cover
Contact Name
Dini Rohmayani
Contact Email
dinirohmayani@poltektedc.ac.id
Phone
+6281313217486
Journal Mail Official
jiee-iftedc@poltektedc.ac.id
Editorial Address
Jalan Pesantren KM.2 Cibabat Cimahi Utara Kota Cimahi 40513
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Informatics and Electronics Engineering (JIEE)
Published by Politeknik TEDC
ISSN : -     EISSN : 27981177     DOI : -
Jurnal ini di terbitkan oleh Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik TEDC Bandung, berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis di bidang Teknik Informatika dan Elektronika. Ruang lingkup pada jurnal ini: mengenai Digital Signal Processing, Human Computer Interaction, IT Governance, Networking Technology, Optical Communication Technology, New Media Technology, Information Search Engine, Multimedia, Computer Vision, Information Retrieval, Intelligent System, Data Mining, Distributed Computing System, Mobile Processing, Computer Network Security, Natural Language Processing, Business Process, Cognitive Systems, Software Engineering, Programming Methodology and Paradigm, Data Engineering, Information Management, Knowledge Based Management System, Game Technology, Augmented Reality, Virtual Reality, Internet of Thing, Electronics Engineering.
Articles 28 Documents
Analisis Akuisisi Data pada Sistem SCADA Pengaturan Tekanan Udara Reni Listiana; Alvian Febrianto
Journal of Informatics and Electronics Engineering Vol 2 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik TEDC Bandung Jl. Pesantren Km 2 Cibabat Cimahi Utara – Cimahi 40513 Jawa Barat – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.636 KB)

Abstract

SCADA (Supervisory Control And Data Acquisiton) adalah sistem berbasis komputer yang dapat melakukan pengawasan, pengendalian dan akuisisi data terhadap suatu proses secara real time. SCADA (Supervisory Control And Data Acquisiton) adalah sistem berbasis komputer yang dapat melakukan pengawasan, pengendalian dan akuisisi data terhadap suatu proses secara real time. Oleh sebab itu penulis melakukan Analisis Akuisisi Data. Pada Sistem Scada Pengaturan Tekanan Udara. Proses akusisi data dapat dilakukan dengan melihat nilai sensor yang ada pada HMI dan yang terpasang pada sensor. Fisis obyek dalam Analisa ini yaitu tekanan, Sensor akan membaca nilai tekanan dan tranducer akan mengubah data sensor menjadi satuan listrik, Pengondisian sinyal akan dilakukan di dalam PLC, Sinyal yang masuk dalam bentuk analog dan dikonversikan ke dalam digital melalui ADC yang ada di PLC, Selanjutnya nilai digital yang sudah di PLC dimanipulasi untuk menghasilkan nilai psi dan bar lalu ditampilkan di display. Pada hasil Analisa sensor memunjukkan nilai tekanan sesuai dengan hasil perhitungan sehingga akusisi data pada plant berhasil. Elemen-elemen SCADA dalam proses akusisi data bekerja dengan baik dilihat pada saat sensor mengirmkan data pada PLC diolah dan dimanipulasi sehingga dapat menggerakkan actuator pada plant. Temuan yang dihasilkan pada analisa akuisisi data pada sistem scada pengaturan tekanan udara adalah proses akusisi data dan elemet-element pada scada bekerja dengan baik, Sensor Tekanan bekerja dengan baik sehingga menghasilkan nilai yang sesuai dari set point yang dibaca sensor dan yang ditampilkan pada HMI. Pengujian sensor tekanan dilakukan sebanyak 5 kali dengan set point yang berbeda beda yaitu 5 psi, 10 psi, 12 psi, 15 psi, dan 20 psi, dalam pengujian pada saat set point 20 psi tekanan angin yang dapat terbaca hanya 18,96 psi ini terjadi karena supplay udara dari main tidak maksimal masuk ke dalam tangki. Sehingga pada saat pengujian tidak dapat menguji nilai sensor secara maksimal.
Aplikasi Pelayanan Desa Berbasis Web Di Desa Marengmang Kabupaten Subang Dadan Saepul Ramdan; Kabul Jatnika Abin
Journal of Informatics and Electronics Engineering Vol 1 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik TEDC Bandung Jl. Pesantren Km 2 Cibabat Cimahi Utara – Cimahi 40513 Jawa Barat – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.99 KB)

