cover
Contact Name
Amar Sani
Contact Email
amar@stieamkop.ac.id
Phone
+6285399929080
Journal Mail Official
amar@stieamkop.ac.id
Editorial Address
Alamat Penerbit / Pengelola : Jl. Meranti Raya No.1, Pandang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Bata Ilyas Journal of Accounting
ISSN : -     EISSN : 27742555     DOI : https://doi.org/10.37531/bijac
Core Subject : Social,
Bijac adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan hasil penelitian original pada bidang akuntansi secara holistik. Bijac berkomitmen untuk menerbitkan karya-karya ilmiah berkualitas tinggi di bidang akuntansi dan bidang lain yang terkait yang menggunakan alat analisis dari disiplin ilmu dasar seperti ekonomi, statistik, psikologi, dan sosiologi. Penelitian-penelitian empiris, analitik dan eksperimental dari semua pendekatan dan paradigma, baik normatif maupun positif, akan diterbitkan selama berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dalam akuntansi secara signifikan. Serta metode studi lapangan yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ekonomi, faktor eksternal dan internal dalam bidang akuntansi, pengauditan, pengungkapan, pelaporan keuangan, perpajakan, dan sistem informasi serta bidang terkait seperti keuangan perusahaan, investasi, pasar modal, hukum, perikatan, dan informasi ekonomi adalah karya yang potensial diterbitkan pada Bijac.
Articles 45 Documents
Tinjauan Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan SAK-EMKM pada Koperasi Pegawai Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Selatan B. Nuranisa Pertiwi; Muhammad Yahya; Warka Syachbrani
Bata Ilyas Journal of Accounting Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.888 KB) | DOI: 10.37531/bijak.v1i1.684

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis penyajian Laporan Keuangan Koperasi Berdasarkan SAK-EMKM. Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu membandingkan antara teori yang sudah ada dengan praktek yang sesungguhnya sehingga akan dapat ditarik kesimpulan. Penelitian dilaksanakan pada Koperasi Pegawai Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyajian laporan keuangan koperasi belum sesuai SAK-EMKM karena informasi yang disajikan tidak lengkap. Koperasi Pegawai Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Selatan belum menyusun laporan arus kas. Neraca telah disusun dengan format yang benar. Neraca disajikan dalam perbandingan dua tahun terakhir. Namun terdapat jumlah angka rekening piutang yang tidak wajar pada periode berjalan. Selain itu, dalam penyajian PHU tidak dibedakan pendapatan dari anggota dan non-anggota.The purpose of this studi is to analysis of presentation of Koperasi Indonesia financial statement Based on SAK-EMKM. The data obtained by using interview and documentation techniques. The data analysis technique used is descriptive analysis, which is comparing existing theories with actual practice so that conclusions can be drawn. The research was conducted at Koperasi Pegawai Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Selatan. The results of the study conclude that the presentation of cooperative financial statements is not in accordance with SAK-EMKM because the information presented is incomplete. Koperasi Pegawai Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Selatan has not yet prepared a cash flow report. The balance sheet has been prepared in the correct format. The balance sheet is presented in a comparison of the last two years. However, there were an unreasonable number of accounts receivable in the current period. In addition, in the presentation of PHU, income was not differentiated from members and non-members.
Studi atas Senjangan Anggaran pada Beberapa SKPD di Indonesia R Rahmawati
Bata Ilyas Journal of Accounting Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.695 KB) | DOI: 10.37531/bijak.v2i2.1561

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi anggaran dengan menggunakan senjangan anggaran. Senjangan anggaran merupakan salah satu alat yang dapat digunakan oleh manajemen sektor publik dalam mengelola organisasi sebagai alat perencanaan dan pengendalian kegiatan organisasi. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan studi literatur. Data diperoleh dari data sekunder yaitu literatur berupa artikel ilmiiah yang menjadi bahan sekalgus sumber data. Hasil uji  menunjukkan partisipasi dalam penyusunan anggaran ternyata tidak memicu senjangan pada anggaran. Tetapi, jika partisipasi anggaran dipengaruhi oleh variabel partisipasi anggaran, dan dimoderasi oleh penekanan asimetris informasi akan berpengaruh positif signifikan terhadap budgetary slack.The purpose of this study was to determine budgetary participation by using budgetary slack. Budgetary slack is one of the tools that can be used by public sector management in managing the organization as a tool for planning and controlling organizational activities. This research method is qualitative research using literature study. The data was obtained from secondary data, namely literature in the form of scientific articles which became the material as well as the data source. The test results show that participation in budgeting does not trigger slack in the budget. However, if budget participation is influenced by the budgetary participation variable, and moderated by the asymmetric emphasis on information, it will have a significant positive effect on budgetary slack.
Perlakuan Akuntansi Sektor Publik di Desa Sarimekar Nurul Maghfirah Surianto; Andi Kusumawati; Haliah Haliah
Bata Ilyas Journal of Accounting Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.187 KB) | DOI: 10.37531/bijak.v3i2.2975

