cover
Contact Name
Aggi Panigoro S.
Contact Email
lppm@unibi.ac.id
Phone
+628986687080
Journal Mail Official
jurnaljipsi@unibi.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No 643, Bandung, Jawa Barat
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI)
ISSN : 27158985     EISSN : 27157792     DOI : https://doi.org/10.37278/jipsi
JIPSI is a scientific journal in the field of psychology published by LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (UNIBI). The publication of JIPSI aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from psychologists and to keep abreast of research developments in the field of psychology, especially in Indonesia. JIPSI research scope includes general psychology, industrial and organizational psychology, clinical psychology, social psychology, educational and developmental psychology, psychometrics and psychological assessment.
Articles 52 Documents
Mendidik dan Mengajar Generasi Post Millennialss: Pendekatan Untuk Mendidik Generasi Z, Sebagai Suplemen Bagi Pendekatan Klasik Pendidikan Ilham Medal Junjunan
Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI) Vol 1 No 1 (2019): JIPSI : Jurnal Ilmiah Psikologi
Publisher : LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.637 KB) | DOI: 10.37278/jipsi.v1i1.230

Abstract

Generasi Z saat in imerupakan generasi yang sebagian besar sedang mengisi bangku pendidikan. Perbedaan karakter generasi Z dengan generasi sebelumnya menuntut kita sebagai pendidik untuk dapat beradaptasi menyesuaikan cara kita mengajar dengan siswa yang menjadi sasaran ajar kita. Secara dasar pedagogika, teknik-teknik lama harus tetap diaplikasikan tapi diperlukan suplemen-suplemen khusus yang menjadi nilai plus dan pembeda dalam mengajar siswa dari generasi Z. Generasi Z merupakan generasi yang sangat akrab dengan teknologi, internet dan smartphone. Karakteristik dari generasi Z ini harus dimanfaatkan sebagai cara untuk lebih efektif dalam mendidik generasi Z, bukan sebagai hambatan dalam mendidik generasi Z. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literature, untuk membahas karakteristik dari generasi Z yang selanjutnya akan dihubungkan dengan bagaimana kita sebagai pendidik untuk memiliki teknik yang tepat dalam mendidik generasi z, dengan mengandalkan karakteristik mereka yang mungkin berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Paper ini juga digunakan sebagai insight bagi para pendidik, bahwa tantangan dalam mendidik itu ada pada pendidik untuk beradaptasi, dan selanjutnya dapat digunakan sebagai pendahuluan dalam penelitian yang sifatnya lebih kuantitatif dalam menentukan teknik mengajar siswa dari generasi z secara lebih efektif.
Pengaruh Metode Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pembagian Matematika Kelas 4 Di SDN Binong Jati Pradiptya Septyanti Putri; Nida Khairina; Rani Oktaviani; Fitri Rostiani
Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI) Vol 1 No 1 (2019): JIPSI : Jurnal Ilmiah Psikologi
Publisher : LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.366 KB) | DOI: 10.37278/jipsi.v1i1.231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Realistic Mathematics Education (RME)pada siswa kelas IV di SDN 145 Binong Jati Bandung dalam memahami konsep pembagian matematik. Penelitian ini menggunakan Metode quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non Equivalent Pretest posttes control group design (pretest-posttest dua kelompok). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 145 Binong Jati Bandung, yang terdiri dari 4 kelas dan masing-masing kelas terdiri dari 33 siswa. Subjek penelitian diperoleh dengan teknik pusposive sampling Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa metode RME berpengaruh terhadap pemahaman konsep operasi hitung pembagian. Hal ini dikarenakan metode RME menggunakan benda-benda konkret yang sering ditemui dalam kegiatan sehari-hari siswa yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak usia 10 tahun, yaitu pada tahap operasional konkret. Sehingga membuat siswa lebih antusias untuk belajar dan memudahkan siswa untuk memahami konsep operasi hitung pembagian matematika.
Personal Readiness Wanita Karir Dewasa Madya Terhadap Pernikahan Nida Muthi Annisa
Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI) Vol 1 No 1 (2019): JIPSI : Jurnal Ilmiah Psikologi
Publisher : LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.333 KB) | DOI: 10.37278/jipsi.v1i1.232

