cover
Contact Name
Sofyan Tubagus
Contact Email
sofyan.tubagus@iain-manado.ac.id
Phone
+6281524517754
Journal Mail Official
maqrizi@iain-manado.ac.id
Editorial Address
Jl. Dr. H. Sarundajang Kawasan Ringroad, Kota Manado, Sulawesi Utara 95000
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Maqrizi : Journal of Economics and Islamic Economics
ISSN : 2809073X     EISSN : 28084535     DOI : https://doi.org/10.30984/maqrizi
Maqrizi : Journal of Economics and Islamic Economics seeks to publish high quality, scholarly empirical research articles in management, strategic management, organization, entrepreneurship, operations management, human resource management, business and organization topics that test, extend, or build theory and contribute to management and organization practice. Maqrizi strives to serve as a major vehicle for the exchange of ideas and research among management scholars within or interested. Maqrizi is an open access journal that is published Study Program of Islamic Economics, Faculty of Islamic Economics and Business, Manado State Institute of Islamic Studies.
Articles 30 Documents
Analisis Tingkat Pelayanan Dan Promosi Terhadap Peningkatan Omset Rumah Makan Dabu-Dabu Jembatan Soekarno Kelurahan Sindulang I Kecamatan Tuminting Kota Manado Sjamsuddin A.K. Antuli; Kaharudin Ilam
Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics Vol 1 No 1 (2021): MAQRIZI: JOURNAL OF ECONOMICS AND ISLAMIC ECONOMICS
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (41.595 KB) | DOI: 10.30984/maqrizi.v1i1.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi tingkat pelayanan rumah makan Dabu-Dabu Jembatan Soekarno Kelurahan Sindulang Kecamatan Tuminting Kota Manado terhadap peningkatan omset Rumah Makan. Jenis penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian. Pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap omset penjualan pada Rumah Makan Dabu-Dabu Jembatan Soekarno.
Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Kemasan Aqua Pada Masyarakat Lingkungan IV Di Kelurahan Malendeng Fitria Ayu Lestari Niu; Mutiara Mokodompit
Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics Vol 1 No 1 (2021): MAQRIZI: JOURNAL OF ECONOMICS AND ISLAMIC ECONOMICS
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (980.421 KB) | DOI: 10.30984/maqrizi.v1i1.31

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian air mineral dalam kemasan di Kota Manado desa Perkamil, Kelurahan Malendeng Lingkungan IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan survey. Pada penelititian ini pada proses pengolahan data perhitungannya dibuat dengan bantuan program SPPS (Statistic Product and Service Solution) versi 16. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa semakin tinggi kualitas produk air kemasan aqua semakin tinggi pula tingkat keputusan pembelian, begitu juga sebaliknya. Maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti signifikan. Jadi dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian air kemasan aqua pada masyarakat lingkungan IV di kelurahan Malendeng.
Preferensi Konsumen Terhadap Minat Dan Kepuasan Minum Kopi (Studi Kasus Cafe Quba Kitchen Manado) Sofyan Tubagus; Nabil Helmi Tahir
Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics Vol 1 No 1 (2021): MAQRIZI: JOURNAL OF ECONOMICS AND ISLAMIC ECONOMICS
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.316 KB) | DOI: 10.30984/maqrizi.v1i1.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik dan perilaku dari kelompok Konsumen yang datang di Cafe Quba Kitchen, serta analisis hubungan keterkaitan antara faktor yang menentukan preferensi Konsumen terhadap produk dan jasa Cafe Quba Kitchen. Penelitian dilakukan di kota Manado dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar pengunjung atau konsumen kedai ini adalah wirawasta dengan presentase sebesar 58,33%. Tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan pelayanan Kedai Quba Café masuk kedalam kategori baik dengan presentase sebesar 64,64% Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen merasa puas dengan produk dan pelayanan Kedai Quba Café. Tingkat loyalitas konsumen terhadap produk dan pelayanan Kedai Quba Café sejalan dengan tingkat kepuasannya dengan jawaban presentase sebesar 66,67% atau berada pada kategori baik. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen loyal dengan produk dan pelayanan Kedai Quba Café.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Konveksi Di Shoping Center Manado Nur Kurniasi Madiu
Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics Vol 1 No 1 (2021): MAQRIZI: JOURNAL OF ECONOMICS AND ISLAMIC ECONOMICS
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (822.397 KB) | DOI: 10.30984/maqrizi.v1i1.36

