cover
Contact Name
Dewi Ratnawati
Contact Email
jurnalindonesiasosialteknologi@gmail.com
Phone
+62881022226955
Journal Mail Official
jurnalindonesiasosialteknologi@gmail.com
Editorial Address
Greendland Sendang Residence Blok H.1 Sendang, Kec. Sumber, Kab. Cirebon , Cirebon, Provinsi Jawa Barat, 45611
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
ISSN : 27236609     EISSN : 27455254     DOI : 10.36418
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi is a peer-reviewed academic journal and open access to social (Education, Economic, Law, Comunication, Management and Humaniora) and Technology . The journal is published monthly once by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically.
Articles 414 Documents
Klasifikasi Jenis Bunga Menggunakan Metode Svm Berdasarkan Citra Dengan Fitur Hsv Millenia Mudita Chandra; Yoannita
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 4 No. 02 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bunga mempunyai banyak jenis yang beraneka ragam, dari warna, bentuk, ukuran, makna, dan lain – lain. Adapun bunga yang terkadang terlihat mirip sehingga sulit dibedakan, contohnya saja bunga matahari dan bunga daisy. Keduanya memiliki kelopak bunga berwarna kuning cerah, inti bunga yang mirip, memiliki kelopak bunga yang banya. berbentuk mekar, dan batang tumbuhan yang berwarna hijau. Dengan ciri – ciri yang sulit dibedakan tersebut, maka dilakukanlah penelitian dengan melakukan resize sebesar 320x240 piksel, kemudian citra akan di ekstraksi dengan fitur HSV. Algoritma Support Vector Machine yang digunakan dalam klasifikasi ini memiliki akurasi keseluruhan sebesar 63.66%.
Sistem Informasi Pembayaran Administrasi Mahasiswa Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus : Stai Bunga Bangsa Cirebon) Inka Fauziah
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (57.367 KB) | DOI: 10.36418/jist.v1i1.10

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pengelolaan lembaga ini sangat diperlukan agar pengelolaan terhadap institusi ini lebih efektif dan efisien. Salah satu bidang yang perlu ditangani lebih seksama adalah masalah administrasi pembayaran. Bidang administrasi khusunya administrasi pembayaran merupakan salah satu bidang kerja utama (core business) bagi perguruan tinggi. Perguruan tinggi  bukanlah sekumpulan gedung atau bangunan fisik belaka, akan tetapi Perguruan Tinggi adalah tempat dimana komunitas ilmiah berkumpul dan berinteraksi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan bagi kepentingan kemanusiaan dan peradaban manusia. Oleh karena itu bidang administrasi merupakan jiwa bagi universitas yang mesti senantiasa mendapatkan perhatian dari segenap civitas akademika. Bagaimana pengelolaan : SPP, UAS, Herregistrasi, KPL, PPM, DPP, Sidang, Wisuda, Praktikum komputer, dan Ujian Komprhensif, menjadi permasalahan yang sangat kompleks apabila hanya ditangani secara konvensional. Pengelolaan bidang administrasi akan menjadi lebih efektif dan efisien apabila dibantu dengan penggunaan teknologi informasi, yaitu dengan menggunakan Sistem Informasi Pembayaran Administrasi Mahasiswa. Pembangunan dan penerapan Sistem Informasi Pembayaran Administrasi Mahasiswa adalah  sebuah Sistem Informasi yang akan dapat berhasil apabila konsep-konsep Human Computer Interaction (HCI) dapat diterapkan dalam perancangan sistem infomasi tersebut. Adapun tujuan penulisan proposal skripsi ini adalah 1. Untuk mengetahui sistem informasi pengolahan data keuangan Sekolah Tinggi Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. 2. Untuk meningkatkan pelayanan pembayaran mahasiswa dengan system informasi administrasi pembayaran mahasiswa STAI Bunga Bangsa Cirebon. 3. Untuk memeriksa Cash Flow keuangan STAI Bunga Bangsa dari Sistem informasi administrasi pembayaran. Sedangkan metode penggunaan system informasi ini adalah dengan metode User Centered Design yang menggunakan pola prototyping sebagai pangkalan kerangka databasenya.
Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Ditinjau Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Store Associate Pada Pt. Gramedia Asri Media Cirebon) Jayadi
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.25 KB) | DOI: 10.36418/jist.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Gramedia Asri Media Cirebon. Kajiannya dilatarbekangi oleh adanya permasalahan atau kendala mengenai kedisiplinan karyawan yang bekerja di PT. Gramedia Asri Media Cirebon diantaranya; masih ada yang terlambat masuk jam kerja dan kurang tertibnya dalam pemanfaatan jam istirahat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis untuk membahas tingkat disiplin kerja dan tingkat kinerja karyawan pada PT. Gramedia Asri Media Cirebon dan metode verifikatif analisis untuk membahas pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Gramedia Asri Media Cirebon. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, angket (kuesioner), penelusuran literatur dan analisis dokumen. Berdasarkan analisis deskriptif responden, disiplin kerja dan kinerja karyawan Pada PT. Gramedia Asri Media Cirebon telah berjalan dengan sangat baik, dibuktikan dengan hasil jawaban responden mengenai disiplin kerja (X) diperoleh rata-rata skor nilai sebesar 200,5 dan kinerja karyawan (Y) diperoleh rata-rata skor nilai sebesar 198,7. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode statistik yaitu regresi linier sederhana. Diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 94,1% dengan nilai R Square sebesar 0,941. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Gramedia Asri Media Cirebon. Disiplin kerja diharapkan dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam mecapai tujuan perusahaan. Disiplin kerja, diharapkan mampu merubah kebiasaan buruk karyawan sehingga mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran dalam bekerja. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan operasional khususnya di PT. Gramedia Asri Media Cirebon, terutama dalam memberi dorongan kepada karyawan untuk senantiasa meningkatkan disiplin kerja agar terciptanya kinerja karyawan yang mampukan memajukan perusahaan.
Analisis Strategi Pemasaran Syariah Kuliner Waroeng Spesial Sambal Cabang Tuparev Cirebon Lutfiyah Hayati
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.27 KB) | DOI: 10.36418/jist.v1i1.12

