cover
Contact Name
Septian Prawijaya
Contact Email
wijaya@unimed.ac.id
Phone
+6281396906213
Journal Mail Official
jurnalsekolah@unimed.ac.id
Editorial Address
Jurusan PPSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan Jl. Willem Iskandar Psr. V, Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
(JS) Jurnal Sekolah
ISSN : 25488856     EISSN : 2549127X     DOI : https://doi.org/10.24114/js.v7i2
Core Subject : Education,
JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) merupakan jurnal yang berisi tulisan Dosen, Guru, dan Mahasiswa. Diterbitkan empat kali dalam setahun yaitu Maret, Juni, September dan Desember dalam bentuk elektronik dan cetak oleh prodi PGSD FIP UNIMED. Agenda JS (Jurnal Sekolah) menjadi penting perannya bagi Prodi PGSD FIP UNIMED, dalam mendorong terbangunnya inovasi pendidikan yang dapat memberikan jawaban atas berbagai persoalan daerah, nasional maupun global. Sesuai dengan kapasitasnya dan dilandasi oleh kepentingan nasional, JS (Jurnal Sekolah) diterbitkan sebagai wadah mempermudah masyarakat khususnya dosen Prodi PGSD FIP UNIMED untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdiannya kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah) pertama kali terbit pada tahun 2016. Ketika itu, JS (Jurnal Sekolah) sudah mempunyai ISSN cetak, namun belum mempunyai ISSN elektronik. Seiring berjalannya waktu, JS (Jurnal Sekolah) terus belajar dan mencoba mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Hingga saat ini, JS (Jurnal Sekolah) sudah mempunyai ISSN cetak dan elektronik. ISSN Cetak: 2548-8856 dan ISSN Elektronik: 2549-127X. Secara perlahan pada 2016, menerbitkan tulisan secara online (electronic journal) yang berbasis OJS (Open Journal System) pada laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 427 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTU MEDIA PANPELNEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD Annisa Atikandari; Ary Susatyo N.; Singgih Adhi P.
JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.383 KB) | DOI: 10.24114/js.v2i4.10669

Abstract

Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantu Media Panpelnel untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design jenis yang dipakai adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Setelah dilakukan analisis data nilai hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata pada pretest sebesar 42,88 dan posttest sebesar 84,23 diperoleh thitung sebesar 14,632 sedangkan ttabel dengan db= N-1 = 26-1=25, dan taraf signifikan 5% sebesar 2,056. Karena thitung (14,623) > ttabel(2,056) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran TGT berbantu media panpelnel dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPS siswa kelas III SDN 03 Kesesi Pekalongan.Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Media Panpelnel, Hasil Belajar
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPS MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATON BERBANTU MEDIA POHON PEKERJAAN SD NEGERI 2 BALERAKSA Tampi Hikmah
JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.377 KB) | DOI: 10.24114/js.v2i4.10670

Abstract

Abstrak : Keefektifan Pembelaaran IPS Model Team Assisted Individualization Berbantu Media Pohon Pekerjaan SDN 2 Baleraksa. Tujuan penelitian ini untuk adalah untuk mendeskripsikan Keefektifan Pembelajaran IPS Model Team Assisted Individualization berbantu media pohon pekerjaan pada SD Negeri 2 Baleraksa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik non probability sampling teknik sampling jenuh. Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah adanya perlakuan (nilai post test) rata-rata 78,08 pada analisis akhir perhitungan menggunakan uji t diperoleh jika = 0,05 dan db=N-1=25-1=24 diperoleh ttabel = 1,711 dan thitung=15,018. Jika thitung> ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga rata-rata hasil belajar post test lebih besar dari pre test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran menggunakan Model Team Assisted Individualization efektif.Kata Kunci : Model Team Assisted Individualization, Media Pohon Pekerjaan
PENGARUH MEDIA KOLINGTAR (DAKON LINGKARAN PINTAR) PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD Hesti Wulandari; Joko Siswanto; Veryliana Purnamasari
JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.125 KB) | DOI: 10.24114/js.v2i4.10671

Abstract

Abstrak : Pengaruh Media Kolingtar (Dakon Lingkaran Pintar) pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kolingtar (dakon lingkaran pintar) terhadap hasil belajar peserta didik tema permainan tradisional kelas III SDN Dumeling 02 Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen. Data didapat dari rata-rata nilai pretest adalah 68,4 dan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 84,09. Hasil analisis uji-t (dua pihak) diperoleh thitung (1,69) >ttabel (1,679) jadi H0 ditolak dan Ha diterima, artinya media kolingtar (dakon lingkaran pintar) pada pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Bamboo Dancing, Media Kolingtar, Hasil Belajar
PENGARUH MEDIA KOLINGTAR (DAKON LINGKARAN PINTAR) PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD Hesti Wulandari; Joko Siswanto; Veryliana Purnamasari
JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.125 KB) | DOI: 10.24114/js.v2i4.10672

