cover
Contact Name
Alfian Saleh
Contact Email
fleksibel@unilak.ac.id
Phone
+6285326715822
Journal Mail Official
fleksibel@unilak.ac.id
Editorial Address
Jl.Yos Sudarso Km 9 Rumbai
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Fleksibel: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27749800     DOI : https://doi.org/10.31849/fleksibel.v4i2
Jurnal FLEKSIBEL adalah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat di bidang Sains Terapan dan Sosial Humaniora, yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi April 2021" : 5 Documents clear
Penegakan Hukum Pidana Korupsi Terkait Penggunaan Bahan Material Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan Fadrizal Lubis; Winayati Winayati; Virgo Trisep Haris
FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pekerjaan proyek konstruksi jalan sering mengalami permasalahan dilapangan terutama menyangkut pada pengunaan mahan material yang tidak sesuai dengan spesifikasinya. Untuk itu diperlukan pengawasan, Aparat penegak hukum sesuai dengan Undang-Undang No.2 tahun 2002 mempunyai kewenangan dalam bidang pengawasan terhadap jalannya suatu kegiatan pekerjaan konstruksi. Aparat Penegak hukum diberikan pelatihan terhadapat penggunaan bahan material khususnya konstruksi perkerasan jalan, metode yang digunakan ceramah, diskusi atau tanya jawab tentang material yang dibutuhka. Sebelum penyampaian materi oleh penyaji untuk mendalami terhadap materi yang disajikan pada peserta terlebih dahulu diberi kuissioner pretest dengan hasil pemahaman bagi peserta rata-rata 62 % setelah materi pelatihan disampaikan pada peserta di sesi akhir diberikan kuisioner posttest dengan tingkat pemahaman bagi peserta rata-rata 83 % sehingga rata-rata terjadi meningkatan pemahaman terhadap materi yang disampaikan sebesar 21 %. Hasil kuissioner pernyataan penguasaan materi oleh penyaji didapatkan tingkat kejelasan materi 40 %, pentingnya materi disosialisasikan 60 %, dan penguasaan materi oleh penyaji 60 %.
Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Blended Learning Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Roki Hardianto; Fajrizal; Musfawati
FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Community Service raised the title "Socialization of the Use of Blended Learning Applications to Support Online Learning during the Covid-19 Pandemic". The activity was carried out because the rules regarding online learning from home had been decided since the Covid-19 pandemic broke out in Indonesia. Students and lecturers in the teaching and learning process interact using e-learning applications. The goal is that all activities can be stored as university archives for accreditation and other purposes. At the Lancang Kuning University the e-learning application is called blended learning. Community Service Activities were held at the Zoom Meeting with the aim of preventing the transmission of Covid-19. At the event, 89 students attended the Zoom Meeting from the Faculty of Computer Science. The implementation of activities is carried out for one day with a discussion of the use of blended learning material in the form of account registration, class management to the teaching and learning process in the blended learning application. This activity has outputs, namely the PKM journal that has been published in the OJS online journal, news of activities published scientifically and useful knowledge for participants.
Pelatihan Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada TK Al Ikhlas 256 Herlinda Kusmiati; Stefanius Lie
FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia saat ini sedang menghadapi situasi pandemi Covid-19, dimana pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah, menjaga jarak, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan. Sekolah dihimbau untuk dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dirumah. Hal ini bertujuan agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang sedang mewabah di Indonesia. Meski tidak bisa bertatap muka dengan siswa kegiatan belajar dan mengajar tetap bisa berjalan dengan adanya aplikasi video conference. Salah satu aplikasi yang dapat dijadikan sebagai sarana media pembelajaran jarak jauh ialah Zoom Cloud Meetings. Kegiatan pengabdian ini memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi guru TK Al Ikhlas 256 Palembang tentang penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran saat pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penyampaian materi pengabdian adalah workshop (praktik dan tanya jawab) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini peserta dapat menerapkan pengetahuan yang sudah diperoleh kedalam kegiatan akademik dan non akademik.
Penerapan Persyaratan Umum Instalasi Listrik Dan Standarisasi Kelistrikan Di Kelurahan Maharani Kecamatan Rumbai Abrar Tanjung; Hamzah Hamzah; David Setiawan
FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Electrical energy is a basic necessity for the community, because without electricity, people's activities as consumers will be disrupted. A good electrical installation that meets the Indonesian National Standard (SNI) and the National Electricity Company Standard (SPLN) as well as the General Requirements for Electrical Installation 2011 will be able to minimize problems in the installation of electrical installations. Based on the results of counseling, it was found that activity partners obtained an increase in knowledge about basic knowledge of electrical installations after extension by 75%, Partners were able to find out about PUIL 2011 after counseling by 90%, activity partners received an increase in electricity standardization after extension by 90%, activity partners knew and understand in the installation of electrical installations in accordance with PUIL after counseling by 90% and Partners know that the installed electrical equipment is in accordance with standardization after counseling by 90%.
Pelatihan Pembuatan Rencana Anggaran Biaya pada Siswa SMK di Kota Pekanbaru Gusneli Yanti; Zainuri Zainuri; Hendri Rahmat
FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyusunan rencana anggaran biaya membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus, sementara pegawai administrasi kontraktor hanya mengerti masalah administrasi umum saja. Karena itu, kontraktor membutuhkan jasa pembuat Rencana Anggaran Biaya untuk membantu mereka menyiapkan berkas penawaran atas proyek-proyek yang diminati pada pelelangan yang dimaksud, mengingat proyek yang diminati banyak dan semuanya mengandung unsur spekulasi. Pelajaran pembuatan rencana anggaran biaya diberikan pada siswa SMK bidang teknologi. Pelajaran tanpa praktek yang cukup menyebabkan minimnya keterampilan siswa-siswa tersebut dalam menyiapkan rencana anggaran biaya yang riil. Sebelum diberdayakan, agar hasil penyusunan rencana anggaran biaya yang dikerjakan dapat dipertanggungjawabkan siswa SMK tersebut dapat diberikan pelatihan dalam menyusun rencana anggaran biaya. Kegiatan pelatihan tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa SMK bidang teknologi yang ada di kota Pekanbaru dalam pembuatan rencana anggaran biaya, serta menambah pengetahuan dan pengalaman siswa SMK bidang teknologi dalam pembuatan Rencana Anggaran Biaya Dari hasil penilaian diketahui bahwa 10% dari peserta pelatihan masih kurang memahami materi pelatihan yang diberikan; 50% cukup memahami materi pelatihan; 35% dapat memahami materi pelatihan dengan baik; dan 5% dapat memahami materi pelatihan dengan baik sekali. Secara keseluruhan setelah dilihat nilai rata-rata yang diperoleh oleh peserta pelatihan sebesar 71.20

Page 1 of 1 | Total Record : 5