cover
Contact Name
Dermawan Waruwu
Contact Email
dermawanwaruwu@undhirabali.ac.id
Phone
+6281338665028
Journal Mail Official
jakadiksi@undhirabali.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Padangluwih, Tegaljaya, Dalung, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Indonesia
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
JAKADIKSI: JURNAL VOKASI
ISSN : -     EISSN : 29630932     DOI : -
Jakadiksi: Jurnal Vokasi (Journal on Vocational) is an national journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Dhyana Pura, Bali. Jakadiksi is an open access and peer-reviewed journal, which is a dissemination medium for research result from scientists in the field of Vocational. Jakadiksi is issued a biannual on May and November. The Jakadiksi invites manuscripts in the various topics include functional areas of Front Office, Housekeeping, Food and Beverage Service, Food and Beverage Product, marketing management, Digital Business, Digital Marketing, Entrepreneurship, Social and Cultural, Tourism, and Sustainable Tourism. Jakadiksi: Jurnal Vokasi adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Dhyana Pura, Bali. Jakadiksi merupakan jurnal yang terbuka untuk umum dan ditinjau oleh pihak terkait yang merupakan media diseminasi hasil penelitian para ilmuwan di bidang Vokasi. Jakadiksi diterbitkan dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Jakadiksi menerima manuskrip dalam berbagai topik meliputi: Kantor Depan, Tata Graha, Tata Hidangan, Tata Boga, Manajemen Pemasaran, Bisnis Digtal, Pemasaran Digital, Kewirausahaan, Sosial Budaya, Pariwisata, dan Pariwisata Berkelanjutan.
Articles 30 Documents
Romantic Easter Dinner Dengan Konsep Live BBQ Untuk Meningkatkan Kunjungan Tamu di Hotel Atanayas Yohanes Y. Bicar; Yovita Oliva Rea; Brigita Novita Weling; Maria Yohana Yovita Sari; Boromeus Adi Rawi Kami; Ni Kadek Widyastuti; I Made Agus Tiaga
JAKADIKSI: JURNAL VOKASI Vol 1, No 2 (2022): JURNAL VOKASI (JAKADIKSI)
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.519 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan dari proyek tugas akhir ini adalah menghasilkan Romantic Easter Dinner Event dengan konsep Live BBQ dinner serta menghasilkan standar resep dari contoh hasil produk Lekun yang disajikan dalam easter dinner. Judul dari proyek tugas akhir ini adalah Romantic Easter Dinner dengan konsep Live BBQ Dinner untuk Mengembangkan Ketertarikan Tamu Hotel dalam berwisata. Objek dalam tugas akhir ini adalah Romantic Easter Dinner Event party, serta beberapa responden untuk dijadikan narasumber dalam wawancara mengenai Easter Dinner Event. Data daam pryek tuas ahir ini dikumpulkan dengan empat metode yaitu observasi yang dilakukan di Atanaya Hotel Kuta Bali sebagai tempat berlangsungnya Easter event, wawancara dengan beberapa narasumber, membagikan kuisioner kepada responden serta metode dokumentasi. Data akan dianalisis secara kuantitatif (yang berupa data kualitatif yang di angkakan seperti hasil dari kuisioner) dan kualitatif.Kata kunci: BBQ, Easter, Dinner, EventAbstract The ains of the final project is to produce a Romantic Easter Dinner Event with the concept of a Live BBQ dinner and to produce a standard recipe from examples of the Lekun products served in an easter dinner. The titled of this final project is Romantic Easter Dinner with the concept of Live BBQ Dinner to Develop Interest of Hotel Guest in traveling. The object of the final project is the Romantic Easter Dinner Event party, as well as several respondents to be used as resource persons in interview regarding the Easter Dinner Event.Data were collected by four methods there are, observatios at Atanaya Hotel Kuta Bali as the venue for the Easter event, interviews with several sources, distributing questionnaires to respondents and documentation methods. The data will be analyzed quantitave (in the from of quanlitative data that is numbered as the results of the questionnaire) and qualitative.Keywords: BBQ, Easter, Dinner, Event
Pemanfaatan Paket Wisata Agrotourism Etno di Desa Wisata Baha Mengwi Badung Putu Sinta Darma Putri; Ni Komang Ayu Sumiatiningsih; Ni Putu Linda Pertiwi; Made Deni Agustiane; Sidhi Bayu Turker
JAKADIKSI: JURNAL VOKASI Vol 1, No 1 (2022): JAKADIKSI: JURNAL VOKASI
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1392.219 KB)

