cover
Contact Name
Novia Dwi Rahmawati
Contact Email
jurnalcartesian@gmail.com
Phone
+6282234667832
Journal Mail Official
jurnalcartesian@gmail.com
Editorial Address
Jl.Irian Jaya No.55 Tebuireng, Kab. Jombang, Provinsi Jawa Timur, 61471. Telp/Fax (0321)861719 / (0321)874684
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 28090918     DOI : https://doi.org/10.33752/cartesian
Core Subject : Education, Social,
Redaksi menerima tulisan yang relevan dengan pengembangan ilmu di bidang pendidikan matematika. Tulisan belum pernah diterbitkan pada media cetak dan atau online lain, serta harus asli (bukan plagiat) hasil pemikiran, penelitian dan pendapat disertai acuan/pustaka. Petunjuk penulisan bagi Penyumbang Naskah Jurnal Cartesian dapat dilihat pada sampul dalam belakang. Tulisan dikirim dalam bentuk softcopy (Microsoft Word) ke alamat email jurnalcartesian@gmail.com. Naskah yang masuk dievaluasi oleh Penyunting Ahli, Mitra Bestari dan atau Peninjau Ahli. Penyunting berhak mengubah tulisan untuk keseragaman format dan istilah tanpa mengubah maksud dan isinya
Articles 31 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MOBILE GAME APLIKASI CONSTRUCT 2 MATERI ARITMETIKA SOSIAL Agus Wiyanto; Siti Khabibah
Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Cartesian Vol. 1 No. 1 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FIP UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.875 KB) | DOI: 10.33752/cartesian.v1i1.2074

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok manusia. Hal ini dikarenakan dalam pendidikan setiap individu akan melakukan proses pembelajaran untuk memperkaya pengetahuan, membentuk kepribadian serta pengembangan keterampilan baik jasmani maupun rohani. Penelitian ini diawali dengan melakukan wawancara kepada salah satu guru mata pelajaran matematika di MTs Darul Ulum Sumber Penganten Jogoroto. Wawancara bertujuan untuk mencari informasi tentang masalah yang berkaitan dengan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran ular tangga matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX yang meliputi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development model Borg and Gall yang terdiri dari tujuh tahapan. Subjek uji coba yang digunakan adalah kelas IX – C yang berjumlah 17 siswa. Penelitian yang dikembangkan dinyatakan memiliki kualitas baik dengan hasil berikut: 1) Valid dengan skor 3,43; 2) Praktis dengan rata-rata skor 3,68; dan 3) Efektif dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,35%.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERBASIS ANDROID DENGAN APLIKASI ISPRING PADA MATERI LINGKARAN Choirotul Fitria Rizky; Siti Faizah
Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Cartesian Vol. 1 No. 1 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FIP UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.401 KB) | DOI: 10.33752/cartesian.v1i1.2075

Abstract

Kurangnya minat siswa dan pemahaman siswa terkait materi yang disampaikan pada saat pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android dengan aplikasi Ispring pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Langkah pertama yang dilakukan adalah analisis kebutuhan yang selanjutnya akan digunakan sebagai acuan untuk melanjutkan ke tahap yang kedua yaitu tahap perancangan produk dan penyusunan instrumen penelitian. Setelah media pembelajaran selesai dibuat, media kemudian divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran sebelum nantinya diujicobakan kepada peserta didik. Selanjutnya media direvisi dan kemudian diujicobakan kepada peserta didik melalui uji coba kelompok kecil dengan jumlah 3 siswa dan uji coba lapangan dengan jumlah 31 siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Jogoroto. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh nilai 83 dengan presentase 72,17%, ahli media dengan nilai 56 dan presentase 70,00%, dan praktisi pembelajaran 110 dengan presentase 86,92%. Sedangkan dari hasil uji coba menunjukkan hasil 87,67 dengan presentase 83,49% pada uji coba kelompok kecil dan menunjukkan skor78,67 dengan presentase 71,51%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android dengan aplikasi Ispring “Baik” dan “Layak” digunakan sebagai media pembelajaran.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG Yeti Istiadah; Siti Khabibah
Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Cartesian Vol. 1 No. 1 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FIP UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.196 KB) | DOI: 10.33752/cartesian.v1i1.2077

