cover
Contact Name
Muhammad Irfan
Contact Email
jurnal@rafandhapress.com
Phone
+6282134877165
Journal Mail Official
jurnal@rafandhapress.com
Editorial Address
Gang Semar Sukoharjo Ngaglik Sleman
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pemantik
Published by Rafandha Press
ISSN : -     EISSN : 2962702     DOI : https://doi.org/10.56587/pemantik.v2i1
Jurnal Pemantik adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang mempublikasikan artikel dalam bidang: 1. pendidikan untuk masyarakat 2. teknologi dan informasi untuk masyarakat 3. implementasi TIK dalam berbagai bidang untuk kepentingan masyarakat luas 4. pelatihan untuk guru-guru, dosen, siswa, maupun masyarakat Jurnal Pemantik adalah jurnal akses terbuka akan terbit dua kali dalam setahun (Januari-Juni dan Juli-Desember).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SD NEGERI 2 BOBOTSARI Nur'aini Muhassanah; Indah Sulistiyawati; Asfi Aniuranti; Diah Arimbi
Jurnal Pemantik Vol. 1 No. 1 (2022): Januari-Juni
Publisher : Rafandha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (882.581 KB) | DOI: 10.56587/pemantik.v1i1.2

Abstract

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun proposal dan instrumen Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Secara umum, para guru masih kesulitan dalam menyusun proposal, intrumen dan melakukan penelitian di dalam kelas. Peserta pelatihan adalah guru SD Negeri 2 Bobotsari yang berjumlah 25 orang yang terbagi dalam 8 kelompok. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Service Learning yaitu metode pengabdian yang memberikan layanan kepada mitra, melalui pendampingan dalam menyelesaikan masalah. Pelatihan ini dijadwalkan dalam dua kegiatan. Untuk kegiatan pertama adalah penyampaian materi terkait dengan penyusunan proposal dan instrumen penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara luring sebanyak dua kali. Sedangkan kegiatan kedua adalah pendampingan terhadap peserta pelatihan dalam penyusunan proposal dan instrumen penelitian tindakan kelas yang dilaksankan secara daring melalui WA Group, Zoom, dan GMeet. Hasil dari kegiatan ini dalam bentuk luaran proposal dan instrumen penelitian, dimana 37.5% peserta dapat menghasilkan proposal PTK, 37.5% dapat menghasilkan proposal dan instrumen PTK, dan 25% peserta belum dapat menyelesaikan luaran kegiatan berupa proposal dan instrumen PTK. Dari 6 proposal PTK yang menjadi luaran dalam kegiatan ini mendapatkan penilaian dengan kriteria baik sebanyak 5 proposal dan kriteria sangat baik sebanyak 1 proposal.
KONSUMSI GARAM BERYODIUM SEBAGAI UPAYA PREVENTIF PENYAKIT GAKY DI MASYARAKAT Indah Sulistiyawati; Nur Laila Rahayu; Muhammad Falah; Wahyu Maulana Endris
Jurnal Pemantik Vol. 1 No. 1 (2022): Januari-Juni
Publisher : Rafandha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (935.63 KB) | DOI: 10.56587/pemantik.v1i1.5

Abstract

Ganguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) merupakan salah satu masalah gizi utama di Indonesia. Yodium (iodine) merupakan mineral zat gizi mikro yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil tetapi penting. Kekurangan yodium mempengaruhi kualitas sumber daya manusia mulai dari keguguran, hipotiroid, dan hambatan tumbuh kembang termasuk perkembangan otak sehingga berpotensi penurunan kecerdasan. GAKY dapat mempengaruhi kelangsungan hidup dan aspek kehidupan yang meliputi perkembangan kecerdasan, perkembangan sosial, dan perkembangan ekonomi. Persamalahan yang muncul saat ini masyarakat belum memahami pentingnya konsumsi yodium dan fungsinya bagi kehidupan sehingga diperlukan solusi berupa usaha preventif untuk mencegah GAKY. Tujuan artikel ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya GAKY serta peranan mengkonsumsi garam yodium. Metode yang dilakukan dengan penyuluhan dan pendampingan kepada PKK dalam memilih garam yodium dengan melakukan tes garam yodium. Hasil yang telah dicapai dalam pengabdian yaitu tercapainya peningkatan pengetahuan tentang garam yodium apada target sasaran ibu PKK, dengan adanya pemahaman dan kemampuan dalam memilih dan membedakan garam yodium.
PENGENALAN KONSEP LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK Pika Merliza; Selvi Loviana; Nugroho Noto Priatmajo; Dita Faradila Yusi; Henry Kurniawan
Jurnal Pemantik Vol. 1 No. 1 (2022): Januari-Juni
Publisher : Rafandha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1284.054 KB) | DOI: 10.56587/pemantik.v1i1.8