Abstract

Banyaknya peluang untuk wanita bekerja membuat banyak wanita kini memiliki status wanita karir. Wanita karir ini banyak yang memilih untuk melajang bahkan hingga pada usia dewasa madya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal readiness wanita karir dewasa madya terhadap pernikahan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih secara purposive dan didapatkan 3 orang wanita karir pada usia dewasa madya, masih berstatus lajang dan tinggal di Kota Bandung. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada dasarnya ketiga subjek telah menjalani keseluruhan aspek dalam personal readiness. Namun ketiga subjek memiliki dinamika yang berbeda dalam pengalaman personal readiness masing-masing diantaranya adalah pengalaman berkencan yang menyebabkan subjek merasa sebelum memutuskan menikah diperlukan proses yang panjang. Selain itu, role model pernikahan sangat berdampak pada personal readiness seseorang karena ada 2 subjek yang tidak mendapatkan contoh pernikahan yang baik. Kematangan emosional juga menjadi aspek yang harus diperhatikan salah satunya sulitnya salah satu subjek menerima kritik dan saran dari lingkungan yang menyebabkan subjek kesulitan dalam mengelola emosi dan berdampak pada kemampuan mempertahankan hubungan.
Analisis Budaya Organisasi Pada Karyawan PT. PINDAD Bandung Rosmaya Siregar; Evi Sri Nurhasuti; Irfan Nurhadi; Livanya Sharon
Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI) Vol 1 No 1 (2019): JIPSI : Jurnal Ilmiah Psikologi
Publisher : LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.755 KB) | DOI: 10.37278/jipsi.v1i1.233

Abstract

Berdasarkan Rencana Kegiatan Anggaran Perusahaan (RKAP), salah satu sektor yang difokuskan oleh PT PINDAD adalah optimalisasi sumber daya manusia. Salah satu program yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas SDM adalah penerapan nilai-nilai budaya perusahaan, yaitu JBUS (Jujur, Belajar, Unggul, dan Selamat). JBUS sendiri disusun untuk melengkapi pegawai dengan identitas perusahaan untuk menumbuhkan komitmen dengan nilai-nilai yang dianut perusahaan. Namun penerapan budaya organisasi masih belum optimal, karena masih banyak karyawan yang memiliki persepsi negative dan tidak menjalankan budaya organisasi yang baru tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai analisis budaya organisasi yang dipersepsi karyawan PT. PINDAD (Persero). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Mengingat jumlah populasi dalam penelitian ini tidak terlalu besar maka dilakukan studi populasi dengan jumlah 25 orang karyawan bagian manajemen talenta. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini angket bidaya organisasi yang disusun berdasarkan teori daro Stephen Robbin.Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh kesimpulan bahwa sebagian besar karyawan PT. PINDAD (Persero) Bandung, mempersepsikan budaya organisasi negative. Persepsi budaya organisasi yang negative tercermin dari beberapa perilaku kerja yang kurang menunjang pencapaian tujuan organisasi Sedangkan untuk aspek-aspek budaya organisasi pada karyawan PT. PINDAD (Persero) jika diurutkan berdasarkan persepsi negatif paling tinggi, aspek yang pertama adalah kesetiaan atau loyalitas, kemudian aspek kesetiaan, aspek integritas dan konsistensi, aspek kemampuan atau kompetensi dan yang terakhir aspek keterbukaan.
Hubungan Persepsi Tentang Dukungan Suami Dengan Kecemasan Pada Ibu Hamil Primigravida Dalam Menjalani Proses Kehamilan di Puskesmas X Kota Tasikmalaya Neni Sholihat; Andre Ahmad Jayad
Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI) Vol 1 No 1 (2019): JIPSI : Jurnal Ilmiah Psikologi
Publisher : LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.97 KB) | DOI: 10.37278/jipsi.v1i1.234

