Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM)
J-Sikom adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu sosial dan ilmu politik dengan ruang lingkup kajian ilmu komunikasi yang fokus mewadahi karya ilmiah hasil penelitian mahasiwa/i ilmu komunikasi di dalam, maupun di luar lingkup Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam Jurnal J-Sikom ini merupakan pengembangan dari penelitian yang telah dilakukan mahasiswa/i ilmu komunikasi, karenanya J-sikom hadir sebagai wadah yang memfasilitasi mahasiswa/i ilmu komunikasi, di seluruh Indonesia untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bidang komunikasi. Harapannya jurnal ini tidak hanya sekedar menjadi wadah publikasi mahasiswa, namun dapat mengangkat hasil karya mahasiswa yang bermanfaat, dan dapat memberikan sumbangsih bagi perkembangan ilmu komunikasi dan riset-riset mahasiswa maupun praktisi komunikasi kedepannya. Jurnal ini akan terbit 2 kali dalam 1 tahun yakni pada bulan Mei dan November.
Articles
82 Documents
KENDALA INOVASI MEDIA DALAM PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI BENGKULU
Meti Suryani;
Fitria Yuliani
Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM) Vol 1 No 1 (2020): Komunikasi Modern : Implementasi keterbukaan, Pemanfaatan Media Baru, Pola Komuni
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (537.872 KB)
|
DOI: 10.36085/j-sikom.v1i1.3046
Sejak awal tahun 2019 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu, telah mewajibkan kepada seluruh pemohon Paspor baik itu pemohon yang mengajukan permohonan Paspor, maupun pemohon yang mengajukan permohonan penggantian Paspor untuk menggunakan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (APAPO) sebagai sarana mengoptimalkan kinerja pelayanan keimigrasian. Namun dalam prosesnya inovasi tersebut tidak lepas dari kendala dan permasalahan yang timbul, dalam pelaksanaannya. Tujuan penulisan ini adalah menggambarkan bagaimana kendala yang dihadapi oleh para pemohon pada saat menggunakan Aplikasi APAPO. Penelitian ini menggunakan metode metode deskriptif kualitatif. Penerapan pelaksanaan pelayanan publik dengan menggunakan media online dalam yaitu Aplikasi APAPO yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI telah berjalan dengan baik, hal ini terlihat jika pemohon tidak perlu datang dan mengantri sejak pagi untuk mendapatkan nomor antrian,. tidak terjadi praktek pungutan liar, tidak ada lagi praktek percaloan dalam pelayanan publik yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu. Namun dalam pelaksanaannya dalam penggunaan Aplikasi APAPO tersebut masih di temukan beberapa kendala.Kata Kunci : Inovasi Media dan Pelayanan Paspor
IMPLEMENTASI KETERBUKAAN DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MAHASISWI PENGGUNA CADAR DENGAN DOSEN DI UNIVERSITAS BENGKULU (UNIB)
Yulia Anggraini;
Eceh Trisna Ayuh
Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM) Vol 1 No 1 (2020): Komunikasi Modern : Implementasi keterbukaan, Pemanfaatan Media Baru, Pola Komuni
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (266.226 KB)
|
DOI: 10.36085/j-sikom.v1i1.3047
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi keterbukaan dalam komunikasi antar pribadi mahasiswi pengguna cadar dengan dosen di Universitas Bengkulu (UNIB) menggunakan teori Devito pada aspek keterbukaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi, untuk menentukan informan peneliti menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator implementasi keterbukaan dalam komunikasi antar pribadi mahasiswi pengguna cadar dengan dosen di Universitas Bengkulu (UNIB) yaitu adanya kedekatan, kepercayaan, sikap partisipatif, etika yang baik, pengungkapan diri, komunikasi secara spontan, dan komunikasi dua arah.Kata Kunci: Keterbukaan, Komunikasi Antar Pribadi, Pengguna Cadar
PEMANFAATAN NEW MEDIA DALAM PROMOSI PERHOTELAN DI KOTA BENGKULU
Kukuh Bagus Suryo Waskito;
Eceh Trisna Ayuh
Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM) Vol 1 No 1 (2020): Komunikasi Modern : Implementasi keterbukaan, Pemanfaatan Media Baru, Pola Komuni
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (270.153 KB)
|
DOI: 10.36085/.v1i1.3048