Abstract

Bisnis kuliner saat ini menjadi salah satu sektor bisnis yang potensial untuk dijalankan. Salah satu bisnis kuliner yang cukup menarik perhatian adalah Waroeng Spesial Sambal yang di dirikan oleh Yoyok Heri Waryono pada pertengahan 2002 di Yogyakarta. Berdasarkan observasi yang dilakukan di Waroeng Spesial Sambal ditemukan suatu hal sebagai berikut pertama, Waroeng Spesial Sambal memiliki pelanggan/konsumen yang cukup banyak dan selalu penuh dijam waktu makan. Kedua, produk makanan Waroeng Spesial Sambal yang menarik pelanggan/konsumen. Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Strategi Pemasaran Syariah Kuliner Waroeng Spesial Sambal dilakukan melalui 4 kriteria diantaranya : 1. Dari Produk, Jenis produk yang diambil oleh Waroeng Spesial Sambal adalah “Makanan Jawa”, dengan menggunakan sistem warung bukan restoran. Sumber peminatnya itu dari produk sambalnya. 2. Harga, Untuk harga sendiri sangat varian, dari yang termurah hingga termahal juga ada di Waroeng Spesial Sambal. 3. Tempat, Waroeng Spesial Sambal berlokasi di Jl. Tuparev. Kedungjaya. Kedawung. Cirebon. 4. Promosi, Promosi brand yang digunakan oleh Waroeng Spesial Sambal adalah melalui jejaringan media sosial, seperti : Whatsapp, Facebook, Instagram dan lain-lain. 2) Kepuasan Konsumen Konsumen Waroeng Spesial Sambal dominan banyak yang merasa puas dengan makanan Waroeng Spesial Sambal, karena rasanya yang enak, harganya yang murah, seperti menu makan rumahan, pilihan menunya yang banyak, tempatnya nyaman, dan lain-lain. Ada sebagian konsumen juga yang merasa tidak puas dengan Waroeng Spesial Sambal, seperti : kurangnya fasilitas kipas angin serta nunggunya lama.
Strategi Pemasaran Syariah Toko Tradisional Dan Toko Modern Di Desa Durajaya Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon Ozah Maspupah
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.724 KB) | DOI: 10.36418/jist.v1i1.13