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok manusia. Hal ini dikarenakan dalam pendidikan setiap individu akan melakukan proses pembelajaran untuk memperkaya pengetahuan, membentuk kepribadian serta pengembangan keterampilan baik jasmani maupun rohani. Penelitian ini diawali dengan melakukan wawancara kepada salah satu guru mata pelajaran matematika di MTs Darul Ulum Sumber Penganten Jogoroto. Wawancara bertujuan untuk mencari informasi tentang masalah yang berkaitan dengan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran ular tangga matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX yang meliputi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development model Borg and Gall yang terdiri dari tujuh tahapan. Subjek uji coba yang digunakan adalah kelas IX – C yang berjumlah 17 siswa. Penelitian yang dikembangkan dinyatakan memiliki kualitas baik dengan hasil berikut: 1) Valid dengan skor 3,43; 2) Praktis dengan rata-rata skor 3,68; dan 3) Efektif dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,35%.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMECAHAN SOAL CERITA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL Restuningsih; Siti Khabibah
Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Cartesian Vol. 1 No. 1 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FIP UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (854.204 KB) | DOI: 10.33752/cartesian.v1i1.2078

Abstract

Matematika banyak diterapkan diberbagai bidang masyarakat. Kenyataannya matematika merupakan mata pelajaran yang masih ditakuti oleh kalangan peserta didik berbagai jenjang pendidikan. Siswa sering bingung dalam pemecahan masalah matematika dengan seringnya melakukan kesalahan. Tujuan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel (PtLSV) berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian deskriptif kualitatif dalam pengambilan subjek penelitian diambil 3 subjek dari jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang banyak dilakukan siswa meliputi pemahaman (Comprehension) 36% dilanjutkan Keterampilan Proses (Process Skills) 29% , Transformasi (Transformation) 18%, Membaca (Reading) 14% dan Pengkodean (Encoding) 3%.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTS DARUL QUR’AN TAHUNAJARAN 2020/2021 Elina Wardania; Novia Dwi Rahmawati
Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Cartesian Vol. 1 No. 1 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FIP UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.605 KB) | DOI: 10.33752/cartesian.v1i1.2079

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru dikelas masih menggunakan metode konvensional yang berfokus pada guru (teacher center) sehingga mengakibatkan proses pembelajaran yang monoton, siswa cenderung merasa bosan, kurang aktif, bahkan tidak menyukai materi yang diajarkan. Adapun hasil belajar siswa yang rendah dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah peggunaan metode/model pembelajaran yang kurang tepat.Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif type Think Talk Write (TTW) materi bangun ruang sisi datar yang ditinjau dari aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Rancangan penelitian ini One-Shot Case Study dengan sampel penelitian kelas VIII-B yang berjumlah 28 siswa di Mts Darul Qur’an. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket dengan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar soal posttest, dan lembar angket respon siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) efektif. Hal ini dikarenakan telah memenuhi syarat keefektifan, yakni : (1) Aktifitas siswa selama proses pembelajaran termasuk dalam kategori aktif, (2) Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal ≥ 75%, (3) Respon siswa positif terhadap pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dikatakan efektif digunakan.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VII MTS FISABILILLAH Farah Sadidah Achmad; Fauzi Mulyatna
Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Cartesian Vol. 1 No. 1 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FIP UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.247 KB) | DOI: 10.33752/cartesian.v1i1.2091

Abstract

The purpose of this study was to determine how much influence emotional intelligence had on the ability to understand mathematical concepts of grade VII A and VII B students at MTs Fisabilillah School. The instrument in this study used an essay test of five questions and an emotional intelligence questionnaire of 40 statements. Based on the data that has been obtained from the calculation of the effect of emotional intelligence on the ability to understand mathematical concepts of MTs Fisabilillah School students, the researchers can conclude several things including, there is a significant influence on the influence of emotional intelligence on the ability to understand mathematical concepts of MTs Fisabilillah School students of 0.8359 or 69,87%. The rest is influenced by other factors, such as students' thinking ability, and other aspects not examined by this study. This is also reinforced by the results of hypothesis testing which shows that thitung > ttabel is thitung 11.1778 > ttabel= 2.00488 which states that there is a significant influence between emotional intelligence and the ability to understand mathematical concepts.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI MTS MIDANUTTA’LIM Tutun Alawiyah; Sari Saraswati
Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): Cartesian Vol. 1 No. 2 April 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FIP UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.02 KB) | DOI: 10.33752/cartesian.v1i2.2098