Media baru dimanfaatkan dalam menjadi media promosi bagi mereka pelaku bisnis.Pada penelitian ini berfokus tentang bagaimana media baru dijadikan sebagai sarana promosi bagi pihak perhotelan yang ada di kota Bengkulu, dengan menggunakan metode kualitatif dan model teori Difusi Inovasi. Hasil penelitian ini yaitu bahwa kajian 4 unsur teori Difusi Inovasi (inovasi, jangka waktu, saluran komunikasi dan sosial) memiliki hubungan dengan adanya pemanfaatan media baru saat ini. Seperti adanya pemilihan inovasi yang memiliki dampak di era sekarang, jangka waktu yang dipilih untuk memutuskan kenapa harus mempromosikan melalui media baru, saluran komunikasi yang memiliki pengaruh tersendiri seperti jangkaun yang luas dalam promosi, hingga sosial yang membuat adanya perubahan hingga timbulnya pemanfaatan media baru sebagai promosi dari pihak hotel yang ada di kota Bengkulu.Kata Kunci: New Media, Media Promosi, Promosi
POLA KOMUNIKASI PEMASARAN JASA TRANSPORTASI ONLINE (STUDI PADA GRAB DI KOTA BENGKULU)
Redho Kurniawan;
Sri Dwi Fajarini
Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM) Vol 1 No 1 (2020): Komunikasi Modern : Implementasi keterbukaan, Pemanfaatan Media Baru, Pola Komuni
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (387.148 KB)
|
DOI: 10.36085/j-sikom.v1i1.3050
Transportasi online adalah salah satu cara agar bisa memudahkan masyarakat, termasuk dalam layanan pesan antar makanan atau barang ke tempat tujuan. Ditengah maraknya transportasi berbasis online ada salah satu pengusaha yang memanfaatkan kesempatan tersebut dengan menyediakan transportasi online seperti Grab Bengkulu yang sudah menyebar luas di Bengkulu. Namun disamping itu adanya masalah yang peneliti temui pada saat survei lapangan yaitu diantaranya, belum adanya izin operasi dan adanya bentrok dengan supir angkot dengan pihak grab. Sehingga dalam hal ini peneliti ingin meneliti lebih jauh tentang strategi konikasi pemasaran Grab Bengkulu dalam memasarkan jasa transportasi online di bengkulu. Penelitian mengunakan pendekatan deskripsi metode kualitatif. Dalam penelitian ini hasil diperoleh melewati teknik wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi foto. Adapun teknis menganalisis hasil yang mengunakan tahap mengumpulkan data awal, tahap memilah hasil penelitian, menyajikan hasil penelitian, memvalidasi hasil keabsahan data dengan teknik pengujian data menggunakan triangulasi melalui pemaparan dari narasumber. Dari kesimpulan penelitian menjelaskan bahwasanya strategi komunikasi yang dilakukan oleh Grab Bengkulu untuk menarik peminat pelanggan di kota bengkulu yaitu dengan tetap memperkuat jaringan efektivitas pemasaran secara online dengan menggunakan media sosial dan memanfaatkan sebaik-baiknya. Adapun jenis media sosial yang digunakan adalah seperti Facebook dan Instagram yang berfungsi mempromosikan jasa transportasi online ini. adapun tujuan dalam atribut grab adalah dengan menarik peminat pelanggang supaya lebih mengenal aplikasi Grab, adapun cara lain yang digunakan ialah sosialisasi langsung kepada masyarakat terhadap pengenalan aplikasi Grab di Kota Bengkulu. Keuntungan dalam menggunakan aplikasi grab ini juga dilengkapi security dan tracking dimana berfungsi melindungi pelanggan apabila mengalami kehilangan.Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Grab
KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA PASIEN DEPRESI DALAM MEGEMBANGKAN KONDISI ADAPTIF (Studi Pada RSJKO Soeprapto Bengkulu)
Ghivari Rahmatullah;
Sri Dwi Fajarini
Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM) Vol 1 No 1 (2020): Komunikasi Modern : Implementasi keterbukaan, Pemanfaatan Media Baru, Pola Komuni
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (262.742 KB)
|
DOI: 10.36085/.v1i1.3051
