cover
Contact Name
Shitta Elvaretta
Contact Email
umlppm@gmail.com
Phone
+6287748828714
Journal Mail Official
umlppm@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Dedikasi Untuk Negeri Universitas Muhammadiyah Lampung Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung 35132
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Dedikasi untuk Negeri
ISSN : -     EISSN : 29629608     DOI : https://doi.org/10.36269/jdn.v1i2
Jurnal Dedikasi untuk Negeri adalah Jurnal yang terbit 2 kali dalam satu tahu yaitu pada bulan Juli dan bulan Desember. Dimana Focus and Scope Jurnal ini adalah Disiplin Ilmu yang mengarah kepada Pengabdian Kepada Masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 19 Documents
KKN MENGAJAR SEBAGAI ALTERNATIF PROGRAM MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR ANAK-ANAK KELURAHAN BANJARSARI KECAMATAN METRO UTARA-KOTA METRO-LAMPUNG Gabriella Claudia Alma Primasasti; Faras Nur Arini; Hani Maghfiroh; Araneta Aqzela; Ayu Aulia Putri; Tiara Sekar Rahmadani; Reza Anandatara; Syahlan Naufal Fridayanto; M. At-thariq Syach Alam; La Zakaria; Eri Setiawan
Jurnal Dedikasi untuk Negeri Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UML

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.992 KB) | DOI: 10.36269/jdn.v1i1.879

Abstract

Abstrak Pada masa pasca pandemi Covid-19 tahun 2022 kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah masih belum maksimal karena adanya pembatasan aktivitas pembelajaran tatap muka, misalnya waktu belajar mengajar yang dipersingkat. Akibatnyaantusias belajar siswa menurun seiring dengan kurangnya interaksi nyata antara guru dan anak didik. Kondisi ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk menyusun program mengisi waktu belajar tanpa guru dengan aktivitas belajar-mangajar tatap muka dengan protokol kesehatan maksimal bersama mahasiswa KKN. Kegiatan tersebut dinamakan dengan “KKN Mengajar”. “KKN Mengajar”dimaksudkan untuk membantu siswa Sekolah Dasar (SD) untuk memperoleh ilmu tambahan (bidang Matematika dan Bahasa Inggris) sehingga menimbulkan semangat belajar walaupun adanya pembatasan waktu belajar tatap muka di sekolah bersama guru. Kegiatan ini dilakukan dengan membentuk kelompok belajar bersama anak-anak kelompok usia SD diluar kegiatan belajar di sekolah. Tujuan kegiatan ini adalahmeningkatnyaantusiasme belajar melalui materi belajar Matematika dan Bahasa Inggris selama masa pasca pandemi Covid-19. Kegiatan ini menjadi solusi atas permasalahan melalui metode pembelajaran partisipatif-kolektif. Pendekatan metode dalah melalui pendampingan kegiatan belajar mengajar dan bantuan pendekatan kualitatif deskriptif. Keberhasilan dari kegiatan “KKN Mengajar”ini diukur secara kuantitatif  untuk capaian indikasi bertambahnya antusiasme anak-anak Kelurahan Banjarsari dalam mengikuti kelompok belajar dan bertambahnya kemampuan belajar Matematika dan Bahasa Inggris.Antusiasme anak-anak dikatakan meningkat karena telaj terjadinya partisipan pada setiap pertemuan serta terjadinya peningkatankemauan belajar bersifat produktif, proaktif, dan kreatif melalui pembelajaran yang diberikan.   Kata kunci: KKN Mengajar, Metode partisipatif-kolektif, Banjarsari-Metro Utara Lampung Abstract In the post-Covid-19 pandemic in 2022, teaching and learning activities for children in schools are still not optimal due to restrictions on face-to-face learning activities, for example, shortened teaching and learning times. As a result, children's enthusiasm for learning decreases, and the a lack of real interaction between teachers and students. This condition can be used by Student Community Service (SCS) to arrange programs to fill study time without a teacher with face-to-face teaching-learning activities. The activity in question is called The SCS Teaching-Learning (SCS TL) Program. The SCS TL aims to help elementary school (SD) students gain additional knowledge (Mathematics and English) to create enthusiasm for learning despite the limited time for face-to-face learning at school with the teacher. This activity is carried out by forming study groups with elementary school-age group children outside of learning activities at school. This activity aims to increase enthusiasm for learning through Mathematics and English learning materials during the post-Covid-19 pandemic. This activity is a solution to problems through participatory-collective learning methods. The method approach is through the assistance of teaching and learning activities and the assistance of a descriptive qualitative approach. To measure the success of the SCS TL activity, we measured quantitatively for the indications of the increasing enthusiasm of the children of Banjarsari Village in participating in study groups and increasing their ability to learn Mathematics and English. We conclude that the children's enthusiasm increased because of the occurrence of participants at each meeting and the increase in the willingness to learn to be productive, proactive, and creative through the learning provided. Keywords: Student Community Service: Teaching-Learning Program, Collective-Participatory Method, Banja
Teknik Mencatat Tingkat Tinggi dan Menulis kreatif Dengan Penuh Percaya Diri Bagi Guru Bimbel Baca Tulis dan Hitung Yunni Arnidha; Nihayati Nihayati
Jurnal Dedikasi untuk Negeri Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UML