Abstract

Era moderenisasi sudah terjadi pada masyarakat sekarang, hal ini menyebabkan beberapa perubahan meliputi perubahan demografi, spesialiasi, diversifikasi, profesi, struktur sosial ekonomi serta kebudayaan masyarakat. Dari perubahan tersebut ada beberapa kebiasaan masyarakat yang bergeser yaitu salahsatunya pola belanja masyarakat. Karena perubahan itu kini kebiasaan belanja masyarakat banyak yang beralih ke toko modern hal ini mendukung tumbuh dan berkembangnya toko modern sampai ke wilayah pedesaan berdampingan dengan toko tradisional. Untuk mempertahankan eksistensinya dilakukan beberapa strategi pemasaran syariah dalam rangka meningkatkan penjualan baik toko tradisional maupun modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasaran toko tradisional dan modern di desa Durajaya kecamatan Greged kabupaten Cirebon. Selain itu untuk mengetahui bagaimana strategi marketing syariah toko tradisional dan modern dalam meningkatkan penjualan dan untuk mengetahui hal apa yang menjadi kendala dan bagaimana penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung, study pustaka (library reseach) dan metode triangulasi data. Selanjutnya dari hasil penelitian diperoleh bahwa pola pemasaran yang dilakukan oleh toko tradisional dan modern berbeda sesuai sistem yang dilakukan. Sedangkan dalam rangka meningkatkan penjualannya masing-masing toko menerapkan beberapa strategi pemasaran syariah diantaranya yaitu pada toko tradisional menerapkan kebijakan khiyar, berhutang dan menerapkan kejujuran dalam penentuan harga. Pada toko modern menerapkan etika bisnis Islam dan juga memberikan kebijakan penerbitan kartu diskon sebagai hadiah bagi penggunanya. Disini peneliti menemukan beberapa hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan diantaranya yaitu: toko tradisional agar mau malakukan perubahan terkait beberapa hal yang kurang meliputi pencatatan, variasi produk maupun sarana dan prasarana, dan peningkatan loyalitas terkait pelayanan pegawai toko modern.
Pemberdayaan Ekonomi Anggota Koperasi Harapan Keluarga Sejahtera Sebagai Alternatif Mengurangi Tingkat Kemiskinan Di Desa Nanggela Kec. Greged Kabupaten Cirebon Ahmad Hanafi
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.719 KB) | DOI: 10.36418/jist.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini mengarahkan pada suatu permasalahan tentang pemberdayaan ekonomi anggota koperasi Harapan Keluarga Sejahtera sebagai alternatif dalam mengurangi tingkat kemiskinan di desa Nanggela Kec. Greged Kab. Cirebon, hal ini menjadi salah satu alasan peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai Pemberdayaan Ekonomi Anggota Koperasi Keluarga Harapan Sejahtera Melalui Koperasi Harapan Keluarga Sejahtera, Serta apa saja Faktor-faktor yang menghambat Koperasi Harapan Keluarga Sejahtera untuk memberdayakan anggota koperasi. Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian, Proses dari perencanaan yang dilakukan KHKS yaitu Dalam RAT ini anggota akan didata siapa saja yang akan menitipkan barangnya kekoperasi untuk dipasarkan di KHKS, menetapkan harga jual, produk/ barang apa saja yang akan dipasarkan, dan menetapkan berapa persen pembagian hasil usaha yang diperoleh. Adapun Pelaksanaannya yaitu Pengurus menyiapkan barang yang sudah disepakati dalam RAT yang dibutuhkan oleh anggota dengan memesannya melalui distributor, pegawai membereskan barang-barang yang sudah ada pada tempat yang sudah disediakan oleh pengurus. Sedangkan faktor penghambat diantaranya. pertama, Partisipasi anggota dalam koperasi meliputi: Tempat tinggal yang jauh dari koperasi atau pindah ke tempat yang jauh, kurangnya tanggung jawab dari anggota untuk memajukan koperasi, jaraknya yang lebih dekat dengan toko lain dibandingkan dengan toko koperasi. Kedua, adanya usaha yang serupa dengan KHKS di daerah tersebut yang keadaan tokonya lebih baik dari koperasi dan juga lebih lengkap barang-barangnya Berdasarkan hasil penelitian peneliti memberikan saran kepada Koperasi agar berusaha meningkatkan kelengkapan barang yang ada di toko sehingga bisa menarik perhatian lebih banyak, dan memperawat bangunannya agar terlihat lebih bagus.
Ketertarikan Peserta Didik Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam Di Kelas Iv Sd Kertawinangun Iv Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Aryanti; Mohammad Ridwan
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.891 KB) | DOI: 10.36418/jist.v1i1.9