Abstract

Abstrak : Pengaruh Media Kolingtar (Dakon Lingkaran Pintar) pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kolingtar (dakon lingkaran pintar) terhadap hasil belajar peserta didik tema permainan tradisional kelas III SDN Dumeling 02 Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen. Data didapat dari rata-rata nilai pretest adalah 68,4 dan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 84,09. Hasil analisis uji-t (dua pihak) diperoleh thitung (1,69) >ttabel (1,679) jadi H0 ditolak dan Ha diterima, artinya media kolingtar (dakon lingkaran pintar) pada pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Bamboo Dancing, Media Kolingtar, Hasil Belajar
PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTU MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD Pudwi Dyah Pramita
JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.069 KB) | DOI: 10.24114/js.v2i4.10673

Abstract

Abstrak: Pengaruh Pendekatan Scientific Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III materi pecahan di SDN 2 Kancilan Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan seluruh kelas III SDN 2 Kancilan tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil posttest dari pada pretest. Rata-rata nilai pretest adalah 69,00 sedangkan pada posttest adalah 82,67. Dengan demikian ada pengaruh pendekatan Scientific berbasis Realistic Mathematics Education(RME) berbantu media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Realistic Mathematic Education (RME), Media Puzzle, Hasil Belajar
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS V SD Halimatussakdiah Halimatussakdiah; Fikri Adawiyyah
JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.975 KB) | DOI: 10.24114/js.v2i4.10674

Abstract

Abstrak : Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya Di Kelas V SD. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 101776 Sampaliberjumlah 27 siswa dengan 19 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes performance membaca puisi serta observasi.Pada siklus II perolehan kemampuan membaca puisi siswa meningkat menjadi 24 siswa dengan persentase 88,89% dan siswa yang belum mampu membaca puisi sebanyak 3 orang dengan persentase 11,11% dengan nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 68,88. Dapat disimpulkan menggunakan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa.Kata Kunci : Membaca puisi, Metode, Tutor Sebaya
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PELAJARAN IPA SISWA KELAS V Cahyati Triana Putri; Choirul Huda'; M. Arief Budiman
JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.975 KB) | DOI: 10.24114/js.v2i4.10675

Abstract

Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Media Audio-Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pelajaran IPA Siswa Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran advance organizer berbantu media audio-visual terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen. Sampel penelitian yaitu 21 siswa kelas V A untuk kelas kontrol dan 19 siswa kelas V B untuk kelas eksperimen dengan menggunakan sampling jenuh. Analisis menggunakan uji-t dua pihak polled varians. thitung > ttabel yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model advance organizer berbantu media audio-visual terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran IPA.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Advance Organizer, Media Audio-Visual dan Kemampuan Pemecahan Masalah
KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI KELAS V SD NEGERI PEDURUNGAN KIDUL 02 Toto Sugiarto; Ary Sutantyo; Singgih Adhi Prasetyo
JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.027 KB) | DOI: 10.24114/js.v2i4.10676

Abstract

Abstrak : Keefektifan Media Pembelajaran Adobe Flash Pada Model Pembelajaran Inkuiri Kelas V SD Negeri Pedurungan Kidul 02. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran adobe flash dan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA materi Daur Air dan Kegiatan Manusia yang Mempengaruhinya Kelas V SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang diambil adalah 66 siswa kelas VA dan VB dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Berdasarkan analisis hasil penelitian, menunjukan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran adobe flash dan model pembelajaran inkuiri. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 75,45 menjadi 90,45 dan kriteria ketuntasan minimum (KKM) 75.Kata Kunci : Adobe Flash, Model Inkuiri, Hasil Belajar IPA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS V SD Anggun Nur Cahyani; Maryadi Maryadi; Zainal Arifin
JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.24 KB) | DOI: 10.24114/js.v2i4.10677

Abstract

Abstak : Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantu Media Ular Tangga Pada Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar matematika menggunakan Model Course Review Horray berbantu Media Ular Tangga kelas V SD Negeri Sepakung 01. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika pada materi luas bangun datar menggunakan Model Course Review Horray berbantu Media Ular Tangga kelas V SD Negeri Sepakung 01. Peningkatan Hasil Belajar pada PTK diketahui melalui prasiklus, siklus I dan siklus II.Kata Kunci : Model Course Review Horray, Media Ular Tangga, Hasil Belajar Matematika
PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK AJAIB PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Cicik Tarwiti; Arfilia Wijayanti
JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.752 KB) | DOI: 10.24114/js.v2i4.10678

Abstract

Abstrak : Pengembangan Media Kotak Ajaib Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteritik pengembangan media kotak ajaib yang layak, kevalidan dan kepraktisan, serta keefektifan produk pengembangan media kotak ajaib pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Reseach dan Development) dengan metode deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari validasi ahli media pembelajaran sebesar 90,5% sangat layak, validasi ahli materi 91,95% sangat layak, tanggapan guru 98% sangat layak, nilai pretest 42,30% cukup layak posttest 88,46% sangat layak dan tanggapan siswa 92,82% sangat layak. Hasil pengembangan berupa produk media kotak ajaib pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana siswa kelas V sekolah dasar.Kata Kunci : Pengembangan, Media Kotak Ajaib, Pesawat sederhana

Page 1 of 43 | Total Record : 427