cover
Contact Name
Ari Zulsafar
Contact Email
zulsapar@telkomuniversity.ac.id
Phone
+6282111599040
Journal Mail Official
ijdprjournal@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
Gedung Bangkit Lantai 2 Jln Telekomunikasi -Ters. Buah Batu, Dayeuhkolot
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Digital Public Relations
Published by Universitas Telkom
ISSN : -     EISSN : 29637740     DOI : https://doi.org/10.25124/ijdpr.v1i2
Core Subject : Education, Social,
Indonesian Jurnal of Digital Public Relations (IJDPR) adalah jurnal ilmiah yang terbit secara periodik yang bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perpektif, paradigm, dan metodelogi yang fokus pada kajian public relations. Ruang lingkup (scope) dari kajian jurnal ini adalah: Public Relations Practices; ranah kajian pada praktikal kehumasan dan aktivitas kehumasan pada korporasi, pemerintahan, dan Lembaga nonprofit. Public Relations and Politic; ranah kajian kehumasan yang berkaitan dengan komunikasi politik. Public Relations and Marketing; ranah kajian kehumasan yang berkaitan dengan marketing communication. Public Relations and Culture; ranah kajian kehumasan yang berkaitan dengan budaya. Digital Public Relations; ranah kajian kehumasan yang berkaitan dengan teknologi. Public Opinion; ranah kajian kehumasan yang berkaitan dengan opini publik dan persepsi. Public Relations dan Media; ranah kajian kehumasan yang terkait dengan media.
Articles 12 Documents
PENGARUH SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT TERHADAP REPUTASI PT KERETA API INDONESIA Nayla Salsabila Hanidah; Razie Razak; Slamet Parsono
Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR) Vol 1 No 1 (2022): Agustus
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/ijdpr.v1i1.5030

Abstract

The reputation of a company is a valuable intangible asset, but it is becoming more difficult to manage due to rapid digital expansion. Today, social media is an important part of establishing a company's reputation. The researcher analyzes if corporate social media is advantageous to businesses in this report. Researchers examined public participation on social media in the depiction of a company's reputation in a survey of 100 PT Kereta Api Indonesia customers who follow Instagram @keretaapikita. The findings suggest that the level of public participation in social media has a beneficial impact on the perception of a company's reputation. These findings' implications are explored as a reference in the use of social media to establish a company's reputation.
REALITAS PEREMPUAN PEKERJA MALAM Lusy Mukhlisiana; Mochamad Armien Syifaa Sutarjo
Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR) Vol 1 No 1 (2022): Agustus
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/ijdpr.v1i1.5089

Abstract

Banyak perempuan terpaksa menjalani profesi yang mengharuskan bekerja malam. Hal tersebut tidak serta merta membuat perempuan bebas beraktivitas di siang hari. Mereka tetap melakukan pekerjaan domestik atau bahkan pekerjaan lainnya. Kompleksnya permasalahan perempuan pekerja malam ini melatarbelakangi peneliti untuk mengkaji fenomena tersebut. Pendekatan fenomenologis digunakan untuk mengkaji dan memaknai realitas perempuan pekerja malam, untuk memperkaya kajian serta menguraikan makna realitas, digunakan teori gender, sehingga terungkap makna dari realitas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengungkap pengalaman serta pemaknaan perempuan pekerja malam. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam serta studi pustaka. Informan penelitian terdiri dari 5 orang perempuan pekerja malam yang tinggal di Apartemen X Bandung dengan jenis profesi yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan perempuan pekerja malam memaknai dirinya sebagai individu dengan beragam peran, jam kerja malam dimaknai sebagai cara bertahan hidup, resiko pekerjaan, tuntutan ekonomi serta passion. Mereka memaknai dirinya setara dengan laki-laki.
PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK EKSTERNAL Sri Dewi Setiawati; Gracea Putri Maharani Santosa
Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR) Vol 1 No 1 (2022): Agustus
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/ijdpr.v1i1.5097