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.394 KB) | DOI: 10.36269/jdn.v1i2.1312

Abstract

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENCEGAH STUNTING MELALUI PROGRAM KIE POSKESDES Muhammad Ilham Fu’adi
Jurnal Dedikasi untuk Negeri Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UML

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.138 KB) | DOI: 10.36269/jdn.v1i1.868

Abstract

Abstrak Pada masa pandemi Covid-19 jumlah pernikahan usia anak makin meningkat. Penyebabnya tidak jauh berbeda dengan penyebab perkawinan usia anak pada kondisi normal. Fakta mengungkapkan bahwa organ reproduksi perempuan yang berumur belasan tahun masih belum siap untuk menikah dan memiliki anak. Kondisi Kesehatan dan gizi seorang ibu sebelum dan sesudah dan saat kehamilan serta setelah persalinan mempengaruhi pertumbuhan janin dan risiko terjadinya Stunting. Faktor lainnya pada ibu yang mempengaruhi adalah postur tubuh ibu (pendek), jarak kehamilan yang terlalu dekat, ibu yang usianya masih remaja, serta asupan nutrisi yang kurang pada saat kehamilan. Dalam rangka mencegah stunting, pemberdayaan masyarakat melalui program KIE Poskesdes diusulkan sebagai alternatif guna meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan individu, keluarga serta masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya mencegah stunting yang dilaksanakan dengan cara fasilitasi proses pemecahan masalah melalui pendekatan edukatif dan partisipatif. Kata Kunci : KIE Poskesdes, Pemberdayaan masyarakat, Stunting Abstract During the Covid-19 pandemic, the number of child marriages increased. The cause is not much different from the cause of child marriage in normal conditions. The facts reveal that the reproductive organs of women who are in their teens are still not ready to marry and have children. The health and nutritional conditions of a mother before and after and during pregnancy and after delivery affect the growth of the fetus and the risk of stunting. Other factors that affect the mother are the mother's body posture (short), the distance between pregnancies is too close, the mother is still a teenager, and lack of nutritional intake during pregnancy. In order to prevent stunting, community empowerment through the KIE Poskesdes program is proposed as an alternative to increase the knowledge, awareness, and ability of individuals, families and communities to play an active role in preventing stunting which is carried out by facilitating the problem solving process through an educative and participatory approach. Keywords: KIE Poskesdes, Community Empowerment, Stunting
PENDAMPINGAN KETERAMPILAN DALAM UPAYA MEMBANGUN KREATIVITAS PADA ANAK-ANAK USIA DINI DI DESA AMBARAWA PRINGSEWU Nihayati Nihayati; Dika Artha Putri; Yesi Budiarti
Jurnal Dedikasi untuk Negeri Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UML

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1507.111 KB) | DOI: 10.36269/jdn.v1i1.1124

Abstract

Abstrak Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di desa Ambarawa kabupaten Pringsewu, yang diikuti 54 anak-anak usia dini dengan rentang usia 3 sampai 6 tahun yang bertempat di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ambarawa. Tujuan kegiatan ini untuk memberi keterampilan kepada anakusia dini agar terasah kreativitasnya. Kegiatan ini dilakukan melaui dua tahapan, yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap perencanaan, dilakukan analisis situasi untuk mengetahui permasalahan yang dialami oleh anak-usia dini di desa Ambarawa. Permasalahan yang ditemukan yaitu pada bulan Ramadhan, anak-anak usia dini usia 5-6 tahun sedang belajar berpuasa, supaya tidak bosan banyak orang tua yang memberikan tontonan televisi ataupun gadget. Hal tersebut kurang menumbuhkan kreativitas pada anak, bahkan anak cenderung ketergantungan menonton televisi dan bermain gadget. Tahap pelaksanaan terdiri dari berdo’a bersama, motivasi ibadah dan akhlak, senam bersama, membuat crafting, dongeng, mewarnai dan membuat play dough. Hasil dari kegiatan ini adalah anak-anak usia dini di desa Ambarawa bisa mengisi waktu mereka dengan membuat keterampilan yang bisa menumbuhkan kreativitas mereka dengan didampingi oleh orangtua mereka di rumah. Kata kunci: Keterampilan, Kreativitas, Anak Usia Dini Abstract This community service activity was carried out in Ambarawa village, Pringsewu district, which was attended by 54 early childhood children with an age range of 3 to 6 years located at Aisyiyah Bustanul Athfal Ambarawa Kindergarten. The purpose of this activity is to provide skills for early childhood to hone their creativity. This activity is carried out in two stages, namely the planning stage and the implementation stage. At the planning stage, a situation analysis was carried out to find out the problems experienced by early childhood in Ambarawa village. The problem found is that in the month of Ramadan, early childhood children aged 5-6 years are learning to fast, so that many parents don't get bored watching television or gadgets. This does not foster creativity in children, even children tend to be dependent on watching television and playing with gadgets. The implementation stage consists of praying together, motivation for worship and morals, joint exercise, making crafting, coloring, fairy tales, and making play-dough. The result of this activity is that early childhood children in Ambarawa village can fill their time by making skills that can foster their creativity, accompanied by their parents at home. Keywords: Skills, Creativity, Early Childhood
PENGARUH E-MONEY TERHADAP MINAT BELI STUDI PADA MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG Dhafi Syahputra Amarta; Jonathan Bimantoro; Vicky F. Sanjaya
Jurnal Dedikasi untuk Negeri Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UML

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.726 KB) | DOI: 10.36269/jdn.v1i2.1313

Abstract

Meningkatkan Pemahaman Guru dalam Membangun Kelas Inklusif dengan Sosialisasi Daring Heni Herlina; Ossy Firstanti WardanY; Yulvia Sani
Jurnal Dedikasi untuk Negeri Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UML

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.111 KB) | DOI: 10.36269/jdn.v1i1.872

Abstract

Abstrak Kompetensi guru di sekolah inklusi masih perlu ditingkatkan. Kegiatan bertujuan untuk mengedukasi dan menambah wawasan terhadap mitra (guru di sekolah umum/inklusi, mahasiswa) terkait merancang dan membangun kelas yang inklusif. Kegiatan diharapkan dapat memberikan wawasan, pengetahuan, dan kesadaran dalam mengadaptasi kurikulum, menciptakan lingkungan kelas yang inklusif, serta meningkatkan kesadaran disabilitas (disability awareness) dan penerimaan di kelas inklusif. Kegiatan dilakukan selama dua hari secara daring melalui zoom dengan peserta yang berasal dari latar belakang guru di sekolah inklusi, guru di sekolah luar biasa, akademisi, dan mahasiswa. Kegiatan berjalan lancar dan sesuai dengan rencana pelaksanaan. pemahaman peserta terkait membangun kelas inklusif dalam aspek adaptasi pembelajaran, adaptasi lingkungan fisik, dan meningkatkan disability awareness mengalami peningkatan yang cukup signifikan didasarkan pada hasil pre-post test. Berdasarkan evaluasi didapat bahwa peserta memberikan umpan balik dan evaluasi yang positif terhadap kegiatan ini. Secara umum dapat dikatakan bahwa program ini berjalan dengan baik sesuai dengan rencana.Kata kunci: Sosialisasi Daring, pemahaman guru, Kelas Inklusif, anak berkebutuhan khusus Abstract Teacher competence in inclusion schools still needs to be improved. The activity aims to educate and add insight to  teachers in public school /inclusion,  related to designing and building inclusive classes. Activities are expected to provide insight, knowledge, and awareness in adapting the curriculum, creating an inclusive classroom environment, and increasing disability awareness and acceptance in inclusive classrooms. The activity was conducted over two days online through zoom with participants who came from teacher backgrounds in inclusion schools, teachers in special schools, academics, and students. The activity runs smoothly and in accordance with the implementation plan. Participants related to building inclusive classes in aspects of learning adaptation, adaptation of the physical environment, and increasing disability awareness experienced a significant increase based on pre-post test results. Based on the evaluation, participants provided positive feedback and evaluation of this activity. In general, it can be said that this program is going well according to the plan.Keywords: Online socialization, teacher understanding, Inclusive Classes, special need children 
LAYANAN KONSELING TERHADAP REMAJA DI SANGGAR BELAJARSUNGAI CHINCHIN GOMBAK, KUALA LUMPUR MALAYSIA Cindy Febriliana Elise; Setriani Setriani; Meilia Ishar
Jurnal Dedikasi untuk Negeri Vol 1, No 2 (2022): VOL. 1 NO 2 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UML