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mengenalkan konsep luas dan keliling bangun datar yang terdapat pada aktivitas permainan tradisional engklek. Kegiatan disusun dalam bentuk aktivitas permainan. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dalam beberapa tahap diantara, tahap pendahuluan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahwa anak-anak baru menyadari koneksi dari konsep bangun datar pada permainan engklek, bangun yang digunakan sebagai petak dalam permainan engklek yang terdiri dari bangun persegi, persegi panjang dan setengah lingkaran. Selain itu, anak-anak menunjukkan respon positif berupa antusiasme dalam melakukan aktivitas permainan serta perhitungan luas dan keliling dari petak engklek yang dimainkan.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN UNIT USAHA DALAM MELATIH KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PROVINSI RIAU Fahrina Yustiasari Liriwati; Abdul Syahid; Mulyadi Mulyadi; M. Ilyas; Kafrawi Kafrawi
Jurnal Pemantik Vol. 1 No. 1 (2022): Januari-Juni
Publisher : Rafandha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (982.462 KB) | DOI: 10.56587/pemantik.v1i1.26

Abstract

Tujuan dari kegiatan pendampingan ini adalah untuk melatih  kemandirian santri di pondok pesantren Al-Amin dilakukan dengan berbagai macam kegiatan, dimana kegiatan tersebut, diyakini dapat menumbuhkan dinamika kehidupan santri yang tinggi, membentuk kepribadian santri yang militansi, menimbulkan kreatifitas dan produktivitas santri, serta menimbulkan etos kerja santri yang tinggi. Dalam meningkatkan kemandirian santri di pondok pesantren Al-Amin dilakukan dengan kegiatan pelatihan, dimana kegiatan tersebut, diyakini dapat menumbuhkan dinamika kehidupan santri yang tinggi, membentuk kepribadian santri yang militansi, menimbulkan kreatifitas dan produktivitas santri, serta menimbulkan etos kerja santri yang tinggi. Pelaksanaan Kegiatan pelatihan dan pendampingan unit usaha dalam melatih kemandirian santri di pondok pesantren al-amin dumai sebagai upaya dalam penguatan berwirausaha bagi santri. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pelatihan di dalam ruangan dan simulasi kegiatan kewirausahaan yang didampingi oleh tim pengabdian dan diikuti oleh 40 santri. Hasil pelaksanaan pelatihan kewirausahaan santri terlihat dari adaya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para santri tersebut. Keterampilan yang sudah didapatkan santri di Pondok Pesantren Al-Amin  tersebut bisa dijadikan modal bagi para santri untuk mencari pekerjaan atau mendirikan usaha. Meskipun usaha-usaha ekonomi yang dikembangkan dan dikelola oleh pondok pesantren Al-Amin tidak seluruhnya melibatkan santri tetapi secara tidak langsung memberikan pelajaran dan pengetahuan kepada santri-santri bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada, baik dari sumber daya dari lingkungan pesantren maupun sumber daya manusia yang terlibat dalam pesantren baik pengelola, pembina, guru, maupun santri sendiri. Dengan memanfaatkan sumber-sumber daya yang ada maka kita dapat memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada seperti ketika pengelola mempunyai lahan yang cukup luas maka pengelola dapat membuka peluang usaha seperti Budidaya jamur Tiram.  
RANCANGAN PENYULUHAN TENTANG EFISIENSI PEMASARAN DAGING SAPI DI PASAR TRADISIONAL KOTA PROBOLINGGO Arief Reza Wahyudi; Novita Dewi Kristanti; Hananik Prasetyo
Jurnal Pemantik Vol. 1 No. 1 (2022): Januari-Juni
Publisher : Rafandha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.685 KB) | DOI: 10.56587/pemantik.v1i1.28