Abstract

Keberadaan materi pendidikan agama Islam yang diajarkan sekolah harus sangat kompleks dan menyeluruh, karena pendidikan agama islam merupakan mata pelajaran yang dapat membentuk akhlak siswa.  Materi pendidikan agama Islam juga memiliki berbagai macam keunikan yang dapat disenangi oleh siswa seperti materi sejarah nabi dan rasul yang menceritakan tentang kisah dan perjuangan nabi dalam menyebarkan agama islam ataupun materi lainnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui materi-materi Pendidikan Agama Islam yang menarik peserta didik untuk dipelajari. 2. Untuk mengetahui alasan peserta didik tertarik pada materi Pendidikan Agama Islam. 3. Untuk mengetahui langkah-langkah yang dapat menarik peserta didik kelas IV SD Kertawinangun IV mempelajari materi Pendidikan Agama Islam. Dalam penyusunan karya ilmiah ini menggunakan penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang valid, penulis menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut : 1. Observasi 2. angket dan 3. Dokumentasi. Dan untuk menghitung korelasinya penulis gunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa 1. Ketertarikan peserta didik terhadap materi PAI di nilai sangat tinggi yang dibuktikan dengan perolehan rata-rata hasil angket sebesar 86,44. 2. Nilai pada materi PAI di pandang baik karena perolehan rata-ratanya di dapat 79,12. 3. adanya ketertarikan peserta didik terhadap materi pendidikan agama islam di kelas IV SD Kertawinangun IV Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu yang dibuktikan dengan perolehan nilai yang didapat penulis sebesar 0,64. Setelah melaksanakan penelitian di kelas IV SD Kertawinangun IV Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu.
IMPLEMENTASI SISTEM JUST IN TIME PADA PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PRODUKSI DI PT TSAMAROT INDONESIA: IMPLEMENTASI SISTEM JUST IN TIME Qhory Riana Al Vonda
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.418 KB) | DOI: 10.36418/jist.v1i2.14