Abstract

AbstrakPariwisata merupakan sektor yang sangat penting dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. Namun disaat pandemi Covid-19 sektor pariwisata sangat terdampak. Upaya pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif perlu di dukung berbagai pihak. Fokus penelitian dan proyek tugas akhir  ini tentang  pembuatan paket wisata di desa wisata Baha, Mengwi, Badung. Tujuan dari proyek tugas akhir ini adalah menghasilkan paket wisata sebagai upaya pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif berupa agrowisata serta memperkenalkan produk inovasi olahan makanan dan minuman berbahan dasar madu. Data dikumpulkan dengan metode kualitatif dengan tahapan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan demontrasi. Hasil pelaksanaan proyek tugas akhir ini adalah memperkenalkan paket wisata agrowisata lebah madu yang dipadukan dengan kegiatan trekking di Desa Wisata Baha, Mengwi, Badung.Kata kunci: Paket Wisata, Agrowisata, Produk Lebah Madu, TrekkingAbstractTourism is a very important sector in improving the economy in Indonesia. However, during the Covid-19 pandemic, the tourism sector was severely affected. Efforts to restore tourism and the creative economy need to be supported by various parties. The focus of this research and final project is how to manage a tourism package activity in the tourist village of Baha, Mengwi, Badung. The purpose of this final project is to produce tour packages as an effort to restore tourism and the creative economy in the form of agrotourism and introduce innovative products of processed food and beverages made from honey. Data was collected by qualitative methods with the stages of data collection through observation, interviews, and demonstrations. The result of the implementation of this final project is to introduce a honey bee agrotourism tour package combined with trekking activities in the Baha Tourism Village, Mengwi, Badung.Keywords: Tour Package, Agrotourism, Product from honeybee, Tracking
COVER LENGKAP JAKADIKSI JAKA DIKSI
JAKADIKSI: JURNAL VOKASI Vol 1, No 1 (2022): JAKADIKSI: JURNAL VOKASI
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.549 KB)

Abstract

COVER LENGKAP JAKADIKSI
Upaya Promosi Makanan dan Minuman Kekinian dengan Pewarna Alami dari Bunga Telang I Komang Anggik Santika Putra; Ni Luh Christine P. Suyasa; Ni Luh Putu Widiani; Ni Kadek Yundari; Sepriyanti Podu Gaji; IWK.Teja Sukmana
JAKADIKSI: JURNAL VOKASI Vol 1, No 1 (2022): JAKADIKSI: JURNAL VOKASI
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (809.951 KB)

Abstract

AbstrakPewarna alami dari Bunga Telang digunakan sebagai sebuah usaha untuk mempromosikan makanan dan minuman kekinian. Tujuannya yaitu untuk menarik minat generasi muda untuk menggunakan herbal hasil budidaya kijak. Produk yang dihasilkan antar lain Clitoria Mille Crepes, Clitoria Thumbprint Cookies, Clitoria Pudding, Clitoria Herbal Tea, Clitoria Mojito, dan Clitoria Coffee Latte. Media sosial utama yang sering digunakan untuk pemasaran adalah Instagram, Whatsapp, dan Facebook. Bunga Telang hadir dengan 3 varian warna yaitu putih, biru dan ungu. Menurut penelitian, Bunga Telang memiliki berbagai manfaat seperti antioksida, antidiabetes, dan antiobesitas. Data dikumpulkan melalui survei dan wawancara dan hasil dianalisis dengan menggunakan metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif.AbstractThe natural dyes from the Blue Pea flower is used as an attempt to promote trendy foods and beverages. It aims to promote the variety products produced from the Blue Pea Flower and attract the attention of younger generation to use localy grown herbal. The produced products are Clitoria Mille Crepes, Clitoria Thumbprint Cookies, Clitoria Pudding, Clitoria Herbal Tea, Clitoria Mojito and Clitoria Coffee Latte. Social media are used for promotions, mainly Instagram, WhatsApp, and Facebook. Blue Pea flower comes with three colors: white, blue, and purple. According to researches, Blue Pea flower has numerous benefits as antioxidant, anti-diabetes, and anti-obesity. Data were collected through survey and interview and it is analyse using mix method.
Pengaruh Iklan, Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan Terhadap Penjualan Makanan di J4 Hotel Legian Filipus Zuther; I Wayan Ruspendi Junaedi; Ida Bagus Kurniawan
JAKADIKSI: JURNAL VOKASI Vol 1, No 2 (2022): JURNAL VOKASI (JAKADIKSI)
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.604 KB)

