cover
Contact Name
Edi Ilham
Contact Email
asianpublisher.id@gmail.com
Phone
+6285781169228
Journal Mail Official
asianpublisher.id@gmail.com
Editorial Address
Jl. R.H. Umar, Kampung Ceger, Kelurahan Jakasetia, Bekasi Selatan, 17147
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
KENDALI: Economics and Social Humanities
Published by Asian Publisher
ISSN : -     EISSN : 29625459     DOI : https://doi.org/10.58738/kendali
Core Subject : Economy,
KENDALI: Economics and Social Sciences Humanities (E-ISSN 2962-5459) is a high-quality, open-access peer-reviewed scientific journal published three times a year (July, November, April) by Asian Publisher. KENDALI: Economics and Social Sciences Humanities periodic scientific journals published based on scientific journal principles that aim to publish scientific works resulting from research, development, and literature studies in the economic and social humanities fields.
Articles 39 Documents
KUALITAS PRODUK BERDAMPAK LANGSUNG TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI POLITEKNIK LP3I JAKARTA Sudirman; Mardikawanty, Rini; Nur Harris Ependi
KENDALI: Economics and Social Humanities Vol. 1 No. 1 (2022): KENDALI: Economics and Social Sciences Humanities, July 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.195 KB) | DOI: 10.58738/kendali.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak kualitas produk terhadap kepuasan mahasiswa. Penelitian ini diadakan di Politeknik LP3I Jakarta Kampus Kramat  Raya. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Kampus Kramat Raya. Penelitian menggunakan metode probability sampling yakni dengan melakukan random sampling sederhana kemudian diproses dengan analisa multiple regression terhada 85 responden. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kualitas produk dan variabel bebas yaitu kepuasan mahasiswa. Hasil penelitian ini kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, dalam pengujian secara simultan kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa
PROSES PELAYANAN IDENTIFIKASI DATA KENDARAAN PADA UNIT PENGELOLA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR Happy Zufa
KENDALI: Economics and Social Humanities Vol. 1 No. 1 (2022): KENDALI: Economics and Social Sciences Humanities, July 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (31.033 KB) | DOI: 10.58738/kendali.v1i1.8

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Proses Pelayanan Identifikasi Data Kendaraan Pada Unit Pengelola Pengujian Kendaraan. Untuk mengetahui kendala dan solusi terhadap kendala dalam proses pelayanan identifikasi data kendaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini yaitu Setiap prosesnya memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku agar proses dapat berjalan dengan semestinya dan setiap kendaraan yang membawa barang atau mengangkut penumpang di wajibkan untuk melakukan pengujian agar kendaraan tersebut dapat di oprasikan dengan aman. Proses Pelayanan Identifikasi sangat baik di lakukan agar kendaraan tersbut dapat membuktikan bahwa kendaraan tersebut terdaftar atau telah melakukan pengujian wajib yang telah di tentukan.
KEGIATAN ADMINISTRASI PEMBUATAN SEPATU DI DAERAH KOTA TANGERANG Nurfitriani
KENDALI: Economics and Social Humanities Vol. 1 No. 1 (2022): KENDALI: Economics and Social Sciences Humanities, July 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.213 KB) | DOI: 10.58738/kendali.v1i1.9

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat yang diterapkan dibidang industri manufaktur dapat mengakibatkan perubahan – perubahan yang sangat berarti dalam dunia industri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses produksi, mengetahui kendala yang ada dalam proses produksi serta mencari solusi yang dapat digunakan dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode literatur dan observasi langsung ke lokasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa sering terlambatnya pemotongan kulit dari cutting atau ada meteria yang rusak, sehingga bagian sewing menunggu matrial yang akan diproduksi.
PERSEPSI PEMILIK USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PENGGUNAAN PEMBAYARAN SECARA ELEKTRONIK Here, Dominggus; Kelen, Lusianus Heronimus Sinyo
KENDALI: Economics and Social Humanities Vol. 1 No. 1 (2022): KENDALI: Economics and Social Sciences Humanities, July 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.537 KB) | DOI: 10.58738/kendali.v1i1.10

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menganalisis persepsi pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terkait penggunaan pembayaran secara elektronik melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia, dan munculnya pandemi Covid-19 menyebabkan penggunaan pembayaran secara elektronik melalui QRIS semakin tinggi. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif pada 102 responden yang merupakan pemilik UMKM, hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemilik UMKM terhadap penggunaan pembayaran elektronik adalah didominasi oleh persepsi terhadap kegunaan QRIS. 71 persen pemilik UMKM menyatakan bahwa pandemi Covid-19 mendorong mereka untuk menggunakan pembayaran secara elektronik (QRIS), Selain alasan pandemi Covid-19 tersebut, terdapat juga persepsi lain dari pemilik usaha untuk menggunakan QRIS, yaitu: kemudahan bertransaksi, pemahaman karena mengikuti tren, dan pengaruh (komunikasi) pihak bank.
PROSEDUR PRODUKSI PAKAIAN DI MASA PANDEMI (Studi Kasus CV Gerak Mandiri Jakarta Timur) Lubis, Fatimah Malini; Rizki, Putri Ade
KENDALI: Economics and Social Humanities Vol. 1 No. 1 (2022): KENDALI: Economics and Social Sciences Humanities, July 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.805 KB) | DOI: 10.58738/kendali.v1i1.14

