cover
Contact Name
Rahmat Prayogi
Contact Email
jurnal.ela.jpbs@gmail.com
Phone
+6282282742253
Journal Mail Official
jurnal.ela.jpbs@gmail.com
Editorial Address
Jalan Soemantri Brojonegoro No.1 Gedong Meneng Bandar Lampung. Gedung C Lantai 1, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Lampung.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 28305205     DOI : https://doi.org/10.23960/ELA
Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, terbit April dan September. Ini adalah jurnal yang terbit menyediakan forum bagi akademisi, praktisi, dan perwakilan masyarakat untuk mengeksplorasi masalah dan merenungkan praktik yang berkaitan dengan berbagai aktivitas yang terlibat. Jurnal ini adalah jurnal online peer-review yang didedikasikan untuk publikasi penelitian berkualitas tinggi yang berfokus pada penelitian, implementasi.
Articles 30 Documents
Pelatihan Etude Czerny dalam Pembelajaran Pianika untuk Guru Seni di Provinsi Lampung: Pelatihan Etude Czerny dalam Pembelajaran Pianika untuk Guru Seni di Provinsi Lampung Afrizal Yudha Setiawan; Uswatul Hakim
Education Language and Arts (ELA) Vol. 1 No. 1 April (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pianika merupakan alat musik yang digunakan dalam proses pembelajaran musik di sekolah-sekolah. Untuk memainkan alat musik ini dibutuhkan teknik bermain yang baik dan benar, agar dapat mencapai bentuk permainan musik yang berkualitas, baik dalam format solo maupun ansambel. Pianika memiliki kemiripan bentuk dengan alat musik piano. Terdapat berbagai macam materi untuk melatih teknik dalam piano, salah satunya adalah etude Czerny. Etude Czerny adalah komposisi musik berupa teknik yang di dalamnya terdapat variasi melodi, dan umumnya berbentuk seperti potongan lagu. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru seni melalui pelatihan Etude Czerny dalam pembelajaran pianika. Output dari kegiatan pelatihan ini adalah guru dapat mengajarkan teknik bermain pianika kepada siswa dengan baik dan benar. Metode yang digunakan selama proses pelaksanaan pengabdian ini meliputi ceramah, workshop, demonstrasi, praktik, pemberian tugas, diskusi dan presentasi. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta guru seni yang ada di Provinsi Lampung. Hasil capaian peserta pelatihan berada dalam kategori “baik”, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,73. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah para peserta mendapatkan perubahan pengetahuan dan keterampilan mengenai teknik-teknik dasar dan penerapan etude Czerny dalam pembelajaran pianika.
PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN MANAJEMEN REFERENSI BAGI GURU SMA DI BANDAR LAMPUNG Siti Samhati; Munaris; Muhammad Fuad; Rahmat Prayogi
Education Language and Arts (ELA) Vol. 1 No. 1 April (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This PKM aims to help teachers in the city of Bandar Lampung in Scientific Article Writing and Reference Management. The problems faced by partners are the lack of knowledge of writing scientific articles properly and the lack of understanding in using reference management applications. The solutions offered are the provision of material on appropriate scientific article writing strategies, and the provision of material on the use of reference management applications by Mendesly and training partners in writing articles using reference management. The method used is the explanatory method, demonstration and practice question and answer. The method of carrying out the activities is done by providing material on strategies for writing scientific articles, and providing material on reference management with tutorials on using the Mendeley application. The activity was carried out online by inviting high school teachers in Bandar Lampung City. Hasil kegiatan ini akan diseminarkan dan diterbitkan dalam jurnal Education, Language, and Arts yang terbit pada tahun 2022.
WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA SETRATEGI MADRASAH DI PONDOK PESANTREN MUHAMMAD DAUD DESA PAMPANGAN KECAMATAN GEDONG TATAN KABUPATEN PESAWARAN Mualimin; Ade Imelda Frimayanti; Atik Rusdiani
Education Language and Arts (ELA) Vol. 1 No. 1 April (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The most pressing problem of the various problems described is the poor ability of the madrasa managers of the Muhammad Daud Islamic Boarding School, Pampangan Village, Gedong Tataan District, Pesawaran Regency, so that they do not have their own strategic plan for the madrasa. Hence, the specific goal to be achieved by this empowerment is to improve the ability to create strategic madrasa plans and strategic madrasa plans according to the resources and characteristics of the madrasas. The objectives of this activity are: (1) To improve the knowledge of madrasa managers in creating strategic madrasa plans. (2) Improving the skills of madrasa managers in preparing strategic madrasa plans in accordance with the resources and characteristics of the madrasas. The conclusion is that this workshop has achieved its aims and objectives, which is to provide teachers with knowledge and skills related to creating a strategic madrasa plan in accordance with the madrasa's resources and characteristics. Permasalahan yang sangat mendesak dari berbagai masalah yang telah dijabarkan adalah rendahnya kemampuan pengelola madrasah di Pondok Pesantren Muhammad Daud Desa Pampangan Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, sehingga mereka tidak memiliki rencana Setrategi madrasah sendiri. Oleh sebab itu target khusus yang akan dicapai dari pemberdayaan ini adalah meningkatkan kemampuan penyusunan rencana strategi madrasah dan menyusun rencana strategi madrasah sesuai dengan sumber daya dan karakteristik madrasah. Tujuan kegiatan ini adalah (1) Meningkatkan pengetahua pengelola madrasah dalam menyusun rencana Setrategi madrasah. (2) Meningkatkan keterampilan pengelola madrasah dalam menyusun rencana Setrategi madrasah sesuai dengan sumber daya dan karakteristik madrasah. Kesimpulan yang diperoleh yaitu workshop ini telah mencapai tujuan dan sasaran yaitu dapat memberi pengetahuan dan keterampilan kepada para guru tentang penyusunan rencana strategi madrasah sesuai dengan sumber daya dan karakteristik madrasah.
PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA SASTRA DAN ILMIAH BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEKOTA METRO Nurlaksana Eko Rusminto; Sumarti; Rian Andri Prasetya; Fajar Riyantika
Education Language and Arts (ELA) Vol. 1 No. 1 April (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This training activity to improve the skills of writing literary and scientific works for junior high school students throughout Metro City aims to: (1) increase literary and linguistic knowledge, (2) improve the ability to write literary works and scientific works. This activity has increased literary and linguistic knowledge, as well as improved the ability to write literary works among junior high school students in Metro City. The existence of training to improve the skills of writing literary and scientific works is expected to foster motivation and increase the enthusiasm of the participants to write various sources of inspiration into literary and scientific works. This motivation can grow, among other things, due to the meeting of children's writers, where they can feel the joy of being a writer. They are also increasingly convinced that anyone who means it can become a writer. In addition, the participants also obtained an overview of the procedure for publishing works to various print media. Kegiatan pelatihan peningkatan keterampilan menulis karya sastra dan ilmiah untuk siswa SMP se-Kota Metro ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pengetahuan kesastraan dan kebahasaan, (2) meningkatkan kemampuan menulis karya sastra dan karya ilmiah. Kegiatan ini telah meningkatkan pengetahuan kesastraan dan kebahasaan, serta meningkatkan kemampuan menulis karya sastra di kalangan siswa SMP di Kota Metro. Adanya pelatihan peningkatan keterampilan menulis karya sastra dan ilmiah ini diharapkan menumbuhkan motivasi dan meningkatkan semangat para peserta untuk menuliskan berbagai sumber ilham menjadi karya sastra dan ilmiah. Motivasi ini dapat tumbuh di antaranya disebabkan adanya jumpa penulis anak, di mana mereka bisa merasakan senangnya menjadi seorang penulis. Mereka pun semakin yakin bahwa siapa saja yang bersungguh-sungguh bisa menjadi seorang penulis. Selain itu, para peserta juga memperoleh gambaran tentang prosedur mempublikasikan karya ke berbagai media cetak.
PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBANTU CANVA BAGI GURU SMA NEGERI 2 GADINGREJO PRINGSEWU Heru Prasetyo; Munaris; Ayu Setiyo Putri; Iqbal Hilal
Education Language and Arts (ELA) Vol. 1 No. 1 April (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Through the Covid-19 pandemic, the world of Indonesian education can gain a lot of wisdom. It takes more than infrastructure readiness to carry out online learning. In fact, the most important of a few improvements is the expectation and maturity of the teachers' abilities, not only when interacting in class but also in providing teaching materials. The variety of teaching media provided is believed to be able to create a warm classroom atmosphere. Canva.com as one of the graphic design applications can be maximized in creating comic-shaped teaching media. Unfortunately, not many teachers are able to compile and take advantage of the features provided in canva. The community service carried out by the University of Lampung team tries to provide new experiences for teachers to present comic teaching media. Melalui pandemi Covid-19, dunia pendidikan Indonesia dapat memtik banyak hikmah. Butuh lebih dari kesiapan infratruktur untuk menjalankan pembelajaran daring. Justru yang paling utama dari sejumlah pembenahan adalah eksiapan dan kematangan kemampuan para pengajar, tidak hanya saat berinteraksi di kelas namun juga dalam menyediakan materi ajar. Variasi media ajar yang disediakan, diyakini mampu menciptakan suasana kelas yang hangat. Canva.com sebagai salah satu aplikasi desain grafis dapat dimaksimalkan dalam mencipta media ajar berbentuk komik. Sayangnya tidak banyak pengajar yang mampu menyusun dan memanfaatkan fitur yang disediakan di canva ini. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan tim Universitas Lampung ini mencoba memberikan pengalaman baru kepada guru untuk menghadirkan media ajar komik.
