tersebut digunakan untuk mengetahui tentang konsep manajemen pendidikan Islam di SMK Islam Randudongkal. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMK Islam Randudongkal telah menerapkan konsep manajemen pendidikan Islam yang berbasis Islam. Konsep tersebut meliputi Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Staffing (Kepemimpinan Staff), dan Controlling (Pengontrolan).
Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Di MI Daarunnajah Nyamplungsari Laela Nur Alvishah; Anas; Hafiedh Hasan
Al-Miskawaih Vol 2 No 1 (2021): Edisi Mei 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.567 KB) | DOI: 10.58410/al-miskawaih.v2i1.338

Abstract

Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Kualitas suatu lembaga tergantung pada kepala sekola sebagai pemimpinnya. Maka kepala sekolah yang bertugas dapat memberikan bimbingan dan pengawassan kepada setiap guru yang bertugas dalam bidangnya masing-masing. Untuk menjalankan tugasnya dalam mengembangkan profesionalisme guru dan dapat mengembangkan kualitas pembelajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dan analisis yang bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Daarunnajah Nyamplungsari dan upaya apa saja yang dilakukan kepala sekolah dalam proses pengembangan profesionalisme guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Daarunnajah Nyamplungsari dilakukan melalui beberapa hal diantaranya kepala sekolah berperan sebagai educator, manajer, administrator, supervisor dan motivator. Sedangkan kondisi guru di MI Daarunnajah cukup bagus, serta selalu mengikuti berbagai pelatihan dan workshop. Adapun faktor pendukung kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru adalah adanya faktor dukungan dari latar belakang pendidikan guru yang baik dan kerjasama antar guru. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya sarana prasarana, serta tingkat kepedulian orang tua pada peserta didik.
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) Kepala Sekolah Dalam Pengambilan Keputusan Di SMK Islam Al-Khoiriyah Fifi Nur Himatus Sa'adah; Nisrokha; Akhmad Zaenul Ibad
Al-Miskawaih Vol 2 No 1 (2021): Edisi Mei 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.851 KB) | DOI: 10.58410/al-miskawaih.v2i1.339

Abstract

Kepala Sekolah dalam menjalankan tugasnya di dalam kegiatan penyelenggaraan pendidikan terdapat kegiatan yang disebut pengambilan keputusan menjadi efektif, faktor yang bisa membantu kepala sekolah dalam pengambilan keputusan adalah dengan adanya sistem informasi manajemen pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menggambarkan hasil yang diperoleh dilapangan, selain jenis penelitian penulis melakukan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi analisis yang bertujuan untuk mengetahui Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Kepala Sekolah dalam Pengambilan keputusan. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa sistem informasi manajemen pendidikan sudah cukup maksimal dan kepala sekolah dalam pengambilan keputusan dengan menggunakan SIMP sudah bagus dan maksimal. Adapun pasti ada kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah namun kepala sekolah sudah menanggulanginya dengan baik yakni terjun langsung ke subjeknya.
Penerapan Strategi Index Card Match Pada Pembelajaran Tema “Menuju Masyarakat Sejahtera” Kelas VI di MI Muhammadiyah Losari Eka Yuni Sularsih; Muammar
Al-Miskawaih Vol 1 No 2 (2020): Edisi Nopember 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.908 KB) | DOI: 10.58410/al-miskawaih.v1i2.340

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran tema Menuju Masyarakat Sejahtera kelas VI di MI Muhammadiyah Losari dengan menerapkan strategi index card match, dan menggambarkan serta menganalisis faktor penndukung dan penghamabat dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang melibatkan sumber data yaitu guru kelas VI, peserta didik kelas VI serta Kepala Madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pembelajaran tema Menuju Masyarakat Sejahtera kelas VI di MI Muhammadiyah Losari telah menggunakan strategi index card match. Adapun langkah yang dilakukan guru yaitu (a) membuat kartu sebanyak peserta dikelas termasuk guru, (b) membagi kartu menjadi dua bagian yaitu kartu pertanyaan dan jawaban, (c) menuliskan soal/pertanyaan sesuai dengan materi yang diajarkan, dan menulis jawaban sesuai pertanyaan dibagian kartu lainnya, (d) menggabungkan dan mengocok kartu pertanyaan dan jawaban, (e) membagikan kartu pada masing-masing peserta dan menjelaskan aturan permainannya, (f) meminta peserta berkeliling menemukan pasangan kartunya, (g) meminta masing-masing pasangan menempel kartu di papan tulis dan membacakannya, (h) guru mengkonfirmasi masing-masing pasangan kartu. Adapun faktor pendukung keberhasilan pelaksanaan strategi index card match, antara lain: (a) guru sudah menyiapakan secara matang rencana pembelajaran dengan strategi index card match, (b) guru berkontribusi penuh menyiapkan alat maupun media yang ada, (c) guru berperan aktif, (d) guru tanggap memberikan respon terhadap peserta didik yang membutuhkan bantuan, dan (e) peserta didik berperan aktif dengan berkeliling mencari pasangan kartu yang cocok. Sedangkan faktor penghambat yaitu (a) karakteristik peserta didik yang kurang percaya diri, (b) waktu yang diperlukan peserta didik dalam mengulas materi secara individu cenderung lebih lama.
Paradigma Essensialisme Dalam Pendidikan Islam Imam Faizin
Al-Miskawaih Vol 1 No 2 (2020): Edisi Nopember 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.495 KB) | DOI: 10.58410/al-miskawaih.v1i2.341

Abstract

Esensialisme adalah suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Aliran Esensialisme ini memandang bahwa pendidikan yang bertumpu pada dasar pandangan fleksibilitas dalam segala bentuk dapat menjadi sumber timbulnya pandangan yang berubah-ubah, mudah goyah, kurang terarah, tidak menentu dan kurang stabil. Esensialisme menghendaki pendidikan yang bersendikan atas nilai-nilai yang tinggi, yang hakiki kedudukannya dalam kebudayaan. Tujuan pendidikan adalah menyampaikan warisan budaya dan sejarah suatu inti pengetahuan yang telah terhimpun, yang telah bertahan sepanjang waktu dan dengan demikian adalah berharga untuk diketahui oleh semua orang. Pendidikan berpusat pada guru, ada keyakinan bahwa pelajar tidak betul-betul mengetahui apa yang diinginkan, dan mereka harus dipaksa belajar. Implikasi aliran esensialisme terhadap pengembangan kurikulum pendidikan Islam adalah: (a) Tujuan pembelajaran diarahkan pada upaya mempersiapkan anak didik untuk hidup atau menjalani kehidupan dalam lingkungan sosialnya; (b) Kurikulum berisi hal-hal yang bersifat mendasar yang ingin ditanamkan ke dalam diri peserta didik terutama nilai-nilai yang mereka anggap penting (esensial); (c) Strategi atau metode yang digunakan adalah pemberian contoh, keteladanan, pembiasaan, dan pendekatan persuasif; (d) Dalam segi evaluasi pembelajaran, ditekankan pada evaluasi acuan etik sebagai upaya mengukur internalisasi dari nilai-nilai keimanan dan kemanusiaan pada siswa dan sejauh mana implementasi dari nilai-nilai keimanan itu dalam ranah sosial.

Page 1 of 3 | Total Record : 30