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan pengusaha konveksi di Shoping Center Manado. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan pencarian gambaran dan data deskriptif di lingkungan Shopping Center Manado yang dijadikan obyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, ditemukan beberapa faktor yang mempengaruhi pendapatan pengusaha konveksi di Shoping Center Manado yaitu : Faktor modal usaha, lama usaha, tenaga kerja yang digunakan, Pendidikan dan faktor lokasi penjualan.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Harlashop Desa Sondana Dusun Iv Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Ridwan Tabe; Ramla Lalu
Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics Vol 1 No 1 (2021): MAQRIZI: JOURNAL OF ECONOMICS AND ISLAMIC ECONOMICS
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.405 KB) | DOI: 10.30984/maqrizi.v1i1.37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan di Harlashop Desa Sondana, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggan HarlaShop Desa Sondana sejumlah 400 responden. Namun yang dijadikan sebagai sampel masyarakat dusun IV desa Sondana sebesar 80 responden. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, setelah dilakukan pengolahan data terdapat persamaan analisis regresi linier sederhana Y= 16,539 + 0,097X. Dan mempunyai pengaruh antara bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan di HarlaShop. Hal ini ditunjukan bahwa nilai t hitung > t tabel diketahui : 2,081 > 1.66437 sedangkan besarnya signifikansi 0,041 lebih kecil dari 0,05 berarti berpengaruh secara positif. Besarnya pengaruh R Square adalah 0,053. Yang artinya variabel bauran pemasaran mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan adalah 5,3%.
Mengkaji Relevansi Etika Pemasaran Syariah Di Era Marketing Digital Youlanda Hasan
Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics Vol 1 No 1 (2021): MAQRIZI: JOURNAL OF ECONOMICS AND ISLAMIC ECONOMICS
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.59 KB) | DOI: 10.30984/maqrizi.v1i1.38

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuat persaingan dalam memasarkan produk juga menjadi semakin sengit. Praktik marketing terus berubah dan semakin variatif, akan tetapi berbagai perubahan ini sering kali tidak memikirkan etika maupun norma yang berlaku di masyarakat. Perilaku konsumen juga mengalami perubahan dimana kegiatan berbelanja secara online kian marak dilakukan sehingga semakin banyak pula yang konsumen merasa tertipu ketika barang yang dibeli tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan dalam platform jual beli yang digunakan. Menariknya, kegiatan jual beli dengan resiko penipuan seperti ini tetap dijalani oleh konsumen, dengan jargon “Do Your Own Research” dimana tertipu adalah kesalahan konsumen yang kurang dalam melakukan riset terhadap toko online yang dipilihnya. Terdapat kebiasan penjual untuk menggunakan gambar yang tidak sesuai dengan produk yang dijualnya ataupun menggunakan manipulasi digital terhadap gambar produk untuk memperindah tampilan walaupun tidak sesuai dengan kondisi aslinya. Dalam perspektif Islam, kegiatan marketing haruslah tetap berpegang pada nilai-nilai syariah guna melindungi kepentingan konsumen baik sebelum maupun setelah melakukan keputusan pembelian. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji relevansi etika Pemasaran Syariah ditengah maraknya praktik marketing digital konvensional, penulis menggunakan model penelitian library research dipadukan dengan content analysis agar dapat memberikan perspektif ilmiah dan lebih komprehensif bagi pemasar maupun konsumen muslim dalam melakukan kegiatan jual beli dikemudian hari.
Pengaruh Kebijakan Program Keluarga Harapan Terhadap Penanggulangan Kemiskinan Di Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa Munawwarah Sahib
Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics Vol 1 No 2 (2021): MAQRIZI: JOURNAL OF ECONOMICS AND ISLAMIC ECONOMICS
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (910.498 KB) | DOI: 10.30984/maqrizi.v1i2.121