Abstract

Pelayanan Desa menggambarkan identitas Desa itu sendiri karena pelayanan sangat di perlukan oleh penduduk. Selama ini sistem pelayanan pembuatan surat di kantor Desa Marengmang menggunakan pelayanan dalam bentuk sistem manual, pelayanan dilakukan oleh seorang petugas. Beberapa permasalahan yang dihadapi dari sistem pelayanan ini seperti sulit dan lambat dalam proses pengajuan usulan surat baru, surat izin dan surat keterangan. Sementara masyarakat menginginkan pelayanan yang ramah, cepat dan efektif. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut telah dibuat Sistem Informasi Pelayanan Desa Marengmang Berbasis Web. Dalam penelitian ini metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode Waterfall. Sistem informasi ini dibuat dengan menggunakan framework Laravel dan MySQL sebagai tempat penyimpanan datanya. Sistem Informasi Pelayanan Desa dapat dijadikan solusi untuk memberikan layanan yang efektif dan cepat kepada penduduk. Pada sistem informasi pelayanan desa ini penduduk dapat mengakses layanan seperti membuat surat keterangan dan surat pengantar untuk berbagai keperluan dengan cara memasukkan atau mengetik Nama Lengkap dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke sistem informasi pelayanan Desa Marengmang jika data ditemukan masyarakat bisa langsung melakukan layanan yang diinginkan. Hasilnya dari aplikasi berupa surat keterangan atau surat pengantar. Dari hasil pengujian dengan menggunakan User Acceptance Test (UAT) sistem informasi pelayanan desa mendapatkan hasil yang baik dengan presentase 86%.
MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN REPTIL (STUDI KASUS SDN CIBABAT 5) Novita Lestari Anggreini; Riski Risman
Journal of Informatics and Electronics Engineering Vol 2 No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik TEDC Bandung Jl. Pesantren Km 2 Cibabat Cimahi Utara – Cimahi 40513 Jawa Barat – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.509 KB)

Abstract

Perkembangan dalam teknologi dan disiplin ilmu memiliki pengaruh yang efektif dan lumayan tinggi terhadap beraneka ragam segi aktivitas, tidak hanya dalam dunia hewan. Perkembangan dunia hewan khususnya reptil masih sangat kurang dipelajari atau digemari, tujuan dari perancangan media pembelajaran pengenalan reptil untuk anak-anak adalah agar informasi mengenai reptil dapat tersampaikan dengan baik dan juga perancangan ini juga dapat memperbanyak media pembelajaran mengenai reptil yang dinilai masih kurang. Pada pengkajian ini penulis memanfaatkan cara MDLC (Multimedia Development Life Cycle), cara ini mempunyai 6 tingkatan, yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Percobaan memanfaatkan cara blackbox testing, percobaan ini memperlihatkan bahwa aplikasi sudah bekerja dengan sinkron sesuai kepentingan yang ada dan pengujian yang memanfaatkan cara User Acceptance Testing (UAT), hal tersebut dilakukan oleh 15 responden dalam pengisian kuisioner, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa instrumen belajar yang di buat memperoleh hasil yang memadai dengan nilai 80,4%.
Rancang Bangun Pengemasan Pakaian Otomatis Pada Mesin Pelipat Pakaian Otomatis Menggunakan Centre Of Area Berbasis Mikrokontroller Arduino Yudha Ainurrokhim; Usman Effendi; Saripudin .; Reni Listiana
Journal of Informatics and Electronics Engineering Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik TEDC Bandung Jl. Pesantren Km 2 Cibabat Cimahi Utara – Cimahi 40513 Jawa Barat – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.041 KB)

Abstract

Pengemasan pakaian pada umunya masih belum memiliki sistem otomatis dengan masih mengandalkan tenaga manusia, padahal sistem otomatis ini di perlukan agar mempercepat kerja manusia serta mempercepat waktu. Untuk mengurangi penggunaan tenaga manusia maka penulis merancang mesin pengemasan pakaian otomatis. Pengemasan pakaian otomatis ini diharapkan dapat meminimalisir pekerjan manusia serta berfungsi dengan baik dan efisien terhadap pengemasan pakaian dengan menggunakan sistem 1x looping sistem ini menggunakan Arduino yang canggih serta sensor infrared yang digunakan untuk mendeteksi pakaian agar sinkron dengan conveyor dan di lengkapi oleh 3 buah heater panas dengan suhu yang telah di setpoint dengan nilai 39°C dengan rekatan yang cukup baik dan telah telah di tampilkan pada display LCD di panel kontrol utama, serta dapat difungsikan untuk merekat plastik pada bagian kiri, kanan, dan bagian belakang untuk memotong plastik yang telah di dorong oleh pakaian dengan pendeteksian sensor infrared delay 8 detik untuk conveyor 1 serta delay 8 detik untuk conveyor 2 agar press maksimal dan menggunakan motor servo MG996-R.
Sistem Informasi Peminjaman Laboratorium Komputer Menggunakan Face Recognition Studi Kasus : Politeknik TEDC Bandung Castaka Agus Sugianto; Septiadi Rahmawan
Journal of Informatics and Electronics Engineering Vol 1 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik TEDC Bandung Jl. Pesantren Km 2 Cibabat Cimahi Utara – Cimahi 40513 Jawa Barat – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (898.872 KB)