Abstract

This study aims to compile the Design of Counseling on the Efficiency of Beef Marketing Channels in the Traditional Markets of Probolinggo City. The study method uses descriptive quantitative methods. The population in this study were traditional markets, slaughterhouses and livestock groups in the city of Probolinggo. Determination of the sample using snowball sampling technique and purposive sampling. The results of the study show that there are 4 marketing channels in the traditional markets of the city of Probolinggo, namely (1) Farmers - Butchers - Consumers, (2) Farmers - Butchers - Retailers - Consumers, (3) Cattle Traders (Belantik) - Butchers Entrepreneurs - Consumers, (4) Cattle (Belantik) Traders - Butchers - Retailers - Consumers. The four channels have been efficient based on the calculation of farmer's share, the first channel is the most efficient channel with a farmers share value of 54.87%. Every 1 increase in the number of marketing agencies will increase the marketing margin by Rp. 10,097,979. Every 1% increase in the efficiency of the marketing channel will increase the margin of the marketing channel by Rp. 1,411,984. The extension design was based on the material from the study results using a media folder with the lecture and discussion method in the Bango Jaya cattle group. The results of the evaluation of outreach activities on farmer attitudes which consist of Receiving, Responding, Assessing, Organizing, and Characteristics based on the values classified as positive or showing a good attitude with a percentage of 100%.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL GURU SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTABUMI DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN Purna Bayu Nugroho; Khusnul Khotimah; Feby Musti Ariska; Darwanto
Jurnal Pemantik Vol. 2 No. 1 (2023): Januari - Juni
Publisher : Rafandha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1060.25 KB) | DOI: 10.56587/pemantik.v2i1.31

Abstract

An educator needs to continue to develop their potential in order to support improving the quality of students in schools. One of the self-potential development activities is to participate in training activities and the development of learning videos. This activity is carried out with the aim of providing experience to teachers in training activities and assisting in making learning videos. The participants in this activity were all teachers at SMP Muhammadiyah 1 Kotabumi, North Lampung. The implementation of this activity is carried out in three stages, namely planning, implementation and evaluation. At the planning stage, the team conducts cooperation, conducts preliminary studies, and develops concepts. At the implementation stage, the team conducted training and mentoring for teachers about making learning videos. At the evaluation stage, the team evaluates the series of activities that have been carried out by conducting interviews with training participants and mentoring. This service activity was carried out from 03 August 2021 to 28 September 2021. The results of this activity were obtained in the form of 3 (three) learning videos
SOSIALISASI PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS CORONA PADA MASYARAKAT DESA TINDALUN, KABUPATEN ENREKANG Annisa Paramaswary Aslam; Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin; M Taslim Dangnga; Rahmat Riwayat Abadi
Jurnal Pemantik Vol. 1 No. 2 (2022): Juli-Desember
Publisher : Rafandha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.263 KB) | DOI: 10.56587/pemantik.v1i2.33

Abstract

Sasaran peserta yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan warga masyarakat Desa Tindalun, Kabupaten Enrekang. Para peserta mengikuti kegiatan edukasi dan sosialisasi penyuluhan terkait pencegahan penyebaran virus Corona. Dengan kegiatan ini, para peserta diharapkan mengikutinya secara antusias dan penuh perhatian. Selain itu para peserta juga diharapkan berpartisipasi dalam proses dialog yang dilakukan oleh tim pengabdi. Metode yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi ini antara lain yaitu kegiatan pendampingan, penyuluhan, dan pelatihan. Dari kegiatan ini setiap peserta mengetahui langkah-langkah yang harus mereka lakukan terkait protokol kesehatan guna meminimalisir dan mencegah penyebaran virus Corona di Desa Tindalun.
PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK MAHASIWA CALON GURU MATEMATIKA DI UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA PASURUAN Andika Setyo Budi Lestari Lestari; Nonik Indrawatiningsih
Jurnal Pemantik Vol. 1 No. 2 (2022): Juli-Desember
Publisher : Rafandha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.965 KB) | DOI: 10.56587/pemantik.v1i2.35

Abstract

Karya ilmiah merupakan salah satu wujud nyata kemampuan literasi yang dimiliki oleh mahasiswa. Karya ilmiah mahasiswa secara umum berupa tugas akhir atau skripsi. Berdasarkan temuan ketika melakukan pembimbingan skripsi sebagian mahasiswa masih memiliki kualitas yang rendah dalam hal penulisan skripsi. Hal ini nampak dari sumber rujukan yang digunakan, beberapa mahasiswa masih copy paste dari penelitian yang sebelumnya. Cara penulisan rujukan mahasiswa sebagian besar masih secara manual. Judul-judul penelitian yang digunakan oleh mahasiswa cenderung sama dengan penelitian sebelumnya hanya mengubah subjek penelitiannya saja. Oleh karena itu diperlukan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah untuk mahasiswa calon guru di Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan. Hasil dari kegiatan pengabdian berupa pelatihan penulisan karya ilmiah untuk mahasiswa calon guru di Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan adalah mahasiswa mampu menuliskan rujukan dan memunculkan ide judul penelitian. Kegiatan pelatihan penulisan Karya Ilmiah untuk calon guru Matematika di Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan dapat disimpulkan berhasil. Hal ini ditunjukkan oleh antusiasnya peserta pelatihan yang diikuti oleh 95% persen mahasiswa calon guru matematika di Universitas PGRI Wiranegara. Selain itu beberpa mahasiswa yang bergabung dalam LRM (Lembaga Riset Mahasiswa) telah mengikuti lomba tingkat Nasional dan berhasil lolos.
E EFEKTIFITAS METODE PEMBIASAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAKSANAAN SHALAT DHUHA SISWA SD NEGERI 3 GADUNGAN KECAMATAN PUNCU, KABUPATEN KEDIRI I Gede Ali Putra Ali; Mashuri Huri; Zuraidah Zuraidah
Jurnal Pemantik Vol. 1 No. 1 (2022): Januari-Juni
Publisher : Rafandha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.279 KB) | DOI: 10.56587/pemantik.v1i1.37