Abstract

PT Tsamarot Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri food processing dengan produk yang dihasilkan yaitu seperti Puree (bubur buah), chuncy dan slincing yang dalam menjalankan kegiatan produksi menggunakan prinsip make to order. Berdasarkan sistem make to order tersebut perusahaan disarankan untuk memiliki sistem manajemen produksi yang baik untuk mengatur dan mengkoordiasikan penggunaan berbagai sumber daya yang ada secara efektif dan efisien, agar tidak terjadinya keterlambatan dalam proses produksi yang sedang berlangsung sehingga produk bisa dikirim tepat waktu. PT Tsamarot Indonesia mengalami kesulitan dalam memenuhi permintaan konsumen, hal tersebut diakibatkan karena sulitnya mengendalikan aliran material untuk sistem produksi sehingga dapat memperhambat proses produksi yang sedang berlangsung. Dengan demikian perusahaan membutuhkan metode yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Just In Time merupakan metode yang dapat meningkatkan produksi yang ramping dalam arti tidak ada pemborosan yang dapat dilakukan perusahaan. Dengan menggunakan pendekatan just in time dapat memberikan usulan untuk mengatasi jalannya menggunakan sistem just in time pada PT Tsamarot Indonesia dapat mengatasi permasalahan yang terjadi dengan melihat tingkat efisiensi perusahaan proses produksi. Berdasarkan hasil perhitungan dengan sebelum menggunakan sistem just in time sebesar 54% dan mengalami peningkatan sesudah menggunakan sistem just in time sebesar 78%.
Usulan Penerapan Metode Lean Six Sigma Untuk Mereduksi Waste Pada Produk Cincin Di Pt Xyz Yusrah Yusrah Nazari Firdaus
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.437 KB) | DOI: 10.36418/jist.v1i2.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengukur serta menganalisis waste dan defect terlebih produk berkualitas dengan harga terjangkau dan ketepatan waktu sesuai dengan waktu permintaan mutlak harus dipenuhi ketika perusahaan menginginkan untuk tetap bersaing dalam persaingan pasar. PT XYZ sebagai salah satu perusahaan perhiasan terbesar di Indonesia juga menghadapi hal yang serupa. Permasalahan seperti waste maupun defect terjadi pada stasiun kerja casting, perakitan, poles rangka, setting stone, pasang batu, dan poles chroom dengan jumlah kecacatan mencapai 25,55% selama 12 bulan terakhir sehingga membuat ketepatan waktu pemesanan PT XYZ tidak sesuai. Berdasarkan permasalahan tersebut maka metode penelitian yang digunakan untuk mengidentifikasi, mengukur dan menganalisis waste khususnya defect adalah lean six sigma dengan DMAIC-nya. Adapun dalam penelitian ini diketahui ada 6 total CTQ dengan cacat yang tidak bisa di repair ada di stasiun casting yaitu kecacatan shrinkage porosity. Pada penelitian ini juga di ketahui perbandingan process cycle efficiency pada value stream map secara aktual dan usulan perbaikan yaitu 79,48% dan setelah usulan perbaikan adalah 90,14%. Pada penelitian ini peneliti juga memberikan usulan dengan metode poka yoke pada tahap control yaitu sebuah mesin ultrasonik flaw detector yang dapat mengidentifikasi kecacatan pada casting sehingga presentase kecacatan pada PT XYZ dapat berkurang.
Usulan Penjadwalan Produksi Menggunakan Pendekatan Theory Of Constraints Pada Pt Xyz Firra Dinni
Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.935 KB) | DOI: 10.36418/jist.v1i2.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengukur serta menganalisis waste dan defect terlebih produk berkualitas dengan harga terjangkau dan ketepatan waktu sesuai dengan waktu permintaan mutlak harus dipenuhi ketika perusahaan menginginkan untuk tetap bersaing dalam persaingan pasar. PT XYZ sebagai salah satu perusahaan perhiasan terbesar di Indonesia juga menghadapi hal yang serupa. Permasalahan seperti waste maupun defect terjadi pada stasiun kerja casting, perakitan, poles rangka, setting stone, pasang batu, dan poles chroom dengan jumlah kecacatan mencapai 25,55% selama 12 bulan terakhir sehingga membuat ketepatan waktu pemesanan PT XYZ tidak sesuai. Berdasarkan permasalahan tersebut maka metode penelitian yang digunakan untuk mengidentifikasi, mengukur dan menganalisis waste khususnya defect adalah lean six sigma dengan DMAIC-nya. Adapun dalam penelitian ini diketahui ada 6 total CTQ dengan cacat yang tidak bisa di repair ada di stasiun casting yaitu kecacatan shrinkage porosity. Pada penelitian ini juga di ketahui perbandingan process cycle efficiency pada value stream map secara aktual dan usulan perbaikan yaitu 79,48% dan setelah usulan perbaikan adalah 90,14%. Pada penelitian ini peneliti juga memberikan usulan dengan metode poka yoke pada tahap control yaitu sebuah mesin ultrasonik flaw detector yang dapat mengidentifikasi kecacatan pada casting sehingga presentase kecacatan pada PT XYZ dapat berkurang.

Page 1 of 42 | Total Record : 414


Filter by Year

2020 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 02 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 4 No. 01 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 4 No. 5 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 4 No. 4 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 12 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 11 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 10 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 09 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 08 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 07 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 06 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 05 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 04 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 03 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 02 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 12 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 11 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 10 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 09 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 08 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 07 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 06 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 05 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 04 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 03 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 02 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 01 (2021): Spesial Issue - Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 2 No. 01 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 05 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 04 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 03 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Teknologi More Issue