cover
Contact Name
Winsyahputra Ritonga
Contact Email
winsyahputra@gmail.com
Phone
+6281376204129
Journal Mail Official
winsyahputra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Willem Iskandar Psr V Medan, Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
ISSN : 23374624     EISSN : 25498258     DOI : https://doi.org/10.24114/inpafi
Core Subject : Science,
Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNIMED. Agenda Jurnal Inpafi menjadi penting perannya bagi Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNIMED, dalam mendorong terbangunnya inovasi Pendidikan fisika yang dapat memberikan jawaban atas berbagai persoalan daerah, nasional maupun global. Sesuai dengan kapasitasnya dan dilandasi oleh kepentingan nasional, Jurnal Inpafi diterbitkan sebagai wadah mempermudah masyarakat khususnya dosen Prodi Fisika FMIPA UNIMED untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdiannya kepada masyarakat.
Articles 367 Documents
PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS Betty Marisi Turnip; Andrian Sinulingga
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) Vol 2, No 1 (2014): INPAFI
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.087 KB) | DOI: 10.24114/inpafi.v2i1.1930

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar, aktifitas siswa dan pengaruh yang diberikan strategi Genius Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi sebanyak 5 kelas dan sampel 2 kelas dengan total siswa sebanyak 56 orang. Teknik instrumen penelitian menggunakan tes yaitu essai tes sebanyak 10 butir soal dan menggunakan tabel observasi untuk melihat besar aktifitas belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dan uji kesamaan rata-rata (uji t sepihak dan dua pihak). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan strategi Genius Learning dapat meningkatkan hasil belajar, aktifitas siswa dan memiliki pengaruh yang signfikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Bingai.   Kata Kunci: strategi genius learning, hasil belajar, aktifitas.   Abstract The aim of this research is know product learning, student actifitie and the effect by Genius Learning Strategy for student learning product. This research is quasi experiment research wifor five classroom population and sample is 56 students. Collecting learning product data technique get  by test and then essay test with 10 problems and get observe table for showing the actifities student learning. The analyse data technique get by varians analyse and mean equality test ( one side t test and two side t test). This research product to show that application of Genius Learning Strategy can improve learning product, students actifities and have significant effect to learning product students at junior high school SMAN 1 Sei Bingai. Key word: genius learning strategy, learning product, actifities.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II DI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG Nur Anita Asmaida Nst; Khairul Amdani
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) Vol 10, No 2 (2022): INPAFI
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.319 KB) | DOI: 10.24114/inpafi.v10i2.34981

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi  pokok  suhu dan kalor di kelas X  semester II  SMA Cerdas Murni Tembung T.P 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X  semester II SMA Cerdas Murni Tembung T.P 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 36 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan berganda sebanyak 15 soal. Analisis data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation diperoleh rata-rata pretes 45,58 dan nilai rata-rata postes 77,58. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretes 44,08 dan rata-rata postes 68,92. Uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh data dari kedua sampel normal dan homogen. Berdasarkan uji t data pretes diperoleh H0 diterima maka kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Selama proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata keterampilan siswa kelas eskperimen adalah 75,66 dan nilai rata-rata sikap siswa kelas eksperimen adalah 74,21 termasuk dalam kriteria aktif. Uji t postes diperoleh Ha diterima maka ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar. Diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada  materi  pokok  suhu dan kalor di kelas  X  semester II SMA Cerdas Murni  Tembung T.P 2017/2018.
EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR Lenny PS Situmorang; Mariati P Simanjuntak
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) Vol 4, No 3 (2016): INPAFI
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.179 KB) | DOI: 10.24114/inpafi.v4i3.5602

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learningterhadap  hasil belajar fisika siswa pada materi Suhu dan Kalor di kelas X SMA Negeri 1 Laguboti T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimentdengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tujuh kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam ranah kognitif berbentuk uraian yang terdiri dari 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh peningkatan aktivitas dalam kategori tinggi. Hasil penelitian psikomotorik termasuk dalam kategori sedang serta peningkatan afektif pada kedua kelas tergolong rendah. Persentase peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen dalam ranah kognitif 66,4% sedangkan di kelas kontrol 53,02%, masing-masing dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada efek yang signifikan penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1Laguboti T.P 2014/2015.   Kata kunci : model problem based learning, hasil belajar dan aktivitas.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LIMA PULUH T.P 2013/2014 Ida Wahyuni; Haris Samosir
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) Vol 3, No 1 (2015): INPAFI
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.425 KB) | DOI: 10.24114/inpafi.v3i1.8022