Abstract

Theipurpose ofithis study is to analyzeithe procedures for managing financial transactions in Sarimekar Village which are related to the Regulation of the Village Minister, PDTT No. 21 of 2020. This writing is related to the rules for preparing village budget reports. This writing is based on research that describesia symptomior event that is happening at the moment which outlines the concept of the behavior of related officials in Bali. The basis of village transaction orientation tends to be lower than that of local government, but includes all accounts that are already available in local government. Basedion thisiresearch, itican beiconcluded that the accounting principles that have been implemented by the Sarimekar Village administration are in harmony with existing government policies. With the siskeudes (Village Financial Information System) it will prove that the Sarimekar Village government has followed well regarding the presentation and preparation of the APBD Realization Report as contained in the PDDT Village Ministerial Regulation No. 21 of 2020 and village spending allocations are in accordance with Government Regulation no. 43 of 2014.Keywords: PubliciAccounting, AccountingiTreatment Tujuan penelitianiini menganalis tata cara pengelolaan transaksi keuangan di Desa Sarimekar yang berkaitan dengan Peraturan Menteri Desa, PDTT No. 21 Tahun 2020. Penulisan ini terkait kaidah penyusuan pelaporan anggaran desa. Penulisan ini dilandaskan pada penelitian yangimendeskripsikan suatuigejala atau peristiwaiyang terjadi pada saat ini yang menguraikan konsep perilaku pejabat terkait yang ada di Bali. Landasan dari transaksiientitasidesa cenderung lebih rendah dibandingkan dengan pemerintahidaerah, tetapi meliputi semuaiakun yang telah tersedia di pemerintah daerah. Berdasarkan dari penelitianiini dapat ditarik kesimpulan terkait kaidah akuntansiiyang telah di implementasikan olehipemerintahiDesa Sarimekar sudah selaras dengan kebijakan pemerintahan yang telah ada. Dengan adanya siskeudes (sistem Informasi Keuangan Desa) maka akan membuktikan bahwa pemerintah Desa Sarimekar telah mengikuti dengan baik terkait penyajian dan persiapan Laporan Realisasi APBD yang tertuang dalam Peraturan Menteri Desa PDDT No. 21 Tahun 2020 serta alokasi belanja desa telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014.KataiKunci : AkuntansiiPublik, PerlakuaniAkuntansi 
Faktor-faktor yang Memengaruhi Pemilihan Program Studi Akuntansi (Studi pada mahasiswa Universitas Negeri Makassar) Fikri Haikal; Mukhammad Idrus; Samirah Dunakhir
Bata Ilyas Journal of Accounting Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.333 KB) | DOI: 10.37531/bijak.v1i1.662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya pendidikan, latar belakang sosial ekonomi, reputasi, dan prospek prodi terhadap pengambilan keputusan pemlihan Program Studi Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA/SMK Se Kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan sampel sebanyak 140 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan data kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya pendidikan, latar belakang sosial ekonomi, reputasi, dan prospek prodi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan siswa kelas XII SMA/SMK Se Kota Makassar dalam memilih Program Studi Akuntansi di Universitas Negeri Makassar sebagai tujuan kuliah.
Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Subsektor Farmasi Tahun 2015-2019 Syamsibar Syamsibar; Warka Syachbrani; Anni Suryani
Bata Ilyas Journal of Accounting Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/bijak.v1i2.1084

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan manufaktur subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan analisis rasio likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 dengan menggunakan rasio likuiditas menunjukkan kinerja yang baik karena perusahaan mampu melunasi hutang lancarnya. Untuk rasio profitabilitas menunjukkan bahwa perusahaan subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia mampu menghasilkan laba yang baik. Untuk rasio solvabilitas menunjukkan bahwa perusahaan belum mampu melunasi semua hutang yang dimiliki perusahaan apabila perusahaan tersebut likuidasi atau bangkrut.This research aims to evaluate the financial performance of pharmaceutical manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange using liquidity, profitability and solvency ratio analysis. The results of the analysis show that the financial performance of the pharmaceutical sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2019 period using the liquidity ratio shows good performance because the company is able to pay off its current debt. The profitability ratio shows that the pharmaceutical sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange are able to generate good profits. The solvency ratio shows that the company has not been able to pay off all the debts of the company if the company is liquidated or goes bankrupt.
Penyusunan Anggaran Operasional Pada Umkm Kuliner di Kabupaten Maros Nurafni Oktaviyah
Bata Ilyas Journal of Accounting Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1424.248 KB) | DOI: 10.37531/bijak.v3i2.2948

Abstract

The purpose of this study was to determine the process of planning and controlling through the preparation of the operational budget at Sido Mampir Food Stalls. This study used a qualitative descriptive approach using data collection techniques in the form of interviews and direct field observations. The results of the study show that Sido Mampir Food Stalls have not carried out planning and control through the operational budget, so it is necessary to prepare an operational budget that is used by the company. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan dan pengendalian melalui penyusunan anggaran operasional pada Warung Makan Sido Mampir. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi langsung ke lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Warung Makan Sido Mampir belum melakukan perencanaan dan pengendalian melalui anggaran operasional sehingga perlu disusun anggaran operasional yang digunakan perusahaan.Kata kunci: anggaran operasional, perencanaan, pengendalian
Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa di STIE Amkop Makassar Ova Renaldi; Warka Syachbrani; Marhaeni Sabil
Bata Ilyas Journal of Accounting Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.403 KB) | DOI: 10.37531/bijak.v2i1.1040

