cover
Contact Name
Aldo Robby Pradana
Contact Email
robbyaldo@gmail.com
Phone
+6289677232720
Journal Mail Official
investama@iaingawi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi - 63216
Location
Kab. ngawi,
Jawa timur
INDONESIA
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 25493779     EISSN : 2722774X     DOI : https://doi.org/10.56997/investama
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis merupakan jurnal yang berisi tentang kajian Ekonomi, ekonomi islam, bisnis, asuransi, perbankan syariah, hukum ekonomi islam, manajemen, keuangan syariah dan muamalat. Juga memuat kajian tentang finance sosial islamic, seperti Wakaf, zakat, sedekah, dan lembaga Amil zakat.
Articles 60 Documents
Hukum Multiakad (Al-Uqud Al-Murakkabah ) dalam Pandangan Beberapa Ulama dan Pemikir Islam Amila Amila
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 4 No 1 (2020): Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.844 KB)

Abstract

Dewasa ini perkembangan perekonomian islam sangat pesat, dimana banyak melahirkan produk-produk baru yang menjadikan daya saing dan daya tarik tersendiri untuk para konsumennya. Sehingga menjadikan akhir-akhir ini muncul produk baru yang menggunakan sistem akad berlapis atau yang sering disebut dengan multiakad. Penggabungan dua akad atau lebih menjadi satu akad dalam fiqih kontemporer disebut Al-Uqud Al-Murakkabah (akad rangkap/ multiakad).Yang mana dalam hal ini terdapat khilafah (perbedaan pendapat) diantara ulama ada yang membolehkan ada juga yang mengharamkannya. Bagaimanakah para ulama tersebut memberikan pendapatnya terkait tentang Al-Uqud Al-Murakkab tersebut? Berikut ini akan dibahas tentang hukum asal akad dan bagaimana pendapat para ulama dan para pemikir muslim tentang multiakad.
Analisis Pergerakan Harga Saham PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Ditengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 Fatkhur Rohman Albanjari; Raja Fatahilah Khafi
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 4 No 1 (2020): Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.151 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana kondisi harga saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di tengah wabah pandemi covid- 19.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana metode untuk mengumpulkan data dengan yang sebenar-benarnya yang sudah terjadi maupun yang saat ini terjadi tanpa ada tambahan untuk memperluas kesimpulan. Jadi data dan informasi ini benar-benar nyataadanya yang berasal dari sumber-sumber berita yang terpercaya dan dijamin validasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mengalami penurunan. Penurunan ini lantaran bukan dari imbas wabah virus corona tetapi penurunandisebabkan dengan keinginanICBP untukmengakuisisi keseluruhan saham PinehillCorpora yang menggunakan pembiayaan atau dengan hutang. Sedangkankondisi financialperusahaan dengan adanya wabah virus corona initidak berpengaruh besar terhadap kinerjaperusahaan. Saham ICBP ini sangat rekomended pada saat seperti ini karena PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mengeluarkan produk indomie dengan rasa yang baru yang diharapkan akan bisa menopang keuntungan pada saat ini.
Pengaruh Lingkungan Geografi Terhadap Pengembangan Pariwisata Ekonomi Di Kota Surakarta Lilik Sofianiyatin
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 4 No 1 (2020): Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.413 KB)

Abstract

Surakarta City has potential tourism objects such as Surakarta Hadiningrat Palace, Pura Mangkunegaran, Radya Pustaka Museum, Sriwedari People's Entertainment Park (THR), Taman Balekambang, Taru Jurug Wildlife Park (TSTJ), and others. This research discusses three objects, including Surakarta Hadiningrat Palace, Sriwedari People's Entertainment Park (THR) and Taru Jurug Animal Park (TSTJ) because it is more popular with visitors (Surakarta City Culture and Tourism Office, 2008-2011) and potential. Based on the observation of the object the condition is not maintained and the facilities are not yet complete. This study takes the title THE EFFECT OF GEORAFI ENVIRONMENT ON TOURISM DEVELOPMENT IN SURAKARTA which aims to determine the classification of the internal and external potential of tourism objects, determine the priority of tourism development, and find out the direction of tourism development in Surakarta City. TSTJ was developed by combining zoos and playgrounds, utilizing the Bengawan Solo River and artificial lakes as a relaxing area by adding buildings to enjoy the surrounding objects. THR Sriwedari was developed into a bigger and more complete amusement park because this object is expected to attract more visitors. The Surakarta Hadiningrat Palace does not need to carry out development that is changing or adding (pattern / structure) with the exception of repairs to damaged buildings and has to be replaced because of its appeal to existing relics including buildings. This object requires care by maintaining the cleanliness of objects and collections and maximizing tourism facilities.
Pengelolaan Keuangan Publik Islam Pada Masa Khalifah Umar Bin Abdul Aziz Ciptia Khoirulina
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 4 No 1 (2020): Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.269 KB)