Abstract

Ibu hamil primigravida adalah ibu yang pertama kali mengalami proses kehamilan. Dalam menjalani kehamilannya, ibu hamil primigravida umumnya mengalami berbagai bentuk kekhawatiran, dikarenakan ketidak tahuan dan tidak adanya pengalaman menjalani kehamilan sebelumnya. Secara emosional dan psikologis, ibu hamil primigravida juga perlu menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan emosi, dan suasana mental yang dialami akibat perubahan-perubahan fisik dan hormonal yang terjadi secara fisiologis terkait kondisi kehamilannya. Secara umum, mereka mengalami kecemasan mengenai kehamilan dan proses persalinan yang akan mereka hadapi. Untuk bisa menjalani proses kehamilan dan persiapan persalinan dengan lancar dan bahagia, ibu hamil primigravida perlu mendapat dukungan dan bantuan baik secara fisik maupun psikologis dari orang-orang terdekatnya. Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana persepsi ibu hamil primigravida mengenai dukungan yang diberikan suaminya dalam menjalani proses kehamilan dan hubungannya dengan kecemasan yang mereka rasakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Sampel yang digunakan adalah 54 orang ibu hamil primigravida di salah satu Puskesmas di Kota Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil primigravida yang mempersepsikan mendapat dukungan dari suaminya, tidak merasakan kecemasan dalam menjalani kehamilan dan mempersiapkan proses persalinan.
Konflik Peran Ganda Dengan Stres Karyawati Yang Melakukan Work From Home (Wfh) Saat Situasi Pandemi Covid-19 Dyah Rachman Kuswartanti
Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI) Vol 2 No 1 (2020): JIPSI : Jurnal Ilmiah Psikologi
Publisher : LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.576 KB) | DOI: 10.37278/jipsi.v2i1.299

Abstract

Tahun 2020, dunia digegerkan oleh virus covid-19 yang menyebar dengan sangat cepat keseluruh belahan dunia bahkan di Indonesia. Banyak perusahaan menerapkan system Work From Home (WFH). Bagi karyawati yang sudah menikah yang memiliki anak menjadi tantangan tersendiri. Ketika dirumah, karyawati tersebut harus berbagi peran sebagai seorang ibu sekaligus karyawan yang sedang melakukan WFH. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat korelasi antara konflik peran ganda dengan stress karyawati saat melakukan Work From Home (WFH) saat pendemi covid-19. Peneliti menggunakan metode kuantitatif korelasi untuk melihat korelasi antar konflik peran ganda dan stress WFH. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara untuk menggali fenomena yang diangkat dalam penelitian ini, yang kemudian dilakukan studi literatur dari jurnal dan buku-buku terkait teori tentang variable konflik peran ganda dan stress yang relevan. Serta skala konflik peran ganda dan stress yang akan dibagikan oleh subjek penelitian guna menjawab tujuan penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 karyawati. Skala konflik peran ganda yang dibuat peneliti memperoleh hasil uji reliabilitas sebesar 0,949. Sedangkan skala stress WFH yang dibuat peneliti memperoleh hasil uji reliabilitas sebesar 0,946. Analisis data penelitian ini menggunakan korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil analisis pearson product moment diperoleh nilai koefisien korelasi rxy sebesar 0,494 dengan p = 0,000; p ≤ 0,01, yang menunjukkan adanyakorelasi positif yang signifikan antara konflik peran ganda dengan stress saat WFH. Sumbangan efektif dari kedua variable ditunjukkan oleh koefisien determinan (R square) sebesar 0,244 yang menunjukkan bahwa konflik peran ganda mempengaruhi variable stress saat WFH sebesar 24,4%.
“Kita Satu, Kita Berkorban”: Identity Fusion dan Willingness To Sacrifice Pada Kelompok Suporter Sepak Bola Indonesia Cahyaning Widhyastuti
Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI) Vol 2 No 1 (2020): JIPSI : Jurnal Ilmiah Psikologi
Publisher : LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.571 KB) | DOI: 10.37278/jipsi.v2i1.300

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara identity fusion dan willingness tosacrifice pada salah satu kelompok suporter yang ada di Indonesia. Penelitian ini melibatkkan 122(82 laki-laki) responden, dengan rentang usia 15-34 tahun (M = 19,67, SD = 3,19), yang merupakananggota suatu kelompok suporter sepak bola di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif korelasional. Analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi product momentdengan bantuan SPSS version 22, yang mengkorelasikan identity fusion dan willingness to sacrifice.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara identity fusion dan willingness tosacrifice pada kelompok suporter sepak bola. Artinya, semakin responden merasa menyatu dengankelompok suporter diamana ia berada, maka semakin tinggi keinginan mereka untuk berkorbanmembela kelompok mereka.
Goal Setting Sebagai Variabel Prediktor Orientasi Masa Depan Pada Siswa SMP Farhan Zakariyya
Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI) Vol 2 No 1 (2020): JIPSI : Jurnal Ilmiah Psikologi
Publisher : LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.006 KB) | DOI: 10.37278/jipsi.v2i1.301