Abstract

Masa pandemi membuat sebagian besar perusahaan melakukan perubahan dalam menjalankan perusahaannya. Hal ini perlu dilakukan karena terdapat perubahan pola kerja dan pola permintaan konsumen terhadap suatu komoditas. Salah satu prosedur dalam sebuah perusahaan konveksi adalah proses produksi pakaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana prosedur produksi pakaian pada CV Gerak Mandiri, Jakarta Timur di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur produksi pada CV Gerak Mandiri, Jakarta Timur terdiri dari penerimaan pesanan dari customer berlanjut ke persediaan bahan baku untuk proses penjahitan hingga ke tahap terakhir pengiriman barang yang dikirim oleh kurir ke customer dengan melampirkan dokumen pendukung seperti delivery order invoice dan faktur pajak. Prosedur produksi sudah disesuaikan dengan kondisi pandemi sehingga perusahaan dapat menjaga stabilitas keuangan perusahaan meski dalam masa pandemi.
GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF UNTUK GEN Z Hardian, Verus; Eric Hermawan
KENDALI: Economics and Social Humanities Vol. 1 No. 1 (2022): KENDALI: Economics and Social Sciences Humanities, July 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.793 KB) | DOI: 10.58738/kendali.v1i1.15

Abstract

Penelitian  ini  merupakan studi  kepustakaan  yang  mengumpulkan referensi  teoritis tentang konsep kepemimpinan transformatif, yang dianggap cocok untuk generasi gen Z di  era  Revolusi  Industri  4.0 dan  Society 5.0.  Referensi teoritis dicari melalui jurnal dan  buku bereputasi  internasional dan jurnal terakreditasi sinta  yang dianggap relevan. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran konsep kepemimpinan Transformatif, dimensi, konsekwensi dan penerapannya diberbagai lembaga bisnis, lembaga publik, lembaga pendidikan serta lembaga sosial kemasyarakatan, kemudian melihat kecocokan penerapan kepemimpinan tranformatif terhadap generasi Z. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis   dokumen karena  sesuai  dengan  jenis  penelitian. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kepemimpinan transformatif dapat digunakan diberbagai lembaga dan cocok dilakukan terhadap gen Z yang secara umum dikenal sangat kreatif, gaul dan selalu ingin diperlakukan secara unik serta ingin dilibatkan secara partisipatif dalam mengambil keputusan.
PENGARUH IKLAN ONLINE PADA MEDIA FACEBOOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN DI KALANGAN MAHASISWA IKIP MUHAMMADIYAH MAUMERE Alfina Erista D.Bura; Nur Chotimah Safrudin; Nurdin H. Abd. Rahman
KENDALI: Economics and Social Humanities Vol. 1 No. 1 (2022): KENDALI: Economics and Social Sciences Humanities, July 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.405 KB) | DOI: 10.58738/kendali.v1i1.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh antara iklan online terhadap keputusan Pembelian pakaian pada kalangan Mahasiswa Ikip Muhammadiyah Maumere.Penelitian ini di laksanakan di Kampus Ikip Muhammadiyah Maumere .Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ikip Muhammadiyah Maumere yang menggunakan pakaian online . sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang .Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling  dengan istilah pengambilan sampel secara acak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif .Semua pernyataan valid ,reliable,normal, linear, dan heteroskedastisitas.Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear sederhana diperoleh keputusan pembelian = 8,706+0,259 (iklan Online).Pengujian hipotesis hasil perhitungan uji t diperoleh hasil hitung > t tabel (3,251>1,990), yang berarti ho ditolak dan h1 diterima..Hasil menunjukan bahwa koefisien hasil determinasi( R square ) variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar R2=0,108 atau 10,8 % .Maka , hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara iklan online terhadap keputusan pembelian pakaian pada kalangan mahasiswa Ikip Muhammadiyah Maumere.
PENELITIAN TINGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI LP3I GROUP YANG MENCAKUP KARYAWAN DI YAYASAN, GROUP PTS), DAN GROUP COLLEGE DI SELURUH INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HUMAN RESOURCES INDEX (HR INDEX) SURVEY Karya Bakti Kaban
KENDALI: Economics and Social Humanities Vol. 1 No. 1 (2022): KENDALI: Economics and Social Sciences Humanities, July 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1240.083 KB) | DOI: 10.58738/kendali.v1i1.20

