cover
Contact Name
Muhamad Abdul Gofur
Contact Email
abdul.gofur@staibanisaleh.ac.id
Phone
+6285814786529
Journal Mail Official
jurnal.wildan2022@gmail.com
Editorial Address
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi Jl. M. Hasibuan No. 68 Margahayu Bekasi 17113
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Wildan
ISSN : 29623456     EISSN : 29617987     DOI : -
Core Subject : Education,
Wildan publishes research articles, case reports and review articles. Publications on Wildan cover the following topics: Early Childhood Education. Basic education Mathematics and Science Education. Guidance and Counseling Education. Education technology. Character building. Special Needs Education. Global Issues in Education. Technical and Vocational Education. Language and Literature Education. Social Sciences Education. Education Management. Sports Science and Physical Education. Learning Models and Strategi
Articles 14 Documents
ANALISIS DESKRIPTIF PERAN TAMAN BACA INOVATOR PADA KEGIATAN LITERASI BACA TULIS ANAK USIA DINI DI KECAMATAN BANTARGEBANG Putri Choirunnisa
Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran - STAI Bani Saleh Vol. 1 No. 1 (2022): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.733 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Taman Baca Inovator dalam meningkatkan budaya literasi baca-tulis anak usia dini. Analisis data menggunakan data kualitatif dengan mendekripsikan data yang diperoleh dari hasil wawancara dan studi dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Baca Inovator berperan penting dalam penanaman budaya baca-tulis maupun memberikan informasi minat dan budaya baca anak-anak usia dini Dalam pelaksanaannya, terdapat faktor pendukung dalam menjaga peran penting Taman Baca Inovator diantaranya sebagai tempat belajar bagi anak-anak dan masyarakat juga sebagai tempat wisata edukatif. Faktor penghambat dalam mempertahankan peran utama dari Taman Baca ini adalah mengoptimalkan strategi-strategi yang dimiliki dengan memaksimalkan perencanaan yang sesuai untuk membantu memenuhi kebutuhan literasi baca-tulis anak-anak usia dini. Keberadaan Taman Baca direspon dengan baik oleh para pengunjung diantaranya anak-anak usia dini, orang tua dan relawan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN METODE SAS DI RA HIDAAYATUSSHIBYAAN CIKARANG BARAT Annis Khairunnisa
Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran - STAI Bani Saleh Vol. 1 No. 1 (2022): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.885 KB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini secara umum untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode SAS pada anak usia 5-6 tahun. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun dilihat dalam peningkatan dalam setiap siklus dimulai dari pra siklus sejumlah 36% lalu mulai masuk tindakan dalam siklus I menghasilkan nilai presentase sejumlah 45% lalu meningkat kembali dalam tindakan siklus II hingga mencapai presentase sejumlah 78% peningkatan tersebut meningkat sesuai dengan hipotesis yang sudah direncanakan sebelumnya untuk melebihi standar peningkatan sejumlah 71%.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MOZAIK DI TKQ AL FALAAH KABUPATEN BEKASI Martauli Sirait
Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran - STAI Bani Saleh Vol. 1 No. 1 (2022): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.606 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia dini melalui kegiatan teknik mozaik. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelompok B TKQ Al Falaah kabupaten Bekasi dengan sampel penelitian berjumlah 17 anak, dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus sampai 24 Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskripsi yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan. Pada kegiatan teknik mozaik Pra Penelitian diperoleh rata-rata sebesar 34 %. Dari hasil kegiatan teknik mozaik pada Siklus I diperoleh rata-rata sebesar 58 %. Dan dari hasil kegiatan teknik mozaik pada Siklus II diperoleh rata-rata sebesar 83 %. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia dini kelompok B TKQ Al Falaah kabupaten Bekasi melalui kegiatan teknik mozaik.
STUDI ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA ASPEK PENGEMBANGAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI MI SIRAAJUL UMMAH BEKASI Yahdini Virdha Khoirunnisa
Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran - STAI Bani Saleh Vol. 1 No. 1 (2022): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.355 KB)