Pelatihan Pemanfaatan Bioslurry di Desa Rejomulyo, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan Mareli Telaumbanua; Febryan Kusuma Wisnu; Siti Suharyatun; Agus Haryanto; Winda Rahmawati; Sri Waluyo
Education Language and Arts (ELA) Vol. 1 No. 1 April (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Biogas technology from floating drum-type cow dung made in Rejomulyo village, Jati Agung sub-district, South Lampung, can produce biogas for daily fuel. However, the residual waste or biogas dregs (sludge/bio-slurry) have not been utilized, only disposed of at a waste disposal site. This community service activity aims to increase the added value of biogas waste by utilizing sludge/bio-slurry for organic fertilizer in vegetable cultivation in yards and gardens. The activity was carried out using the extension method for making vegetable cultivation pilot units using sludge/bio-slurry. Furthermore, through Gapoktan and Agricultural Extension as companions, it can be developed in people's homes that have a biogas digester. The conclusion is that cow dung as waste from livestock business has been successfully converted into biogas and slurry. The success of this training is indicated by the high enthusiasm of the participants and the ongoing implementation of liquid fertilizer (bio-slurry).
PELATIHAN GIZI OLAHRAGA UNTUK PELATIH DAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SE-KECAMATAN RAJABASA BANDAR LAMPUNG joan siswoyo; ardian cahyadi; heru sulisianta; Sudirman Husin
Education Language and Arts (ELA) Vol. 1 No. 1 April (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ilmu gizi olahraga adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara pengelolaan makanan dengan kinerja fisik yang bermanfaat untuk kesehatan, kebugaran, pertumbuhan anak serta pembinaan prestasi olahraga. Tujuan dalam pengabdian ini yaitu, untuk memberikan informasi, pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan melalui kegiatan pelatihan, serta berpartisipasi di dalam mengembangkan kompetensi dibidang kesehatan. Metode yang akan digunakan didalam pengabdian ini menggunakan metode pendekatan praktek terbimbing berdasarkan kajian ilmiah bidang keolahragaan. Hasil dari pengabdian ini dapat disimpulkan sebagai berikut, 1. Memberikan pengetahuan serta wawasan kepada peserta melalui kajian ilmu gizi olahraga, 2. Semangat peserta dalam mengikuti pelatihan gizi olahraga serta menyusun pola kebutuhan gizi khusus dibidang olahraga. Ilmu gizi olahraga adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara pengelolaan makanan dengan kinerja fisik yang bermanfaat untuk kesehatan, kebugaran, pertumbuhan anak serta pembinaan prestasi olahraga. Tujuan dalam pengabdian ini yaitu, untuk memberikan informasi, pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan melalui kegiatan pelatihan, serta berpartisipasi di dalam mengembangkan kompetensi dibidang kesehatan. Metode yang akan digunakan didalam pengabdian ini menggunakan metode pendekatan praktek terbimbing berdasarkan kajian ilmiah bidang keolahragaan. Hasil dari pengabdian ini dapat disimpulkan sebagai berikut, 1. Memberikan pengetahuan serta wawasan kepada peserta melalui kajian ilmu gizi olahraga, 2. Semangat peserta dalam mengikuti pelatihan gizi olahraga serta menyusun pola kebutuhan gizi khusus dibidang olahraga.
PELATIHAN METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BAGI GURU-GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KOTA METRO KABUPATEN KOTA METRO joan siswoyo; ardian cahyadi; heru sulistianta; Sudirman Husin
Education Language and Arts (ELA) Vol. 1 No. 2 September (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada dasarnya sebagian besar guru-guru penidikaan jasmani Sekolah Dasar Kota Metro kabupaten Kota Metro belum memahami dengan sungguh-sungguh pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar, termasuk pola dasar pembelajaran, metode pembelajaran dan pengembangan pembeljaran pendidikan jasmani yang berbasis karakter, serta pelaksanaan penyusunan RPP pendidikan jasmani. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kota Metro pada tanggal 27­29 Agustus 2016 dengan sasaran peserta pelatihan sebanyak 26 orang, yang terdiri dari guru-guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar dan penilik TK/SD. Metode penelitian yang di gunakan antar lain adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, pelatihan dalam kelompok. Berdasarkan hasil evaluasi yang di lakukan ternyata secara umum terdapat peningkatan kemampuan dari para peserta kegiatan pelatihan ini. Dan diharapkan hasil penelitian ini dapat di tularkan atau di sebar luaskan oleh peserta kepada teman-teman sejawatnya yang lain yang belum sempat mengikuti kegiatan latihan seperti ini.