Abstract

Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh siswa ialah kemampuan pemecahan masalah (problem solving). Dikarenakan pemecahan masalah yang berarti kegiatan yang penting dalam pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, keterampilan yang harus dikuasai pada abad 21 yaitu problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah tahapan Polya dalam menyelesaikan soal materi sistem persamaan linier dua variabel. kaitannya dengan tahapan pemecahan masalah Polya. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan subjek yang dianalisis dan wawancara menggunakan teknik purposive sumpling. Subjek penelitian ini diambil 6 subjek berdasarkan nilai PTS (Penilaian Tengah Semester) dari 29 siswa kelas VIII-C di MTs Midanutta’lim. Kemudian Subjek terbagi atas siswa berkemampuan kategori rendah, sedang, dan tinggi. Tes, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dalam tinjauan ini. Kemudian untuk menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan serta verifikasi. Hasil analisis data dipaparkan bahwa siswa berkemampuan tinggi mencapai tahapan memahami persoalan, membuat rencana, mengimplementasikan rencana penyelesaian, tetapi tidak dapat meninjau kembali. Siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan memahami masalah sedangkan tahap lainnya seperti membuat rencana, mengimplementasikan rancangan penyelesaian, dan meninjau kembali siswa tidak melaksanakannya. Sedangkan siswa berkemampuan rendah belum memunculkan tahap-tahap pemecahan masalah Polya.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PADA MATERI LINGKARAN DI MTs SYAMSUL HUDA KEDIRI Nur Suprihatin Nur; Siti Khabibah
Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Cartesian Vol. 1 No. 1 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FIP UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.726 KB) | DOI: 10.33752/cartesian.v1i1.2231

Abstract

Monotonous learning, many and difficult formulas to understand and the lack of student interest have an impact on low learning scores. So we need an innovation or development in the teaching and learning process of mathematics, one of which is by making innovative learning media. The purpose of this study was to develop learning media using Macromedia Flash software on the circle material of class VIII students of MTs Syamsul Huda Kediri. This type of research is development research that adapts the ADDIE development model. The first step is a needs analysis which will then be used as a reference to proceed to the second stage, namely the product design stage and the preparation of research instruments. After the learning media has been created, the media is then validated by material experts and media experts which will then be tested on students. The results of the assessment from the media expert validator obtained a score of 3.5 in the "valid" category and the material expert validator obtained a score of 3.4 in the "fairly valid" category. ". From the results of the study it can be concluded that this learning media received a negative response from students which was probably caused by the buttons in the learning media based on Macromedia Flash Software that did not work optimally.
Analisis Hambatan Dalam Perkuliahan E-Learning Berbasis Android Di Prodi Tadris Matematika Pada Pandemi Covid-19 Patri Ayu; Fevi Rahmadeni; Mutia
Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2021): Cartesian Vol. 1 No. 1 November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FIP UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.296 KB) | DOI: 10.33752/cartesian.v1i1.2232

Abstract

The purpose of the study was to determine the process, obstacles (internal and external) and efforts to overcome obstacles to android-based E-Learning lectures in the TMM Study Program during the Covid-19 pandemic. This type of descriptive qualitative research. Data collection technique; Observation, interview and documentation. The research subjects were lecturers and students (16 people) who took the Differential Calculus course. Data analysis techniques: data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the E-Learning lecture process used the WhatsApp Group and Google Classroom applications. Barriers to E-Learning lectures, namely, internal factors (1) student health conditions. (2) learning equipment or learning media that are incomplete. Barriers from external factors, (1) the implementation time of the learning process that is less disciplined. (2) the surrounding environment is not conducive. (3) students' motivation and interest in learning are lacking because lectures are individual. Efforts to overcome obstacles to E-Learning lectures, namely: quota assistance from the government; Lectures using Zoom and Google Meet; The internet network is evenly distributed in every area; Increase self-motivation and interest; Presentation of concise material in the form of video; Discipline in college time; using web-based E-Learning; based learning; The assignment is in the form of making videos to practice creativity and presentations to see student activity and creativity.
EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI Fauzi Mulyatna; Abdul Karim; Yogi Wiratomo
Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): Cartesian Vol. 1 No. 2 April 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FIP UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.753 KB) | DOI: 10.33752/cartesian.v1i2.2477

Abstract

Pembelajaran mengenai konsep matematika sangatlah penting demi meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Peran serta budaya dalam menumbuhkan karakter dan identitas bangsa, dapat seiring sejalan dengan integrasi budaya sebagai media dalam menumbuhkan pemahaman terhadap konsep matematika. Etnomatematika memudahkan kita memahami konsep matematika sekaligus mempelajari budaya yang ada di sekitar kita. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui etnomatematika pada jajanan pasar dengan materi matematika geometri. Metode penelitiannya adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian yang didapat yaitu terdapat unsur budaya dan materi matematika geometri pada jajanan pasar yang ada di Daerah Cileungsi.

Page 1 of 4 | Total Record : 31