Abstract

Pendeteksian wajah ialah salah satu tahap pertama yang sangat berarti dalam sistem pengenalan wajah yang digunakan dalam identifikasi biometrik. Deteksi wajah pula bisa digunakan buat pencarian ataupun pengindeksan informasi wajah dari citra ataupun video yang berisi wajah dengan bermacam dimensi, posisi, serta background. Pelaksanaan pengenalan wajah pula belum banyak penggunaannya. Selaku contoh pengelolaan laboratorium di Politeknik TEDC Bandung belum optimal terutama laboratorium komputer. Banyak yang tidak mengisi formulir yang sudah disediakan selaku ketentuan buat memakai laboratorium. Tidak hanya itu pula membutuhkan waktu yang lumayan lama, yaitu 1, 5 menit cuma buat mengisi formulir yang sudah disediakan. Pada permasalahan semacam peminjaman kunci laboratorium masih memakai tata cara manual ialah dengan metode mengisi form yang sudah disediakan. Dalam riset ini bertujuan buat merubah tata cara peminjaman laboratorium dari manual jadi komputerisasi serta mempraktikkan fitur pengenalan wajah pada sistem data peminjaman laboratorium. Dalam penyelesaian riset ini memakai metode waterfall yang menolong pada pengembangan sistem, sesi analisis yang digunakan selaku identifikasi sistem yang lagi berjalan dengan sistem yang hendak dikembangkan, pada sesi perancangan sistem memakai Unified Modelling Language( UML) dengan diagram yang digunakan antara lain use case diagram, activity diagram serta class diagram, MySQL digunakan selaku sesi perancangan database, buat sesi perancangan interface memakai Visual Studio Community 2015 dengan OpenCV serta selaku media penguji sistem memakai tata cara blackbox. Hasil riset menampilkan kalau akurasi dari sistem deteksi wajah sangat bergantung pada posisi wajah, pencahayaan sinar yang menimpa wajah, mimik muka serta atribut wajah dalam hasil riset ini sistem bisa mengambil alih proses manual peminjaman laboratorium kedalam proses komputerisasi.
RANCANG BANGUN SISTEM PERINGATAN DINI DALAM PENCEGAHAN BANJIR AKIBAT LUAPAN SUNGAI BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC Ahmad Kurnia; Rivaldi Mustafa; Reni Listiana
Journal of Informatics and Electronics Engineering Vol 2 No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik TEDC Bandung Jl. Pesantren Km 2 Cibabat Cimahi Utara – Cimahi 40513 Jawa Barat – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.376 KB)

Abstract

Banjir adalah salah satu bencana yang sulit dihindari yang dapat terjadi tanpa peringatan. Penyebab banjir yang utama adalah luapan dari sungai. Umumnya curah hujan yang tinggi dan kemampuan drainase tanah yang rendah menyebabkan air sungai naik sehingga terjadi banjir. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah sistem pemantauan peringatan dini banjir yang terintegrasi dengan masyarakat atau operator secara langsung. Untuk mencegah banjir akibat luapan air sungai, telah dirancang sebuah alat rancang bangun dan proptoptype sistem peringatan dini berbasis Arduino uno dengan menggunakan metode fuzzy logic. Alat ini bekerja dengan dua sensor, yakni sensor Ultrasonik untuk ketinggian aliran air sungai dan water flow sensor untuk kecepatan alirannya. Saat kedua sensor mendeteksi nilai yang melebihi set point yang ditentukan, aktuator motor DC akan berputar untuk mengangkat pintu air. Data nilai sensor juga akan ditampilkan oleh LCD, kemudian buzzer dan lampu indikator sebagai penanda peringatan. Pada saat sistem bekerja maka operator yang menjaga akan mengetahui level dan kecepatan aliran sungai pada saat air sungai naik, sehingga dapat terdeteksi sebelum terjadi luapan yang berakibat banjir. Hasil perancangan dalam penelitian ini telah sesuai yang diharapkan bahwa kecepatan putaran motor yang dihasilkan dipengaruhi oleh data yang terdeteksi dari kedua sensor, kemudian jarak jangkauan sistem, dan perangkat android dapat mendeteksi sampai 15 meter bila tidak ada penghalang, sehingga secara keseluruhan sistem dapat bekerja dengan baik. Dengan demikian, hasil perancangan sistem peringatan dini menggunakan sensor ultrasonik, water flow sensor dengan metode fuzzy logic dalam perancangan dan penelitian ini merupakan solusi yang tepat untuk pencegahan luapan sungai yang berakibat banjir. Kata Kunci— Banjir, Arduino UNO, Sensor ultrasonik, Water Flow Sensor, Fuzzy logic, Sistem peringatan dini
PERANCANGAN SISTEM PEMBUKA PINTU MENGGUNAKAN SIDIK JARI Dahlan D; Yusup Supriadi; Rachmat Iskandar
Journal of Informatics and Electronics Engineering Vol 2 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik TEDC Bandung Jl. Pesantren Km 2 Cibabat Cimahi Utara – Cimahi 40513 Jawa Barat – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (809.548 KB)