Penerapan komunikasi terapeutik oleh perawat pada pasien depresi gangguan jiwa pada RSJKO Soeprapto Bengkulu sudah terjalankan dengan baik sesuai dengan teori yang peneliti ambil yaitu komunikasi interpersonal yang dimana pendekatan antara perawat dengan pasien sudah pada tahap saling percaya dan dapat memudahkan jalannya komunikasi terapeutik. Melalui skripsi ini maka perinasalahan yang di angkat yaitu penerapan komunikasi terapi pada perkembangan pasien di RSJKO Soeprapto Bengkulu menggunakan teori komunikasi interpersonal. Peneliti menggunakan rnetode penelitian kualitatif. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data lisan dan tulisan yang di dapat melalui tehnik wawancara, observasi, serta dokuinentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan ialah tahap pengambilan, penyajian data, penarikan kesimpulan dan menghasilkan tentang penerapan kornunikasi terapeutik yang ada di RSJKO Soeprapto Bengkulu sudah sangat baik karena perawat sudah memahami semua proses yang harus dilakukan dalam penerapan berlangsungnya komunikasi terapeutik, Sampai sekarang perawat juga inemfokuskan penerapan pada pendekatan (Hubungan) yang menggunakan teori komunikasi interpersonal, Pada saat penerapan komunikasi terapeutik dilakukan kepada pasien depresi agar pasien tidak rnerasa terganggu . Kata Kunci : Komunikasi Terapetik, Pasien Depresi dan Kondisi Adaptif
HAMBATAN KOMUNIKASI PADA MASYARAKAT ETNIK MINANG DI KOTA BENGKULU
triyani putri;
fitria Yuliani
Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM) Vol 1 No 2 (2020): Strategi dan Tantangan dalam Komunikasi Modern : Hambatan, Adaptasi dan Inovasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (365.571 KB)
|
DOI: 10.36085/j-sikom.v1i2.3053
Dalam kehidupan sosial, interaksi terhadap sesama sangat dibutuhkan karena manusia saling membutuhkan satu sama lain. Namun, untuk terciptanya interaksi tersebut tidaklah mudah, karena akan ada faktor yang menciptakan hambatan dalam komunikasi tersebut, salah satunya adalah budaya. Penelitian ini mengkaji hambatan yang dialami masyarakat etnik Minang yang berada di kota Bengkulu, menggunakan metode kualitatif dan teori Interaksi Simbolik yang memiliki 3 unsur yaitu unsur Mind, Self dan Society. Hasil penelitian ini, pada Mind yaitu adanya perspektif yang timbul dari masyarakat sekitar kepada masyarakat etnik Minang, Self yaitu adanya pelaku dan korban hasil dari perspektif masyarakat lokal dan Society yaitu terciptanya lingkungan baru hasil dari perspektif (Mind) yang disebarkan oleh Individu (Self). Kata Kunci: Hambatan Komunikasi, Stereotipe
PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DENGAN ANAK DOWN SYNDROM DI SDN LB CURUP SELATAN
noni novalia;
Sri Dwi Fajarini
Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM) Vol 1 No 2 (2020): Strategi dan Tantangan dalam Komunikasi Modern : Hambatan, Adaptasi dan Inovasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (382.39 KB)
|
DOI: 10.36085/j-sikom.v1i2.3054
Strategi komunikasi merupakan kombinasi yang terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, saluran (media) penerima sampai pada pengaruh (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi yang optimal. Pada penelitian ini berfokus tentang bagaimana strategi komunikasi antar pribadi dijadikan sebagai sarana komunikasi bagi guru dalam proses belajar anak down syndrom, dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu bahwa di SDLB Negeri Curup Selatan menggunakan komunikasi antar pribadi dengan teori De Vito yang diterapkan dengan cara memberi bimbingan, keterbukaan, dukungan, empati, sikap positif dan kesetaraan bagi siswa tersebut, karena siswa berkebutuhan khusus tidak mampu bersosial, tetapi karena adanya komunikasi antar pribadi yang baik dari guru dengan anak down syndrom sudah mulai memahami dan mengerti, serta dapat berbaur dengan teman sebayanya sama-sama down syndrom. Strategi komunikasi antar pribadi yang digunakan SDLB Negeri Curup Selatan yang paling dominannya adalah keterbukaan dan dukungan. Kata Kunci: Strategi komunikasi, antar pribadi, down syndrom
STRATEGI ADAPTASI CULTURE SHOCK DALAM KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA MAHASISWA PAPUA UNIVERSITAS BENGKULU (Studi Pada Mahasiswa Papua di Universitas Bengkulu)
Rike Budiarti;
fitria Yuliani
Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM) Vol 1 No 2 (2020): Strategi dan Tantangan dalam Komunikasi Modern : Hambatan, Adaptasi dan Inovasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (438.906 KB)
|
DOI: 10.36085/.v1i2.3055