Abstract

Orietasi masa depan pada remaja menjadi penting karena dapat memprediksi siswa dalam prestasiakademik dan prilaku siswa. Siswa di harapakan memiliki orientasi masa depan yang baik. Dalammeningkatkan orientasi masa depan dibutuhkan kemampuan dalam membuat tujuan. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara goal setting dengan orientasimasa depan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan pengambilan sampedengan menggunakan Teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa smpkelas VIII dengan jumlah 378 siswa. Alat ukur dalam penelitian ini sisusun oleh peneliti berdasarkanteori orientasi masa depan dari Nurmi (1989) dan teori goal setting dari Locke dan Latham (1981).Analisis menggunakan analisis regresi. Hasil dalam penelitian menunjukan adanya hubungan yangsignifikan antara goal setting dengan orientasi masa depan siswa SMP ( r=0,718, p<0,05).
“I’m Here for You”: Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Kesiapan Menikah Pada Dewasa Awal Nida Muthi Annisa; Putri Yohannida Aulia Fadhilla
Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI) Vol 2 No 1 (2020): JIPSI : Jurnal Ilmiah Psikologi
Publisher : LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.271 KB) | DOI: 10.37278/jipsi.v2i1.302

Abstract

Fenomena yang banyak terjadi sekarang ini dan bahkan ada yang menganggap hal yang lumrahadalah banyaknya terjadi perceraian pada pasangan suami istri. Tingginya angka perceraian inidiperkirakan karena pasangan yang akan menikah dan telah menikah kurang memiliki pemahamantentang kesiapan menikah. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan menikah padaindividu adalah dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antaradukungan sosial terhadap kesiapan menikah pada dewasa awal. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain non eksperimental. Dalam hal inipeneliti menggunakan metode korealsional untuk menguji dan menjelaskan asosiasi dan hubunganantar variabel. Subjek penelitian berjumlah 130 orang dengan teknik pengambilan sampel yangpeneliti gunakan adalah purposive sampling. Kriteria sampel dalam penelitian ini adalah dewasaawal usia 20-30 tahun, memiliki pasangan dan ada pembicaraan atau rencana untuk menikah.Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data didapatka r= 0.267 dengan p sebesar 0.02 (p<0.05). Hasil tersebut memperlihatkan bahwa terdapat hubunganyang signifikan antara dukungan sosial dengan kesiapan menikah pada dewasa awal.
“Mahasiswa Kelas Karyawan Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia”: Sebuah Studi Mengenai Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Student Engagement Pradiptya Septyanti Putri; Novella Amanda; Nubiyan Octa Pramudhita
Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI) Vol 2 No 1 (2020): JIPSI : Jurnal Ilmiah Psikologi
Publisher : LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.053 KB) | DOI: 10.37278/jipsi.v2i1.303

Abstract

Mahasiswa kelas karyawan biasanya harus bekerja di pagi hari dan berkuliah di malam hari. Hal ini seringkali menyebabkan ketidakmampuan mahasiswa kelas karyawan dalam menangani permasalahan di perkuliahan dan pekerjaan secara efisien. Aktivitas berlebih yang dimiliki mahasiswa kelas karyawan membuat mereka merasa tidak yakin akan kemampuannya untuk menyelesaikan tugas dari dosen secara maksimal. Dalam kasus ini, keyakinan akan kemampuannya untuk berusaha, berprestasi, dan lebih gigih dalam mengerjakan tugas sangat diperlukan. Keyakinan akan kemampuannya itu akan menumbuhkan keterikatan dan keterlibatan mahasiswa di kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan student engagement pada mahasiswa Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia, khususnya mahasiswa yang mengambil program kelas karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dan mengunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 50 orang mahasiswa kelas karyawan dari program studi Ilmu Komunikasi dan Manajemen. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu skala self-efficacy (35 aitem valid, α = .943) dan juga skala student engagement (21 aitem valid, α = .923). Analisis data penelitian menggunakan teknik korelasi Pearson product moment dengan bantuan IBM SPSS Statistic 25 Version for Windows. Hasil penelitian menunjukan koefisien korelasi sebesar rxy = .735 dengan p = .000 (p<.01), yang artinya bahwa terdapat korelasi yang positif antara self-efficacy dan student engagement pada mahasiswa kelas karyawan di Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia