cover
Contact Name
Edisah Putra Nainggolan
Contact Email
medanijurnal@gmail.com
Phone
+6285158011646
Journal Mail Official
jurnalmedani@gmail.com
Editorial Address
Jl. Karyajaya Perum Taman Karyajaya Indah Blok C.15 Medan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Lembaga Riset Ilmiah
ISSN : 29628032     EISSN : 29628032     DOI : -
Medani Jurnal Pengabdian Masyarakat is a publication media for the results of Community Service in the Social, Science, and Applied Sector. Medani received articles from community service to be published covering the scope of Economics, Social Affairs, Agriculture, Environment, Education, Health, and other community service results. All submitted articles will go through a peer-reviewed process to ensure publication quality. Medani published 3 times a year April, August, and December.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023" : 5 Documents clear
Pendampingan Peningkatan Spiritual Masyarakat Desa Payung Melalui Kegiatan Tradisi Barzanji Risna Syaiful Bahri
Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Lembaga Riset Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59086/jpm.v2i1.120

Abstract

Marhabanan as a tradition of Muslims and has existed since the time of the Prophet Muhammad. The meaning of the word marhabanan comes from Arabic, namely welcome and has the same meaning as ahlan wasahlan which means welcome, marhabanan is an art as a welcome for something new as was done by the Ansor people (residents of the city of Medina) in welcoming the Prophet and his people. The emigrants arrived in the city of Medina on the occasion of the Prophet Muhammad and his companions moving from the city of Mecca to the city of Medina. In marhabanan, activities about reading the books of al-Barzanji and addiba'i which contain praises to the Prophet Muhammad SAW and the history of birth were sent to be prophets and apostles and until he died. With the hope of getting intercession or help from the Prophet Muhammad later in Yaumul Qiyamah later. Therefore, the Fatayat mothers held marhabanan activities in the hope of getting intercession from him and strengthening the relationship between mothers in Payung village and also increasing piety to Allah SWT. In collecting data sources using qualitative methods, namely by observation, and documentation. Based on the results obtained that there is an increase in the spirituality of the people of Payung Village, especially the Fatayat women of Payung Village.
Pelatihan Pembuatan Makalah Menggunakan Mendeley untuk Mahasiswa Baru Maudy Setyaningsih
Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Lembaga Riset Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59086/jpm.v2i1.160

Abstract

Dalam penulisan sebuah karya ilmiah sebaiknya terhindar dari plagiasi karena sering terjadi dikalangan mahasiswa, khususnya dalam menyususn tugas makalah. Banyak mahasiswa yang menuliskan makalah tanpa mencantumkan referensi didalam daftar rujukan. Hal ini karena banyak mahasiswa yang belum mengetahui tentang reference tool yang salah satunya yaitu mendeley. Oleh karena itu, UKM F Literasi Pendidikan mengadakan pelatihan ini dengan tujuan untuk: 1) memberikan pemahaman kepada mahasiswa pentingnya penggunaan reference tool dalam penyusunan tugas makalah untuk menghindari plagiasi, dan 2) memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam mendapatkan referensi rujukan. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara tatap muka (offline) dengan mahasiswa UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, dan dilanjutkan dengan penugasan kepada mahasiswa untuk melakukan instalasi, pembuatan akun, hingga membuat sitasi dan referensi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa mahasiswa mampu melakukan instalasi dan mampu menggunakan Mendeley dalam membuat sitasi dan daftar rujukan.
Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Pribadi Di Desa Tanjungsari, Kecamatan Kajen Aa'isyah Turahmah
Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Lembaga Riset Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59086/jpm.v2i1.188

Abstract

Remaja adalah orang yang sangat konsumtif dalam menggunakan uang jajannya. Pengeluaran finansial seorang remaja dipengaruhi oleh keinginan remaja itu sendiri untuk membelanjakannya. Salah satu penyebabnya adalah pengaruh teman sebaya dan gaya hidup yang mereka jalani. Mengelola keuangan sejak remaja merupakan hal yang penting untuk dilakukan, namun masih banyak remaja yang belum mampu mengelola keuangannya dengan baik. Hal ini dapat terjadi karena aspek psikologis remaja yang baru beranjak dewasa dan pengaruh dari luar dirinya. Tujuan dari kegiatan sosialisasi pengelolaan keuangan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam mengelola keuangan pribadi secara efektif. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mediasi, sosialisasi dan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan remaja mengenai cara mengelola keuangan. Terdapat pula peningkatan pengetahuan terkait data dalam berinvestasi pada remaja.
Stimulasi Brain Gym Dalam Rangka Mendukung Perkembangan Anak Prasekolah Di Paud Dan TK Tuah Bersama Desa Lembah Alas Halimatussakdiyah Lubis; Yusnaini; Siska Putri Belangi
Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Lembaga Riset Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59086/jpm.v2i1.227

Abstract

Program Brain Gym merupakan salah satu cara untuk merangsang anak-anak, dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi tingkat kecemasan. Kegiatan sosialisasi program Brain Gym ini dilaksanakan di PAUD dan TK Tuah Bersama 1 (satu) bulan dari 15 November sampai 16 Desember 2022 dilaksanakan pada 5 guru sebagai kader, dan  30 orang siswa PAUD dan TK Tuah Bersama. Proses pelatihan kegiatan Brain Gym dilakukan dengan memutar video Brain Gym, dan tim pengabdian masyarakat menjadi panutan, bersama dengan 5 orang guru yang menjadi kader melakukan Brain Gym untuk siswa PAUD dan TK Tuah Bersama Desa Lembah Alas. Peserta sangat antusias selama proses sosialisasi, dan tidak ada satu orang pun yang meninggalkan rangkaian acara tersebut. Peserta telah menerima materi sosialisasi mengenai Brain Gym, toilet training, dan 7 cara mencuci tagan melalui program stimulasi Brain Gym dan masih memerlukan sosialisasi lebih lanjut dan pendampingan terkait program Brain Gym dalam rangka mendukung perkembangan anak prasekolah.
Implementasi Promosi Melalui Media Sosial Pada UMKM Di Desa Tanjung Sari Nel Arianty
Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Lembaga Riset Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59086/jpm.v2i1.266

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) membutuhkan media sosial sebagai alat untuk memasarkan produk yang telah dihasilkan dalam upaya mencapai pangsa pasar yang luas. Media sosial saat ini dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja dalam memasarkan produknya. UMKM yang berada di desa Tanjung Sari juga menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memberikan segala informasi yang berhubungan dengan penawaran dan penyediaan produk yang tersedia kepada konsumen secara online. Pada kegiatan ini yang dilakukan adalah implementasi promosi produk yang dihasilkan UMKM yang berada di desa Tanjung Sari melalui media sosial dalam upaya memudahkan pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mempermudah pelaku usaha menawarkan serta memperkenalkan produknya ke masyarakat luas melalui media sosialAB

Page 1 of 1 | Total Record : 5