cover
Contact Name
Muhamad Saleh
Contact Email
msalehginting@serambimekkah.ac.id
Phone
+6285260377004
Journal Mail Official
perisai@serambimekkah.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah Jl. Unmuha, Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
PERISAI: Pendidikan dan Riset Ilmu Sains
ISSN : 29641497     EISSN : 29648904     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal “PERISAI: Pendidikan dan Riset Ilmu Sains” menerima naskah untuk dipublikasikan secara terbuka kepada masyarakat luas, baik bagi komunitas akademik maupun masyarakat pada umumnya sehingga pada ranah kelimuan dapat dikonsumsi secara luas pula. Naskah publikasi yang diterima berdasarkan berbagai latar belakang dan talenta akademik para periset yang dikemas sebagai sumbangsih pemikiran, melalui publikasi artikel yang dihasilkan akan dapat memberikan wahana dari berbagai bidang, khususnya pada ranah Pendidikan dan riset ilmu sains. Scope artikel dipublikasikan berdasarkan hasil pemikiran, kajian, pembelajaran serta temuan keilmuan bidang sains lainnya oleh para akademisi, praktisi, profesional serta peneliti pada bidang: Pendidikan dan hasil riset matematika, Pendidikan dan hasil riset fisika, Pendidikan dan hasil riset biologi, Pendidikan dan hasil riset kimia, Pendidikan dan hasil riset teknik, Pendidikan dan hasil riset bidang ilmu pertanian, Pendidikan dan hasil riset bidang ilmu kesehatan, Pendidikan dan hasil riset bidang lingkungan Pendidikan dan hasil riset bidang farmasi serta Pendidikan dan Hasil Riset Ilmu Sains Lainnya
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DARING Risma Masfufah; Ekasatya Aldila Afriansyah
PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Oktober Jurnal Perisai
Publisher : LPPM - Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.606 KB) | DOI: 10.32672/perisai.v1i1.52

Abstract

Pembelajaran matematika di abad ke-21 sudah meningkat dengan pesat. Siswa tidak hanya mampu menghitung saja, melainkan harus mampu mengaplikasikan rumus-rumus, mampu memecahkan kontekstual yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis yang ditinjau dari gaya belajar pada siswa SMP kelas VIII pada pembelajaran daring. Dalam penelitian ini dikaji teknik pembelajaran daring dalam menganalisis kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP ditinjau gaya belajar. Metodologi penelitian kualitatif deskriptif digunakan. Sebanyak 7 peserta—2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditori, dan 3 siswa dengan gaya belajar kinestetik—dipilih untuk penelitian ini sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu, siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan literasi matematis yang rendah dengan hanya berada di level 1, dan salah satunya memiliki kemampuan literasi matematis yang sedang dengan berada di level 3. Siswa dengan gaya belajar auditori termasuk memiliki kemampuan literasi matematis yang tinggi dengan berada di level 5 dan salah satunya memiliki kemampuan literasi matematis yang sedang dengan berada di level 3. Semua siswa kinestetik mampu, dengan dua di level 4 dan yang terakhir di level 3.
PERAN PROGRAM DINIYAH DALAM PEMBINAAN MORAL ANAK SD NEGERI SAMAHANI SEBELUM COVID 19 Reza Maulana; Dian Aswita; Israwati Israwati
PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Oktober Jurnal Perisai
Publisher : LPPM - Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.843 KB) | DOI: 10.32672/perisai.v1i1.53

Abstract

Program diniyah merupakan sebuah program pendidikan yang menekankan pada pentingnya pemahaman tentang ajaran agama Islam. Program diniyah dapat berperan dalam membina nilai moral kepada anak-anak melalui pendidikan agama islam yaitu aqidah, akhlak, dan ibadah. Asumsi penulis bahwa selama ini siswa dinilai cenderung menguasai bidang kognitif, namun minim penguasaan bidang afektif dan psikomotor. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peran program diniyah dalam pembinaan moral anak kelas V di SD Negeri Samahani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa program diniyah SD Negeri Samahani telah berupaya dengan berbagai cara untuk menjalankan perannya sebagai sebuah program pendidikan agama, khususnya dalam hal pembinaan moral anak. Orang tua siswa, merasa nyaman dan tenang ketika anak-anak mereka mau mengikuti program diniyah di SD Negeri Samahani. Semua program diniyah ini berdampak sangat positif terhadap pembinaan moral anak sekolah dasar yang saat ini sedang mengalami kemerosotan moral dan akhlak. Peserta didik dalam pergaulan sehari-hari menunjukkan moral yang baik, bersikap sopan santun terhadap semua orang, saling menghargai antara sesama teman dan juga rukun dengan sesama dan hanya 20 % siswa yang masih kurang nilai akhlak atau moralnya.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL MELALUI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING Siti Maysyaroh Domo; Abdul Mujib
PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Oktober Jurnal Perisai
Publisher : LPPM - Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.354 KB) | DOI: 10.32672/perisai.v1i1.55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan persamaan linier satu variabel. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs SwastaNurul Iman Tanjung Morawa yang berjumlah 5 siswa. Pengambilan subjek berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: lembar soal tes dan lembar wawancara. Kemudian data dianalisis dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan persamaan linier satu variabel bagi siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah adalah siswa yang hanya mampu memenuhi 2 dari 3 indikator kemampuan komunikasi matematis. Dalam menyelesaikan masalah komunikasi matematis, subjek sudah mengenal sebagian struktur masalah, namun proses yang terjadi belum lengkap. 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan persamaan linier satu variabel bagi siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang adalah siswa sudah mampu memenuhi ketiga indikator dari kemampuan komunikasi matematis, hanya saja pada saat proses langkah-langkah dalam menjawab soal masih kurang berurut., dan 3) Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan persamaan linier satu variabel bagi siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi adalah siswa mampu memahami masalah yang ada pada soal, dan sudah memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Dalam menyelesaikan masalah kemampuan komunikasi matematis, subjek sudah mengenal struktur masalah, sehingga mampu memahami dan menginterprestasikan ide matematis.
AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG MELALUI METODE INKUIRI Murni Murni; Manovri Yeni; Muhammad Daud
PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Oktober Jurnal Perisai
Publisher : LPPM - Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.762 KB) | DOI: 10.32672/perisai.v1i1.56

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa secara logika, biasanya dikembangkan lewat pelajaran matematika dengan membahas materi bangun datar segiempat yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi luas trapesium dan layang-layang di kelas V SD Negeri 33 Banda Aceh. Sebagaimana kita ketahui bahwa Sekolah Dasar merupakan basis yang sangat menentukan dalam pembentukan sikap, kecerdasan dan kepribadian anak didik. Sekolah dasar adalah tempat yang pertama untuk menanamkan konsep-konsep dasar, tentunya dalam bahasa yang cocok dan pendekatan lebih konkret sesuai dengan kondisi dan tempat.
ANALISIS TINGKAT KEPATUHAN RADIOGRAFER TERHADAP PEMAKAIAN APRON KEPADA PASIEN DI RUMAH SAKIT PERTAMEDIKA UMMI ROSNATI BANDA ACEH Kartika Sari; Nadia Surahmi; Cut Alya Della; Supriyanti
PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Oktober Jurnal Perisai
Publisher : LPPM - Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.157 KB) | DOI: 10.32672/perisai.v1i1.57

