cover
Contact Name
Isria Miharti Maherni Putri
Contact Email
tekniksipil@pelitabangsa.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tekniksipil@pelitabangsa.ac.ic
Editorial Address
Jl. Inspeksi Kalimalang No.9, Cibatu, Cikarang Sel., Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
JUTIS
ISSN : 28092961     EISSN : 28091337     DOI : -
Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal Teknik Sipil meliputi:Water Resources Engineering, Civil Structure Engineering, Transportation Engineering, Urban and Regional Planning, Construction Management, dan Infrastructure
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil - Desember 2020" : 6 Documents clear
DAMPAK PENERAPAN JAM KERJA LEMBUR TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA (STUDI KASUS PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG OPD BANTEN) Meassa Monikha Sari; Fitri Priyanti; Tb. Sofwan Hadi
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil - Desember 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.874 KB)

Abstract

Jam lembur sering diaplikasikan oleh kontraktor untuk mengejar keterlambatan dan mempercepat pelaksanaan proyek. Akan tetapi penerapan jam lembur harus mempertimbangkan produktivitas tenaga kerja yang dihasilkan sehingga jam lembur menjadi solusi yang tepat dan menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan kerja lembur terhadap produktivitas tenaga kerja dan pekerjaan apa yang paling tinggi penurunan produktivitasnya. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan di lapangan dan wawancara kepada 73 orang tenaga kerja selama 10 hari pada pekerjaan pemasangan bekisting, pembesian dan pengecoran. Pengamatan dilakukan dengan mendata jumlah tenaga kerja dan komposisi tenaga kerja pada masing-masing kelompok kerja, volume pekerjaan, serta waktu/durasi pekerjan baik pada jam kerja normal maupun jam kerja lembur. Penerapan jam lembur memberi dampak penurunan produktivitas tenaga kerja yaitu pada pekerjaan bekisting 38,46%, pekerjaan pembesian produktivitas menurun 12,23% dan terjadi penurunan pekerjaan produktivitas tenaga kerja sebesar 22,22% pada pekerjaan pengecoran. Pekerjaan pemasangan bekisting adalah pekerjaan yang paling tinggi persentase penurunan produktivitasnya.
OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PEKERJAAN GALIAN TANAH PROYEK POLYPLEX POLYESTER FILM FACTORY Meassa Monikha Sari; Tb. Sofwan Hadi; Syarif Cahyadi
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil - Desember 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.444 KB)

Abstract

Tingginya kebutuhan penyediaan infrastruktur untuk menunjang kehidupan berdampak pada penyelesaian infrastruktur dengan efektif dan efisien salah satunya dalam penggunaan alat berat. Tujuan Penelitian ini untuk mendapatkan kombinasi alat berat yang lebih baik dari segi biaya dan waktu serta mengetahui produktivitas dan durasi optimal alat yang dipakai dalam pekerjan galian tanah pada Proyek polyplex polyester film factory yang berada di Kawasan Modern Cikande Kab.Serang – Banten. Volume pekerjaan galian tanah sebesar 23.328 m3. Observasi dilakukan pada alat berat excavator, dump truck dan crawler crane. Analisa dilakukan dengan menghitung waktu siklus, produktivitas pada tiap kombinasi excavator dan dump truck, jumlah alat yang digunakan, durasi pekerjaan, perhitungan biaya dan pembuatan alternatif. Dari empat alternatif kombinasi alat berat, alternatif ke- 4 yaitu 2 unit excavator komatsu PC 300-8, dengan 20 unit dump truck kapasitas 7 m3 dan 1 unit crawler crane. Pekerjaan ini dapat diselesaikan 100 % dengan waktu 149,46 jam, pekerjaan dapat dipercepat selama 358,09 jam dengan persentase (70,55%) dengan biaya total yang dibutuhkan Rp. 178.508.063, dapat menghemat biaya sebesar Rp. 117.252.585 dengan persentase (60,35%).
ANALISIS KEBUTUHAN TAKSI DI BANDARA INTERNASIONAL JUANDA DENGAN METODE LOGIT BINER SELISIH Isria Miharti Maherni Putri; Cahya Suryadi; Raymond Jacson Georgen
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil - Desember 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.868 KB)