Abstract

Sebuah filosofi manajemen mengatakan: “If you can’t measure it, you can’t manage it”. Apa maksud dari filosofi diatas, dan apakah kita bisa melakukannya? Suatu pertanyaan yang menantang dan perlu untuk direnungkan. Guna membangun lingkungan kerja yang positif, aktif dan kolaboratif, perusahaan akan melakukan berbagai cara yang salah satunya melalui survey kepuasan karyawan. Umumnya survey kepuasan karyawan dilakukan secara berkala dan yang diukur selalu sama sehingga bisa diketahui progress yang terjadi dari program-program yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengukur kepuasan kerja karyawan di LP3I Group yang terdiri dari karyawan di Yayasan LP3I, karyawan di Group Perguruan Tinggi Swasta atau PTS (ada 2 yaitu Politeknik LP3I Jakarta beserta kampus pengembangannya dan PTS Akademi AAMP Bengkulu), dan karyawan di Group Cabang College yang ada di seluruh Indonesia (ada 17 Cabang). Dalam survey kepuasan karyawan ini digunakan metode Human Resources Index (HR Index) yang dikemukakan oleh Fredrick E. Schuster dalam buku Human Resources Management; Concepts, Cases and Reading, pada tahun 1985. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Analisa data dilakukan melalui regresi linier sederhana. Instrumen penelitian yang digunakan adalah questioner yang dihitung dalam tabulasi data. Hasil survey kepuasan karyawan lalu dibandingkan dengan present norms, yaitu nilai survey rata-rata kepuasan karyawan di berbagai perusahaan di dunia berdasarkan HR Index survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan karyawan di LP3I Group secara rata-rata adalah 3,68 (dari maksimal angka 5) yang lebih tinggi dari pada nilai standar atau present norms yang angkanya 3,38.
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN Widiarti Lestariningsih; Helmi Azahari; Toto Parwono
KENDALI: Economics and Social Humanities Vol. 1 No. 2 (2022): KENDALI: Economics and Social Humanities, November 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.153 KB) | DOI: 10.58738/kendali.v1i2.32

Abstract

Grab Food, Go-Food, dan Shopee Food adalah penyedia layanan pesan antar makanan. Cara memesannya juga mudah. Konsumen tinggal mengambil gadgetnya dan mulai masuk ke aplikasi Grab/Gojek/Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang dibuat dalam Google Form. Jumlah responden yang mengisi Google Form sebanyak 144 responden. Variabel-variabel yang terkait dalam penelitian ini adalah X1 (Kualitas Produk), X2 (Harga) sebagai variabel bebas, dan Y (Minat Beli) sebagai variabel terikat.Penelitian ini dilakukan dengan uji validitas data, reliabilitas data, dan normalitas data. Untuk mendapatkan hipotesis penelitian dilakukan dengan cara uji signifikansi parsial (uji T), dan uji signifikansi simultan (uji F).Hasil Uji Signifikansi Parsial (Uji T) meliputi: (1). Kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli masyarakat, karena tingkat signifikansi kualitas produk = 0,005 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05). (2). Harga berpengaruh terhadap minat beli masyarakat karena tingkat signifikansi Price = 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05).Dari uji signifikansi simultan (uji f) hasil kualitas produk dan harga secara simultan (Bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap minat beli masyarakat melalui Grab Food, Go-Food, dan Shopee Food.
ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN HARGA JUAL ATAS PRODUK (Studi Kasus di CV. Graceful Grantika) Husein Tuasikal; Ahmad Samsuri Azis
KENDALI: Economics and Social Humanities Vol. 1 No. 2 (2022): KENDALI: Economics and Social Humanities, November 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.223 KB) | DOI: 10.58738/kendali.v1i2.39

Abstract

  Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan CV. Graceful Grantika dan perhitungan berdasarkan metode full costing. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan dengan menggunakan metode full costing terdapat selisih harga yaitu sebesar Rp.27/ Lembar Dimana Harga Pokok Produksi menurut perusahaan adalah sebesar Rp 2.259 / Lembar sedangkan perhitungan harga pokok menurut metode Full Costing adalah sebesar Rp 2.286 / Lembar. Perbedaan perhitungan ini tentu berpengaruh terhadap laba yang diperoleh oleh Perusahaan CV. Graceful Grantika. Dimana bila menggunakan perhitungan menurut perusahaan, laba yang diperoleh dari penjualan tersebut adalah sebesar Rp 169.598.000 sedangkan bila menggunakan metode full costing, keuntungan yang di peroleh perusahaan adalah sebesar Rp 165.737.000. Sehingga terjadi selisih keuntungan sebesar Rp.3.861.000. Perbedaan ini terjadi karena adanya biaya-biaya yang tidak dimasukkan ke dalam perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan oleh pihak divisi Costing, yaitu biaya transportasi, biaya pengiriman dan biaya gaji karyawan untuk staff quality.

Page 1 of 4 | Total Record : 39