Abstract

AbstrakPenjualan adalah proses sosial manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Zaman sekarang ini perkembangan dan pertumbuhan ekonomi semakin meningkat pesat, mulai dari perkembangan berbagai macam jenis produk, serta persaingan antar produsen yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus bisa bertindak secara cepat dan efektif dalam usaha memasarkan untuk mendapatkan mangsa pasar seluas mungkin Dengan memasarkan makanan di sosial media ternyata J4 Hotel Legian mendapatkan feedback positif dari masyarakat sekitar. Mulai dari komen yang baik, harga yang terjangkau, dan mendapatkan orderan yang banyak. Ini menjadi salah satu penghasilan yang cukup mempengaruhi untuk kelangsungan kehidupan hotel ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kemudian menghitung dengan SPSS dan menganalisis hasil penelitian kemudian menentukan hasil dari penelitian. Hasil penelitian ini Secara parsial iklan membagikan pengaruh positif serta signifikan yang di dapat pada penjualan makanan di J4 Hotel Legian, semakin tinggi kepuasan konsumen maka semakin meningkat penjualan makananan J4 Hotel. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang dicoba J4 Hotel maka semakin baik juga penjualan makananan J4 Hotel. kepuasan konsumen dan kualitas pelayanan memberikan kontribusi 97,4% terhadap penjualan makanan (Y) di J4 Hotel Legian.Kata kunci: Iklan, Layanan, Kepuasan KonsumenAbstractSelling is a managerial social process by which individuals and groups obtain what they need and want, create, offer, and exchange products of value with others. Nowadays, economic development and growth is increasing rapidly, starting from the development of various types of products, as well as increasingly fierce competition between producers, so companies must be able to act quickly and effectively in marketing efforts to get the widest possible market prey. In the media, it turns out that J4 Hotel Legian has received positive feedback from the surrounding community. Starting from good comments, affordable prices, and getting lots of orders. The research method used is quantitative and then calculates with SPSSS and analyzes the results of the study and then determines the results of the study. The results of this study Partially, advertisements share a positive and significant influence on food sales at J4 Hotel Legian, the higher consumer satisfaction, the more food sales increase at J4 Hotel. the higher the quality of service that J4 Hotel tries, the better the sales of J4 Hotel's food. consumer satisfaction and service quality contributed 97.4% to food sales (Y) at J4 Hotel Legian.Keywords: Advertising, Service, Consumer Satisfaction
Implementasi Rencana Produksi sebagai Alat untuk Efisiensi Biaya Produksi dan Penentuan Harga Natalia Sri Endah K; Ni Kadek Yunita Sari; Gerson Feoh
JAKADIKSI: JURNAL VOKASI Vol 1, No 1 (2022): JAKADIKSI: JURNAL VOKASI
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.945 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran perencanaan produksi dalam melakukan efisiensi biaya dan untuk mengetahui harga di Kelompok Tani Satya Kencana. Lokasi penelitian ini adalah Kelompok Tani Satya Kencana, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga Mei. Sumber data yang diambil dari peneliti adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perencanaan produksi sangat membantu dalam melakukan efisiensi biaya untuk proses produksi dan dalam proses penentuan harga. Kelompok Tani Satya Kencana dapat menekan biaya bahan baku dan juga dapat menghemat biaya tenaga kerja sebesar Rp. 0 karena semua dilakukan oleh anggota Kelompok Tani Satya Kencana tanpa merekrut karyawan.Kata kunci: Rencana Produksi, Efisiensi Biaya Produksi, Penentuan Harga AbstractThis study aims to determine how the role of the production plan to perform cost efficiency and to determine prices in the Kelompok Tani Satya Kencana. The location of this research is the Kelompok Tani Satya Kencana, Taro Village, Tegallalang District, Gianyar Regency, Bali. The study was conducted from March to May. Sources of data taken from researchers are primary data. Data collection was done by conducting interviews and observations. From the results of the study, it is known that the production plan is very helpful in carrying out cost efficiency for the production process and in the process of determining prices. The Kelompok Tani Satya Kencana can reduce costs for raw materials and can also make labor costs Rp. 0 because everything was done by members of the Kelompok Tani Satya Kencana without recruiting any employees.Keywords: Production Plan, Production Cost Efficiency, Pricing
Inovasi Air Kelapa Muda (Cocos Nucifera) dan Sari Tebu (Saccharum Officinarum) sebagai Minuman Mocktail Putu Purnamasari; I Nengah Widhya Putra; Anak Agung Sagung Mas Maharani; Sidhi Bayu Turker; Ketut Suartana
JAKADIKSI: JURNAL VOKASI Vol 1, No 1 (2022): JAKADIKSI: JURNAL VOKASI
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1059.81 KB)