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana analisis pengelolaan akun instagram @ppsdm_migas yang digunakan oleh Humas PPSDM Migas dalam mengelola akun instagram @ppsdm_migas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seperti apa pengelolaan akun instagram @ppsdm_migas yang dilakukan oleh Humas PPSDM Migas. dikaji denagn pendekatan kualitatif secara deskriptif. Hasil Pertama, penggalian ide mengenai permasalahan dapat dilakukan dengan menganalisa pemberitaan serta isu yang ada, sehingga nantinya praktisi humas mengetahui tentang apa saja yang dibutuhkan oleh publik, siapa saja publiknya dan bagaimana sikap publik, hal ini bertujuan dalam menentukan suatu langkah yang akan di ambil. Kedua, pada perancangan konten media sosial Instagram @ppsdm_migas ini selalu mengutamakan konten yang menarik dan informative, sesuai dengan konten yang diinginkan khalayak. Ketiga, evaluasi dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan pencapaian tujuan dan program. Evaluasi ini dilakukan setiap satu tahun sekali dan dilakukan rapat untuk mereview pengelolaan media sosial Instagram @ppsdm_migas
KOMUNIKASI PEMERINTAHAN DALAM MENYEBARKAN INFORMASI PUBLIK PADA DISKOMINFO KOTA BUKITTINGGI MELALUI WEBSITE M.Djorghi Adi Nugraha; Razie Razak
Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR) Vol 1 No 1 (2022): Agustus
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/ijdpr.v1i1.5230

Abstract

Government communication is a process of conveying messages and information carried out by the government to public to obtain government goals and functions. The purpose of this study is to determine the implementation of the dissemination and management of information to the public, which the Bukittinggi City Diskominfo carries out through the website. This research uses qualitative research methods using case study techniques. The data collection carried out in this study is by conducting an interview, observation, and documentation. Based on the research results, the Bukittinggi City Diskominfo uses mass communication to carry out the process of conveying various information to the public. Information related to profile, government, tourism, news, press releases, announcements, and (IPKD). From various information, the news is information that is prioritized to be conveyed to the public. The information submitted is related to the programs and activities of the leadership. The news published by diskominfo Kota Bukittinggi has the meaning of a media agenda. In addition to deliberately creating information, the Bukittinggi City Diskominfo selects information (gatekeeper) that will be published through the website bukittinggikota.go.id. Keywords: Gatekeeper,government communication,management public information,mass communication,media agenda
ANALISIS STRATEGI EVENT MANAGEMENT OLEH IAAS LC IPB DALAM EVENT ICC GOES TO EXTERNAL Brendha Qaulani Tsakila; Martha Tri Lestari
Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR) Vol 1 No 1 (2022): Agustus
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/ijdpr.v1i1.5262