Abstract

Teknologi dewasa ini khususnya komunikasi bergerak telah diterapkan secara global. Teknologi berbasis Mobile seperti WA (WhatsApp) dan WAP (Wireless Application Protocol) memiliki kemampuan dan aplikasi yang lebih luas dari teknologi ini, dibandingkan dengan telepon biasa. Melihat pertumbuhan telekomunikasi seluler dan penggunaannya dalam bidang bisnis, pembentukan iklan dengan menggunakan teknologi telekomunikasi ini masih sangat rendah. Paper Task ini mencoba mewujudkan sebuah sistem Location Based Advertisement (LBA), yang diharapkan mampu menjawab tantangan konvergensi layanan dalam komunikasi bergerak. Sistem Periklanan Berbasis Lokasi dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah tahap inisialisasi informasi, yang dilanjutkan dengan tahap pengolahan informasi, tahap kreatif, tahap pengujian dan analisis perangkat, serta tahap penarikan kesimpulan dan pemberian saran. Sistem Periklanan Berbasis Lokasi menggunakan teknologi WA (WhatsApp) dan melibatkan penggunaan metode Cell ID dan Cell Group Identity (CGI) dalam tindakan identifikasi proses dan validasi area layanan, dengan memanfaatkan informasi pada satu sel tertentu yang berpotensi dari segi transaksi bisnis. Sistem Iklan Berbasis Lokasi membentuk aplikasi masa depan. Penggunaannya akan sangat tersebar, dimana akan menjadi kunci dari teknologi informasi yang akan datang. Dengan penerapannya, pelanggan telekomunikasi seluler terlayani yang begitu personal dan beragam, sesuai dengan karakteristik lokasi konsumen yang dapat dipantau pada Geographical Information System (GIS). Hal ini akan mendorong dalam upaya mempertahankan pelanggan dan menciptakan keuntungan bagi penyedia layanan (operator) di luar pendapatan dari diskusi lalu lintas. Selain itu iklan sebagai media komunikasi bisnis dapat menjangkau lebih luas serta dengan biaya yang beragam dan murah.
Optimasi Penjadwalan Flow Shop Perusahaan Garment dengan Metode Campbell Dudek Smith (CDS), Algoritma Nawaz Enscore Ham (NEH), dan Algoritma Pour dengan Kriteria Minimisasi Makespan Riri Damayanti Apnena
Journal of Informatics and Electronics Engineering Vol 1 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik TEDC Bandung Jl. Pesantren Km 2 Cibabat Cimahi Utara – Cimahi 40513 Jawa Barat – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.571 KB)

