cover
Contact Name
Nursidik
Contact Email
sidiq_nur81@yahoo.com
Phone
+6282235784440
Journal Mail Official
sidiq_nur81@yahoo.com
Editorial Address
Jl. DI Panjaitan Km.03 Paduraksa Pemalang
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Al -Athfal
Published by STIT Pemalang
ISSN : 27762203     EISSN : 2829999X     DOI : https://doi.org/10.58410/al-athfal
Core Subject : Education, Social,
Al-Athfal adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan dan pengembangan guru khususnya Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi PIAUD dan publikasi karya ilmiah dosen dan guru serta pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. Al-Athfal terbit pada Edisi Juni dan Desember setiap tahunnya, di mana masing-masing terbitan dimuat 5 (lima) artikel ilmiah.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Edisi Juni 2021" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI Nur Solihah; Imam Faizin
Al-Athfal Vol 2 No 1 (2021): Edisi Juni 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/al-athfal.v2i1.479

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kebiasaanberdisiplin yang ditanamkan pada anak di usia dini dapat mempengaruhi karakteranak dalam berbuat dan berprilaku. Dalam hal ini metode pembiasaan sangatefektif digunakan untuk membentuk karakter kedisiplinan pada anak usia dini di RA Al Khufadz Pegiringan Bantarbolang Pemalang.Pertanyaanpenelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasimetode pembiasaan dalam membentuk karakter kedisiplinan pada anak kelompokA di RA Al Khufadz Pegiringan Bantarbolang Pemalang ?, 2) Bagaimana hambatanimplementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter kedisiplinan padaanak kelompok A di RA Al Khufadz Pegiringan Bantarbolang Pemalang ?, 3)Bagaimana dampak implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakterdisiplin pada anak kelompok A di RA Al Khufadz Pegiringan Bantarbolang Pemalang ?Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif Deskriptif. Teknikpengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan paparan data hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa: 1) metode pembiasaan dalam pembentukan karakterkedisiplinan anak dapat dilakukan dengan a) pembiasaan baris berbaris sebelummasuk kelas, b) pembiasaan membaca do’a sebelum pembelajaran berlangsung, c)pembiasaan hafalan surat pendek, d) hafalan do’a sehari-hari, e) pembiasaan tertibdalam menunggu giliran, f) pembiasaan tertib dan mandiri saat makan, g)pemberian penghargaan (Reward) dan hukuman (Punishment), 2) Setiap prosesakan mengalami sebuah hambatan dalam mengimplementasikan metodepembiasaan untuk membentuk kedisiplinan anak seperti kurangnya dukungan dariorang tua dalam membiasakan anak di rumah, anak dalam proses masapembentukan, dan juga faktor libur sekolah, 3) perubahan yang terjadi dalamproses pembiasaan terlihat dari anak pada awal masuk sekolah hingga sekarangyang mengalami perkembangan dalam berdisiplin walaupun belum semua anakterlihat perubahannya.
PENERAPAN MEDIA LOOSE PART DALAM KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI Purnama Rozak
Al-Athfal Vol 2 No 1 (2021): Edisi Juni 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.61 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v2i1.535

Abstract

Mengenai pembelajaran media loose part yang perlu dikembangkan untuk menjadi suatu media bahan ajar yang dapat digunakan oleh anak usia dini. Media loose part ini dapat mengembangkan berbagai aspek, terutama dalam aspek motorik halu Dengan adanya media pembelajaran berbasis loose part ini dapat memudahkan anak dalam pencapaian perkembangan motorik halusnya. Media loose part merupakan salah satu media yang dapat disusun, dirangkai, digabungkan, dipindahkan dan yang lainnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran media loose part untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Metode penelitian yang bisa memfasilitasi untuk melakukan analisis ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan media loose part dalam pembelajaran di kelas sudah optimal untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini, karena media pembelajaran loose part ini merupakan media yang menyenangkan sehingga anak tidak mudah bosan serta dapat menciptakan sebuah karya hasil dirinya. Kesimpulannya, dengan adanya pembelajaran berbasis media loose part ini akan meningkatkan kreativitas serta motorik halus anak dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Media loose part juga karena bahan-bahannya mudah ditemukan di lingkungan sekitar anak, maka anak akan belajar untuk menghargai, mendaur ulang bahan-bahan yang ada di sekelilingnnya.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI RA SALAFIYAH KALIMAS KABUPATEN PEMALANG Siti Nur Siami
Al-Athfal Vol 2 No 1 (2021): Edisi Juni 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.748 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v2i1.537