Abstract

AbstrakIndonesia merupakan negara beriklim tropis dengan kekayaan buah-buahan tropisnya, maka diperlukan pengembangan inovasi produk buah-buahan tropis untuk menarik minat dan digemari wisatawan. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka diciptakan produk inovasi “Coconut Arum Delight – Tropical Mocktail" berbahan dasar air dan daging kelapa muda, yang dipadukan dengan sari tebu sebagai alternatif pilihan produk minuman yang bercita rasa, menyegarkan sekaligus menyehatkan. Proyek Tugas Akhir ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, menghasilkan data deskriptif tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Menggunakan Metode kuesioner yang dibagikan kepada partisipan acara dengan dua format pertanyaan yakni keistimewaan produk dan keistimewaan event. Hasil proyek tugas akhir menunjukan respon partisipan terhadap inovasi produk secara keseluruhan adalah positif, sebanyak 74,14 % menyatakan sangat setuju dan sebanyak 21,57 % menyatakan setuju, secara kolektif 95,71 % partisipan menyatakan respon positif. Respon partisipan terhadap kegiatan event launchingproduk menunjukan sebanyak  72% menyatakan sangat setuju dan 22,71% menyatakan setuju, secara kolektif 94,71% partisipan menyatakan respon positif.AbstractIndonesia is a tropical country with a wealth of tropical fruits, it is necessary to develop innovative tropical fruit products to attract and be favored by tourists. Based on these considerations, the innovative product "Coconut Arum Delight – Tropical Mocktail" is made from water and young coconut meat, which is combined with sugarcane juice as an alternative choice of beverage products that are flavourful, refreshing and healthy. This final project uses a descriptive qualitative research type, producing written or oral descriptive data from the observed people or behaviors. Using a questionnaire method that is distributed to event participants with two question formats, namely product features and event features. The results showed that the overall response of participants to product innovation was positive, as many as 74.14% stated strongly agree and as many as 21.57% agreed, collectively 95.71% of participants stated positive responses. The response of participants to the product launching event shows that 72% strongly agree and 22.71% agree, collectively 94.71% of participants stated a positive response.
Pemanfaatan Biu Batu dalam Dunia Kuliner sebagai Makanan Khas Bali Igenasius Ogi; I Made Kasub Artana; I Putu Dedy Sugiadnyana; I Putu Gede Ditha Prayoga; Putu Steven Eka Putra; Eko Sulistyo
JAKADIKSI: JURNAL VOKASI Vol 1, No 1 (2022): JAKADIKSI: JURNAL VOKASI
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.694 KB)