Abstract

Perkembangan ekonomi Islam saat ini tidak bisa dipisahkan dari sejarah pemikiran ekonomi Muslim di masa lalu. Salah satu tokoh ekonom Muslim yang berhasil dikenang cemerlang dalam sejarah peradaban Islam adalah Umar bin Abdul Aziz. Khalifah ini berhasil dalam memimpin rakyatnya baik muslim maupun non muslim, lebih khusus lagi beliau dikenang dalam sejarah dapat menerapkan pengelolaan keuangan publik negara dengan sangat baik. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan pengelolaan keuangan publik pada masa Umar bin Abdul Aziz dan dampak dari kebijakan tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sejarah dengan menggunakan sumber data kepustakaan. Dari hasil kajian diketahui bahwa Kebijakan pengelolaan keuangan publik yang dibuat Umar bin Abdul Aziz berkaitan dengan penerimaan keuangan negara yang sumber utamanya adalah dari zakat. Selain itu sumber-sumber penerimaan negara lainnya, seperti jizyah, kharaj, usyur, ghanimah dioptimalkannya pula. Sedangkan kebijakan yang berkaitan dengan pengeluaran negara pada umumnya untuk kepentingan masyarakat dilaksanakan dengan prinsip keadilan dan pengeluaran untuk kepentingan negara dilaksanakan dengan prinsip kehati-hatian. Implikasi dari kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh Umar bin Abdul Aziz selama menjadi khaliafah adalah kesejahteraan rakyat meningkat, daya beli masyarakat meningkat, orang miskin berkurang, pajak berkurang, banyak masyarakat yang masuk Islam, serta timbulnya rasa keamanan dan kenyamanan sosial.
Penilaian Prestasi Kerja (Performance Appraisal) Linawati Linawati
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 4 No 1 (2020): Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.094 KB)

Abstract

Bekerja merupakan rutinitas setiap hari yang dilakukan seseorang dalam Perusahaan, Kantor Pemerintah maupun Kantor Swasta bahkan Mall sekalipun. Sedang untuk menambah semangat dalam bekerja, perusahaan memberikan penilaian atas kinerja karyawan atau pegawai. Yang kemudian hasil dari penilaian tersebut dituangkan dalam penilaian prestasi kerja diantaranya sebagai berikut : Penilaian prestasi kerja, faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian prestasi kerja, indikator, metode, tujuan, manfaat dan hambatan penilaian prestasi kerja bagi pegawai. Tulisan ini menitik beratkan kepada penilaian perusahaan atas karyawannya dalam bekerja dengan tujuan mendapatkan tunjangan dan peningkatan pendapatan perusahaan.
Kedudukan Fatwa Majelis Ulama Indonesia terhadap Hukum Positif Indonesia Lina Nur Anisa
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 4 No 1 (2020): Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.703 KB)

Abstract

Majelis Ulama Indonesia (MUI), sebagai lembaga non Pemrintah yang mengayomi umat Islam Indonesia. Ada sekitar 35 Fatwa Dewan Syariah Nasional yang telah terbit dan menjadi rujukan umat Islam Indonesia sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan. Selama ini, ada anggapan bahwa produk Fatwa DSN MUI merupakan pesanan dari sebuah perusahaan, bahkan ada yang mengaitkan Fatwa MUI sebagai alat untuk menjatuh -kritikkebijakan pemerintah. Mereka beranggapan fatwa DSN MUI wajib dijalankan dan akan mendapatkan sanksi bila tidak mampu menjalankannya. Sementara itu, apabila kita melihat pengertian dari Fatwa sendiri, adalah merupakan anjuran ataupun himbauan ulama kepada umat Islam. Fatwa bukan produk hukum positif yang mempunyai implikasi hukum tertentu. Oleh karena itu, tulisan ini menjelaskan tentang kedudukan Fatwa DSN MUI kepada masyarakat yang sifatnya himbauan bukan produk hukum yang sifatnya mutlaq.
Pandangan Ulama Tentang Hak Ruju’ Perempuan dalam Perspektif Hukum Islam Syaidun Syaidun
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 4 No 1 (2020): Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.768 KB)