Abstract

Pendekatakan kontekstual merupakan pendekatan yang dikembangkan dengan tujuan agar proses pembelajaran berjalan aktif, produktif dan memiliki makna dalam kehidupan siswa. Tidak hanya menekankan pada pengetahuan kognitif saja tetapi juga pada afektif dan psikomotorik. Namun masih terdapat beberapa siswa yang sulit memahami dan menerapkan materi yang disampaikan, Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di RA Salafiyah Kalimas banyak ditemukan bahwa kemampuan anak untuk berkreasi belum berkembang dengan maksimal, salah satu kegiatan ketika observasi anak sedang diberi kegiatan mewarnai, ketika memberi warna terdapat beberapa anak yang masih melihat hasil karya temannya dan memberi warna yang sama dengan teman sebangkunya sehingga warna yang digunakan menjadi sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstual pada siswa RA Salafiyah Kalimas Kabupaten Pemalang, faktor pendukung, faktor penghambat penerapan model pembelajaran kontektual pada siswa RA Salafiyah Kalimas Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari wawancara dan teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek berasal dari guru di RA Salafiyah Kalimas Kabupaten Pemalang dan Kepala Sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, Wawancara dan dokumentasi.Dari hasil analisis data pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstua l pada RA Salafiyah Kalimas Kabupaten Pemalang sudah berjalan dan dapat dikategorikan baik namun belum maksimal. Hal tersebut karena adanya penghambat dari diri siswa tersebut yaitu masih terdapat siswa yang bergantung kepada guru. Kata Kunci: Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual
MANAJEMEN FACEBOOK DALAM PROSES PENDIDIKAN Nursidik
Al-Athfal Vol 2 No 1 (2021): Edisi Juni 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.362 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v2i1.580

Abstract

Teknologi merupakan suatu kebutuhan bagi bangsa dan negara, pada saat ini ilmu teknologi semakin berkembang pesat, masyarakat di tuntut untuk ikut serta mengikuti arus globalisasi, salah satunya adalah layanan jejaring social, terutama Facebook. munculnya fenomena dan perkembangan zaman yang sedang booming diseantero jagad raya ini salah satunya perkembangan teknologi, perkembangan teknologi yang semakin canggih mampu menghipnotis seluruh manusia dari berbagai lapisan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai pada lansia (dewasa lanjut usia) hal ini menuntut orang tua dan seluruh pendidik di dalam maupun di luar sekolah untuk dapat memperhatikan dan mengawasi setiap gerak- gerik langkah anak didiknya, karena perkembangan teknologi yang sedang marak saat ini dapat mempengaruhi kondisi lingkungan dan prestasi belajar, sehingga perhatian dan pengawasan orang tua serta tenaga pendidik di dalam sekolah maupun di luar sekolah harus lebih waspada. Pada saat ini masyarakat Indonesia mengenal Facebook sebagai media pertemanan ternyata mampu membius warga Indonesia untuk berlomba-lomba dalam menguasai situs jejaring sosial ini. Akan tetapi pada saat sekarang banyak sekali kita temukan kejadian-kejadian yang kurang baik, kejadian kriminal yang disebabkan oleh Facebook, sering kita jumpai anak perempuan remaja di perkosa oleh temennya yang ia baru kenal lewat jejaring Facebook, pembegalan atau kejadian-kejadian kejahatan lain sebagainnya. Oleh sebab itu perlunya ada pengolahan yang benar berkaitan dengan jejaring sosial ini, jika digunakan kedalam hal yang sifatnya positif sebagai alat untuk proses pembelajaran maka hasilnya sangat bermanfaat untuk memperbanyak ilmu pengetahuan, atau sebaliknya digunakan untuk kesia-siaan atau hal-hal negatif maka hasilnya kurang baik atau buruk.
EVALUASI PENGELOLAAN KELAS DI TK AL IRSYAD PEMALANG Nisrokha
Al-Athfal Vol 2 No 1 (2021): Edisi Juni 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/al-athfal.v2i1.581

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dangan pendekatan induktif. [1] Pengumpulan data tidak dipandu oleh teori, tetapi dipandu oleh fakta-fakta yang ditemukan pada saat penelitian di lapangan. [2]Dalam penelitian ini, peneliti akan meneliti tentang evaluasi pengelolaan kelas di TK Al-Irsyad Pemalang. Bagaimana cara lembaga sekolah khususnya Taman Kanak-kanak (TK) mengevaluasi pengelolaan kelasnya. Penelitian ini menghasilkan Evaluasi pengelolaan kelas di TK Al-Irsyad Pemalang menggunakan model CIPP(Context, Input, Process, dan Product). Pada Context (konteks) peneliti menemukan beberapa hal yang berkaitan dengan cara pengelolaan kelas yang efektif sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar TK Al-Irsyad Pemalang. Peran guru dalam mengelola kelas diantaranya guru memulai pembelajaran dengan berdoa dahulu sehingga siswa bisa berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Input memiliki sumber daya manuasia yang mumpuni, Process (Proses) di TK Al-Irsyad Pemalang dalam pembelajrannya sudah menerapkan metode yang sangat baik sehingga anak-anak tidak cepat merasa bosan. Guru yang kreatif mampu mengatasi segala keluh dan kesah dari masing-masing peserta didik. Terkait dengan output sekolah dapat dijelaskan bahwa output sekolah dikatakan berkualitas atau bermutu tinggi jika prestasi sekolah khususnya prestasi belajar siswa menunjukkan pencapaian yang tinggi dalam prestasi peserta didiknya baik berupa prestasi akademik maupun non akademik. [1]Eko Sugiarto, Menyusun Proposal, Penelitian Kualitatif, Skripsi dan Tesis, Jogjakarta:Suaka Media, 2015, hlm.8. [2]Ibid, hlm. 9.

Page 1 of 1 | Total Record : 5