Abstract

Keselamatan radiasi merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah kesehatan manusia maupun lingkungan yang berkaitan dengan pemberian perlindungan kepada seseorang atau sekelompok orang ataupun kepada keturunannya terhadap kemungkinan yang merugikan kesehatan paparan radiasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan Radiografer terhadap pemakaian Apron kepada pasien di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati. Metode penelitian ini bersifat observasi dan cara pengumpulan data dengan cara membagikan kuisioner, yang dilakukan pada tanggal 15 Juni s/d 30 Juni 2020. Dari hasil penelitian yang dilakukan Pemberian Alat Pelindung Diri (APD) kepada pasien merupakan untuk mencapai tujuan proteksi dan keselamatan pasien. Kepatuhan radiografer dalam memberikan Apron sudah mencapai kepatuhan yang baik. Hal ini dikarenakan terbukti dari seluruh hasil responden yang menjawab bahwa radiografer patuh dalam memberikan apron  kepada pasien pada saat melakukan pemeriksaan.
PENGARUH PEMBERIAN DAUN GENJER (LIMOCHARIS FAVA) TERHADAP PERTUMBUHAN BERAT BADAN ITIK AIR (ANAS SP) Erdi Surya; Evi Apriana; M. Ridhwan; Armi Armi; Hendriani Hendriani
PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Oktober Jurnal Perisai
Publisher : LPPM - Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.95 KB) | DOI: 10.32672/perisai.v1i1.59

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang judul: Pengaruh Pemberian Daun Genjer (Limocharis Fava) terhadap Pertumbuhan Berat Badan Itik Air. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian daun genjer (limocharis fava) terhadap pertumbuhan berat badan itik air. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian daun genjer (Limocharis fava) terhadap pertumbuhan berat badan itik air. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode jenis penelitian eksperimental. Pola rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 kali perlakuan dan 4 kali pengulangan yang dilakukan terhadap itik air. Prosedur penelitian dalam penelitian ini adalah pakan hijauan merupakan salah satu komponen pakan yang memasuk kebutuhan serat bagi itik. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis varians model linier aditif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa P1 pada 10 hari pertama dan 20 hari pertama mencapai berat badan itik air tertinggi yaitu P1 pada 10 hari pertama 650 gram, dan P1 pada 20 hari pertama 970 gram. Akan tetapi pada 30 hari pertama P4 mengalami peningkatan lebih dari perlakuan yang lainya, yaitu P4 pada 30 hari pertama mencapai 1930 gram, P4 Pada 40 hari pertama 2640 gram, P4 pada 50 hari pertama mencapai 3710 gram dan P4 pada 60 hari pertama 4990 gram, hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa P4 berpengaruh pada berat badan itik air. Suplementasi dalam genjer ternyata berpengaruh sevara nyata terhadap berat badan itik disebabkan adanya enxim-enzim yang terdapat dalam daun genjer sehingga dapat membantu proses perencanaan racun yang berakibat penyerapan zat-zat makanan yang lebih tinggi.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BENTUK ALJABAR MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED Usep Kosasih Kosasih; Samnur Saputra; Egi Ahmad Supriadi
PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Oktober Jurnal Perisai
Publisher : LPPM - Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.229 KB) | DOI: 10.32672/perisai.v1i1.64

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa belum optimal dan materi pembelajaran tidak mendukung kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran matematika terkait keterampilan berpikir kritis yang sesuai dengan tingkat validitas. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar aljabar melalui pendekatan Open-ended yang dimodifikasi dengan pembelajaran Scaffolding untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D. Desain yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa bahan ajar dalam bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah valid, hal ini ditunjukkan dengan hasil validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator. Sehingga bahan ajar aljabar melalui pendekatan open-ended memiliki hasil validasi ahli materi pada 8 aspek dan hasil validasi ahli media pada 4 aspek dinyatakan valid.
EFEKTIVITAS TANAMAN KANGKUNG AIR (Ipomoea aquatic forsk) SEBAGAI MEDIA PENYERAP MERKURI (Hg) EKA MARYA MISTAR EKA MARYA MISTAR
PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Oktober Jurnal Perisai
Publisher : LPPM - Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.431 KB) | DOI: 10.32672/perisai.v1i1.65