Abstract

This study aimed to know the effect of model inqury for the learning outcomes of students in the subject matter vibrations and waves in the eighth grade 2nd semester of SMP Negeri 1 Lima Puluh T.P. 2013/2014. The study population was all student of class VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh consists of seven classes and the sample consists of two classes, specifically control class and experimental class taken by cluster random sampling. The author  had applied model inqury in the experimental class and convensional model in the control class. The study instrument used was a essay test. Postest results of experimental class is 66.80 and the control class is 45.43. Students activity at the time of implementation of model inqury has increased from 50.29% (enough active) at 1st meeting, 69.61% (active) at 2nd meeting and became 90.22% (very active) at 3rd meeting. The result indicates the learning outcomes of students using inqury model is higher than using convensional model. Keywords: Activities, Learning Outcomes, Inqury.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P. 2016/2017 Siska Boangmanalu; Sondang R Manurung
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) Vol 6, No 4 (2018): INPAFI
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.179 KB) | DOI: 10.24114/inpafi.v6i4.12489

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X MIA 2 dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : tes hasil belajar, dan lembaran observasi aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 39,40 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,08. Setelah diberikan perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen menjadi 76,17 dan kelas kontrol 61,69. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017.      Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran konvensional, hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X MIA 2 dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : tes hasil belajar, dan lembaran observasi aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 39,40 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,08. Setelah diberikan perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen menjadi 76,17 dan kelas kontrol 61,69. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran konvensional, hasil belajar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP Nopita Sitompul; Sri Agus Adi Syahputra Sihombing; Sondang Rina Manurung
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) Vol 8, No 2 (2020): INPAFI
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.138 KB) | DOI: 10.24114/inpafi.v8i2.18687

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA kelas VII SMP dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini sebanyak satu kelas, terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal dengan 4 pilihan pada materi pencemaran lingkungan. Pembelajaran dilakukan dengan tiga siklus dan setiap pembelajaran dilakukan post-test. Nilai rata-rata pre-test siklus I :  30,17; siklus II : 34,11; dan siklus III : 36,50. Nilai rata-rata post- test siklus I : 71,25; siklus II : 74,44; dan siklus III : 78,04. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar pada siklus I: 57%; siklus II : 62%; dan siklus III : 69%, masing-masing pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP dengan menggunakan model Project Based Learning pada materi Pencemaran Lingkungan.Kata Kunci: Project Based Learning, PTK, Pencemaran Lingkungan
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS MINDSCAPING TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA SUB-MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR T.P 2012/2013 Masnur Marpaung; Pintor Simamora
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) Vol 2, No 2 (2014): INPAFI
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.219 KB) | DOI: 10.24114/inpafi.v2i2.1962

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbasis mindscaping terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas VII-3 sebagai kelas control yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang memenuhi validitas isi dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Hasil nilai pretes diperoleh 38,71 dan postest 73,86. Hasil uji t satu pihak thitung = 4,35, ttabel = 1,67 sehingga thitung>ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training berbasis mindscaping terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013. Kata kunci : model pembelajaran, inquiry training, mindscaping, hasil belajar
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMA Negeri 6 Binjai Risnawani Risnawani; Ratelit Tarigan
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) Vol 11, No 01 (2023): INPAFI
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.635 KB) | DOI: 10.24114/inpafi.v11i01.43841

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas XI SMA Negeri 6 Binjai. Populasi penelitian adalah kelas XI dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif dalam bentuk essay test dengan jumlah 8 soal dan lembar observasi sikap dan keterampilan siswa yang diamati oleh dua observer. Hasil nilai pretest kelas eksperimen diperoleh 27,8 dan kelas kontrol 28,7. Setelah diberi perlakuan hasil posttest kelas eksperimen 77,53 dan kelas kontrol 69,4. Hasil observasi sikap siswa kelas eksperimen diperoleh 77,5 kategori baik dan keterampilan siswa diperoleh 74,6 kategori B+. Analisis uji t diperoleh thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat penggunaan model PBL terhadap hasil belajar siswa yang sejalan dengan meningkatnya sikap dan keterampilan belajar siswa.Kata Kunci: problem based learning, hasil belajar, sikap, keterampilan
PENGARUHMODELPROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER IISMA NEGERI1SIANTAR NARUMONDA T.P 2015/2016 Eka Inomiaty Panjaitan; Sehat Simatupang
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) Vol 4, No 4 (2016): INPAFI
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (41.712 KB) | DOI: 10.24114/inpafi.v4i4.5662

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Siantar Narumonda T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Siantar Narumonda T.P 2015/2016 yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 280 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X-7 sebagai kelas dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Siantar Narumonda T.P 2015/2016. Kata Kunci : problem based learning, hasil belajar, suhu dan kalor
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGIDI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 PAGAJAHAN Sinta Damawiyah; Ridwan Abdullah Sani
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) Vol 3, No 2 (2015): INPAFI
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.908 KB) | DOI: 10.24114/inpafi.v3i2.5141

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan bagaimana aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Pegajahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan design Two group pretes-postes design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Pegajahan yang terdiri dari 6 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah divalidasi. Berdasarkan analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol yang cenderung sama sedangkan skor rata-rata postes kelas ekspermen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada waktu pembelajaran Inkuiri Terbimbing berlangsung dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.   Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing

Page 1 of 37 | Total Record : 367