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.815 KB) | DOI: 10.36269/jdn.v1i2.1309

Abstract

Masa remaja merupakan masa krusial dimana anak akan mengalami masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa kedewasaan. Jika tidak di arahkan dengan benar maka seorang remaja bisakehilangan jati dirinya dan mengalami krisis identitas. Oleh karena itu peran orangtua diharapkandapat membantu anak agar terus melakukan kegiatan postif dan bermanfaat. Kegiatan bimbingankonseling diharapkan menjadi salah satu wadah untuk para remaja anak imigran Indonesia di SanggarBelajar Sungai Chinchin di kuala lumpur Malaysia untuk tetap dapat mendapatkan bimbingan selaindari orangtuanya yang sibuk bekerja. Kegiatan konseling dilakukan secara tatap muka individu. Hasildari kegiatan konseling didapatkan beberapa permasalahan seperti kurangnya kedekatan orangtuadan anak, kurangnya motivasi akan gambaran masa depan, anak yang punya trauma psikologis terkaitorang yang berseragam rapi, dan anak-anakyang berjiwa ‘bebas’.
MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK – ANAK IMIGRAN INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PUBLIC SPEAKING DI GOMBAK, KUALA LUMPUR Sabila Izzati Maharani; Setriani Setriani; Meilia Ishar
Jurnal Dedikasi untuk Negeri Vol 1, No 2 (2022): VOL. 1 NO 2 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UML

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.913 KB) | DOI: 10.36269/jdn.v1i2.1314

Abstract

APLIKASI STATISTIKA DESKRIPTIF PADA DATA HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: STUDI KASUS DATA HASIL PELATIHAN DISAIN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGOLAHAN NILAI DENGAN MS WORD BAGI GURU SLTP DI KOTA BANDAR LAMPUNG Dian Kurniasari; Fitri ani; Warsono Warsono
Jurnal Dedikasi untuk Negeri Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UML

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.686 KB) | DOI: 10.36269/jdn.v1i1.876

Abstract

Abstrak Statistika deskriptif sebagai alat bantu dalam analisis data dan penelitian telah banyak digunakan secara intensif. Analisis statistika deskriptif dalam analisis pelatihan desain media pembelejaran dan pengolahan nilai dengan MS Word merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh institusi Universitas Lampung pada umumnya dan Jurusan Matematika pada khususnya yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan komputer sebagai alat penunjang aktivitas/pekerjaan mereka di sekolah, khususnya dalam mengolah nilai siswa dan menjadikan transparansi sebagai media pembelajaran dalam menghadapi era globalisasi. Berdasarkan pretest dan posttest kegiatan pelatihan ini memberikan hasil yang 'Sangat Baik'. Artinya terjadi peningkatan hasil yang memuaskan dilihat dari hasil ujian akhir (Posttest) peserta pelatihan yang mengalami peningkatan secara signifikan sebesar 95% dari kondisi awal (pretest).   Kata kunci: Statistika Deskriptif, Analisis Data Pelatihan, Desain Media Pembelajaran, Pengolahan Nilai Abstract Descriptive statistics as a tool in data analysis and research has been used intensively. Descriptive statistical analysis in the analysis of learning media design training and value processing with MS Word is a form of community service by the University of Lampung institutions in general and the Department of Mathematics in particular, which aims to improve the knowledge and skills of teachers in using computers as a tool to support their activities/work in schools, especially in processing student values and making transparency as a medium of learning in the face of globalization. This training activity gave 'Very Good' results based on the pretest and posttest. Those means an increase in satisfactory results seen from the trainees' final exam (Posttest), which has increased significantly by 95% from the initial condition (pretest). Keywords: Descriptive Statistics, Data Trainning Anaysis,  Learning Media Design, Value Processing 
PENGARUH GAYA HIDUP DAN TINGKAT PENGHASILAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA Bintang Kenzo Abavi; Rizal Mahmudin; Vicky F. Sanjaya
Jurnal Dedikasi untuk Negeri Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UML

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.706 KB) | DOI: 10.36269/jdn.v1i2.1310

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 19