Abstract

Pada umumnya penduduk di daerah perkotaan yang mempunyai pendapatan besar serta status sosial yang tinggi memilih angkutan taksi sebagai moda transportasi jika tidak dapat menggunakan kendaraan pribadi. Fenomena ini tidak dapat dipungkiri mengingat banyaknya bermunculan perusahaan taksi. Armada dan perusahaan taksi yang semakin bertambah membawa suatu masalah besar berupa volume lalu lintas. Kelebihan dari penyediaan angkutan taksi akan meningkatkan biaya operasi yang harus dikeluarkan. Penyediaan yang terbatas sedangkan permintaan cukup tinggi menyebabkan peningkatan biaya yang harus dikeluarkan masyarakat. Model demand penumpang kedatangan dianalisis dengan multiple regression, persamaan model pemilihan moda dihitung dan diolah dengan model logit biner selisih. Hasil analisis didapat probabilitas penumpang pesawat yang ingin menggunakan taksi sebesar 30% dengan α = 0,8577 dan β = 0,0000456 dengan R2 adalah 0.96 dan dari hasil analisis data kebutuhan taksi didapat prediksi jumlah taksi pada jam puncak (14.00-15.00) tahun 2021 berjumlah 468 unit taksi, tahun 2026 berjumlah 486 unit taksi yang harus dioperasikan setiap harinya berdasarkan tingkat permintaan pengguna jasa taksi di Bandara Internasional Juanda.
ANALISIS PERBANDINGAN TEMPORAL DEBIT ANDALAN MAKSIMUM DAN MINIMUM (STUDI KASUS DAS CIKAPUNDUNG) Cahya Suryadi; Isria Miharti Maherni Putri; Raymond Jacson Georgen
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil - Desember 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.139 KB)

Abstract

Kesalahan analisis debit andalan rencana terhadap realisasi akan berdampak langsung terhadap masyarakat. Maka dibutuhkanlah pemilihan temporal yang tepat untuk meminimalisir kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil optimal dalam menganalisis debit andalan secara temporal. Metode yang digunakan untuk menganalisis debit andalan adalah dengan metode F.J. Mock dan NRECA, dengan menganalisis 10 harian, 15 harian dan 1 bulanan, lalu membandingkan debit maksimum dan minimum untuk analisis optimasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis debit andalan 10 harian menghasilkan debit minimum terkecil sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.
PERENCANAAN KONSEP KAWASAN WISATA KAMPUNG IKAN HIAS KELURAHAN SLIPI KECAMATAN KEMBANGAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT DKI JAKARTA Purnama Sakhrial Pradini; Rahman Satrio Prasojo; Guntur Putra Pratama
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil - Desember 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.33 KB)

Abstract

The Slipi ornamental fish cultivator area has been recognized for its quality and in accordance with the 2017-2022 DKI Jakarta RPJMD, the Slipi Area becomes an Area of Ornamental Fish Promotion and Marketing Centers (SPPIH) which prioritizes the development of the area. For this reason, a priority area arrangement for ornamental fish centers in Slipi, West Jakarta is needed which can produce regional planning concepts and programs that can improve ornamental fish promotion centers and improve the economy of the people in the area. slipi area design components, which include the following criteria: land use structure, intensity of land use, building structure, circulation systems and connecting lines, open space systems and green systems, environmental quality systems, environmental infrastructure and utility systems, building and environmental preservation. The direction for the development of slipi ornamental fish tourism is derived from the 7 elements of development of tourism development, the arrangement of the area on 7 indicators of sapta charm with 4 indicators of sapta charm that need to be resolved problems that occur in the field which are considered still bad.
ANALISIS HIDROLIKA DAN PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA DIMENSI SALURAN DRAINASE KAWASAN INDUSTRI “X” DI KABUPATEN BEKASI Cahya Suryadi; Zel Citra
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil - Desember 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.359 KB)

Abstract

Berdasarkan observasi dilapangan, saluran drainase di Kawasan Industri “X” di Kabupaten Bekasi memiliki dimensi penampang yang relatif kecil dan adanya penyempitan saluran sebelum menuju ke badan air sehingga kurang maksimalnya dalam menampung dan mengalirkan air hujan hingga menimbulkan genangan kebadan jalan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran umum sistem saluran drainase di Kawasan Industri tersebut dengan membandingkan debit eksisting dengan debit rencana yang berdasarkan Formula Chezy, Manning, maupun Strickler serta penetapan dimensi. Hasil penelitian ini didapatkan debit rencana pada saluran 01 – 02 dengan menggunakan metoda rasional ialah sebesar 0,3325 m3 /s sedangkan kapasitas daya tampung saluran didapatkan hasil sebesar 0,1112 m3 /s tentu dengan debit sebesar itu dimensi penampang saluran eksisting tidak sanggup untuk menampung debit limpasannya sehingga perlu adanya perbaikan dimensi yang sesuai dengan prinsip penampang saluran ekonomis. Adapun untuk kondisi eksisting yang ada hasil untuk lebar dasar saluran yang seharusnya yaitu 0,8941 m dengan kedalaman saluran 0,7631 m, sedangkan untuk estimasi kondisi 5 tahun mendatang diperoleh hasil untuk lebar dasar salurannya yaitu 1,0077 m dengan kedalaman saluran 0,8602 m. Untuk perbaikan dimensi saluran drainase eksisting dibutuhkan estimasi anggaran biaya sebesar ± 57.184.475.800, sedangkan estimasi anggaran biaya pada saat pembuatan saluran drainase eksisting mengeluarkan biaya sebesar ± 14.031.486.900, dari hasil tersebut terlihat adanya selisih perbedaan biaya yang signifikan yang dikarenakan adanya perbedaan dimensi saluran drainasenya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6