Strategi komunikasi antar budaya merupakan langkang yang akan di lakukan setiap masyarakat saat menepaki daerah atau tempat tinggal baru, dikenal dengan istilah culture shock (gegar budaya) adalah suatu kondisi dimana adanya langkah dan strategi yang akan di lakukan, sehingga adanya keterkejutan dan belum bisa beradaptasi dengan budaya yang ditempati. “Strategi Adaptasi Culture Shock dalam Komunikasi antar Budaya Mahasiswa Papua Universitas Bengkulu (Studi Pada Mahasiswa Papua Di Universitas Bengkulu)â€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah dan bentuk-bentuk gejala culture shock yang di alami masyarakat pendatang untuk beradaptasi dengan mencoba mempelajari bahasa, adat istiadat setempat sampai dengan makanan yang biasa di sajikan oleh penduduk asli Bengkulu. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Asumsi teori yang digunakan teori Samovar (2010, dalam Sekeon, 2011: 166) mengungkapkan adanya empat fase untuk culture shock, yaitu: pertama fase Euforia, fase kedua Setelah beberapa bulan menetap di kota Bengkulu, informan mulai merasa kecewa dan kesulitan berkomunikasi serta memahami penduduk asli karena adanya perbedaan budaya dan bahasa. Ketiga, yaitu fase adaptasi,  Keempat, fase penyesuaian diriKata Kunci : Komunikasi Antar Budaya,Culture Shock, Mahasiswa Papua
KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PADA PASANGAN PEMAIN GAME ONLINE DI KOTA BENGKULU
Perli Syaputra;
Eceh Trisna Ayuh
Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM) Vol 1 No 2 (2020): Strategi dan Tantangan dalam Komunikasi Modern : Hambatan, Adaptasi dan Inovasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (253.072 KB)
|
DOI: 10.36085/.v1i2.3056
Komunikasi Antarpribadi merupakan salah satu jenis kegiatan yang dilakukan oleh pasangan dalam rumah tangga. Jika intensitas komunikasi antar pasangan kurang intens diterapkan karena aktivitas masing-masing, hal tersebut bisa mengakibatkan kurangnya harmonisasi didalam rumah tangga itu sendiri. Penelitian ini mengkaji tentang komunikasi antar pribadi yang terjadi pada pasangan pemain game online Free Fire di kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi antarpribadi dari Devito yang terdapat 5 unsur yaitu keterbukaan, Empati, Sikap Positif, Kesetaran, dan Dukungan. Hasil akhir dari penelitian ini ditemukan bahwa kurangnya efektivitas komunikasi pada pasangan suami istri yang disebabkan oleh adanya pengaruh game online free fire dalam proses interaksi dan komunikasi mereka. Kata Kunci : Game Online, Pasangan Suami Istri
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI PADA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA BENGKULU
Ciacin Putri Embun Sari;
Eceh Trisna Ayuh
Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM) Vol 1 No 2 (2020): Strategi dan Tantangan dalam Komunikasi Modern : Hambatan, Adaptasi dan Inovasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (366.276 KB)
|
DOI: 10.36085/j-sikom.v1i2.3057
Fenomena transportasi online hampir ada di setiap provinsi yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu provinsi Bengkulu yang saat ini juga terkena fenomena transportasi online ini, melihat adanya kebutuhan di era sekarang menjadikan bisnis transportasi online semakin banyak jenis dan ragamnya serta menambah persaingan sesama transportasi online di kota Bengkulu. Pada penelitian ini berfokus tentang bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh pihak transportasi online untuk eksistensi dalam persaingan di kota Bengkulu, dengan menggunakan metode kualitatif dan teori Marketing Mix 7P. Hasil penelitian ini yaitu bahwa teori marketing mix 7p melalui 7 unsurstrategipemasarandidalamnya (product, price, place, promotion, People, Process, Physical Evidence)yaitubahwa transportasi online Maxim menawarkanjasatransportasiberbasis online yang dapatdigunakan di kota Bengkulu maupunluarkotadenganmemberikanharga yang lebihmurahdankualitaspelayanan yang baik serta juga adanya potongan harga, memilikisumberdayamanusia yang mempuni, danberpengalaman. Serta adanya ciri khas yaitu warna kuning sebagai branding dan promosi yang dilakukan dengan cara konvensional maupun dengan bantua sosial media sebagaibentukstrategidalam menjaga eksistensi mereka dalam persaingan dengan kompetitor lainnya yang ada di kota Bengkulu.Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Transportasi Online