Abstract

Perkawinan merupakan sebuah kontrok sosial yang didasarkan pada persetujuan dan kesepakan dari kedua belah pihak, demikian juga dari akibat kontrak sosial ini akan timbul pembatalan perkawinan, masa iddah maupun kembalinya anatara keduanya dalam sebuah perkawinan(ruju‟) hal ini harus didasarkan pada persetujuan dari kedua belajh pihak, karena tujuan dari semua itu adalah unutk menjaga hak-hak serta kewajiban-kewajiban anatara keduanya. Para ulam memandang bahwa ayat yang berkaitan dengan ruju‟ adalah sebagai petunjuk Allah tentang etika dalam hubungan rumah tangga antara suami istri, dan ayat ini pula juga mnegaskan atas hak-0hak perempouan untuk mendapatkan perlakuan yang baik dari suaminya.Dan ayat ini pula seakan-akan memberi persyaratan bagi suami yang berbuat baik terhadap istri termasuk pula dalam hal ruju‟, jika suatu pemahaman ini di tekankan maka kita bisa melihat bahwa kaum perempuan berhak mendapatkan perlakuan yang baik dari suami yang ingin kembali meruju‟nya. Dengan ayat yang berkaitan dengan ruju‟ dapat menjamin dan dapat di jadikan syarat bagi akad ruju‟ yang dikehendaki oleh suami, sehingga pihak istri dapat menolak ataupun menerima ruju‟ yang akan dilakukan oleh suami yang telah menceraikannya. Dan dengan khuluk sang istri dapat melepaskan diri dari perbuatan suami dari ikatan perkawinan yang sah, dengan cara menebus atas hak-hak suami yang telah diberikan kepadanya, dan dengan khuluk juga istri juga mempuayai hak untuk ruju‟ kepada suami yang mana telah mentalaknya.
Paradiqma Baru Akuntasi Syariah Dalam Perspektif Maqasid Syariah Hamdani Hamdani
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 4 No 1 (2020): Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.99 KB)

Abstract

Persoalan kemiskinan dan ketidak adilan ekonomi menjadi problem setiap masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia. Forum ekonomi tingkat dunia G-20 dan Word Bank mencatat pada tahun 2018 bahwa Masyarakat miskin di dunia masih mencapai 40 % dari jumlah Masyarakat dunia. Indonesia yang tergabung dalam Masyarakat berkembang pertumbuhan ekonomi hanya tercatat 5,02 % dari jumlah PDB penduduk Indonesia pada tahun 2019. Artinya, Indonesia dikatagorikan Masyarakat yang belum sejahtera oleh Word Bank, karena jumlah penduduk miskin Indonesia masih diatas angka 10%. Untuk memecahkan kemiskinan dan ketidak adilan ekonomi, perlu adanya langkah konkrit dan berkelanjutan dalam mensejahterakan rakyatnya. Olaf Corry menegaskan untuk menjadikan Masyarakat sejahtera perlu melibatkan tiga stakeholder yang saling bekerjasama dalam peningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pertama, kebijakan pemerintah dalam jaminan social. Kedua,pelibatan swasta dalam pertumbuhan ekonomi industry, ketiga, pelibatan organisasi nirlaba atau voluntir social yang bertujuan membantu masyarakat dalam pembinaan sector ekonomi.
ANALISIS MAQASID AL-SYARIAH ABU ISHAQ AL-SHATIBI TENTANG AKAD-AKAD PERBANKAN SYARIAH Ana Indriana Ana Indriana
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2019): Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Maqasid Al-Syariah merupakan tujuan-tujuan umum yang ingin diraih oleh syariah dan diwujudkan dalam kehidupan. Maqasid al-syariah merupakan konsep penting dalam kajian hukum islam. tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengertian dan urgensi maqasid syariah dan mengetahui akad dan klasifikasi maqasid al-syariah serta untuk mengetahui aplikasi maqasid al-syariah dalam bidnag perbankan syariah.
Hadist Tentang produksi, Distribusi dan Konsumsi Hamdani Hamdani Hamdani
Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 1 (2019): Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji aspek Ekonomi yaitu Produksi, distribusi dan Distri dalam perspektin Al-quran dan Hadist. kajian ini adalah berbentuk kajian pustaka, sehingga masyarakat dapat mengkaji secara baik.