Abstract

Perkembangan dalam dunia industri selain memberikan dampak positif juga membawa dampak negatif, salah satunya terjadinya kerusakan lingkungan khususnya pada air sungai. Industri yang menghasilkan limbah cair yang mengandung logam berat berbahaya langsung membuang atau mengalirkan limbah tersebut ke badan air tanpa dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Salah satunya logam berat Hg, yang dinilai sangat berbahaya bagi kesehatan yaitu dapat memicu kerusakan fungsi hati dan ginjal. Penelitian ini terdiri atas 2 tahap, yaitu proses aklimatisasi kangkung dan proses penyerapan Hg Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui efektifitas penyerapan merkuri (Hg) oleh kangkung air (Ipomoea aquatica forsk) dengan menggunakan metode fitoremediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik fitoremediasi yang melibatkan tanaman kangkung air dapat menurunkan konsentrasi Hg menjadi 1.037 mg/L. Katakunci : merkuri, kangkung air, fitoremediasi, logam berat
KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA STKIP MUHAMMADIYAH ACEH BARAT DAYA Husnul Khatimah Husnul; Orin Asdarina; Rismawati
PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains Vol. 2 No. 1 (2023): Februari Jurnal Perisai
Publisher : LPPM - Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.901 KB) | DOI: 10.32672/perisai.v2i1.73

Abstract

Disposisi matematis merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan belajar matematika mahasiswa. Seorang mahasiswa memerlukan disposisi matematis untuk bertahan dalam menghadapi masalah, mengambil tanggung jawab dan membiasakan kerja yang baik dalam matematika. Kemampuan disposisi matematis tentunya sangat mempengaruhi mahasiswa dalam proses pembelajaran, karena dengan kemampuan disposisi yang baik, mahasiswa akan menjadi lebih percaya diri, gigih, serta ulet dalam menggali yang dimilikinya dan menyelesaikan permasalahan dalam matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan disposisi matematis mahasiswa STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif, Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Aceh Barat Daya Program Studi Pendidikan Matematika angkatan 2014-2018. Teknik pengumpulan data menggunakan angket disposisi matematis, sedangkan Teknik analisa data dalam penelitian menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa Kemampuan disposisi matematis mahasiswa masih tergolong dalam kategori sedang, hal ini ditunjukan dari nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa adapun kateori kemampuan disposisi matematis berdasarkan angkatan maka mahasiswa angkatan 2017 memiliki nilai disposisi matematis yang tinggi dibandingkan angkatan lain, kemudian disusul oleh angkatan 2015, 2014 dan 2018 dengan kategori sedang, sedangkan angkatan 2016 memiliki nilai kemampuan disposisi matematis yang kurang.
MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 SIANTAN KEPULAUAN RIAU Fithri Angelia Permana; Muzdalifah
PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains Vol. 2 No. 1 (2023): Februari Jurnal Perisai
Publisher : LPPM - Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.047 KB) | DOI: 10.32672/perisai.v2i1.124

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang digunakan dalamberbagai segi kehidupan. Belajar matematika membutuhkankemampuan khusus agar siswa mampu mengaplikasikan ilmumatematika dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan bernalardalam belajar matematika tidak bisa dimiliki dengan serta merta,guru harus mengupayakan dengan model belajar yang sesuai. Salahsatu upaya yang dilakukan guru dengan menggunakan modeProblem Based Learning. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalahuntuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa. Subjekpenelitian ini siswa SMPN 2 Siantan Kabupaten Anambas KepulauanRiau kelas VII yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian berupates tulis, lembar observasi, dan angket. Prosedur penelitian yaituperencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakansebanyak 2 siklus. Dari penelitian yang telah dilakukan diperolehhasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswasebesar 10 (35,71%). Siswa yang memperoleh tingkat penalaran yangmemuaskan. 18 siswa (64,29%) masih berada dibawah harapan. Nilairata-rata yang diperoleh siswa pada siklus 1 sebesar 60,18 ataudengan katagori cukup. Sedangkan kemampuan guru meningkatkankemampuan penalaran siswa masih rendah yaitu sebesar 40% danuntuk respon siswa berada pada katagori sedang. Pada siklus 2,jumlah siswa yang tuntas yaitu berjumlah 21 orang atau sebesar 75%.Terjadi peningkatan sebesar 29%. Total nilai 3233 dengan rata-rata3,21 (katagori B). Kemampuan guru menggunakan PBL Perolehan nilai total sebesar 64 dengan rata-rata 3,37 pada katagori baik.