Abstract

AbstrakBali adalah salah satu pulau terindah di dunia. Selain kaya akan seni budaya, Bali juga kaya akan makanan khasnya dan memiliki daya tarik tersendiri pada keunikan bentuk dan cita rasa. Dalam hal ini, dibuat proyek tugas akhir yang berjudul Pemanfaatan Biu Batu dalam Dunia Kuliner sebagai makanan khas Bali. Tujuan dari pelaksanaan proyek tugas akhir ini untuk mengetahui kualitas produk Biu Batu, pengolahan, dan pemanfaatan Biu Batu dalam dunia kuliner sebagai makanan khas Bali. Salah satu tujuan tugas akhir ini dibuat sebagai upaya inovasi baru untuk menciptakan produk yang bisa menjadi makanan dan minuman untuk kalangan wisatawan maupun masyarakat. Metode dalam pengerjaan proyek tugas akhir mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan tahap pengumpulan data melalui observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dokumentasi, dan demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian, pisang batu yang sudah tumbuh sejak dahulu kala dan sudah tersebar banyak di pulau Bali, oleh masyarakat Bali diolah menjadi lawar dan di sisi lain Biu Batu memiliki banyak biji, selain itu juga Biu Batu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dari hasil data yang di peroleh Biu Batu dapat diolah menjadi makanan maupun minuman dengan proses pembuatan yang cukup mudah. Pelaksanaan proyek tugas akhir Biu Batu dapat diolah menjadi makanan continental yang terdiri dari appetizer, maincouse, soup, dan dessert, yang di serta dalam bentuk event dengan tujuan memperkenalkan Biu Batu kepada para tamu yang akan diundang. Untuk mengetahui tingkat produk Biu Batu, peserta tamu yang hadir diberikan kuisioner untuk memperoleh data terkait kualitas, aroma, dan rasa dari Biu Batu ini. Dari hasil pelaksanaan event launching product disimpulkan bahwa loyalitas peserta pada olahan  Biu Batuadalah baik.AbstractBali is one of the most beautiful islands in the world. Besides being well known in arts and culture, Bali is also familiar with its special foods and has its own charm of its unique shape and taste. In this case, a final project entitled Utilization Biu Batu in the Culinary World was created as a Balinese food. The purpose of the implementation of this final project is to determine the quality of Biu Batu products, processing, and utilization of Biu Batu in the culinary world as Balinese food. One of the objectives of this final project was made as a new innovation effort to create products that can be used as food and drinks for tourists and the public. The method is working on the final project using a qualitative descriptive method with data collection stages through observation, interviews, distribution questionnaires, documentation, and demonstrations. Based on the results of the research, Biu Batu which has been grown since ancient times and have spread widely on the island of Bali, by the Balinese people are processed into Lawar and on the other hand, Biu Batu has many seeds, besides that Biu Batu has benefits for the health of the human body. From the data obtained by Biu Batu, it can be processed into food and beverages with a fairly easy manufacturing process. Implementation of the Biu Batu final project can be processed into continental consisting of an appetizer, main course, soup, and dessert, which is included in the form of an event with the aim of introducing Biu Batu to invite guests. To find out the level of Biu Batu products, guest participants who attended were given a questionnaire to obtain data related to the quality, flavor, and taste of this Biu Batu. From the results of the product launching event, it was concluded that the loyalty of participants to  Biu Batu processing was good.
Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Toko L’mart Seminyak Kuta Christin Priska Molina; Ida Bagus Kurniawan; I Wayan Ruspendi Junaedi
JAKADIKSI: JURNAL VOKASI Vol 1, No 2 (2022): JURNAL VOKASI (JAKADIKSI)
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.404 KB)