Abstract

A
Analisis Tingkat Kesehatan Keuangan Perusahaan Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) Aulia Fahrunnisaa Ichwan; Samirah Dunakhir
Bata Ilyas Journal of Accounting Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.774 KB) | DOI: 10.37531/bijak.v3i1.1780

Abstract

 This study aims to determine the level of financial health of companies during the COVID-19 pandemic in banking companies listed on the Indonesian stock exchange. The population in this study consisted of 47 banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange, while the sample collection technique in this study used purposive sampling where from 47 companies there were 13 companies that met the sample collection criteria and were used as samples in this study. Data collection is done by using documentation techniques. The data analysis technique uses the RGEC method, namely risk profile, good corporate governance, earnings, and capital. The results of the assessment of the level of financial soundness of banks using the RGEC method as a whole show a percentage of 79.81% and this is in Composite Rank 2 (PK-2) with criteria classified as "Healthy"..Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan keuangan perusahaan selama masa pandemi COVID-19 pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 47 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana dari 47 perusahaan terdapat 13 perusahaan yang memenuhi kriteria pengumpulan sampel dan dijadikan sampel pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode RGEC, yaitu risk profile, good corporate governance, earnings, dan capital. Hasil dari penilaian tingkat kesehatan keuangan bank dengan menggunakan metode RGEC secara keseluruhan menunjukkan presentase sebesar 79,81% dan hal ini berada pada Peringkat Kompisit 2 (PK-2) yaitu dengan kriteria yang tergolong “Sehat”.Keywords:Banking; Covid-19; Financial Statements; RGEC 
Transparansi Informasi Meningkatkan Level Kepercayaan terhadap Laporan Kinerja Pemerintah Hariany Idris
Bata Ilyas Journal of Accounting Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.798 KB) | DOI: 10.37531/bijak.v1i1.862

Abstract

This research aims to further investigate how transparency can be a way for the government to increase public confidence in the processes and performance they carry out in order to provide services to the public in Indonesia. To test this, a 2x2 factorial experiment was carried out involving 57 students who had programmed the Public Sector Accounting course. The results showed that the interaction between the level of information and the level of public trust. Openness / transparency which influences individuals to tend to have high trust in government information. Meanwhile, information with a low level of transparency tends to lead to a low level of trust as well. Penelitian bertujuan untuk menginvestigasi lebih jauh bagaimana transparansi dapat menjadi jalan bagi pemerintah untuk dapat meningkatkan kepercayaan publik atas proses dan kinerja yang mereka lakukan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat di Indonesia. Untuk menguji hal tersebut dilakukan eksperimen faktorial 2x2 dengan melibatkan 57 mahasiswa yang telah memprogramkan mata kuliah Akuntansi Sektor Publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara level transparansi informasi dan tingkat kepercayaan publik. Keterbukaan/transparansi yang tinggi mempengaruhi individu untuk cenderung memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap informasi pemerintah. Sedangkan informasi dengan level transparansi rendah cenderung menyebabkan tingkat kepercayaan yang rendah pula.
Evaluasi Sistem dan Prosedur Akuntansi Atas Pembayaran Klaim Asuransi Kesehatan pada PT Prudential Nur Fatwa Basar; Haedir Haedir
Bata Ilyas Journal of Accounting Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.107 KB) | DOI: 10.37531/bijak.v2i2.1562

Abstract

Untuk mengetahui Evaluasi Sistem dan Prosedur Akuntansi Atas Pembayaran Klaim Asuransi Kesehatan pada PT. Prudential adalah tujuan dari penelitian ini. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan proses penyelesaian Evaluasi Sistem dan Prosedur Akuntansi Atas Pembayaran Klaim Asuransi Kesehatan pada PT. Prudential sudah baik dan berjalan dengan efektif. Ini dapat dilihat dari formulir klaim telah bernomor seri sehingga dapat diurutkan dan dapat diarsipkan dengan baik. Kelengkapan yang dibutuhkan tiap klaim juga dapat dilihat pada formulir pengajuan klaim sehingga nasabah tidak kebingungan untuk mempersiapkan dokumen yang diperlukan saat pengajuan klaim. Prosedur klaim yang ada menggambarkan prosedur penyelesaian klaim yang jelas dan mudah bagi nasabah.To find out the Evaluation of Accounting Systems and Procedures for Payment of Health Insurance Claims at PT. Prudential is the aim of this research. The type of data used is qualitative data with data sources namely primary data and secondary data. The research method used is descriptive research. The results of this study stated that the process of completing the Evaluation of Accounting Systems and Procedures for Payment of Health Insurance Claims at PT. Prudential is good and running effectively. This can be seen from the claim form that has been serialized so that it can be sorted and archived properly. The completeness required for each claim can also be seen on the claim submission form so that customers are not confused about preparing the required documents when submitting a claim. The existing claim procedure describes a clear and easy claim settlement procedure for customers.