Abstract

This study discusses the Family Hope Program and its impact on poverty reduction in Bajeng District, Gowa Regency. This research was conducted with the aim of knowing the implementation of the Family Hope Program in Bajeng District of Gowa Regency and to find out whether the Family Hope Program has an effect on Poverty Reduction in Bajeng District of Gowa Regency. The type of research used in this research is descriptive quantitative in order to reveal facts related to the Family Hope Program and its effect on poverty reduction in the Bajeng district. The population in this study were all participants of the Family Hope Program in Bajeng distric. To measure the opinion of respondents through a questionnaire regarding the events and symptoms they experienced, the researchers used ascale technique Likert. The results showed that the implementation of the Family Hope Program (PKH) in Bajeng distric of, Gowa regency went very well. This is indicated by the average score obtained from the question items of 224 or 82.6% which indicates that the Family Hope Program in its implementation occupies the very high/very good category. This study also shows that PKH has a positive and significant effect on poverty reduction, which is 38.4% while the rest is explained by other factors. The implications of this research are that it is hoped that with the Hope Family Program, poor families can increasingly realize the importance of education and health so that no more children drop out of school because their parents are unable to meet their school needs, and it is hoped that all elements related to the implementation of the Family Hope Program can carry out their duties properly and responsibly so that the objectives of the policy can be achieved and it is also hoped that there will be data collection for prospective PKH participants which is carried out according to procedures and by prioritizing the interests of the poor in order to create justice for all Indonesian people and the Family Hope Program can truly right on target.
The Role Of Islamic Economic System In Tackling Various Economic Issues Telsy Fratama Dewi Samad
Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics Vol 1 No 2 (2021): MAQRIZI: JOURNAL OF ECONOMICS AND ISLAMIC ECONOMICS
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.545 KB) | DOI: 10.30984/maqrizi.v1i2.122

Abstract

As a religion, Islam is not solely taught muslims how to worship Allah, perform Hajj, fulfill sunnah and Ramadhan fasting, etcetera. However, it also provides guidance through Al-Qur’an and sunnah how to deal with the life activity, in discourse, particularly economic matters. Nowadays, Islamic economic becomes one of economic systems in entire sphere, this paper aims to reveal the essential things concerning the role of Islamic economic system in fetching the goals of welfare economy. This paper used a qualitative method with a descriptive approach. The result found that by implementing the Islamic economic principles, accordingly the natural resources management will be far better than management nowadays, create equilibrium, boosting the empowerment economy nationally by the implementation of distributive just, prevent inequality and can be integrated in comprehensive economic system because each things regarding to the life of human being as well as to the science has been elucidated in Al-Qur’an and Sunnah which performed by Prophet Muhammad, as the foundation of Islamic economic thought that possess boarder insight encompass all economic aspects. It can be concluded that by the implementation of Islamic economic principles in managing the economy of society, accordingly will lead to welfare to humanity
Optimalisasi Pemberdayaan Kemaslahatan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) (Studi Penelitian Terhadap UMKM Keripik Singkong di Desa Nanggerang, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor) Awang Darmawan Putra; Rina Desiana
Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics Vol 1 No 2 (2021): MAQRIZI: JOURNAL OF ECONOMICS AND ISLAMIC ECONOMICS
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1027.931 KB) | DOI: 10.30984/maqrizi.v1i2.124

Abstract

In facing the current global economic era, the government should pay special attention, especially to empowering superior Human Resources (HR). The presence of BUMDes in the form of micro, small, and medium enterprises are a medium for the community to develop their economy, and every muamalah that is carried out should be in accordance with the purpose of benefit, namely the benefit of the community's economy. This study analyzes the optimization of the empowerment of the economic benefits of rural communities through BUMDes. The methodology of this research is qualitative with a descriptive approach. This research design uses primary and secondary data. The results showed that the aspects of Hifz al-Din, Hifz al-Nasl, and Hifz al-Mal had been achieved. The aspect of Hifz al-Nafz has not been achieved and while Hifz al-'Aql has not been fully fulfilled. The advice obtained from the results of the research to the Nanggerang Village apparatus is to be able to build awareness of the community about the importance of an education even though it is non-formal education, such as training in entrepreneurial development, because by increasing the knowledge of creativity in entrepreneurship, it is universally possible to improve the community's economy much better.
Filsafat Ekonomi Aristoteles (Sebuah Kajian Ontologi Realisme Kritis) Reza Adeputra Tohis
Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics Vol 1 No 2 (2021): MAQRIZI: JOURNAL OF ECONOMICS AND ISLAMIC ECONOMICS
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.94 KB) | DOI: 10.30984/maqrizi.v1i2.125

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pemikiran Aristoteles mengenai ekonomi yang diletakan dalam bingkai filsafat. Sehingganya ini adalah penelitian filsafat, jelasnya filsafat ekonomi Aristoteles. Dikatakan demikian karena aspek utama yang hendak diungkap dalam pemikiran Aristoteles adalah syarat-syarat keberadaan ekonomi yang merupakan problem ontologis dalam filsafat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi historis-faktual mengenai tokoh. Serta menggunakan Ontologi realisme kritis sebagai pendekatan analisis. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa syarat keberadaan ekonomi adalah kesetaran substratum. Karena hanya dengan adanya kesetaraan substratum, maka ada pertukaran yang tidak lain adalah syarat keberadaan ekonomi itu sendiri.

Page 1 of 3 | Total Record : 30