Abstract

AbstrakToko L’Mart merupakan tempat yang menjual produk yang terletak di area yang strategis. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada Toko L’Mart Seminyak Kuta. Dalam penyusunan penelitian ini, maka penulis melakukan penelitian tentang usaha ritel yang ada di daerah Seminyak yaitu, Toko L’Mart. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis SWOT dalam hal strategi SO, pihak manajemen Toko L’Mart menggunakan strategi peningkatan kualitas produk dengan lebih memperdalam dalam proses pemasaran sehingga kualitas produk yang dimiliki dapat diketahui oleh banyak konsumen. Strategi ST, pihak manajemen Toko L’Mart dapat meningkatkan pelayanan dengan memperluas dan memperbaiki lokasi di Toko L’Mart. Strategi WO, pihak manajemen Toko L’Mart mendapatkan harga yang berubah-ubah harus di imbangi dengan persaingan yang sangat ketat, Toko L’Mart dapat memanfaatkan area outdoor sebagai brand image kenyamanan di Toko L’Mart. Strategi WT, pihak manajemen Toko L’Mart dapat Memberikan promosi agar daya beli masyarakat meningkat di Toko L’Mart, mencari suplier yang menyediakan barang murah dengan kualitas yang baik, menerapkan SOP dalam menjaga kualitas tempat di Toko L’Mart bagi karyawan.Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Toko L’MartAbstractL'Mart store is a place that sells products located in a strategic area. The purpose of this study was to determine the marketing strategy for increasing sales at the L'Mart Seminyak Kuta Store. In the preparation of this study, the authors conducted research on retail businesses in the Seminyak area, namely, L'Mart Stores. This research is a qualitative research. The data analysis technique used is a SWOT analysis. Based on the results of the SWOT analysis in terms of SO strategy, the management of L'Mart Stores uses a strategy to improve product quality by further deepening the marketing process so that the quality of its products can be known by many consumers. ST strategy, the management of the L'Mart Store can improve services by repairing and improving the location at the L'Mart Store. In the WO strategy, the management of the L'Mart Store gets the price that fluctuates, it must be balanced with the very tight competition, the L'Mart Store can take advantage of the outside area as a convenience for the brand image in the L'Mart Store. WT strategy, the management of L'Mart Stores can provide promotions so that people's purchasing power increases at L'Mart Stores, look for suppliers who provide cheap goods with good quality, and implement SOP’s in maintaining the quality of places at L'Mart Stores for employees.Keywords: Marketing Strategy, SWOT Analysis, L'Mart Store
Pemaksimalan Daun Kelor Menjadi Produk Makanan dan Minuman I Gede Jayana; I Putu Ade Putra Yasa; I Made Surya Wiantara; Ida Bagus Ketut Tu Agus; Sidhi Bayu Turker; Eko Sulistyo
JAKADIKSI: JURNAL VOKASI Vol 1, No 2 (2022): JURNAL VOKASI (JAKADIKSI)
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.474 KB)

Abstract

AbstrakJika diolah dengan maksimal, daun kelor dapat menghasilkan berbagai macam produk, contohnya olahan produk makanan dan minuman. Dari poduk makanan maupun minuman tersebut juga dapat menunjang industri pariwisata yang sudah membaik, khususnya di Bali. Maka daripada itu terciptalah jurnal proyek tugas akhir yang berjudul “Pemaksimalan Daun Kelor Menjadi Produk Makanan dan Minuman”. Dengan obyek penelitian yaitu pembuatan makanan dan minuman yang berbahan dasar daun kelor. Metode dalam pengerjaan proyek tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tahapan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara serta kuesioner. Hasil dari pelaksanaan tugas akhir adalah terciptanya brand KHE-LORD yaitu brand yang memproduksi produk olahan dari daun kelor yang bernilai jual tinggi dan dilaunching dalam sebuah event “Balinese Dinner”.Kata kunci: Produk, Makanan, Minuman, Kelor, Event, Balinese DinnerAbstract If processed maximally, Moringa leaves can produce various kinds of products, for example processed food and beverage products. These food and beverage products can also support the tourism industry which has improved, especially in Bali. Therefore, a final project journal was created, entitled "Maximizing Moringa Leaves into Food and Beverage Product". With the object of research, namely making food and beverages from Moringa leaves. The method in working on this final project uses a qualitative descriptive method with the stages of collecting data through observation, documentation, interviews and questionnaires. The result of the implementation in this final project is creation of the KHE-LORD brand, which is a brand that products processed products from Moringa leaves that have high selling value and was launched in an event "Balinese Dinner".Keywords: Products, Food, Beverage, Moringa, Event, Balinese Dinner

Page 1 of 3 | Total Record : 30