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana manajemen event IGTE yang dilakukan oleh Organisasi Non Goverment IAAS IPB sebagai pengadaptasian pelaksanaan event di era pandemi covid-19 dan dukungan terhadap program pengembangan berkelanjutan dunia atau Sustainable Development Goals (SDGs) terutama poin kesehatan pada saat pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perencanaan event IGTE dari perencanaan hingga akhir. Teori yang digunakan peneliti adalah konsep manajemen event oleh Goldblatt yang mengemukakan lima tahapan dalam pengelolaan event yang baik, yaitu riset, desian, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Tahap Riset, diawali dengan melakukan observasi melalui internet terhadap isu yang sedang hangat dan dikaitkan dengan concern organisasi IAAS. 2) Tahap desain ialah penentuan konsep dan tema. Pada tahap ini panitia memilih mental health sebagai isu yang sedang hangat dan dikaitkan dengan nature sebagai concern organisasi IAAS, kemudian Ecotherapy menjadi tema besar yang dipilih untuk menjembatani dua hal tersebut. 3) Tahap perencanaan, dimana event IGTE merupakan event webinar dengan pembicara dari GO dan NGO luar negeri yang berjalan secara hybrid atau online karena pengadaptasian pelaksanaan event di masa pandemi. Panitia melakukan promosi event melalui media partner dan social media IAAS LC IPB dengan membuat poster dan filter IGTE pada instastory. Pada saat pelaksanaan event panitia juga membuat challenge pengimplementasian Ecotherapy pada peserta setelah acara berlangsung. 4) Tahap koordinasi, panitia melakukan koordinasi perencanaan event melalui Line, Trello, Google Sheets, dan Google Docs. Untuk mengeratkan koordinasi antar panitia, mereka melakukan bonding dan penyamaan visi terlebih dahulu pada first meet. 5) Tahap evaluasi, pada tahap ini panitia menyebarkan Google Form kepada para peserta untuk menceritakan bagaimana pengalaman mereka dan memberikan tanggapan terhadap event IGTE yang mereka ikuti. Event IGTE mendapat banyak respon positif dari para peserta. Pada tahap evaluasi, peneliti menemukan temuan yang bertolak belakang dengan teori Goldblatt berdasarkan hasil wawancara dengan Angky sebagai informan kunci yang telah berkecimpung di dunia event selama 13 tahun. Menurutnya, tahap evaluasi event tidak perlu dilakukan, hanya saja perlu difokuskan kepada evaluasi sumber daya manusia yang merencanakan event tersebut.
STRATEGI APLIKASI “SUPER” DISKOMINFO KOTA SUKABUMI SEBAGAI SARANA PENGADUAN MASYARAKAT KOTA SUKABUMI Safana Aura Nadiva; Intan Primasari
Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR) Vol 1 No 1 (2022): Agustus
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/ijdpr.v1i1.5287

Abstract

Diskominfo Kota Sukabumi memiliki aplikasi SUPER (Sukabumi Participatory Responder) sebagai sarana masyarakat kota Sukabumi dalam melakukan laporan pengaduan ataupun aspirasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai strategi yang dilakukan Diskominfo terkait dengan hadirnya inovasi aplikasi SUPER sebagai sarana pengaduan masyarakat kota Sukabumi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Peneliti menggunakan konsep manjemen strategi public relations oleh Cutlip, Center, dan Broom dalam buku Effective Public Relations, mengenai teori empat Langkah proses Public Relations (2005 : 268) yaitu membahas terdapat analisis situasi, membuat rencana dan program, berindak dan berkomunikasi, dan evaluasi program. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi aplikasi SUPER Diskominfo kota Sukabumi sebagai sarana pengaduan masyarakat kota sukabumi sudah dilakukan dengan baik oleh Diskominfo kota Sukabumi melalui sosialisasi secara online dan offline, pengelolaan, juga pengembangan aplikasi SUPER.
EFEKTIVITAS KEGIATAN EMPLOYEE RELATIONS BANDAR DJAKARTA ALAM SUTERA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN Zahra Dias Widiyanti; Arya Andhika Weynanda
Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR) Vol 1 No 2 (2023): Januari
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/ijdpr.v1i2.5514

Abstract

This research examines the effectiveness of employee relations conducted by Bandar Djakarta Alam Sutera in increasing employee motivation. This research uses a descriptive qualitative method with a case study approach through interviews, observations and document studies. The research subjects were carried out by the Operational Manager, Head of Public Relations, and Head of Service and Bar. The results of the study found that employee relations activities were effective in increasing employee motivation. The phenomenon of this research departs from the condition felt by employees after the Covid-19 pandemic, namely experiencing a decrease in work motivation when they have to adapt again to open spaces. This is indicated by the number of employees who arrive late to the location and the level of quality and speed of service provided. So in this case, a special focus and strategy is needed in the form of employee relations in order to maintain service quality by managing a large number of employees. In this study, the authors explain how the implementation of employee relations activities at Bandar Djakarta Alam Sutera and how effective they are in increasing employee motivation. Implementation of employee relations activities goes according to Rosady Ruslan's description of employee relations, so it is very effective in increasing employee motivation. Keywords: employee relations, work motivation, employee
STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM INDOMARET DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS Rama Febriero Pradana Wahyudiputra; Sri Dewi Setiawati
Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR) Vol 1 No 2 (2023): Januari
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/ijdpr.v1i2.5515