Abstract

Kreativitas guru sangat diperlukan dalam pembelajaran, khususnya dalam materi pembelajaran tentang seni dan budaya. Masalah dalam penelitian tentang menganalisis kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran pada aspek pengembangan seni budaya dan prakarya di MI Siraajul Ummah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kreativitas guru dalam materi SBDP sub materi music dan kolase. Manfaat dari manfaat teoritis dan praktisi terutama bagi praktisi pendidikan seni di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Siraajul Ummah. Adapun sasaran penelitian pada kreativitas guru pembelajaran seni budaya sub materi music dan kolase di MI Siraajul Ummah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan analisis data model interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah kreativitas guru menggunakan media pembelajaran pada aspek pengembangan seni budaya sub materi musik dan kolase di MI Siraajul Ummah dilakukan dengan kendala, analisis pribadi, proses, press, dan produk dan factor yang mempengaruhi kreativitas guru , cara guru meningkatkan kreativitas, pemanfaatan lingkungan budaya dan alam gerak dan lagu. Saran dari penelitian ini adalah tenaga pendidik khususnya untuk pembelajaran seni budaya dan prakarya sub materi musik dan kolase harus memperhatikan kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran.
PENERAPAN METODE EKSPLORATORY DISCOVERYPADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDIT AZZAHRA WANAJAYA CIBITUNG Mintarti Mintarini
Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran - STAI Bani Saleh Vol. 1 No. 1 (2022): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.314 KB)

Abstract

Penelitian ini mengenai penerapan metode Eksploratory Discovery pada hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDIT Azzahra Cibitung. Kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari masalah sering sekali problem yang dihadapi dalam proses belajar mengajar adalah kecenderungan para siswa yang kurang antusias begitu pula dalam pembelajaran IPA yang dialami pada siswa kelas IV diSDIT Azzahra Cibitung. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana para siswa dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran IPA. Metode Eksploratory Discovery sebagai salah satu metode alternatif dalam pembelajaran IPA yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan.Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan penerapan metode Eksploratory Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV diSDIT Azzahra Cibitung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Eksploratory Discovery pada mata pelajaran IPA sangat berpengaruh terhadap peserta didik sekolah dasar.
HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS II MI AL-FIRDAUS TELAGA MAS KOTA BEKASI Noer Afni
Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran - STAI Bani Saleh Vol. 1 No. 1 (2022): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.911 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas II . penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Firdaus Telaga Mas Kota Bekasi dari bulan Agustus sampai bulan September 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan korelasi dengan populasi dan sampel dengan jumlah yang sama sebanyak 28 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner (angket) menggunakan Skala Likert dan dikalibrasi dengan uji validasi. Uji validasi dihitung dengan memakai Expert judgement dan uji koefisien korelasi.Hasil penelitian ini menggunakan bantuan Ms.Excel. uji hipotesis melalui uji koefisien korelasi dan didapatkan hasil sebesar 0,970 > 0,374 menunjukan ada hubungan positif yang signifikasi antara dua variabel. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh sebesar 53,084 > 2,056 sehinga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan determinasi 94,09% prestasi belajar Al-Qur’an Hadits di pengaruhi oleh minat belajar dan 05,91% dipengaruhi oleh faktor lain.
ANALISIS DESKRIPTIF PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE OLEH GURU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT ATSSURAYYA CIKARANG UTARA Anisa Lavenia
Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran - STAI Bani Saleh Vol. 1 No. 1 (2022): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.298 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mendeskripsikan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Oleh Guru Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Di SDIT Atssurayya Cikarang Utara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2021 di SDIT Atssurayya Cikarang Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan menggunakan teori Milles Hubermen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengumpulan data didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sekolah tersebut. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis online oleh guru pada pembelajaran matematika sangat berpengaruh terhadap peserta didik kelas IV. Penggunaan media pembelajaran berbasis online oleh guru pada pembelajaran matematika dapat membuat cara penyampaian materi lebih singkat dan jelas.
PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL Rizky Asrul Ananda; Mufidatul Inas; Agung Setyawan
Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran - STAI Bani Saleh Vol. 2 No. 1 (2023): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.684 KB)