Abstract

Ibadah sholat dhuha merupakan sholat sunah yang di laksanakan pada waktu pagi hari mulai dari terbitnya matahari sampai masuk waktu sholat dhuhur. Di SD Negeri 3 Gadungan ibadah sholat dhuha diajarkan pada saat jam pelajaran pendidikan agama islam (PAI) namun siswa-siswi kurang menguasai lafadz bacaan sholat dhuha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengedukasi siswa SD Negeri 3 Gadungan kelas 5 dan kelas 6 agar memiliki kemampuan dan pemahaman mengenai sholat dhuha baik lafadz bacaan maupun tata cara sholat dhuha yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode PAR yang dilakukan dengan tahapan-tahapan: Identifikasi masalah yang dilakukan sebagai langkah awal untuk merumuskan apa saja yang akan dijadikan bahan untuk perencanaan sistem dan materi dalam mengedukasi dalam kegiatan pengabdian ini. Melakukan survei SDN 3 Gadungan tempat dilaksanakannnya kegiatan. Kemudian melakukan proses wawancara dan diskusi dengan Bapak Guru SDN 3 Gadungan untuk identifikasi permasalahan. Pengimplementasian dari solusi atau ide dilaksanakan pada tanggal (19 Juli sampai dengan 26 Juli 2022) berupa melakukan edukasi kepada siswa kelas 5 dan kelas 6. Hasil yang diperoleh dari pengabdian di SD Negeri 3 Gadungan yaitu siswa-siswi menguasai lafadz bacaan sholat dhuha dan juga mampu melaksanakan sholat dhuha dengan baik. Dengan menggunakan metode pembiasaan tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa-siswi untuk menghafal lafadz bacaan sholat dhuha.
GERAKAN MENABUNG SEJAK DINI MI AL MUNIR DUSUN KAPASAN, DESA GADUNGAN vinca raissa; Iin Irnaini Mafazah
Jurnal Pemantik Vol. 1 No. 1 (2022): Januari-Juni
Publisher : Rafandha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.833 KB)

Abstract

Menabung adalah salah satu bentuk pengelolaan keuangan yang penting dilakukan sejak dini. Dengan kegiatan menabung, anak dibiasakan untuk menyisihkan sebagian uang jajannya. Tabungan ini nantinya dapat digunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat, antara lain untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Selain itu kegiatan menabung yang telah dilaksanakan sejak dini dapat mengurangi tingkat putus sekolah yang disebabkan ketidak tersediaannya biaya sekolah. Tujuan sosialisasi menabung sejak dini pada siswa kelas 5 MI Al Munir adalah untuk mengajarkan siswa menabung dan meningkatkan minat siswa dalam kegiatan menabung. Metode yang digunakan pada program sosialisasi ini adalah metode PAR, yang dimulai dari koordinasi dengan pihak sekolah, persiapan pembuatan media menabung, pelaksanaan sosialisasi, dan simulasi menabung bagi siswa. Selain memberikan materi tentang arti menabung, siswa diajak untuk mempraktikkan kegiatan menabung tersebut kedalam media yang telah disiapkan sebelumnya. Hasil dari sosialisasi ini adalah dapat menumbuhkan minat siswa kelas 5 MI Al Munir dalam menabung, memberikan pengetahuan tentang arti penting menabung, makna uang, dan mengajarkan siswa untuk hidup hemat. Selain itu dapat menumbuhkan kebiasaan menabung pada siswa kelas 5 MI Al Munir Dusun Kapasan, Desa Gadungan.

Page 1 of 3 | Total Record : 30