Abstract

PT. Indomarco Prismatama is one of the pioneers of retail in Indonesia, which was established in 1988. Since being franchised in 1997, it is a pioneer in the modern store retail franchise business. In 1997 Indomaret expanded its first franchise minimarket business in Indonesia after having more than 230 minimarket outlets. The purpose of this study is to determine the Brand Awareness built by PT. Indomarco Prismatama in terms of the purpose of doing Instagram social media account credibility, content management, and building interactions on Instagram social media accounts. This study uses a qualitative approach with case study methods on Instagram accounts of PT. Indomarco Prismatama to describe and explore the Brand Awareness phenomenon that occurred at PT. Indomarco Prismatama. This research was conducted by referring to the concepts and theories, namely The Circular Model of Some (Regina Lutrell, 2015), the Brand Awareness pyramid (Durianto, 2004). The conclusion of this study is that content management at PT. Indomarco Prismatama applies The Circular Model of Some in its content creation so that it can focus on the message, customer, and context. And also so that the content can provide benefits to the community. Keywords: brand awareness, content management, Instagram, social media
OPINI PUBLIK MENGENAI ISU “SRI MULYANI MAU ORANG KAYA BAYAR PAJAK LEBIH BANYAK” DALAM MEDIA INSTAGRAM @narasinewsroom Mochamad Rafi; Nurhayani Saragih; Sri Wahyuning Astuti
Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR) Vol 1 No 2 (2023): Januari
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/ijdpr.v1i2.5517

Abstract

The issue that has been developing in recent times is the issue of the policy of the minister of finance who wants to issue a policy that the rich must pay higher than before, this policy is taken in a step to deal with Indonesia's economic recovery which was previously sluggish due to Covid-19 pandemic. The purpose of this study is to analyze Positive public opinion, negative public opinion, and neutral on the post 'Sri Mulyani Mau Orang Kaya Bayar Pajak Lebih Banyak' in Instagram Media @narasinewsroom Period July 2, 2021 In this study, researchers used the concept of public opinion which has been categorized into opinion positive, negative, and neutral.In this study, the study population took all comments on the post "Sri Mulyani Wants Rich People to Pay More Taxes" on @narasinewsroom Instagram account as many as 526 and the sample in this study was 228 comments. The data collection technique uses random sampling techniques. in testing validity and reliability using reliability between coders using hostly formulas. The results showed that there were 82 positive opinions (36% of comments), negative opinions categories got 86 frequency results (38% of comments) and neutral opinions that got frequency results of 60 (26% comments). Keywords: public relations, new media, public opinion
PENGELOLAAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI DIGITAL MARKETING HOTEL DAFAM EXPRESS JAKSA JAKARTA Anisa Diniati; Muhammad Fahreza Al Ghifari; Sri Dewi Setiawati; Moch. Armien Syifaa Sutarjo
Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR) Vol 1 No 2 (2023): Januari
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/ijdpr.v1i2.5518

Abstract

Social media content has an important role in building relationships between institutions and their consumers. In the process of managing social media content, each institution has a specific target audience and objectives to determine the message to be conveyed. This study aims to find out how the management of Instagram social media content is used by Hotel Hotel Dafam Express Jaksa Jakarta as a Digital Marketing Strategy. digital marketing built to gain public trust. The method used is to use a qualitative approach with a descriptive research type. The results of the study show that the efforts to manage digital media content by DEJJ can be said to be quite active, even though the response from the audience is still lacking or not many have responded. The content uploaded is quite diverse, ranging from promo content, information on health protocols implemented in hotels, tutorials on using self-check-in machines, to commemorations of religious and national holidays. Instagram social media is also used by DEJJ to interact with the audience. Keywords: content management, digital marketing, Instagram, social media

Page 1 of 2 | Total Record : 12