Abstract

Pada perkembangan teknologi di zaman ini, memberi pengaruh terhadap karakter seorang anak. Teknologi yang tersedia menjadi ancaman bagi generasi penerus bangsa, karena pada perkembangan teknologi menjadikan anak-anak memiliki karakter yang buruk. Anak-anak menjadi candu untuk bermain hp tanpa konsep belajar. Padahal pendidikan merupakan hal penting untuk kelangsungan hidup. Karakter baik yang dimiliki seorang anak pun akan berubah dengan berjalannya waktu karena pengaruh negatif perkembangan teknologi yang disalah gunakan oleh oknum-oknum tertentu. Yang terjadi dizaman ini, orang tua juga dengan mudahnya memberikan hp untuk membuat anak nya diam padahal hal ini dapat memberikan dampak negatif bagi sang anak. dan dari permasalahan yang terjadi penting untuk mengetahui apa itu pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, prinsip-prinsip pendidikan karakter, dan juga pengaruh teknologi pada pendidikan karakter.
DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK yunike widianti; Salsabila Indah Kurniawati
Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran - STAI Bani Saleh Vol. 2 No. 1 (2023): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.957 KB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar bagi kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. Perubahan tersebut meliputi sikap, tingkah laku, kepribadian dan sistem pendidikan terhadap proses pembelajaran serta pemanfaatan media untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini didasarkan pada perubahan karakter siswa sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan tentang (1) pendidikan karakter, (2) pentingnya pendidikan karakter, (3) dampak pendidikan karakter yang dilakukan dalam pembelajaran daring, dan (4) menemukan solusinya. tentang permasalahan akibat perubahan sikap siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dari artikel dan jurnal sebelumnya yang berkaitan dengan penelitian ini dan metode wawancara dengan 10 responden di beberapa sekolah di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Dampak baiknya bagi siswa adalah meningkatnya keterampilan mereka di bidang teknologi, mereka dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk meningkatkan minat dan bakatnya secara mandiri. Namun, ada dampak buruk bagi siswa karena pembelajaran daring. Malas karena tidak ada keharusan untuk melakukan pembelajaran daring, kemudian terus menurunkan nilai karakter, dan terkadang menyendiri bisa membuat seseorang merasa down, sehingga kesehatan mentalnya bisa turun. Banyak sekali dampak buruknya daripada dampak baiknya. Namun hal itu bisa diperbaiki jika guru dan orang tua bekerjasama untuk melakukan pembelajaran daring. Guru dapat melakukan sharing session untuk menemukan masalah dan pemecahannya.
ANALISIS DESKRIPTIF PENERAPAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENCEGAH BULLYING DI SD BANI SALEH V KOTA BEKASI Slamet Ramdani; Yuli Diah Saptorini
Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran - STAI Bani Saleh Vol. 2 No. 1 (2023): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.395 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan collaborative learning untuk pencegahan bullying yang dilakukan di SD Bani Saleh 5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara,dokumentasi dan observasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kegiatan wawancara dari lima guru SD Bani Saleh 5. Metode pengumpulan data dengan cara teknik wawancara dilakukan dengan cara terstruktur karena menggunakan kisi - kisi instrumen wawancara sebelum dilakukan pembuatan Instrumen wawancara untuk narsaumber . Pengumpulan data dengan cara wawancara kepada guru , analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis ternyata SD Bani Saleh 5 sudah menerapan collaborative learning sehingga tingkat bullying di sekolah tersebut rendah

Page 1 of 2 | Total Record : 14