A PELATIHAN PENYUSUNAN MATERI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS WEB PUSAT PPK KEMDIKBUD BAGI GURU-GURU SMA YP UNILA BANDARLAMPUNG Sumarti; Nurlaksana Eko Rusminto; Rian Andri Prasetya; Fajar Riyantika
Education Language and Arts (ELA) Vol. 1 No. 2 September (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pelatihan penyusunan materi penguatan pendidikan karakter berbasis WEB Pusat PPK Kemdibud bagi guru-guru SMA YP Unila ini bertujuan untuk mengembangkan profesionalisme para guru SMA YP Unila dalam hal penguatan pendidikan karakter (PPK). Pelatihan ini akan menerapkan model penemuan atau discovery learning dan problem base learning, yakni semua peserta aktif menemukan konten atau materi PPK dalam web Pusata PPK Kemendikbud RI serta menyelesaikan permasalahan karakter negatif peserta didik dengan materi-materi dari web tersebut. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan penyelesaian masalah berupa penugasan. Tempat pelatihan dilaksanakan di SMA Yayasan Pembina Universitas Lampung . Jumlah peserta pelatihan ini ditargetkan sebanyak 25 orang yang terdiri atas para guru semua mata pelajaran yang ada di SMA YP Unila. Keberhasilan kegiatan ini diukur dari proses dan hasil pelatihan. Indikator keberhasilan proses meliputi, keaktifan, kerja sama, dan tanggung jawab yang dinilai melalui pengamatan atau observasi. Penilaian unjuk kerja dilakukan ketika peserta secara berkelompok mempresentasikan hasil berselancar dalam web Pusat PPK, meliputi konten/materi penguatan pendidikan karakter, portal praktik baik, serta metode pembentukan karakter tersebut. Adapun evaluasi terhadap hasil kegiatan diukur berdasarkan penguasaan materi pelatihan yang meliputi hasil latihan penyelesaian masalah karakter peserta didik dengan materi dan strategi yang bersumber dari web pusat PPK   This training activity for the preparation of material for strengthening character education based on the WEB Center ofthe Ministry of Education and Culture for YP Unila High School teachers aims to develop the professionalism of YP Unila High School teachers in terms of strengthening character education (PPK). This training will apply a discovery learning model and problem base learning, where all participants actively find kDp content or material on the Ministry of Education and Culture's PPK Center web and solve students' negative character problems with materials from the web. The methods used in this training are lectures, questions and answers, discussions, demonstrations, and problem solving in the form of assignments. The training venue was held at the Pembina Foundation Senior High School, University of Lampung. The number of participants for this training is targeted at 25 people consisting of teachers of all subjects at SMA YP Unila. The success of this activity is measured by the process and results of the training. The indicators ofthe success of the process include activeness, cooperation, and responsibility which are assessed through observation or observation. Performance assessment is carried out when participants in groups present the results of surfing the KDP Center web, including content/materialsforstrengthening character education, good practice portals, and methods of character building. The evaluation ofthe results ofthe activity is measured based on the mastery of the training material which includes the results of the problem solving exercise of the character of the students with materials and strategies sourced from the PPK central web.
PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL Novita Nurdiana; Khairun Nisa; Fajar Riyantika; Dian Shafwati
Education Language and Arts (ELA) Vol. 1 No. 2 September (2022): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Modul Pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh suatu lembaga atau instansi pendidikan. Just Speak Indonesia, merupakan lembaga pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki tutor berpotensi, namun masih kekurangan dalam hal pembuatan modul berbasis kearifan lokal. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan para guru di Just Speak Indonesia untuk dapat memroduksi modul Bahasa Inggris dengan menyisipkan elemen budaya lokal. Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan pada bulan Agustus lalu, dan melibatkan para tutor Bahasa Inggris di Just Speak Indonesia untuk dapat membuat modul Bahasa Inggris dengan elemen kearifan lokal. Learning Module is a very important thing to be owned by an institution or educational institution. Just Speak Indonesia, is an English educational institution that has potential tutors, but still lacks in making modules based on local wisdom. This training activity aims to develop the skills of teachers at Just Speak Indonesia to be able to produce English modules by inserting elements of local culture. This activity lasted for one month last August, and involved English tutors at Just Speak Indonesia to be able to make English modules with elements of local wisdom.

Page 1 of 3 | Total Record : 30