Abstract

Perusahaan Garment ini telah menerapkan penjadwalan flow shop dengan sistem First Come First Serve (FCFS). Sistem pada perusahaan memiliki permasalahan saat pesanan datang di saat yang sama akan berpengaruh pada waktu pengerjaan pada mesin yang mengakibatkan timbulnya waktu tunggu atau (idle time) tentu berpengaruh pada nilai makespan. Penelitian ini melakukan perbandingan hasil makespan pada penjadwalan mesin menggunakan berbagai tingkat penyelesaian, yaitu metode penjadwalan mesin (Metode CDS dan Algoritma NEH) dan heuristic penjadwalan mesin (Algoritma Pour) dengan kriteria minimisasi makespan. Nilai makespan dari hasil penjadwalan dengan Metoda CDS adalah 42.45 jam dengan terdapat 2 urutan job-nya yaitu (job 4 - job 3 - job 2 - job 1 - job 5) dan (job 3 - job 1 - job 2 - job 4 - job 5). Nilai makespan dari hasil penjadwalan dengan Algoritma NEH adalah 39.43 jam dengan terdapat 4 urutan job-nya yaitu (job 1 - job 3 - job 4 - job 5 - job 2); (job 1 - job 3 - job 5 - job 4 - job 2), (job 1 - job 5 - job 3 - job 4 - job 2); (job 5 - job 1 - job 3 - job 4 - job 2). Sedangkan nilai makespan dari hasil penjadwalan dengan Algoritma Pour adalah 39.43 jam dengan urutan job-nya yaitu job 5 - job 1 - job 3 - job 4 - job 2 yang artinya sama dengan nilai makespan yang didapatkan pada Algoritma NEH.
RANCANG BANGUN KOTAK PENERIMA PAKET MENGGUNAKAN BARCODE BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) Aris Haris Rismayana; Muhamad Syamsul Mustopa; Dini Rohmayani
Journal of Informatics and Electronics Engineering Vol 2 No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik TEDC Bandung Jl. Pesantren Km 2 Cibabat Cimahi Utara – Cimahi 40513 Jawa Barat – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.511 KB)

Abstract

Jual beli online sebagai satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun sebuah alat penerima paket yang bertujuan untuk mempermudah pembeli dan jasa kurir dalam proses belanja secara online dengan menggunakan modul GM66 Barcode sebagai kunci pada alat dan menggunakan MIT App Inventor sebagai basis pembuatan aplikasi dengan menggunaka PHP dan MySQL sebagai database. Pembuatan alat melalui tahapan membuat aplikasi, merangkai semua komponen yang diperlukan dan melakukan serangkaian observasi yang di lakukan oleh penulis seperti melakukan pengamatan dan mencari informasi terhadap jasa kirim yang sering digunakan dan pada salah satu kosan untuk informasi mengenai pengguna yang berbelanja online, memprogram source code pada sensor kemudian melakukan uji terhadap aplikasi dan alat dengan cara pengujian black box pada aplikasi dan mencoba semua komponen untuk perangkat keras. Hasil uji aplikasi menunjukan data berhasil di simpan pada database dan komponen menunjukkan alat dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dan hasil uji fungsional alat dalam memindai barcode pada pesanan kemudian di tampilkan pada LCD Oled dan Motor Servo sebagai kunci dan engsel pintu terbuka secara otomatis.
Prediksi Harga Cabai Merah Menggunakan Jaringan Syarat Tiruan Nia Ekawati; Piyora Wilson
Journal of Informatics and Electronics Engineering Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik TEDC Bandung Jl. Pesantren Km 2 Cibabat Cimahi Utara – Cimahi 40513 Jawa Barat – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.884 KB)

Abstract

Kebutuhan pangan setiap manusia hampir setiap hari, maka terbentuklah proses jual beli. Ada Penjual dan pembeli kebutuhan pokok atau sekunder. Salah satu kebutuhan pokok pada pangan yaitu cabai. Cabai beraneka ragam, diantaranya cabai merah, cabai hijau, dan cabai rawit. Cabai yang sangat diminati oleh konsumen adalah cabai merah, karena rata-rata makanan yang menggunakan sambal supaya tidak terlalu pedas adalah cabai merah, selain itu warna merah yang menggoda pada makanan membuat selera makan akan tergoda walau hanya dilihat dari tampilan makanan tersebut. Namun cabai merah dapat mencapai harga tinggi apabila dibeli pada hari raya besar, seperti lebaran, dan hari natal serta tahun baru. Pengaruh lain apabila cabai mengalami musim hujan dengan curah hujan yang sangat tinggi dan musim kemarau yang cukup panjang. Selain itu tanaman cabai dapat dikatakan cukup sensitif, perawatannya pun harus diperhatikan dengan baik. Hal tersebut diatas yang dapat membuat harga cabai akan melambung tinggi. Konsumen harus cermat dalam membeli kebutuhan pangan ini, apabila harga sedang tinggi, cara mudah adalah memprediksi harga yang akan terjadi dimasa datang dengan bantuan aplikasi jaringan syaraf tiruan. Berdasarkan data diatas, maka rumusan masalah penelitian yaitu bagaimana memprediksi harga cabai menggunakan jaringan syaraf tiruan, dengan tujuan untuk memprediksi harga cabai menggunakan jaringan syaraf tiruan.

Page 1 of 3 | Total Record : 28